Sep 082016
 

Helm diatas seharga US $400.000. Harga untuk sebuah topi tersebut terdengar seperti sesuatu yang keluar dari pesta teh yang dihadiri oleh Alice. Ini sebenarnya, meskipun, biaya yang diharapkan dari sebuah helm dengan teknologi tercanggih didunia untuk digunakan oleh pilot jet tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II, yang telah dikembangkan oleh Amerika dan sekutunya untuk menggantikan sebagian besar pesawat tua yang ada.

Dalam konteks pesawat, harganya berkisar antara US $148 juta hingga US $337 juta, tergantung pada model yang anda pesan. Dibanding harga pesawat, harga helm mungkin sepele. Tapi jumlah yang mungkin Anda harapkan untuk diperoleh secara senang oleh pilot secara universal. Dan faktanya mereka tidak bahagia mengenakan helm tersebut.

Helm adalah sebuah keajaiban. Pilot pesawat tempur telah lama menggunakan helm di “kepala mereka” yang mampu menampilkan gambar data kokpit dan informasi penargetan yang pada kaca di depan mereka. Helm F-35 ternyata lebih jauh dari itu. Tidak hanya menampilkan yang detail, namun banyak lagi selain itu, pada cadar helm juga mampu mengambil gambar video dari enam kamera eksternal yang terpasang disekitar pesawat dan ditampilkan juga.

Hal ini memungkinkan pilot untuk melihat melalui setiap sudut pesawat. Ingin melihat apa yang terjadi di bawah? Anda tinggal melihat kepangkuan maka anda akan melihat daratan. Pandangan yang diproyeksikan juga berfungsi sebagai sistem penglihatan malam, tanpa pilot harus mengenakan satu set kacamata khusus.

Tampilan cadar juga dapat mencakup informasi dari satelit, pesawat teman dan unit militer di darat. Mata pilot secara terus menerus dilacak oleh helm untuk secara cepat mereposisi apabila mereka melihat sekitar. Jika rudal diluncurkan dari pesawat maka pilot dapat mengarahkan ke arah sasaran hanya dengan menggunakan tatapan pilot. Dalam pesawat tempur lainnya pilot harus mengeluarkan kekuatan otak secara signifikan dari asimilasi data dan beberapa tampilan layar di kokpit, beberapa dari mereka ternyata tidak sejalan pandang mata para pilot, kata Billie Flynn, seorang pilot penguji untuk Lockheed Martin.

Helm, yang dikenal sebagai Helmet Mounted Display System (HMDS) Generasi III, telah dikembangkan oleh perusahaan patungan antara Rockwell Collins, sebuah perusahaan Amerika, dan Elbit Systems, salah satu perusahaan pertahanan Israel, bekerja sama dengan Lockheed Martin. Joe DellaVedova, juru bicara Pentagon untuk program F-35, mengatakan kombinasi dari pesawat dan HMDS berarti pesawat perang baru dapat dengan aman menangani peran tempur yang ada dan bisa melakukan hal lain. Amerika dan sekutunya berencana untuk memesan lebih dari 3.100 jet tempur F-35.

us-ironman

Tetapi beberapa mengamat menganggap bahwa helm “rekayasa politik” ini hanyalah perlengkapan elektronik yang akan digunakan oleh tokok komik Marvel, ujar Dan Grazier, Pengawas Proyek Pemerintahan di Washington, DC.

Sumber: Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  22 Responses to “Seberapa Baguskah Helm Jet Tempur Termahal di Dunia?”

  1. pertacariiin

    • pelecehan…..nih….
      masa 3 unit su 35 itu sama juga dengan 1 buah helm….?

    • Foto terakhir sekilas seperti tampilan yg ada di helm IRON MAN ya?

    • Akibat yang ditimbulkan dari semua hiruk pikuk Hi-Tech yang disematkan pada proyek F35, adalah tentara amerika khususnya pilot menjadi sangat tergantung pada Pernika, akibatnya Pilot memiliki insting bertarung yang lemah… terutama ketika terjadi malfungsi, atau gangguan akibat BUG..

      Ketika perang benar terjadi maka ahli IT/teknisi/ilmuwan amerika akan menjadi target pembunuhan nomor 1, dan akan menyisakan tentara yang manja dan kurang Insting bertarung.

  2. semacam gimmicks ta hihihi.. membantu, tp skill + pengalaman dilapangan si pilot yang menentukan

  3. Utk Helm motor ada gak ya.? Saya mau pesan nih. 🙂

    • Hahaha mungkin nanti keluar helm versi..umum..bung..seperti teknologi google glass..setir mobil atau motor masih bisa lihatjkgrrr..,versi canngihnya lagi bisa lihay carin lagi mandi..jiahh aku mulai lagi…hahaha..peace..selalu..bung…

  4. Helm Apache seharga USD 44 ribu, dan Indonesia membeli dalam jumlah yang MENCENGANGKAN :

    300 buah !!!

    berdasarkan kontrak senilai USD 13.185.756 (USD 13,2 Juta) — selesai April 2017

  5. Keren helmnya.. sekedar utk menutupi bnyk kelemahan f35 dibikinkan helm multifungsi..

    Saya cm punya helm motor sama helm proyek..

  6. test …

  7. translatenya kacau

  8. Keren bener ntu helm nya bisa kali di jual di Indonesia kan lumayan kalo jalan jalan pake helm F-35 wkwkwk tapi santai aja Indonesia kan punya IHADSS untuk Apache yang kurang lebih sama lahh fungsinya , jumlah nya juga keblinger sampe 300biji tapi heli nya cuma 8 wkwkwk bisa aja nihh pemerintah

    • Makluum 300 untuk syarat ToT helm………..

    • gile memang sampai 300 ekor, lah kepala pilot apache ada berapa tho? atau jangan-jangan bisa singkron sama pesawat tempur keluaran amerika lainnya atau teknologi dari sana seperti elbot terus viper sama eagle gocap? sesuai sih kalau dengan jumlah itu.

  9. tu helm bisa dipake di pesawat t.50 golden eagle

  10. Mahal bener ya….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)