Dec 292016
 

Guna mengantisipasi meningkatnya ancaman teror bom dan gangguan keamanan,  Kepolisian Resort Trenggalek Jawa Timur menggelar simulasi penanganan pasca ledakan bom.

Skenario latihan simulasi dimulai dari telah terjadi kejadian ledakan bom yang melukai dan menewaskan sejumlah orang di Mapolres Trenggalek, Rabu (28/12/2016).

Tak hanya menewaskan sejumlah korban, bom berdaya ledak sedang ini, juga melukai 2 orang lainnya. Mengetahui kejadian tersebut, tim reserse dan kriminal langsung merangsek ketempat kejadian, untuk mengamankan lokasi dan mengevakuasi 1 korban yang mengalami luka cukup parah.

Penanganan korban bom di lokasi kejadian dilakukan dengan penuh kehati-hatian, dengan menerapkan prosedur tetap yang telah ditentukan. Pada proses ini aparat kepolisian langsung menyisir lokasi sekitar untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya korban luka maupun meninggal dunia lainnya.

Menurut Kasatreskrim Polres Trenggalek, AKP Sumi Andana, kepada jakartagreater, penanganan kejadian pasca ledakan bom ini merupakan bagian dari simulasi untuk meningkatkan ketangkasan kepiawaian satuan reserse dan kriminal di tingkat Polres, Jika sewaktu-waktu terjadi ledakan bom.

Pelatihan ini sengaja dilakukan agar masing-masing anggota kepolisian mengetahui secara benar prosedur tetap dalam melakukan penanganan, mengingat masing-masing tingkatan kesatuan memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda.

“Latihan simulasi ini sengaja digelar untuk meningkatkan profesionalisme anggota reskrim Polres Trenggalek, termasuk antisipasi terhadap segala kemungkinan jika terjadi ledakan bom yang sesungguhnya, khususnya tindakan pertama saat penanganan terjadinya ledakan bom, ” papar AKP Sumi Andana.

Sesuai dengan prosedur, anggota kepolisian di tingkat Polres hanya diperkenankan untuk melakukan pengamaman lokasi kejadian dan mengevakuasi korban yang mengalami luka ringan dan luka berat. Sedangkan identifikasi dan penanganan lebih lanjut, menjadi kewenangan penyidik Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.

Artikel Terkait :

  3 Responses to “Satreskrim Polres Trenggalek, Gelar Simulasi Penanganan Pasca Ledakan Bom”

  1. simulasinya pake kertas kardus di robek robek
    pake mercon hasil sitaan kan lebih keren ha ha ha

  2. teroris hukum mati
    narkoba hukum mati
    koruptor hukum pancung
    mereka2 itu sama satu tujuan. ingin menghancurkn NKRI

  3. kota gwe nih,kirain td ada bom beneran,stelah q baca.eh cmn smulasi,,