Aug 182013
 
Kapal selam Kilo Rusia

Kapal selam Kilo made in Rusia

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, pemerintah Indonesia mendapatkan tawaran untuk  membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014.

Kapal selam dari Rusia sudah ada. Mereka membuka kesempatan karena kedekatan dengan kita,” kata Purnomo saat ditemui di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2013.

Dalam kalimat langsung  yang dikutip tempo.co itu, Menteri Pertahanan menyatakan: “Kapal selam dari Rusia sudah ada”. Menteri Pertahanan menyampaikannya dengan kalimat multi tafsir. “Sudah ada” dalam artian telah ditawarkan atau “sudah ada” dengan arti Indonesia telah memiliki kapal selam Rusia.

Dia menyampaikan sebuah clue, namun tidak menjelaskannya lebih lanjut.

Informasi tentang tawaran 10 kapal selam Rusia, juga ditulis beritasatu.com. Menteri Pertahanan kembali menyampaikan kalimat yang multi tafsir:

“Memang ada tawaran lagi 10 kapal selama dari Rusia,” kata Menteri Pertahanan (menhan) Purnomo Yusgiantoro, Purnomo di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Logika kalimat Menteri Pertahanan tentang “tawaran lagi”, adalah, Indonesia sudah pernah ditawarkan dan membelinya atau setidaknya Indonesia punya track record yang bagus dengan produsen kapal selam Rusia. Kalau tidak memiliki rekam jejak yang bagus, tidak mungkin ditawarkan langsung 10 kapal selam (refurbish).

Kalau belum pernah membeli, seharusnya bunyi tawarannya begini: :Ini coba 2 kapal selam refurbish Rusia, kalau suka bisa tambah lagi”. Orang yang ditawarkan pun tidak akan terkejut.

Mengapa Rusia menawarkan langsung 10 kapal selam refurbish?. Karena tawaran mengambil 2 kapal selam dengan opsi bisa menambahnya hingga 10, telah dilakukan tahun 2007: In September 2007, it was announced that Indonesia had placed an order for two Kilo Type 636 submarines, plus options to purchase up to eight more.

Dalam berbagai catatan, Indonesia pernah menandatangani kontrak pembelian kapal selam dari Rusia, yang langsung disaksikan Presiden SBY dan Vladimir Putin.  Namun kelanjutan dari kontrak tersebut, tidak pernah dibuka secara terang  ke publik, apakah dieksekusi atau batal. Dengan adanya tawaran dari Rusia untuk pembelian 10 kapal selam refurbish, kontrak terdahulu semakin jelas seperti apa ENDING-nya.

Hal lain yang bisa ditangkap dengan tawaran 10 kapal selam dari Rusia, tersirat Indonesia sudah familiar/tidak merasa asing, dengan jenis kapal selam tersebut.

Padanannya kita rujuk kasus  pembelian 30 pesawat  refurbish F-16 eks AS.  Indonesia tadinya hendak membeli 8 pesawat baru F-16 Block 52, namun AS menawarkan 30 F-16 block 32 rekondisi dan Indonesia mengambilnya, untuk mengisi kekosongan fighter, dengan harapan KFX/IFX bisa terwujud sesuai waktu yang ditentukan.

Mengapa AS langsung menawarkan 30 pesawat tempur F-16 refurbish ?. Karena Indonesia adalah pengguna lama dari F-16, sehingga tidak ada perdebatan tentang kualitas pesawat, apakah pesawat itu bagus atau tidak.

Nah sekarang Rusia langsung menawarkann 10 kapal selam. Logikanya, Indonesia merupakan user / sudah terbiasa dengan  kapal selam yang ditawarkan.

Kasus pengguna baru, seperti Malaysia ditawarkan 2 Scorpene oleh Perancis. Singapura yang selama ini pengguna kapal selam Swedia, juga mencoba membeli 4 scorpene dari Perancis. Sementara Vietnam yang memiliki ikatan militer kuat dengan Rusia, membeli 6 kapal selam Kilo. Nah, untuk kasus Indonesia, Rusia langsung menawarkan 10 kapal selam refurbish. Tawaran ini bisa diartikan, Indonesia dianggap tidak asing dengan kapal selam tersebut. Apalagi operator kapal selam berjumlah puluhan, berbeda dengan pesawat tempur yang hanya dioperasikan oleh 1 atau 2 pilot.

Sejumlah dokumen tentang pelatihan TNI AL untuk menyambut kapal selam Kilo dari Rusia, sempat beredar. Dokumen itu dibuat tahun 2007. Jika dikaitkan dengan dokumen pelatihan awak kapal selam Kilo Indonesia, tawaran penjualan 10 kapal selam oleh Rusia menjadi klop dan nyambung. Artinya proyek pengadaan kapal selam Rusia dan pelatihannya yang ditandatangani tahun 2006-2007, tidak pernah berhenti.

