Sanggupkah F-16 atau F-18 Bertahan Tanpa F-35 ?

17
4

Secanggih apapun F-16 dan F-18 Super Hornet tidak akan dapat menggantikan F-35. Hal tersebut diungkapkan BrigJend. Scott Pleus yang pernah menerbangkan F-16 dan F-35.

“Anda tidak bisa terbang dengan F-16 dan membuatnya tidak terdeteksi,” katanya. Menurutnya pesawat sudah memiliki bentuk yang tetap dan tidak akan bisa dirubah.

“F-18 memiliki radar cross section dan anda tidak dapat mengubah itu,” tambahnya “Teknologi jejak yang rendah, kemampuan untuk menghindari radar adalah sesuatu yang harus dirancang ke dalam pesawat sejak awal.”

“Idenya adalah F-35 dikembangkan untuk pergi ke daerah yang sangat menantang, menghadapi ancaman udara-ke-udara dan ancaman permukaan-ke-udara dan menjatuhkan bom-nya, menghancurkan target yang sudah ditetapkan dan kemudian pulang ke pangkalan dan itu adalah seluruh paket generasi kelima, “katanya.

Jelas, F-35 memiliki kemampuan stealth dimana F-16 dan F-18 tidak akan pernah memilikinya. Mampu masuk ke wilayah udara musuh, menjatuhkan bom dan pergi tanpa terdeteksi sangat penting, dimana secara teori F-35 mampu melakukannya.

Dengan pertahanan udara musuh yang semakin modern dan kuat, maka akan timbul pertanyaan. Masih layakkah F-16 atau F-18 bertahan cukup lama di teater perang modern di masa depan ?

Sofrep.com

17 COMMENTS

  1. Kebayang gak klo misalnya F-35 dapat mengunci multi sasaran dari jarak jauh dengan menggunakan pesawat AEWACS DAN MISIL & RUDAL ANTI JAMMING..??
    sedangkan kecepatan misil tersebut mencapai 2 mach ato lebih.??
    Pesawat apa yang dapat menghindarinya..??
    Apa pernah pilot didunia bisa menghindari misil tsb??
    Secara teknologi Amerika memang terdepan, mengingat mesin pada F-35 adalah mesin terkuat yang pernah diciptakan utk sebuah pespur..
    Kebayang klo F-35 memakai twin engine..??
    Bisa2 hyper prioritas udara deh jadinya..

  2. Namanya juga Proyek padahal masih ada F-22 Raptor yg bisa dikembangkan entah diUpgrade menjadi Generasi ke-6 ato di DownGrade utk keperluan Ekspor…namanya otak dagang Uncle Donald mana yg tidak menguntungkan pasti akan you’re fired

  3. kok indonesia masih mau ya dahulu terima hibah barang yg akan di buang USAF, faktanya jelas,, sehebat hebatnya f16 dan hornet mereka tdk akan lebih baik dri f35,, karena tdk mempunyai teknologi siluman nya,,, orang USA sendiri sadar,, f16 dan hornet sudah jadul..

LEAVE A REPLY