Sep 092016
 

KUBINKA – Kementerian Pertahanan Rusia saat ini berencana untuk membeli setidaknya satu skuadron pesawat tempur generasi kelima Sukhoi T-50 (PAK FA) tahun depan, kata Wakil Menteri Pertahanan Yuri Borisov, Rabu (07/09/2016).

“Produksi massal dari jet tempur generasi kelima PAK FA akan mulai pada tahun 2017, sesuai dengan rencana. Kami akan membeli setidaknya satu skuadron pesawat tempur ini di batch pertama”, ujar Borisov kepada wartawan di forum militer Army-2016 di Kubinka, dekat Moskow.

Tesawat tempur generasi kelima Sukhoi T-50, akan dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan sistem penerbangan serba digital, semua itu telah diatur untuk menjadi pesawat siluman pertama yang akan dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia.

 

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  59 Responses to “Rusia Minimal Memiliki 1 Skuadron Tempur PAK FA pada 2017”

  1. Indonesia setengah squadron

  2. Hmmmm….dia lg. Gue bakal gak kebagian lg….xixixi

  3. Sorry… Out of topic
    berita Kompas.tv pagi ini
    Menkeu Sri Mulyani belum berpikir utk pemangkasan APBN 20!6 jilid III….nah loe

    Berarti seluruh departemen hrs bersiap terjadi pemangkasan kembali, krn difisit anggaran yg makin melebar.
    Mungkin bisa terjadi apa yg pernah dialami pemerintah Amerika….apa istilahnya ya…(hehehe) yg artinya pemerintah stop beroperasi.
    Semoga jng sampai terjadi.
    Mengko aku ora gajian noo…xixici
    Salam Damai warjag. Selamat pagi semua.

    • Kwaaakjj kwaakk..kalo gagal gajian nyambi yg lain mas..hehe..kalo gak salah pemotongan itu buat nyelamatin proyek infrastruktur..yg sudah berjalan..krn itu menentukan sekali nasib ekonomi masa depan supaya ekonomi gak tambah mundur, investor masih bisa percaya juga,..yg sabar yo mas..wakakaka..

    • klo menurut saya sih, gampang…. udah balikin semua anggaran kepada Menkeu Sri Mulyani, berikan semua tanggung jawab buat ngoprek anggaran yang ada. kan simple, gak ribet. Hehehehe… 😛

      • Anggaran kita memang bagaikan orang pake sarung, ditarik keatas yg bawah nampak, ditarik kebawah yg atas nampak. Jika sasarannya adalah utk pembangunan infrastruktur di luar jawa khususnya Indonesia bagian timur maka hrs bersifat jangkat panjang dan multy years. Tdk bisa dlm jangka pendek. Apabila diingin dlm jangka pendek, maka alternatifnya adalah pemangkasan anggaran dr dept. dan atau pinjaman luar negeri. Hanya dampaknya pinjanan luar negeri makin meningkat. Jika dlm jangka panjang maka diperlukan komitmen pemerintah selanjutnya. Permasalahannya, pemerintah selanjutnya jg sdh punya program sendiri yg hrs dijalankan yg merupakan janji pada waktu kampanye. Jika tidak maka akan dituntuk oleh pemelihnya. Sementara duitnya cuma segitu2 aja yg hanya meningkat tipis dr tahun ke tahun.

        Jd semua pilihan punya dampak, yg satu berdampak pd meningkatnya utang luar negeri tp infrastruktur terbangun dan pertumbuhan ekonomi merata keseluruh wilayah.
        Sedangkan yg kedua berdampak pada mandeknya pembangunan infrastruktur akibat pemerintah selanjutnya punya visi & misi lain namun semua sektor tetap berjalan walaupun lambat.

        Yg pasti apapun pilihan pemerintah tujuannya jelas dan baik. Tidak mungkin pemerintah menyengsarakan rakyatnya. Itu prinsipnya. Apabila ada dampak negatif itu merupakan resiko dr setiap pilihan yg hrs ditanggung secara komitmen kpd seluruh bangsa Indonesia.