Indonesia tampaknya memiliki program berkesinambungan dengan kapal selam Rusia.

Pengadaan 10 kapal selam refurbish dari Rusia (kalau jadi dibeli), akan memiliki positioning yang sama dengan 30 F-16 refurbish AS. 10 kapal selam itu, untuk menngisi kekosongan/ stopgap, hingga Indonesia bisa membuat kapal selam Changbogo Korea Selatan, atau dengan kata lain, hingga Indonesia membuktikan ketangguhan Kapal Selam Changbogo, saat mengoperasikannya nanti.

Berbicara tentang pembangunan kapal selam Changbogo, Indonesia mestinya optimis bisa membangun sendiri kapal selam tersebut. Militer Korea Selatan telah mengoperasikan 12 kapal selam Changbogo, sehingga tidak perlu dikhawatirkan, apakah kapal selam ini akan berwujud atau tidak. Dan Indonesia memesan 3 kapal selam Changbogo yang baru ke Korea Selatan.

Kembali tentang kapal selam dari Rusia. Saya jadi teringat dengan tulisan wartawan Radar Timika tentang kunjungan kapal selam 402 ke Sorong. Di situ sang wartawan berbicara cukup detil tentang spesifikasi dan kemampuan kapal selam tersebut, seperti: jumlah kru, kedalaman menyelam, serta lama perjalanan. Wakil Komandan Kapal Selam juga tidak ketinggalan menyebutkan jumlah kapal selam Indonesia.

Sang Wartawan pun memberi detil bahwa dia melihat langsung kapal selam tersebut dengan tulisan: Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container.

Namun dari penjelasan itu semua, ada hal ganjil. Tulisan itu tidak menyebut jenis kapal selam yang dia lihat dan juga wawancarai Wakil Komandan Kapal-nya.

Jka anda menjadi wartawan dan bertanya tanya tentang sebuah mobil/motor di satu showroom, apakah l/motor tersebut, sementara anda telah melakukan pembicaraan cukup detil ?.

Yang paling mungkin terjadi, sang wartawan diminta tidak menyebutkan jenis kapal selam tersebut, kecuali nomer lambungnya 402. Kenapa ?.

Wakil Komandan Kapal menyebutkan awak kapal selam tersebut berjumlah 66 orang. Jumlah awak tersebut bukanlah muatan dari KRI Nanggala 402 type U-209 buatan Jerman Barat. KRI Nanggala 402 type 209, hanya mampu mengangkut 30-an awak kapal.

Agar tidak berbohong, sang wartawan hanya menuliskan nomer lambung kapal selam, menyebut jumlah muatan kapal, namun tidak menyebutkan jenis kapal selam tersebut. Mengapa jenis kapal selam tidak disebutkan, karena memang ada yang harus dirahasiakan.

Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container…..

Kita jadi teringat dengan kalender TNI AL yang memasang disain photo kapal selam Kilo yang diberi nomer lambung 412. (JKGR).

  83 Responses to “Rusia Tawarkan 10 Kapal Selam”

  1. poto kalender lagi jelas sotosop coba tanya ama tukang poto
    Poto kalender KS udah pernah di bahas di kaskus
    kalau yang asli punya TNI AL gak bakalan ada potonya jelas jelas diumpetin
    kata om kenyot kaskus mau jelasnya tunggu pangkalan KS di PALU DIRESMIKAN 2014

    • Jelas itu bukan photo asli. Kan ada tulisan: desain photo Dispenal. Yang menjadi pertanyaan, ngapain kalender meja TNI AL pasang photo KS Kilo, kalau tidak punya KS tersebut.
      Salam

      • semoga pemerintah membeli kapal selam tersebut, mumpung di tawarin oleh ayah rusky yang lagi berbaik hati mungkin ayah rusky udah tau RI doyannya yang bekas. saya agak skeptis dengan pemerintah yang cenderung ke blok barat misalnya hibah f16 langsung di makan habis-habisan semoga pemerintah RI langsung jatuh cinta dan mau melirik 10 kapal selam bekas ini. dan semoga tidak ada kontra intelejen utk menghalangi pembelian 10 KS bekas ini. amin

    • Kilo lagi – Kilo Lagi, ngak bosen om Diego ?

      Dulu saya sering majang foto Dian Sastro (bukan Dian SATRIO..he…he…), saya edit disampingnya foto saya, saya tulisin ” FUTURE WIFE”..ck…ck…

      kalau pendapat saya, foto itu adalah sebuah “keinginan” dari TNI-AL akan si KILO saja, moga moga aja di realisasi oleh pemerintah.

      • Siap Om Melektech

      • setuju dgn Om Melektech.. btw dulu ada keinginan ingin memiliki Dian Sastro ya… hehehe…

      • udah gak perlu lagi bilang kilo setroong, karena beritanya semakin jelas, up-date terus om diego..

