Aug 202016
 

Kementerian Pertahanan Rusia telah menyelenggarakan tahap pengujian sistem rudal berpemandu anti-tank serbaguna terbaru yaitu Kornet-EM, yang mampu secara efektif melumpuhkan target darat dan target udara, termasuk helikopter yang sulit dideteksi dan dikalahkan serta kendaraan udara tak berawak, menurut laporan surat kabar Izvestia.

Dikembangkan oleh Biro Desain Instrumen Tula, Kornet-EM dirancang untuk melindungi sistem rudal S-400 dari sabotase musuh, kendaraan lapis baja dan drone selama perjalanan.

“Tahap uji berhasil diselesaikan, dan sistem Tula mampu mengatasi semua tugas. Kami berencana untuk menyelesaikan tahap pengujian yang tersisa dalam waktu dekat sehingga Kornet-EM dapat segera dimasukkan ke dalam layanan”, kata sumber tersebut.

Izvestia juga mengutip seorang juru bicara High-Precision Holding yang mengatakan bahwa Komando Angkatan Udara Rusia telah memuji Kornet-EM supaya mengambil bagian dalam simulasi operasi militer selama fase Army Games awal bulan ini.

Rusia Kornet-EM Launch

Sistem Kornet-EM, dipasang pada kendaraan lapis baja tigr, disajikan untuk pertama kalinya dalam Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow pada 9 Mei 2015 lalu. Perbedaan antara model terbaru dan kendaraan lapis baja biasa adalah terdapat dua peluncur dengan delapan rudal, yang tersembunyi dalam wadah pelindung, dan akan keluar dari tubuh kendaraan saat akan digunakan.

Dalam sebuah wawancara dengan Izvestia, Dmitry Kornev, editor dari situs Militaryrussia, menjelaskan prinsip di balik proses operasi Kornet-EM sebagai “cukup sederhana”. Menurut dia, sistem peluncur cukup mengarahkan sinar laser pada target, perangkat pencari target akan melihatnya dan rudal akan mengenai target dengan bantuan sinar laser.

“Peluncur rudal ini dilengkapi tidak hanya dengan kamera pelacak panas inframerah, tetapi juga dengan sistem pelacakan target otomatis, yang secara independen mengikuti target yang terkunci sinar laser hingga hancur”, katanya.

Kornev menambahkan bahwa karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi (lebih dari 320 m/s) dan ketepatan sistem pencahayaan laser pada Kornet-EM, rudal ini bukan hanya mampu menghancurkan tank, tetapi juga helikopter dan drone berkecepatan tinggi, karena rudal ini memiliki kemampuan manuver yang tinggi.

Rusia Kornet-EM 2

“Ideologi teknis Kornet-EM ini cukup sederhana dan berkaitan dengan peluncur yang sangat ‘pintar’ dan ‘bodoh’ tapi rudal yang kuat dan berkecepatan tinggi. Solusi ini merupakan ciri khas dari sekolah ilmiah Academician Arkady Shipunov, cikal bakal Biro Desain Instrumen Tula, “katanya.

Persenjataan Kornet-EM meliputi serentetan roket dengan anti-lapis baja, hulu ledak eksplosif dan thermobaric, sesuatu yang akan membantu Kornet-EM mengatasi berbagai tugas. Versi ekspor dari sistem rudal anti-tank Rusia generasi sebelumnya telah ambil bagian dalam pertempuran.

Sebelumnya, saluran TV Yaman Al-Masirah menunjukkan beberapa video serangan Angkatan Bersenjata Yaman melawan militer Arab Saudi. Selama serangan tersebut, sistem anti-tank Rusia menghancurkan beberapa kendaraan militer Arab Saudi, termasuk M1A2 Abrams, yang disebut-sebut sebagai salah satu tank yang paling aman di dunia.

Sumber: Sputnik News

  20 Responses to “Rusia Uji Kornet-EM Sistem Senjata Anti-Tank Canggih”

    • Tank teraman di DUNIA M1A2 Abrams
      Takluk dgn sista ini… heran knp pemimpin kita tdk kerja sama dgn Rusia dlm mengembangkan rudal ~ roket
      Gitu masih saja ada yg bilang sista dari Rusia senjata kaleng .??? Kira ” mikirnya pakai apa ya ???? 😀 😛

      • ini mahal mas, russia aja mikir2 kalo mau make ini, karna terlalu sakti dan mahal. oiya m1nya iraq sama saudi gak dipakein active protection system sama ERA, jadi bisa tembus, sama halnya kayak 2 merkava 4 yang di ancurin dulu. ATGM kayak gini kalo lawan tank yang ada active protection systemnya gak efektif, karna keburu ancur sebelum nyentuh “kulit” tanknya

  1. sepi pakde

  2. mboh ah

  3. ternyata ini yang hancurin 20 M1A2 milik saudi arabia ya… hihiihihihi…

    http://jakartagreater.com/arab-saudi-beli-153-unit-tank-m1a2s-abrams-senilai-115-milyar-dolar/

  4. Kombinasi dg komodo lebih yahud lagi. Jadi ada komodo mistral,komodo kornet sipp!!!

  5. Hukum Ruskye: [ …Kalo sdh ada hitung2an diatas kertasnya baru boleh kita babar… ]

    ..Solusi ini merupakan ciri khas dari sekolah ilmiah Academician Arkady Shipunov, cikal bakal Biro Desain Instrumen Tula…

    istilah “ilmiah” tak bisa diklaim dan digunakan semaunya, harus ada lampiran hitung2an diatas kertas..

  6. ketahuan… pada ngumpet disini ya 😀

  7. Wajib borong rudal kornet buat pendamping atgm lain buatan barat yg sudah ada diinventori tni

  8. Keren, kecil2 tp mematikan, hanya sejenis jeep, tp bawaannya rudal coyy, klo yg lain kan msh skelas rcws…

  9. kalo untuk negara yg merasa terancam oleh negara laen dan anggaran militernya terbatas kayaknya cocok ini senjata..cukup borong sebanyak banyaknya dan seandaenya terjadi perang maka biarkan musuh masuk dulu baru senjata ini buanyak gunanya,lumayan buat untuk greliya selama puluhan taun.

  10. buat nambah koleksi mantap ni….

  11. Kornet ini hampir mirip startreak..pake laser…

 Leave a Reply