        Itu mungkin opini pagi saya, sebelum mulai beraktivitas. Salam Damai warjag. Selamat beraktivitas….kerja…kerja…kerja.

        • Sebenarnya faktor terbesarnya adalah pemerintah yang terlalu over-confidence dengan pertumbuhan ekonomi kita, sehingga menetapkan target yag terlalu tinggi untuk perolehan pendapatan negara. Sementara tindakan yang dilakukan belum optimal. Contoh kecilnya adalah penetapan target perolehan pajak. Meskipun pernah di babar oleh bung @Tukang Ngitung, PhD. tetapi pada kenyataannya yang terjadi itu semua “sangat jauh” dari harapan pemerintah… Dan sekarang telah terbukti dengan pemotongan anggaran di sana-sini. Sudah mirip lagu gemu famire… Heheheh 😀

          • Dan yang menggoyang adalah si “nona manis”… wkkwkkwkkwkk

          • @ lingkar

            sebenarnya semua sudah berjalan sesuai yg di harapkan ….
            hanya si” janet yellen” biang keroknya..
            yang memporak porandakan ekonomi indonesia bahkan seluruh ASIA..
            hanya dengan sebuah “PIDATO”

          • Itulah bung@lingkar
            Yg harus kita pahami bersama bahwa semua pilihan bakal berdampak, baik negatif dan positif.

            Yg dipilih oleh pemerintah sekarang adalah pembangunan infrastruktur hrs terealisasi dlm 5 tahun sesua janji pada saat kampanya. Itu yg hrs dipegang walaupun panas. Namun infrastruktur memerlukan dana yg besar.
            Pd lazimnya pembangunan infrastruktur dilaksanakan pada semester kedua setiap tahunnya. Gunanya agar pemerintah tahu besaran dana yg masuk di laci menkeu, dr situ baru ditetapkan infrastruktur yg bisa didanai atau yg dipending atau yg diubah menjadi multi years bila uang tdk cukup. Sehingga lebar defisit anggaran bisa terjaga ketat.
            Namun pemerintah srkng ingin dilaksanakan disemester awal. Ini berdampak kas dilaci menkeu terkuras sementara pemasukan pendapatan diawal tahun masih kecil. Akibatnya biasanya prediksi meleset dari apa yg ditetapkan itu sebabnya pemangkasan anggaran besar2 dilakukan utk menjaga melebarnya defisit anggaran.
            Dampak positipnya baru bisa dirasakan pd tahun berikutnya, kas negara aman krn biaya pembangunan sdh dibayarkan tahun ini. Maka pertumbuhan ekonomi ditahun depan bisa lebih bagus, jika pemerintah mengerem belanja2 yg blom prioritas.

            Saya sih amin saja bung@lingkar, yg penting tetap gajian dan negara aman. Makanpun nyaman, tidurpun tenang…..xuxixi
            Salam Damai bung@lingkar.

          • Oke bung @Ruskye, klo begitu kita ikuti saja kemana arah angin berhembus sambil bertanya pada rumput yang bergoyang seperti kata Ebiet G. Ade.

            Salam Damai juga bung@Ruskye

        • Kita tunggu saja suplement buat angkat ekonomi indonesia dari krisis keuangan negara yg sehat..
          Jangan lupa indonesia punya gas, punya emas..kita tidak hidup di mars to…
          Caranya entah gimana supaya bisa..mereka lebih tau..asal gak masa bodoh aja..

      • Lah kasihan bu sri, semua anggaran dia yg ngatur apalagi anggarannya ngepas pake banget.

        • Menkeu ibarat “istri” maka dia butuh “suami” [kepala negara] yang berkantong tebel biar gak bingung urusin belanja 😛

          • Kalo diibaratkan rumah tangga. Posisi saat ini bapak-ibu sedang dipusingkan biaya yang sekolah anak yg bersekolah di sekolah unggulan, biayanya gede banget, blom lg biaya cicilan mesin cucibutk usaha laundry sang ibu dan cicilan lemari es utk usaha jualan es, ditambah lg biaya rehab rumah utk usaha kost2an. Itu semua kan jangka pendek. Biaya pengeluarannya besar sampe makan pun ngirit, nonton bioskop pun gak bisa bahkan sekedar rekreasi mingguan pun gak bisa dilakukan demi penghematan. Tp begitu usaha laundry jalan, jualan es nya laku dan kamar kost sudah terusi penuh, maka jangankan cuma nonton bioskop bahkan bisa buat bioskop mini dirumah, rekreasi pun bisa ketempat2 yg favorite, makanpun sangat bergizi. Nah itulah gambarannya jika kita ingin menganalogikan maksud pemerintah skrng.