      • dian satrio koment ah
        Kalau bung melecteck ngedit fotonya dengan dian sastro dan ditaruh dikamarnya sih wajar..tapi apa kata orang yaa bila bung melecteck sebarkan dan tunjukin ke orang orang foto tersebut???
        Tanggapan orang gimana yaaa??hehehehe paling dianggap anda rada rada..

        Analoginya sama dengan kalender TNI AL dengan kapal selam kilonya.
        Mau nggak dibilang khalayak umum TNI AL rada rada gendeng ..
        Obsesi gak kesampaian sampai sotosotoin foto..

        piss kang ojok ngamuk yo hehehe just kiding

    • Om kenyot pun nggak salah di kaskus juga uploads ttg media china soal KS indonesia:
      http://www.best-news.us/news-5029818-China-39s-neighboring-countries-scanning-Japanese-submarine-strength-fast-update.html
      tgl 30 juli 2013
      soal Ks indonesia: 2 cakra class, 3 dari korea dan memesan/kontrak 2 ks kilo?? untuk target 12 ks, yg menyebabkan jepang, australia dll mempertanyakannya.
      Nggak tau kebenaran informasi ini???? terima kasih

  2. Sekalian minta kuliahnya utk service berkala, outage total, bongkar pasang, dan sambung-menyambung menjadi satu bikin kembarannya, utk yg sekilo yg sarapannya ketan hitam, sekalian yg sekula yg sarapannya lalat hijau.
    dan produksi parasetamol yg banyak utk dieksport ke luar negeri.
    mending yg beginian gak usah naik ke permukaan, mending tetep nyelem. dan selalu menjadi tanda tanya bagi negara2 pen-dengki.

  3. Tulisan wartawan Radar Timika tentang kunjungan kapal selam 402 ke Sorong juga sempat di kutip oleh situs resmi pemerintah (Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan RI):

    http://itjen.kemhan.go.id/node/2940

    Malah di awal kutipan tulisan ditambahkan kalimat:

    “Komandan Kapal Selam : Saat ini ada 5 (lima) kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik”

    Kalau situs resmi pemerintah (Itjen Kemhan) menampilkan tulisan ini, kira-kira apa artinya?

    NB : Inspektorat Jenderal fungsinya mengawasi dan memeriksa, jadi mereka sebisa mungkin tidak boleh salah.

  4. ahai.. tinggal tunggu saja,,siapa yg berani publish kilo..

  5. Kilo .. Hantu Laut Indonesia.

  6. Pembahasan masalah KS Rusia di Indonesia memang paling seru di lapak ini.
    Kalau memang benar Indonesia sudah memiliki KS dari Rusia kemungkinan jenis Kilo Class (B/M), Kilo class (S/H) atau Amur Class 950 (B/M).
    http://www.antaranews.com/print/44774/tni-al-beli-kapal-selam-dari-rusia

  7. Daripda beli 10 ks,mendingan indonesia beli pertahanan udara jarak menengah,kaya s300 dari rusia.soalnya ini penting juga sbg payung pertahanan bagi AD,AL,dan AU kita dari serangan udara negara2 tetangga…klo ks mah,yg sekarang udh ada ditambah 5 ks canggih juga udh cukup

    • Setuju Sekali

    • masing” matra punya kebutuhannya sendiri”.. kalo ngandalin S300,, trz yg jaga di bawah sapa ? emangnya kalo PD3 yg membara cuma daratan doang ? PD3 itu kl bisa sama pulau”nya di hancurkan.. hihihi..

      • Bener juga sih,berarti entar ks kita harus bisa bawa senjata nuklir.hehe..ngarep.com
        Kuantitas penting tpi kualitas jauh lbh penting om..yg penting ks nya canggih plus persenjataannya modern dan mutakhir.efektif dan efisien..kan s300 juga buat counter serangan yg nyasar ke kapal ato ks kita.tinggal taro aja tuh s300 di jawa,sumatra,kalimantan,sulawesi,nusa tenggara,maluku,ama papua…namanya juga ngimpi.com.wkwkwkw….

        • kita mungkin lebih menganut prinsip punya pespur yang banyak dari pada long range SAM untuk pertahanan udara karena SAM juga perlu ada yang jaga. Selama ini kita baru punya SAM yang jarak pendek.

          Lebih bagus dua2nya kita pilih, pespur+pensil yang banyak di kombinasikan sama long range SAM…..semoga tercapai

    • Dgn luas RI yg sedemikian, es telungatus tdk akan mampu mengcovernya, area laut hrs di kawal dgn kawanan lontong yg tangguh agar mampu menutu celah agar tdk di masuki lontong2 asing.

