Jan 092017
 

Secanggih apapun F-16 dan F-18 Super Hornet tidak akan dapat menggantikan F-35. Hal tersebut diungkapkan BrigJend. Scott Pleus yang pernah menerbangkan F-16 dan F-35.

“Anda tidak bisa terbang dengan F-16 dan membuatnya tidak terdeteksi,” katanya. Menurutnya pesawat sudah memiliki bentuk yang tetap dan tidak akan bisa dirubah.

“F-18 memiliki radar cross section dan anda tidak dapat mengubah itu,” tambahnya “Teknologi jejak yang rendah, kemampuan untuk menghindari radar adalah sesuatu yang harus dirancang ke dalam pesawat sejak awal.”

“Idenya adalah F-35 dikembangkan untuk pergi ke daerah yang sangat menantang, menghadapi ancaman udara-ke-udara dan ancaman permukaan-ke-udara dan menjatuhkan bom-nya, menghancurkan target yang sudah ditetapkan dan kemudian pulang ke pangkalan dan itu adalah seluruh paket generasi kelima, “katanya.

Jelas, F-35 memiliki kemampuan stealth dimana F-16 dan F-18 tidak akan pernah memilikinya. Mampu masuk ke wilayah udara musuh, menjatuhkan bom dan pergi tanpa terdeteksi sangat penting, dimana secara teori F-35 mampu melakukannya.

Dengan pertahanan udara musuh yang semakin modern dan kuat, maka akan timbul pertanyaan. Masih layakkah F-16 atau F-18 bertahan cukup lama di teater perang modern di masa depan ?

Sofrep.com

Artikel Terkait :

  18 Responses to “Sanggupkah F-16 atau F-18 Bertahan Tanpa F-35 ?”

  1. Ngak akan sanggup.. apalagi lawan SU 35

  2. Nggak usah dipikir.
    Su-35 jadi dibeli apa kagak?

  3. ASU wes ngellu..

  4. ngelus dada tenan, prihatin.

  5. Tidak tahu ….
    Yang penting…jangan Beli pesawat tempur Dari USA .
    Kecuali Kalau…pihak pembeli nya mungkin terima komisi Dari pihak USA sebagai penjual Alutsista..

  6. Tentu bisa…Semua kan tergantung kelincahan dan kelihaian Pilot” nya dalam Dogfight.
    Walau Pesawat secanggih apapun klu Pilot” nya tidak cakap dlm Dogfight terhadap Pesawat apapun akan hancur…

  7. Pesawat apa saja sanggup menahan ancaman kalau jumlahnya banyak…Gak kaya NKRi pesawat tempur sedikit,rudal jarak jauh menengah gak punya..Kalo musuh nyerang banyak berdoa saja..

  8. Kebayang gak klo misalnya F-35 dapat mengunci multi sasaran dari jarak jauh dengan menggunakan pesawat AEWACS DAN MISIL & RUDAL ANTI JAMMING..??
    sedangkan kecepatan misil tersebut mencapai 2 mach ato lebih.??
    Pesawat apa yang dapat menghindarinya..??
    Apa pernah pilot didunia bisa menghindari misil tsb??
    Secara teknologi Amerika memang terdepan, mengingat mesin pada F-35 adalah mesin terkuat yang pernah diciptakan utk sebuah pespur..
    Kebayang klo F-35 memakai twin engine..??
    Bisa2 hyper prioritas udara deh jadinya..

    • F-35 Twin Engine adalah F-33 Boramae (KFX/IFX)

      • Mesin F-35 menggunakan Pratt & Whitney F135 yang memiliki daya dorong 191.3 KN
        Sedangkan KFX/IFX menggunakan mesin GE F414 upgrade dengan daya dorong 98 KN

        Beda jauh tenaganya bung..
        Nah ane prediksi kemungkinan mamarika sedang mengembangkan pespur gen -6 menggunakan mesin ini dengan twin engine yang di upgrade kebisingan nya seminimal mungkin..

  9. Namanya juga Proyek padahal masih ada F-22 Raptor yg bisa dikembangkan entah diUpgrade menjadi Generasi ke-6 ato di DownGrade utk keperluan Ekspor…namanya otak dagang Uncle Donald mana yg tidak menguntungkan pasti akan you’re fired

  10. kalo gak ke detect bagaimana bisa tau ada F35
    kalo gak bisa dikunci akibat radar cross section sangat kecil bagaimana bisa ditembak..

  11. kok indonesia masih mau ya dahulu terima hibah barang yg akan di buang USAF, faktanya jelas,, sehebat hebatnya f16 dan hornet mereka tdk akan lebih baik dri f35,, karena tdk mempunyai teknologi siluman nya,,, orang USA sendiri sadar,, f16 dan hornet sudah jadul..