Sep 112016
 

KUBINKA – Kementerian Pertahanan Rusia dan Galangan Kapal Zelenodolsk telah mencapai kesepakatan untuk pengiriman kapal rudal kecil (Proyek 21631) Buyan-M baru untuk Angkatan Laut Rusia.

Perjanjian terkait telah ditandatangani pada hari Rabu (07/09/2016) di Forum Army 2016 oleh Wakil Menteri Pertahanan Yuri Borisov dan CEO Shipbuilding Plant Zelenodolsk, Renat Mistakhov.

Jumlah kapal tambahan yang akan dikirim untuk Angkatan Laut di bawah kontrak ini tidak ditentukan saat upacara penandatanganan.

Kapal rudal kecil Project 21631 memiliki bobot sekitar 950 ton dan mampu bergerak dengan kecepatan hingga 25 knot. Mereka dilengkapi dengan sistem rudal Kalibr, artileri A-190 kaliber 100 mm, peluncur Gibka untuk rudal anti-pesawat dan udara Igla serta sepasang meriam sistem pertahanan AK-630-2.

Pada akhir 2015, kapal selam diesel-listrik Rostov-on-Don (Proyek 636.3) meluncurkan rudal jelajah Kalibr dari Laut Mediterania untuk menghancurkan fasilitas organisasi teroris ISIS di Suriah.

Kelas Buyan adalah jenis korvet sungai-laut yang dirancang oleh Biro Desain Zelenodolsk. Desain menggabungkan fitur stealth untuk mengurangi radar cross section. Arsitektur terbuka yang fleksibel dari kapal memungkinkan untuk modifikasi sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Kapal ini memiliki panjang 75 meter, beam 11 meter dan draft 2,5 meter. Setiap korvet dapat menampung awak 29 sampai 36. Korvet ini memiliki kemampuan bertahan yang lebih baik untuk bernavigasi disegala kondisi laut termasuk badai. Korvet kelas Buyan beroperasi di laut hingga tingkat 6 (enam) dan dapat menggunakan senjata sampai tingkat 4 (empat).

Saat ini, ada 5 korvet dari Proyek 21631 dalam pelayanan Angkatan Laut Rusia. 3 dari mereka ditugaskan untuk Kaspia Flotilla, dan 2 lagi dalam pelayanan Armada Laut Hitam.

Menurut laporan sebelumnya, pabrik Zelenodolsk harus menyediakan total 9 unit korvet jenis ini untuk militer Rusia.

Sumber: Defense Aerospace

  19 Responses to “Rusia Pesan Tambahan 4 Unit Korvet Buyan-M”

  1. Tes

  2. yah gt deh

  3. Pertamini

  4. PKR-60 harus bisa secanggih korvet buyan. Ayo para intelektual Indonesia tunjukan kemampuanmu.

  5. PKR 60 atau KCR 60 bung?Beda loooo

  6. Panjang 62 meter . .??? Apa ga salah . .??

  7. Korvet rasa frigate

  8. Rudalnya yg sangar..angelina jolie melotot liat rudalnya si buyan

  9. Kalo menhan Russie siapa ya? Rasanya Wamenhan si Yuri Borisov yg lebih dominan tampil di publik, apa jgn2 ghoib…hihihi…

  10. Ini si Sergei Shoigu lg ngopi bareng ane ni. Smbil nunggu sate kambing. Buahahahah

  11. TNI-AL seneng nya nambah kapal2 mini spt KRI KCR-40, KAL PC-28/32. KCR-60 pun senjata nya malah jadi menurun dibanding FPB-57 NAV 5 (meriam utama 57 mm & 40 mm dihilangkan, diganti 1 CIWS 30 mm dari China). Padahal keduanya jenis Patrol Boat. Gimana bisa ngadepin CG-China yg pake 2 meriam 76 mm?

  12. Kalau harganya memungkinkan, pemerintah bisa beli ini 5-10 buah Karena cocok untuk perairan Indonesia. dan Bila perlu bisa ToT, KCR-60 buatan kita bisa minimal mendekati korvet ini dalam hal kemampuan persenjataan.
    Negara lain pasti berpikir dua kali sebelum mengganggu NKRI

  13. Hampir mirip pkr 60 tp peesenjataan sama ew jauhhhh bedaaaaa…..hiks…hiks…hiks

 Leave a Reply