  8. Isunya kan indonesia juga lgi mengembangkan ks kelas midget versi lokal dan kendaraan selam yg bisa dikendaliin dan bisa bawa torpedo

  9. Kalau benar KS TNI AL sekarang ada 5 seperti kata Komandan KS 402, berarti Rinciannya :

    U-209 : 2 buah
    Kilo/Amur : 3 Buah

    Ditambah Changbogo : 3 buah, dan rencana 10 lagi refurbished maka jumlah keseluruhan jadi 18.

    Jumlah 18 ini sesuai dengan jumlah baterai KS yang sedang dan akan di produksi PT. Nippres

    “Di samping golf car, Richard menyebut pihaknya sudah berkolaborasi dengan TNI AL untuk mengembangkan baterai kapal selam. Produksinya sudah berjalan dan rencananya pada 2025 sudah selesai memroduksi 18 baterai masing-masing seberat 240 ton untuk 18 kapal selam.”

    http://otomotif.kompas.com/read/2013/07/05/8919/Nipress.Kembangkan.Aki.untuk.Tank.dan.Pesawat

    Jelas dikatakan kalau mereka sudah bekerjasama dengan TNI dan produksinya juga sudah berjalan.

    Jadi sampai 2025 nanti TNI-AL berketetapan hati memiliki setidaknya 18 KS …

    • Bagaimana kalau jumlah yang disebutkan itu masih di-discount ?.xixi

    • @The Great : boleh minta pencerahannya ?..yakin 18 batre itu untuk 18 KS ? trz apa gag perlu di persiapkan cadangannya jika suatu saat ada batre yg rusak ? emangnya bikin batre KS gampang ya ?

      • Nggak yakin sih, 18 batre untuk 18 KS adalah jumlah minimal, kalau kurang ya impor aja dari negara asalnya, dan 18 batre itu kan cadangan semua, karena KS nya dah pake dan bawa batre ori / bawaan masing2, kalau rusak baru coba diganti pake buatan nipress. Buat batre memang gak gampang lha itu nipress aja sampai 2025 baru kelar 18( rencananya dan katanya). Salam

  10. TNI AL…tentu saja hanya mempunyai KS Cakra dan Nenggala…

  11. hmm….ada yg bilang 5 KS yha..? Dari beberapa komen di formil, sih, “katanya” terdiri dari ; 2 KS type 209 Germany (Cakra & Nanggala), 2 KS “siluman (yg katanya “induk” cakra), 1 KS Kilo ?? (punya India yg dibeli) –> upss…maaf, cuma mencoba menyimpulkan komentar para sesepuh formil aja, kok. coba aja cek lagi.

  12. Alkisah, terjalin kisah kasih dan PDKT antara dua sejoli di tahun 2006;

    (On October 10, Russian President Vladimir Putin flew to the German city of Dresden for a summit on energy issues with Germany’s Chancellor Angela Merkel.
    Putin’s Dresden talks followed an earlier summit in Paris in late September with Putin and French President Chirac and Merkel).

    A week after his Dresden talks, the Indonesian Navy Chief of Staff announced a remarkable shift away from that country’s traditional purchases of NATO military equipment. Indonesia will buy twelve modern Kilo-Class and Lada-Class Russian submarines. Indonesia cited advantages of cost and reliability over NATO French or German equivalents. These developments underscore the re-emerging of Russia as a major global power.

    2008: Badai krisis subprime mortgage menghantam dunia, rencana masa depan untuk sementara buyar, kedua sejoli disibukkan perjuangan masing2 untuk mengatasi krisis yang melanda…

    2013: Badai krisis mereda, ekonomi AS, Eropa dan Asia mulai pulih. CLBK ? (12 = 2 ex state credit + 10 bekas) hmmm…

    http://oilgeopolitics.net/Geopolitics___Eurasia/Russian_Giant/russian_giant.html

    • Tolong Astuti-nya diceritain juga dong bang.. Beneran jadi dipinang Ksatria mandi apa nggak.. Mohon pencerahan bagi yg tau A1-nya.. Habis dari warung sebelah, denger hoax trus mabuk lontong ampe dimari..

      • Entah kenapa cak Rus ini memang bersimpati pada Ksatria Khatulistiwa sejak dulu…

        Kelanjutan soal pinangan terhadap Astuti binti Rus, kapan resepsi dsb. sayang sekali tergolong ‘classified information’ :)

        • astuti yang dimaksut itu dari UK bung danu
          nggak tau deh kabarnya beredar diformil bikin bingung.

          Kalau ssn dari cak rus ya typhon ,yang kabarnya mau diganti dengan boereii class..,dan apa typhon ikut ditawarkan di 10 ks bekas tersebut..??bisa jadi …bisa jadi

          Kok pernah denger ada pelatihan tentang ssn dan penanggulangan kebocoran reaktor cmiiw.

