Feb 202017
 

Unit pengujian sistem pertahanan udara Rusia generasi terbaru, S-500 Prometey akan siap pada tahun 2020, menurut Wakil Menteri Pertahanan Yuri Borisov kepada Sputnik News.

Sistem rudal pertahanan udara S-400 dalam Army 2016. (Ā© Sputnik News)

Sistem S-500 Prometey, juga dikenal sebagai 55R6M Triumfator-M, adalah sistem rudal mutakhir anti pesawat dan anti rudal balistik yang saat ini sedang dikembangkan di Rusia.

S-500 yang dirancang oleh Almaz Antei tersebut diklaim memiliki jangkauan hingga 600 kilometer. Sistem ini dapat secara bersamaan mencegat hingga 10 rudal balistik dan rudal hipersonik yang melaju dengan kecepatan hingga 5,6 mach (7.000 km/jam).

Sistem Prometey mampu mencegat target pada ketinggian hingga 200 kilometer, termasuk satelit yang dilengkapi dengan sistem intai elektro-optik.

S-500 akan menjadi upgrade besar bagi sistem canggih S-400 yang sudah ada dalam pelayanan termasuk juga sistem Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) buatan Amerika Serikat.

Para pejabat pertahanan AS khawatir bahwa sistem pertahanan rudal S-500 mampu menghadang pesawat tempur siluman terbaik yang saat ini dimiliki Pentagon.

“Cukup jelas bahwa S-500 ini dimaksudkan untuk bertugas melawan sistem rudal balistik di atmosfir bumi sebagai pertahanan, dan dengan jangkauan yang sangat panjang maka sistem S-500 bisa digunakan pada zona larangan terbang atau zona anti akses. Selain itu S-500 bisa digunakan sebagai rudal anti satelit”, kata Sebastien Roblin pada National Interest.

“Ini juga sebagai bukti jelas bahwa sistem S-500 dirancang untuk mudah dimobilisasi dan sulit di deteksi ataupun di retas, dapat digunakan untuk menahan tekanan serangan udara”, tambah Sebastien Roblin.

Resimen pertama dari sistem rudal S-500 akan digunakan untuk mempertahankan Moskow dan Rusia Pusat.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Rusia Umumkan Peluncuran Purwarupa S-500 Prometey Tahun 2020”

  1. Pesen dari sekarang,biar cepat dikerjakan di Rusia sana,sekalian jangan YOT nya.

  2. Mantap!!! Dengan jangkauan 600 km, raja pesawat siluman pun bakal di tonjok nih, šŸ˜› šŸ˜€ hahaha… dan akhirnya pesawat siluman hanya mampu untuk menakuti negara-negara kecil… wkwkwkwkwk

  3. S500 bs dikatakan rudal pertahanan udara jarak jauh terbaik di dunia saat ini…jika indonesia punya sebiji aja, kawasan jd gempar pastinya….ploduk rusia emang top…

  4. Coba keluarkan kemampuan diplomasi kita seperti tempoe doeloe….biar dapat 1 skuad eeh 16 batang..rasa mantap.

  5. nah barang ini baru mantap…

    1 sistem peluncur saja dulu untuk Jakarta… mantap..

  6. Klu beli lama diantar, ya lgsg aja kontrak linsensi produksi dlm negri sehingga kita bebas membuatnya semampu kita. Cuma masalah utamanya apa mau om beruang begitu? Ibarat pungguk merindukan bulan!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)