Jan 022017
 

Sukhoi Su-35S. (Sergey Chaikovskiy)

Rusia akhirnya menyerahkan empat pesawat tempur Sukhoi Su-35 ke China setelah tertunda dua tahun. Pengiriman yang dipercepat mungkin karena Moskow takut Su-35 nya akan merosot harga jualnya setelah militer China meluncurkan pesawat tempur siluman J-20, tulis portal berita China.

Pengiriman Su-35 dilakukan pada tanggal 25 Desember. Sejak siluman J-20 China memulai debut penerbangannya di Zhuhai Airshow, pengadaan jet tempur Su-35 kembali lancar dan dipercepat.

Beberapa pihak mengatakan ini adalah hasil dari hubungan erat antara China dan Rusia. Namun ada yang menyatakan, Rusia mempercepat ekspor dari Su-35 sebelum J-20 secara resmi siap operasional. Rusia percaya dengan mulai bergabungnya siluman J-20, Su-35 akan segera kehilangan nilainya di pasar Cina.

Media Harian PLA mengungkapkan harapan bahwa jet tempur Su-35 adalah pesawat tempur terakhir yang diimpor oleh China. Namun meski China membuat kemajuan dalam pembuatan berbagai jenis jet tempur, China masih tergantung pada Rusia untuk memasok mesin serta avionik.

Su-35 adalah versi lanjutan dari Su-30 yang dioperasikan oleh Angkatan Udara India dan merupakan salah satu pesawat tempur generasi 4 yang tercanggih.

Artikel Terkait :

  35 Responses to “Rusia Percepat Kirim Su-35 Karena Takut Harganya Merosot?”

  1. Pertalax

  2. Hahahahahahhaha disini banyak yang doain, moga2 harganya cepet merosot….kayak xxxxx tante

  3. Wkkwkk
    Cina sekali lg berhasil bikin negara lain menuruti kemauan cina dan kali ini negara tsb adlh rusia yg dibikin takut harga su 35 turun drastis dihadapan cina. Biarpun skdr menurut media cina siih.

  4. pengiriman ke RI kapan2 apa nggk gitu bung patih?

  5. Nunggu harganya diobral, baru beli

  6. Borong 10 skuadron

  7. Tau ach,,

  8. Alasan harga Su-35 bakal merosot karena J-20 sdh dirilis pabriknya di Cina adalah kurang tepat, mengapa? Itu karena mesin yg digunakan oleh J-20 hingga kini masih kurang ideal.

    Sebenarnya peluncuran J-20 terlalu cepat karena mesin itu tadi. Tapi mudah dibaca bahwa peluncuran yg dipaksakan itu tetap dilakukan dengan harapan bahwa Cina akan memperoleh :
    1. J-20 akan menggetarkan tetangga atau lawannya meskipun mesin J-20 belum ideal untuk kategori pesawat siluman
    2. Sambil menyelam minum “Fanta”, ini mungkin pepatah yg dipakai Cina saat meluncurkan J-20 -sambil mengembangkan sendiri atau melakukan reverse engineering atas (babon) mesin jet Rusia yakni dari mesin Su-35.

    Saat Cina sdh mampu menciptakan mesin sendiri bagi pesawat gen 5 maka tibalah saatnya Cina lepas dari ketergantungan atas Rusia di bidang teknologi pesawat tempur.

    Kalaupun Cina akan (sudah siap) mengekspor pesawat siluman yg kemungkinannya adalah tipe J-31 (FC-31)maka waktulah yg akan membuktikan apakah harga Su-35 akan turun. Semuanys itu masih memerlukan waktu, entah berapa lama.

    Salam

  9. boroooooooong

  10. Maaf OOT, baru baca dari kompas heli AW101 yg dibeli TNI AU bekas pesanan India dg harga 45juta US dolar tapi dibeli TNI AU dg harga 55juta US dolar. Beda 10 juta US dolar, waduuuh….

    • @arifin glogok

      Tante bilang juga apa…sampe berbusa-busa jelasinnya, kalo polemik yang ini gak jauh2 dari urusan poundsterling, xixixixi

      Sampe2 ada seorang warjag bernama @ayoeng yang matian2 menebar virus2 link menyesatkan utk menjustifikasi pembelian heli awewe

      Ayoeng…keluar kamu, jangan ngumpet diketek profesor !!!

      Biar kamu pake nama samaran, tante tau siapa kamu sebenarnya. Dari tuturkatamu yang halus dan terlihat intelek, pastinya kamu ini berpendidikan tinggi, mungkin lulusan luar negri….hmmm logatnya kental sekali dg aksen “anglo-saxon”.

      Gimana yoeng…enak jadi makelar ato penggiat “immartial”?!!!!

      #arifin glogok: sampeyan jawinipun pundi mas?

  11. berita mengada-ada.

  12. oh su 35 kenapa kau masih terdampar di rusia.kapan kau pulang Su 35. kami mau engakau bobo di indonesia… oh su 35 sungguh kau membuatku galau menantikanmu yg hanya akan,akan dan akan…

  13. Om teloletnya ilang om…

  14. Takut amat kagak ada yg beli, emangnye cuman china tok ygbeli beli tuh barang, rusia muke gile skr nih, apa kah indonesia, vietnam dan iran kagak bakalan sanggup beli tuh pesawat??.. jgn remehkan kami tin (panggilan akrab si putin)…jika rakyat indonesia mulai kumpulkan koin utk su 35, kelar idup lo!!,,kakakakakkakkaakikikikixixixiixixix

  15. Arap-arap…ehh pait-pait….xixixixi

  16. Kirain pesanan TNI AU.. G taunya… Pesanan tetangga utara…ngenes..ngeness

  17. harga SU35 untuk china..
    saya kira untuk pasar dunia..
    ahhh

  18. Ada sianida…

  19. Berarti j20 lebih baik ketimbang su 35???
    Kalo gitu booroongggg J20….

  20. Iyelah..

  21. Indonesia tunggu hibah F-22 dan F-35 dari Asu, …….. !!!

  22. Tes

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)