          • hehe, saya sih ikut bung wie aja yang ngasih nama itu…

            sama seperti cewek cantik Rusia ada yang namanya Maria, yang aslinya nama Hebrew/Yahudi…

          • hahahahaha..korban formil rupanya..
            untuk astuti tanyain langsung ama agung herculesnya soalnya kalau dibocorin ama yg g berhak bisa dilempar barbel ama si agung..hehehehe

          • Astuti = Astute (UK sub).. Ksatria Mandi = Sir Beye.. Heran juga sih klo cuman beli NR class Sir Beye dikasih gelar Ksatria sama Mbah Elly.. Kayaknya ada sesuatu yg besar yg belum terendus publik dan layak di-Hoax-kan guna menambah efek “demam lontong”, untuk kemudian bisa “diimpikan” kehadirannya di kolam kita…

          • Hehe..Knight Grand Cross in the Order of Bath toh?
            Lost in translation nih…, yang pertama ditulis dengan huruf kecil, artinya kata kerja bukan nama.(Ksatria Trah Mandi mungkin lebih cocok).
            Terkait Dame Astuti of England setahu saya belum ada keping puzzle yang mendukung, masih murni dugaan…

  13. Saya lebih setuju untuk mengambil tawaran Rusia, untuk mengimbangi pangkalan amerika yg ada di australia.

  14. Kapan nih Pak Pur ngomong ya, biar tidak menjadi gosip….

  15. Indonesia itu emang gadis cantik..
    om Rusia jg gak mau kalah ngedeketin gadis cantik Indonesia ini, paling tdk om rus punya pengaruh penting dn dari dlu memang punya hubungan dekat.
    jadi nambah seru tuh jadi cinta segi enam namanya, antara gadis cantik Indonesia dg para pencari perhatian dn berebut pengaruh ngerebutin indonesia yaitu Cina, Rusia, USA, Australia hihi
    Yang paling setia terbukti sampe sekarang sih om Rusia, yah namanya jg orang jualan tp klo jual k orang yg udah d kenal di discount dong yg gedean wkwk

  16. temans, ada sedikit oleh oleh dari Australia-Indonesia Defence Ministers’ meeting.
    topics: second annual Aust-Indo DefMins’ meeting.
    july 29,2013. 08:14:49 PM

    Stephen Smith: Thanks very much………finally as a result of our visit to HMAS Stirling and
    Henderson, we’ve agreed there is collaboration we can do on lesson learnt for maintenance
    and sustainment of submarine. Indonesia is currently in the process of acquiring UP TO FIVE
    submarines in conjunction with Korea….

    ada sedikit tambahan: rumours on the Russian offering kilo class subs, hull number B-248,
    B-229, B-404, B-806, B-445, B-464, B-459, dua lagi tidak diketahui yg mana, mulai aktif
    tahun 80an dengan status kebanyakan in reserve. (philippine def forum)
    Salam,

  17. Sungguh tawaran yg patut dipertimbangkan; mudah2an efektif dan efisien. Saya lebih suka kita berhubungan dgn Rusia dan China dlm pengadaan alutsista. Pengalaman adalah guru yg paling berharga…. Ingat, kita beberapa kali punya pengalaman pahit dan menyakitkan kala “berhubungan” dg US, UK, jg Australia…

  18. Bung Diego, untuk sekedar menjadi catatan saja. Tidak banyak wartawan di Indonesia saat ini yang benar-benar paham (spesialisasi meliput berita) tentang dunia kemiliteran, sekalipun mereka itu wartawan dari media nasional. Terlebih lagi wartawan dari media umum (bukan khusus majalah kemiliteran). Karena ternyata dalam satu hari para wartawan ini umumnya menerima lebih dari satu penugasan dari atasan masing-masing ke tempat liputan yang berbeda-beda. Akibatnya, mereka tidak begitu mendalami topik yang tengah menjadi bahan liputan mereka saat itu. Yang penting ada nilai berita, ada pernyataan beberapa nara sumber dan direkam, lalu ditulis, dan beres.
    Ini saya buktikan ketika Wamenhan berkunjung ke PT PAL untuk inspeksi progress alutsista pesanan TNI beberapa waktu lalu. Dan ternyata hampir seluruh wartawan yang dibawa oleh Kemenhan saat itu tidak memiliki kapasitas cukup tentang acara tersebut, sehingga banyak pertanyaan lucu yang muncul, seperti misalnya “Kapal cepat yang dibangun ini membawa bom (maksudnya mungkin rudal) jenis apa pak….,” Hehehehe….
    Jadi menurut saya untuk kasus ini, sebaiknya kita tunggu saja penampakan asli si Kilo, karena jika dilihat dari berita-berita di atas, dan si wartawan tidak berusaha menjelaskan statement Pak Pur bahwa “Kapal selam dari Rusia sudah ada…”, itu artinya, si wartawan tidak paham update dunia kemiliteran Indonesia. Termasuk berita tentang KS 402 yang merapat di Sorong beberapa waktu lalu.
    Kesimpulannya menurut saya, jika si wartawan tidak paham dunia kemiliteran dan menulis berita tentang kemiliteran, maka berita yang disajikan mungkin saja salah kutip sehingga bisa menjadi multi tafsir.

