Oct 312016
 

maxresdefault

Saat diterpa krisis ekonomi di awal tahun 1990-an, Uni Soviet akhirnya bersedia menukar 24 pesawat tempur superioritas udara Su-27 dengan 10.000 jaket kulit anjing dari China

Setelah Uni Soviet hancur pada tahun 1991, ekonomi Rusia jatuh ke dalam krisis yang sangat berat. Situasi sulit akhirnya memaksa Rusia untuk menjual persenjataan militernya untuk ditukar dengan kebutuhan pokok sehari-hari. Salah satu kesepakatan yang paling populer adalah perubahan kontrak penjualan Su-27 dengan jaket kulit dari Cina, semua itu terungkap dalam film dokumenter Wings of Russia.

Pada akhir 1991, setelah perjuangan dengan militer Rusia, Biro Desain Sukhoi memutuskan untuk mengekspor pesawat tempur Su-27 ke pasar luar negeri untuk mendapatkan sumber keuangan, yang selain untuk menggaji para staff, juga untuk menghidari resiko kebangkrutan.

China menjadi negara pertama yang berminat membeli Su-27 pada tahun 1991. Saat itu persediaan bahan pokok di Rusia sangat langka, item yang paling penting adalah senter, air, listrik dan mantel musim dingin. Menghadapi hali ini Sukhoi dan otoritas Beijing akhirnya menyetujui penukaran pesawat Su-27 dengan 10.000 jaket kulit anjing.

Kolonel Du Wenlong, ahli militer China mengatakan, mereka memiliki kesulitan dalam memenuhi persyaratan dari Rusia. Dengan permintaan puluhan ribu jaket kulit setidaknya dibutuhkan ratusan ribu anjing. Di musim dingin 1991, di seluruh provinsi Henan, Shandong, dll hingga kurang lebih 180 ribu anjing dibunuh untuk dijadikan mantel kulit.

Batch pertama dari 24 Su-27 diserahkan ke China pada akhir tahun 1992. Namun setelah kontrak selesai, jaket yang digunakan untuk membayar Sukhoi dicuri, yang membuat Rusia marah dan akhirnya memutuskan hanya menerima transaksi dalam bentuk uang dollar US pada kesepakatan berikutnya.

Sebanyak 48 pesawat tempur Su-27 Rusia berpindah tangan ke China pada periode tahun 1992-1996, dengan total nilai pesanan sekitar US$ 1,7 miliar. Hingga saat ini China memiliki 75 unit pesawat tempur Su-27 dan 205 unit pesawat tempur J-11, versi tiruan tidak sah dari Su-27 Rusia.

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

Artikel Terkait :

  48 Responses to “Saat Su-27 Rusia Harus Ditukar Dengan Jaket Kulit China”

  1. TOP 1

  2. Gimana kalo sukhoi-35 nya ditukarin sama jaket kuli domba asli Garut aja ya….tentunya Bu Sri gak akan keberatan?!!!

  3. RI banyak komoditi…hayo tukar dgn apa…

  4. Bukannya dulu2 ada berita pembayaran alutsista russia sebagian dibarter pakai kekayaan alam Indinesia. Baik dari permukaan maupun dalam perut bumi?

  5. kacian beruang merah su27 kok bisa2nya ditukar ama jaket kulit anjing lagi, diasean juga ada anjing tapi anjing britis alias melong kwkwkwkwkwk

  6. WEIH ADA HARAPAN NEH, SU 35 TUKER AMA ROKO INDONESIA KAN LELAKI RUSIA PEROKO BERAT, SESUAI KEBUTUHAN MASING2,, HHAAAA….

  7. PPO><OPP

  8. Angel komen

  9. Tahun2 itu merupakan awal kemandirian China di bidang pertahanan. Mereka sadar cepat atau lambat Uni Soviet akan bubar sehingga ditakutkan akan memutus pasokan alutsista. Karena tidak dimungkinkannya import dari nato, maka dimulailah proyek reverse engineering.
    Semoga indonesia tidak bergantung pada satu negara saja.
    Ps:Berharap undang2 tidak diakal akalin demi sebuah deterrent instant.
    Peace & Salam kenal warjagers

  10. Waktu tetangga beli su-30mkm di tuker pake pisang x ya ? Wkwkwk
    Boleh tuh untuk su-35 indonesia di tuker komuditi yg di butuhin rusia ..