            Seng penting iseh iso mangan gaji ben wulan….xixixi

    • semoga PNS dikurangi yg magabut. krn itu beban negara. amin

      • Biasanya doa manusis sesat dan dzholim gak akan diizabah. Amin

      • Kok aku setuju banget ya comment @kw
        Emank pns itu beban negara,kinerja nya harus dievaluasi.
        tindak tegas pns malaz dan nakal.
        Kunci kemakmuran rakyat ada pada pns.evaluasi mereka ,pangkas anggaran kecuali anggaran pertahanan dan tindak tegas pns yg malas dan nakal.
        Apbn kita hanya habiz buat pns aja.yang kerjanya cuma maen² aja dikantor.
        Pns=beban berat negara=ttembok penghalang kemakmuran rakyat.
        Sepakat genk?

  4. Nkri bakal berminat sajah

  5. NgejarNgejar pertamax ga prnah kebagian

  6. bungkus……wkwkwkwkw

  7. hehehe…salam juga

  8. Denger 2 PakFa juga menemui bnyk masalah.. Salah satu kendalanya di mesin.. 1 prototype meledak gara2 mesin…
    Kendala dan masalah yg terjadi menjadi rahasia yg tertutup rapat.

    uji penerbangan pun baru sampai 700 kali .. Sebagai perbandingan raptor sebelum produksi masal ujiterbangnya 3500 kali..

    • Betul bung Andri. Tapi yang sampai meledak itu saya belum dengar beritanya.
      Namun wajar suatu prototipe mengalami masalah.
      F-35 yang sudah bukan prototipe lagi, pun masih belum selesai mengatasi masalah.
      Maka F-35 sebaiknya disimpan di pegadaian saja.

    • Kalo nanti KFXIFX menemui masalah seperti itu apa terus berhenti..kan harus tetep lanjut..xixixi..

      • Tergantung keuangan.. Klo ga ada si dana nya…yah berhenti sejenak..
        Klo sdh Ketemu si dana nya ,lanjutkan lagi…

    • rusu juga baru rencana….,lah rencana produksinya pakfa thn 2017..
      duh miris sekali….sampai 2 india mundur…..
      USA sih sudah selesai dr thn 2005..untuk pespur gen 5.. dengan raptor f 22 nya
      ck..ck..ck ….kasihan sekali…
      ha ha ha

      • Rusia gak butuh dikasihani.. Indonesia yg butuh dikasihani..lika liku membuat pesawat aja 70 tahun baru mulai..
        Think globally act locally..
        Kesiann kesiann..

    • Yang pasti dengan pesawat generasi ke-6 yang murah, rusia bakal dengan cepat mengejar ketinggalan produksi pesawat silumannya dibandingkan AS dengan F-22 (hanya tersedia 122 dari target 749) dan F-35 yang super mahal menjadi kendala besar bukan saja Amerika tetapi para sekutunya yang bermaksud beli F-35. Dan dengan rasa optimis Rusia saya yakin mereka berhasil. Liat aja diproduksi akhir tahun 2017, namun di tahun yang sama memiliki 1 skuadron. Coba bayangkan bisa berapa skuadron mereka buat PAK FA selama 2018, lalu coba hitung hingga tahun 2025 udah berapa skuadron tuh totalnya 😀 Lalu sekarang bandingkan dengan USA, bisa berapa pesawat mereka buat hingga tahun 2025? Hayoooo