  19. Untuk Semua pembicaraan diatas… Memang sih pada akhirnya kita harus bisa menerima (walaupun pahit rasanya) bahwa Kapal Silem kita memang cuma 2 (dua) nomor lambungnya… jadi apapun “gosip”nya yah sudah terima sajah…
    Terkait barang secondhand yang ditawarin Om Ruskie, kok kayaknya hati kecil ini ga setuju yah… rasanya beda saat ditawarin 30 pespur F-16 dari Om USA, kenapa..?? karena yah itu tadi.. untuk barang yang memiliki deterent yang tinggi sekelas “KILO” kita butuhnya yang BERKUALITAS.. bukan kwantitasnya… jadi kalo memang punya dana buat “refurbish” 10 KS Kilo lebih baik dibelikan yang bener2x brand new (seperti vietnam) walaupun jumlahnya lebih sedikit (minimal 5 biji KS KILO)..
    Mungkin itu aja sih jeritan hati kechil ini….
    Gimana bung Diego… setuju gak…??

    • Kamerad jhie_oeng. Kalau kita balik, misalnya posisi kita di pemerintahan/Dephan, mungkin gak sih alutsista yang kategori strategis akan kita publish ke public secara terang benderang ?. Kan tidak mungkin. Paling mereka memberikan clue saja dan rakyat harus menafsirkannya.Karena mereka diikat UU Kerahasiaan negara.

      Apakah ketika mereka tidak menyebutkan jumlah dan jenisnya….kondisi itu menjadi fakta yang sebenarnya ?. Tidak…karena sudah bocor halus xixi

      • Om Diego semakin mengerti aja…hehehhe…kl komen’ny seperti ini,,ane setuju dah..

        ada yg harus tau dan ada yg tidak harus tau.. kalo mau tau,,kapan” nyelem deh di dkt arafuru..doi lg di situ…lg ikut mancing mania..heheh..

      • setuju sama om diego, kayak US aja tidak pernah mempublikasi memiliki berapa jumlah senjata nuklirnya. karena bersifat strategis.

    • Beli barang bekas kudu teliti sebelum membeli.. Di cek kilometernya udah banyak belum, masuk kolong liat chasis udah karatan pa belom, tanyain service-nya lancar pa kagak (jadi inget dulu waktu beli mobil bekas). Kira2 ya begitu klo beli barang bekas, klo percaya aja apa kata yg punya barang ya resiko nyesel di belakang.

      Ane bilang sih masing2 punya kelebihan/kekurangan klo beli bekas/baru:
      -Baru.
      Bad point:
      -Nunggu antrian lama. Dari bikin, seatrial ampe commissioned juga butuh waktu.
      -Off course harga lebih mahal dari barang seken.
      Good point:
      -Umur panjang plus up to date dalam hal teknologi.
      -Dimana2 “umumnya” barang baru nggak rewel maintenisnya. Tinggal servis bulanan lancar plus rajin ganti oli.
      -Deterjen lebih “terasa” dan bikin manyun tetangga dibanding beli seken (asal jangan kopongan, please).
      -silahkan tambahin sendiri.
      -Seken/bekas.
      Good point:
      -Pas dikantong buat kita2 yg hobi seken dan suka ngeteng.
      -Dengan duit sama bisa beli lebih banyak dibanding baru.
      Bad point:
      -Kilometernya udah banyak jadi masa pakai udah berkurang banyak.
      -Kudu teliti milih barang, jangan beli barang rongsokan.
      -Harus mengeluarkan biaya extra buat upgrade atawa minimal buat rekondisi.
      -Barang seken atawa barang lama suka rewel gan, kudu siap bener2 maintenisnya.
      -Tambahin ndiri.

      Tinggal pemerintah maunya gimana. Ambil silahkan (tentunya dengan pertimbangan diatas) atau mau beli baru ya silahkan. Klo bekas ini jadi diambil jangan lupa minta ote2 perawatan ama perbengkelan, selain biar bisa ngerawat sendiri siapa tau besok mo ngambil lagi.. CMIIW lo ya..

      • saya kira 10 kilo sudah tepat, kalau hanya untuk jaga perbatasan/selat atau serangan kilat ke instansi vital negara dekat sepertinya cocok & menakutkan karena hanya sebagai platform rudal ssm atau sea to land, beda kalo untuk nguber KS canggih lawan di laut dalam yang jauh, mungkin agak keteteran, just my opinion.

