Aug 172014
 
Letda Seman bin Asiri waktu bertugas

Letda Seman bin Asiri waktu bertugas

Salam hormat para Pembaca JKGR. Dalam menyongsong hari kemerdekaan NKRI yang didapat dari tetesan darah para pemuda pemuda pejuang negeri ini, berikut saya ceritakan salah satu pelaku sejarah pejuang kemerdekaan NKRI. Dia adalah kakek saya yang bernama Letda Seman bin Asiri (sekang beliau masih hidup, beliau lahir tahun 1921).

Beliau lahir sembilan bersaudara yang kesemuanya adalah militer didikan Heiho, Jepang. Delapan saudara beliau gugur saat merebut kemerdekaan. Kesemua saudaranya gugur sebagai pahlawan tak dikenal karena beliau tidak menemukan makam saudara saudaranya, kecuali satu. Beliau temukan makam kakaknya yang paling sulung di taman makam pahlawan Jember, Jawa Timur, yang lainya beliau lacak tidak ketemu.

Dalam mempertahankan kemerdekaan ini beliau mati dua kali tetapi hidup lagi dan terus berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini. Beliau ahli sabotase beberapa aset aset vital Belanda pernah dia sabotase serta dia aktif di bagian inteljen.

Keahlian beliau adalah pertempuran jarak dekat dan bela diri tangan kosong. Semua mata mata Belanda jaman itu beliau habisin di areal teritori beliau, yaitu daerah Jember dan sekitarnya, sampai beliau pernah dengan pasukannya menginap di Puncak Gunung Semeru untuk menghindari kejaran musuh karena saking sengsaranya belaiu bersumpah di puncak Semeru, bahwa anak anaknya tidak akan dia ijinkan untuk menjadi militer.

Letda Purn. Semanbin Asiri, kini

Letda Purn. Seman bin Asiri (2014)

Berbagai palagan pertempuran pernah beliau ikutin di seluruh Indonesia dalam merebut & mempertahankan NKRI termasuk, melacak keberadaan Westerling, sampai ke Tim-Tim yang kala itu belum menjadi bagian NKRI.

Pertempuran Surabaya yang heroik…motto beliau: korban dalam sebuah pertempuran adalah wajar dan jangan pernah tergiur oleh harta di dalam sebuah perjuangan –jika kamu tergiur oleh harta apalagi menjarah emas– nyawa adalah gantinya.

Sekarang beliau masih sehat walaupun mata dan kupingnya kurang jelas. Beliau menghabiskan sisa hidupnya di kota Singaraja Bali dengan sangat sederhana dan setiap ditanya beliau bilang kepingin meninggal di umur 100 tahun.

Itulah sekilas perjalanan hidup seorang pejuang, pelaku sejarah dalam merebut & mempertahankan NKRI. Wassalam

by: Seman.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

Artikel Terkait :

  85 Responses to “Seman: Merdeka Negaraku !”

  1. merdeka

    • kesederhanaan adalah hidupnya;
      salam
      Merdeka

    • baginlah kisah para leluhur bangsa yang merebut dan berjuang mempertahankan kamerdekaan mengorbankan segalanya bahkan bertaruh nyawakanya.namun generasi sekarang merusak dan mengkhianatinya dengan korupsi yang merasuki segala sendi,penyalah gunaan kekuasaan pengkhianatan kepada bangsa dengan menggadaikan kekayaan alam dan kehormatan kepada pihak asing.

      • setuju om…sdih klo igtn gmn sush & jrih pyah ny para pjuang dulu..tp skrg dkhianati oleh korupsi…
        jgn kn mw brjuang..lha PANCASILA dsr negara aje dy gk hpal…ampun daah..

    • Salam hormat buat Letda Purn. Seman bin Asiri. Semoga Allah SWT memberikan terbaik buat beliau, amin yra.
      Demikian pula buat pejuang2 kemerdekaan yag lainnya. Juga buat pahlawan pahlawan tanpa tanda jasa, baik yg masih hidup, maupun telah menhadap Ilahi, semoga Allah SWT memberikan kesuksesan dunia dan akherat, amin ya robbal allamin.

      Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

      Salam Hangat dari kami

  2. merdeka

  3. Merdeka!

  4. Merdeka,jayalah bngsaku

  5. Merdeka….!!!

  6. hormat pak seman trimakasih atas prjuanganmu atas nama pemuda jember dan Indonesia kami trima kasih

  7. merdeka
    terimakasih ats perjuanganmu tuk NKRI hormat kami letda seman

  8. Merdeka. .
    Sem0ga sehat selalu dan dlm lindunganNya. .
    Terimakasih atas apa yg telah bpk berikan pada kami. . .

  9. “Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula”.(QS.Ar rahman.55:56)

  10. Trimakasih pahlawan ku..
    Jangan menyerah tulang!!!!!!!

  11. Di langkat ada seorang pahlawan namanya pak keling.. dia yg menghabiskan satu pleton tentara jepang sendirian dengan tangan kosong.. tekniknya terkenal dengan cekikan leher macan hijaiyah.. musuh terbunuh dengan leher patah.. kopasgat dulu pernah belajar.. entah sekarang.. disebut jg harimau langkat..

  12. Merdeka, semoga beliau sehat dan selalu dlm perlindungan Allah SWT. Jasa2 beliau terhadap bangsa dan negara luar biasa hebat dan patut diteladani.

  13. MERDEKA….rasa terima kasih dan juga penghormatan bagi bapak Seman dan almarhum saudara saudara anda yg telah rela berkorban demi kemerdekaan NKRI..MERDEKA

  14. salam hormat buat Letda Purn Seman dari saya

  15. Salam hormat dari saya.. Terima kasih atas perjuangan Bapak.. Somoga selalu dlm limpahan rahmahNya..

  16. ” Dalam mempertahankan kemerdekaan ini beliau mati dua kali tetapi hidup lagi ” kata 2 ini yang ane gak ngarti gan?

    • Mati suri mungkin Bung … Dahulukan masih sedikit dokter yg bisa memeriksa keadaan pasien, apakah dalam kondisi koma atau tidak …

    • Pernah dengar istilah”pejuang itu sebenarnya sudah mati berkali kali” setiap dia selamat baru dia hidup kembali dan akan menaruhkan nyawanya kembali untuk berjuang kembali,,itulah pejuang sejati bung,,,

    • salam hangat bung Kawilarang….kayaknya mati beneran dah bung soalnya tuh punggung terlihat rusak berat gara gara peluru rata di seluruh punggung

  17. MERDEKA, NKRI Harga mati!!!!

  18. jadi inget pelm “Saving Private Ryan”,,, yang semua saudaranya gugur d medan perang..

    #Indonesia,,, cintaku padamu akbar !!!

    • Iya bung Navajo sama pemikiran kita ….tp letda Seman bin Asiri ….save by ALLAH..kalo mau tahu dipunggungnya luka bekas peluru rata di punggungnya dan sdh masuk kamar mayat tp karena ALLAH belum mengijinkan dia pergi …dia bangkit lg itu terjadi 2 x

  19. Itulah gambaran para Pahlawan kita,,sederhana dan kurag mendapat penghargaan dr pemerintah,,,”Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawan”,,,salam buat Pak Seman,,pengalam perjuanganmu ceritakanlah kepada kami semua,,supaya kami sadar kemerdekaan ini tidak mudah didapat,,manfaatkalah pengorbanan para pahlawan untuk kebaikan Warga Indonesia semua,,,

    • Saya yakin, semua warjager punya kakek,bapak pahlawan,, begitu juga dengan saya,,,kakek dan bapak saya adalah pahlawan,,hanya mendapat bintang jasa dan uang bulanan yang minim,,,tetapi mereka sangat bangga dan bersemangat tiap kali cerita masa lampau,,saya juga suka mendengarkan mereka,,mungkin itulah yang bisa kita lakukan agar mereka tetap merasa berarti “Dengarkanlah cerita mereka saat perjuangan” itu akan membuat mereka bangga,,,

      • betul sekali bung Arul…dan kita jg merasa bangga sebagai putra bangsa …merdeka!

