Mar 032017
 

Angkatan Laut India pada hari Kamis mengumumkan bahwa awak kapal selam kelas Scorpene pertama (Proyek 75) INS Kalvari berhasil melakukan ujicoba peluncuran rudal anti kapal MBDA SM39 dan tepat mengenai sasaran permukaan.


Kapal selam P75 Scorpene pertama Angkatan Laut India, INS Kalvari.

Rudal berhasil mencapai target permukaan pada jarak yang diperpanjang dalam ujicoba penembakan yang diadakan pada hari Kamis pagi. Peluncuran rudal ini merupakan tonggak penting, tidak hanya bagi kapal selam INS Kalvari, yang merupakan kapal pertama dalam jajaran kapal selam kelas Scorpene yang sedang dibangun di India, namun juga dalam meningkatkan kemampuan perang kapal selam dan kapal permukaan Angkatan Laut India.



Peluncuran rudal Exocet SM39. (© MBDA)

Seluruh kapal selam kelas Kalvari yang berjumlah enam unit dan dibangun di India akan dilengkapi dengan rudal anti kapal ini, yang telah terbukti dalam pertempuran. Rudal ini akan memberikan kapal selam kemampuan untuk menetralisir ancaman permukaan pada jangkauan diperpanjang.

Rudal yang dimaksud adalah rudal anti kapal yang diluncurkan dari kapal selam Exocet SM39 Blok II Mod 2 yang dirancang dan dibangun oleh MBDA.

Salah satu fitur unik dan keuntungan utama dari rudal SM39 adalah kemampuan bagi awak kapal selam untuk menembakkan rudal tersebut lebih dalam dari kedalaman periskop (antara 50 – 60 meter).

Kebanyakan senjata sejenis membutuhkan kapal selam untuk berada pada kedalaman periskop (antara 15 – 20 meter) dan oleh karena itu kapal selam akan memiliki potensi bahaya sebelum meluncurkan rudal.

Navy Recognition

  11 Responses to “Scorpene Pertama India Ujicoba Rudal Anti Kapal Exocet SM39”

  1. Lanjutan…

  2. Wih kira kira scorpung malon bisa gk ya?

  3. Jadi pengen lcpt2 liat kasel changbogo tni al nie, ktnya sie bln maret ini tiba di mari…#mupengkasel

  4. Hebat indihe berhasil uji coba rudal pada scorpene buatan tempatan,kl scorpene pakcik sebelah berhasil uji coba ngambang sedunia hahaha

  5. kaya’ny nnti cbg TNI jg make exocet ini jg,…meskipun korsel make subharpoon

 Leave a Reply