      • Masalahnya belum jelas barangnya jenis yg mana, klo yg 877EKM bisa buat platform peluncur KLUB missile. Sekalian aja beli KLUB-nya yg versi Anti shiping (34-54E) ama yg Land attack (34-14E) klo jadi ngambil yg ini mah..

      • Sebaiknya beli yang bekas saja, Baru atau bekas klo tertembak sama2 hancur, negara yang beli KS baru nangis klo nainanya ancur, negara yang beli KS bekas, cuek aja klo mainanya ancur, krn banyak stok..
        Seperti orang berantem, sekuat2nya 1 orang yg ahli kung-fu klo dikeroyok orang yg gak ahli apa2 tapi banyak, akhirnya kalah juga

    • kilo yang digunakan AL Russia berbeda (baca: lebih baik..) kemampuannya dibandingkan
      versi ekspor…

  20. hny bs wait n see, makin dikupas makin misterius.. suatu saat yakin si lontong rusia bakal di umumkan k publik kyk kasus Alpha Project.

    S300 n Pantsyr, sptny ttp dlm lirikan TNI, tnggl nungg momen yg pas buat masukin ke daftar blanja.

  21. Ibarat jigsaw puzzle, sudah ditemukan keping2 dengan angka 2, 10 dan 12. Korelasi antara ketiganya cukup mudah ditangkap.
    Berdasarkan ketiga angka tsb plus satu angka lagi, 2006, tidak terlalu sulit menangkap konteks ucapan Menhan “Kapal selam dari Rusia sudah ada”.

    Angka 12 berasal dari hitung2an tahun 2006, selama 7 tahun kemudian hembusan angin dari arah LCS semakin panas, membuat Jakarta tambah gerah.
    Hitung2an sepertinya perlu direvisi. Apa mau dikata, dari yang 12-pun baru 2 sempat dibuat kontraknya (lihat thread/topik ‘pembelian-kapal-selam-kilo-rusia’, info dari blog Rusia dalam aksara Cyrillic-nya)
    Celakanya lagi, bang Rus lagi kebanjiran order KS. Para petinggi Jakarta berunding ulang dan mengontak Moskow “Kalau barang surplusan ada gak, tolong deh”, bang Rus bilang “I’ll see what I can do”.
    Beberapa waktu kemudian ada berita dari Moskow “Kabar baik mas Pur, KS surplusan ada, malah jumlahnya X. Gimana, bungkus semua?”

    Maka Menhan-pun ‘keceplosan’: “Kapal selam dari Rusia sudah ada”. . :)

    http://rusnavy.com/news/navy/index.php?ELEMENT_ID=15281

    (Kata kunci ‘Carry-over deliveries’ -penyerahan pesanan dari tahun2 sebelumnya dan ‘backlog of orders’ -antrean pesanan)

  22. atau sepertinya berita tentang Lontong ini sengaja dihembusnya untuk memberi sinya kepada US dan AUS kalo kita punya penangkal juga jika mereka menggoyang Papua

  23. Publikasi secara tidak langsung sebenarnya sdh dihembuskan oleh TNI AL sendiri..ini sebenarnya menjahit potongan-potongan informasi yang sdh ada. Gambar di kalender tersebut sudah memberikan nomor lambung 412..jadi pada saat di disain kalender tersebut user sdh tahu kalo akan diberikan 10 KS kelas kilo, amur, lada atau apapun itu dr buatan Rusia…nah menhan hanya menyampaikan kembali potongan-potongan tsb supaya menjadi “baju” yg bisa diterima publik.

  24. Bungkus pak
    Buuungkuuus paaak
    Buuuuuungkuuuuuuuuuuuuuuuuuus paaaaaaaaaaaaak!!!!!!!!
    Dan stop berada diketiak barat, ingat penjajahan, ingat konfrontasi malaysia, ingat timor timur, ingat lepasnya pulau sipadan dan ligitan, ingat papua, aceh yg dibidik agar lepas dr indonesia, dan ingat hati2 banyak intelegent asing yg banyak mondar2 dir di indonesia, yg mempengaruhi, mengintrvensi kebijakan pemerintah dibidang kedaulatan pertahanan, ekonomi, wawasan, maupun negara supaya negara ini hancur terpecahbelah, hati2 skenario seperti negara2 timur tengah, sungguh bener2 bodoh jika kita masuk jebakan kelubang yg sama, hidup nkri

    • Pemimpin2 RI harus lebih cerdik dalam menyikapi kelakuan Barat terhadap negeri ini, sejarah sdh membuktikan banyak ttg hal ini Gan. NKRI harus ttp terjaga dari gerogotan Barat Gan. Bravo NKRI

  25. Om diego, sebenarnya sinyal pemerintah sudah sgt jelas, semuanya ini bisa diliat pidato kenegaraan presiden SBY, yg memperingatkan siapapun baik di dalam negeri di luar negeri jgn mengusik kedaulatn NKRI atas papua dan aceh. Dilanjut kemhan mengumumkan soal tawaran 10 ks kilo second dari rusia.
    Ini semua bahasa politik tingkat tinggi dari pemerintah yg ditujukan kepada siapun yg mengutak utik kedaulatan nkri.
    Media chinapun akhir2 ini turut mengulas keberadaan ks rusia milik indonesia, dgn target 12 biji untuk menjaga kedaulatan nkri.