  9. ORANG INDONESIA TERKENAL DENGAN BUDAYA TIDAK EFEKTIF, TIDAK PRAKTIS TERLALU BANYAK BASA-BASI, BANYAK RAPAT, BANYAK KATA SAMBUTAN, TERLALU BESAR KEMASAN(ISINYA DIKIT) TERLALU BANYAK JADI PENGAMAT YG BERKARYA DIKIT(PEMALAS) INI MEMPENGARUHI LAJU PERKEMBANGAN SUATU NEGARA… BANDINGKAN SAJA INDONESIA DG NEGARA2 YG SAMA MERDEKANYA

  10. @bang ruskye

    Goverment shutdown.
    ente siap – siap juga bung walau gajian kena pangkas gaji 13.. hehe..

    Nah kira – kira akar permasalahanya di mana iya bung pemerintah sampai bisa defisit anggaran? padahal bbm naik, subsidi bbm, listrik di hapus, hutang sana – sini, tax amnesty, cari investor.. masih saja anggaran defisit.

    • INDONESIA SEDANG DI HANCURKAN EKONOMINYA OLEH MANUSIA YAHUDI Yang BERNAMA” JANET YELLEN” HANYA DENGAN SEBUAH “PIDATO”..!!
      militery fans boys..siap 2 saja menelan pil pahit untuk pembelian alut sista..!

    • Bung@Darul
      sudah saya paparkan diatas bung, tp maaf gak ada lank link lunk nya. Itu merupakan kesimpulan para pakar yg saya tonton dlm diskusi di televisi swasta dan apa yg biasa saya alami dlm administrasi pemerintahan.

      Yg perlu ditambahkan jg adalah faktor pelemahan ekonomi global dan menurunnya harga komoditi jg masuk unsur mempengaruhi penurunan target penerimaan penerintah tahun ini.

      Jd kita hrs fair menilai kinerja pemerintah. Tdk bisa kita hanya menyoroti dampak negatif keputusan pemerintah tp jg hrs memaparkan dampak positinya jg agar kritikan kita bisa berimbang. Kalo hanya kritik negatif maka jatuhnya hanya unsur ketidaksukaan alias antipati dng pemerintah.
      Salam sukses bung@Darul

  11. Rusia 2017 memiliki PAK FA

    Indonesia 2017 memiliki PAK DONO, PAK KASINO, dan PAK INDRO..

  12. akankah dijiplak oleh china?…..
    🙂

  13. desain nya bagus banget. sayang klo dah dibeli terus di ajak perang nih pesawat muhehehee…..

  14. Rusia sm bokeknya sprti nkri.. Lama2 dr 1 skadron jd 12, turun lagi jd 8 biji.. Eh lama lama amblash maklum pmimpinnya sekarang ya begitulah tau sendiri…

  15. Bagaimanapun canggihnya dan dijual murah..sekarang Indonesia blm mampu beli ,maklum dijaman sekarang ekonomi malah melemah anggaran dipangkas dan nkri terancam tetap lemah dibandingkan dgn negara tetangga…

  16. Dua dititipin disini buat test drive.. he.. he..

  17. Coba tes lagi

  18. Masih tetep lincah kayak pesawat gen sebelumnya beda ama buatan as yg terlihat kurang lincah manuvernya he..he…he…..

  19. untuk 1 dekade ke depan saya kira tni belum bisa untuk memakai servis pesawat canggih ini… su 35 atau su 30bm saya kira lebih baik untuk di prioritaskan dengan banyak pertimbangan untuk mengimbangi kawasan…

  20. cukup 1 kata.basmi K O R U P S I.!!!

  21. Justru gw rasa pakfa ini kebagusan buat jaman sekarang klo diliat dari manuvernya (ni maenan mmg gak da duanya) Klo stealth kan tinggal urusan bodi komposit aja, bentuknya udh representatip

    Takutnya data bocor (ntar dibikinin antibiotiknya) n ada adek yg suka copas tuh, ma ade yg ngerengek mintaa maenan baru… Sengaja disetop biar adek2 pake flanker-c dulu aja

    Bang RUS ini udh makan asem garam soal strategi perang dari jaman kaisar sampe om Putin

  22. Aku rapopo……..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)