  11. kesimpulan :
    jgn nyinyir kalo PESAWAT IPTN dituker BERAS KETAN

  12. lebih terhormat PESAWAT IPTN barter dengan BERAS KETAN…..HALAL.
    SU-27 dituker BARANG NAJIS MUGHOLADOH.

  13. O my Wooofff woooffff kaburrrrrr kaing-kaing-kaing

  14. Wow…wow…wow…

    Ternyata KD Gagah Samudra, gagah pisan euy…..(tapi kalo bisa berlayar, xixixixi)

  15. masih sisa satu yg akhirnya di piara tukang ngitung phd.. waktu itu mau di kuliti tp ga mempan, soalnya pisaunya kw 7.. xexexe..

  16. RI komoditi.y banyak ..ayo…mau tuker apa…jgn malu2…

  17. Menurut saya pribadi, sekema pembayaran dengan “Jaket Kulit” oleh China ataupum sekema pembayaran dengan “Beras Ketan” oleh Thailan, sangatlah cantik dan patut di contoh.

    Hal tersebut mengingat bahwa Indonesia menganut sistem anggaran militernya dari hasil PDB.
    PDB adalah Produk Domestik Bruto atau dalam artian luasnya adalah nilai pasar perdagangan dan jasa yang di produksi di dalam negri dalam watu tertentu.

    Semoga saja Indonesia dapat mencari celah unruk menuju jalan yang terbaik.

    Catatan : Semoga saja produk ataupun jasa yang di jual adalah hasil jadi, bukan sumber daya alamnya yang kita jual atau sewakan terhadap pihak luar, melainkan hasil jadinya dan pengelolaan hasil sumber daya alamnya tetap di pegang oleh negara dengan mempekerjakan warga negaranya sebagai yang utamanya.

  18. Russia emang negara yang sederhana bin simple, mereka mau barter dengan sesuatu yang berguna meskipun itu bukan uang.

    Hikmah dari kekalahan mereka saat itu.

    Russia jarang sekali ikut campur urusan negara orang lain, beda dengan negara2 musuhnya.!!!

  19. Beza dgn tetangga sebelah engine SU30MKMnya di tukar dgn nasi lemak kah kah kah

  20. kacian beruang merah su27 kok bisa2nya ditukar ama jaket kulit anjing lagi, diasean juga ada anjing tapi anjing britis alias melong kwkwkwkwkwk.

  21. Gila si China SU27 = 75 ekor + kloningan 205 ekor (J11)….SU30 = 150 ekor termasuk tiruannya…J16 tiruan F15 = 150 ekor…..JH7 = 60 ekor dan H6 = 50 ekor…..buanyak amat ….. tapi masih kalah sama mamarika, fighter saja bisa sampai 9000 ekor yg aktif

  22. nggak tahu barang china aja ….menang casing doank…

    • sama fitur nya macem2…
      banyak banget fiturnya.
      giliran dipake seminggu udah hang.
      hahaha…..

    • mental babu…..hanya bisa mencela karya orang lain tanpa bisa berbuat apa apa….anda gak cocok jadi orang kaya, maksimal jadi orang gajian, itupun kalau ada yg mau

      • ya itulah klo mau menghalalkan segala cara bodo amat yang penting uik /duit klo yg lain buntung ya salah sendiri mau beli

  23. Owh Begitu!!

  24. Pelanggaran HAH (Hak Asasi Hewan) china sudah melakukan genosida pd suatu ras hewan yaitu 180 ribu anjing. ckckckk 😀

  25. china membeli sukhoi pd kisaran tahun 91, pd tahun yg sama Indonesi di tuduh melakukan pelanggaran ham di timtim. pd tahun 95 Indonesia di jatuhkan embargo oleh amerika, pd tahun 96 Indonesia berencana membeli sukhoi. pd tahun 97 Indonesia krismon, pd tahun 2003 Indonesia berhasil membeli (tp ditahun tahun itu stabilitas ekonomi dan keamanan di obok obok asing, separatis dan radikalis di biayai asing)

  26. Sayang Indonesia tidak lihat peluang itu. Seharusnya borong SU-27, T90, S-300 & Amur.

    Sayang pak Harto gak peka :'(

  27. bukankah sukhoi dulu pun sebagian dibayar dengan komoditas juga… salah satunya sepatu kulit dari bandung. walaupun akhirnya sepatu tersebut banyak yang mubazir karena menurut pihak russia kualitasnya tidak bagus dan ukurannya banyak yg tidak sesuai.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)