  26. Entah benar atau tidak berita tersebut, saya memilih untuk meyakini ini benar adanya. Berita yang menjadi desas desus seperti ini akan menarik untuk dibahas dan membuat gerah para tetangga. Mirip seperti ngegosipin tetangga sebelah rumah: seru! Bukan mustahil ini memang di sengaja oleh. Jadi mari kita nikmati gossip yang seru ini.

  27. Suatu hari 8 ks…tanpa diketahui asalnya mengepung negri singapur…tempat penampungan koruptor yg lari dr nkri….masing2 ks..manggul 4 icbm…….apa yg akan terjadi……

  28. Di pesisir…pantai cambera….5 ks merapat….masing2 manggul 6 icbm…apa yg akan terjadi

  29. udah gak usah mikir2 yang perang2 gitu, cuman mo nunggu headline news” konvoi freedom flotilla hilang diperairan sekitar papua karena menabrak “batu karang” saat terjadi cuaca buruk” ehehehehehe

  30. istilah kate betawi nih tni dah siap tawuran dah…..jumlah ks…cukup dah…nama cukup 2 cakra n nanggala …..nyali gede petarung sejati pejuang dr mbah moyang….so kita2 siap2…di panggil untuk bantu tni….klop tawuran jadi….lawan gabungan ..gak masalah…wilayah asean mungkin akan terjadi perang….sby dah kasih sign……perahu dr ausit di hajar torpedo aja…lu masuk gw bantai

  31. Apa ..anu …ini cuman skema buat pnampakan lontong yg udah anu …. biar gak nganu.
    Si Rusky submarine dah gak seru nebaknya …saatnya beralih ke Mbak Astuti yg tergiur rayuan Ksatria bak mandi ??Akankah mbak Astuti menerima mahar Ksatria bak mandi ??

  32. dari semua trit lontong, tersirat bahwa lontong kita bukan hanya kelas kilo, ada satu chakra yang pernah disewa oleh om vijay dari papa bear…ini yang bener” detergen sekali bilas…..

    #radartimika clue membawa 66 crew dan 300 meter nyelemnya…kalo kilo class hanya dapat membawa 52 crew, penambahan 11 crew untuk sebuah lontong sangat tidak masuk akal, sirkulasi udara dlm lontong bukan sebuah hal yang mudah, telah diperhitungkan dengan cermat sesuai spesifikasi serta ruang yg terbatas penambahan 11 crew sangat tidak disarankan….

    jadi bukan kelas kilo…..tapi….

    • Kemungkinan kilo class bisa saja , asal dilengkapi alat khusus DDS ( dry deck shelter ) berupa tabung besar diletakan pada punggung kapal selam utk membawa pasukan khusus sejumlah 14 orang.

      • thanks info-nya om, btw pasukan khusus untuk operasi tertentu dengan durasi terbatas, sedang si endut lg jalan2 100 hari….

        intinya detergen sekali bilas…..

      • DDS ya.. Kayaknya selentingan kabar kita pernah pesen ke Ruskie.. Tau bener apa nggak..

    • permisi saya orang biasa mau memberikan info….pada sekitar tahun 2007 dibengkalis riau pernah berlabuh kapal perang amerika…dan jauh ditengah laut terlihat sirip kapal selam berjumlah 5 titik dengan masing-masing jarak yang lumyan jauh…peristiwa ini disaksikan oleh ratusan warga setempat..bahkan ada wartawan tv daerah yang meliput…tapi maaf,,saya tidak pasti itu kapal selam jenis apa.mungkin info ini berguna.terima kasih

      • Kala itu kalau ada kunjungan presiden / petinggi AS ke indonesia, kapal perang mereka akan merapat ke perairan perairan sumatera atau kepri. Mungkin itu sudah protap mereka. Biasanya armada kapal perang ini akan dijaga juga oleh kapal selam.

        Kalau soal kapal selam RI, coba simak keterangan wamenhan Malaysia beberapa hari ke belakang. Dia minta tambahan KS berapa ke pemerintahnya, dari situ akan ada gambaran

  33. semoga penawaran dri rusia itu indonesia jga tertarik dan prtahanan indonesia lebih kuat dan d perhitungkan di asia

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>