      • btul bung ARUL..dlu ktika alm.kakek sy brtugs..dy smpai gk tw kbr klo trnyta putri ny brumur 4thn(bi2 sya)mninggl dunia..krna prjlann dr rumh smpai tmpt dy brdinas mmkan wktu 5hri 5 mlm prjlann mggunakn kuda..ktika plg putri ksygn ny sudh wfat..tinggl nama.
        tu mnandakn btapa sush ny prjuangn para pejuang mnjlankn tugs ny dmi bngsa & negara.
        (psn trakhir kakek sy jg sama dgn kakek SEMAN,,ank cu2 ny jgn ada yg jd tntara..sgking sush kondisiny saat itu..)
        smoga qt pra gnerasi pnerus yg kini bs mnikmati hsl jrih pyh pra pjuang,bs trus mgisi kmerdkaan ini dgn kmajuan,,,wjudkn hrapn & ct2 mreka..jgn khianati dgn prpecahan & korupsi,…

    • benar bung Arul…mereka pasti bangga dengan kisah perjuangan mereka, sedangkan untuk saat ini belum ada yang bisa kita banggakan, harus ada yang kita lakukan terhadap bangsa ini sebagai warga negara yang baik..

      @Seman : salam hormat untuk anda

  20. Cerita yg heroik di dalam pelaku perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, Smoga Kakek Seman melihat Generasi* TNI agar tumbuh menjadi Pejuang Bangsa tanpa Pamrih hanya mengorbankan rasa cinta tanah airnya agar selalu merdeka dan berdaulat,…Terima Kasih Kakek Serman pengabdianmu akan selalu dikenang oleh masyarakat.

  21. Salam Hormat untuk Pahlawan pak Seman,,,
    Semoga tetap diberi kesehatan dan Barokah oleh Allah swt

    Pak Seman ini umurnya sama dengan pak Harto
    Jadi bila saat itu beliu bertempur merebut kemerdekaan umur beliau sudah dewasa,,,

    Melihat tanda kepangkatan yang dikenakan oleh pak Seman jadi ingat jaman dulu,,
    Sampai tahun 70an semua tanda kepangkatan terbuat dari Seng yang disablon bukan dari bordiran seperti jaman sekarang,,

    • terima kasih @Satrio…yg sering saya dengar dari kakek saya adalah perjuangan yg tulus walau dia harus berhadapan bangsanya sendiri,teman perjuangan sendiri sprt Kahar Muzakar…tp dia tabah tanpa membantah ….dia bilang perintah sdh jelas…demi NKRI…merdeka

  22. Hormat untuk mu sang pejuang… Terimah Kasih atas perjuangngannya…

  23. Terimakasih …

  24. Ya alloh.semoga tuhan selalu memberikan kesehatan dan kebahagyaan buat beliau.amin.salam hormat kami dari cucu kakek,tanpa beliau kami semua tak akan pernah bisa hiaup seperti sekarang ini.dan semoga kakek selalu dalam lindungan alloh swt,amin.MERDEKA

  25. Salam utk semua, selama ini saya hanya membaca tanpa pernah komentar. Tapi kali ini sejuta rasa utk mengungkapkan kebanggaan sebagai rakyat dari sebuah bangsa pejuang tak tahan utk dipekikkan :
    DIRGAHAYU INDONESIA….DIRGAHAYU NKRI…Kami selalu bangga menjadi bagian dari sebuah bangsa pejuang, bangsa INDONESIA….MERDEKAA !!!!!

  26. Saya hanya bisa terpukau…

    hormat kepada para pahlaawan Indonesia

    dan Pak Seman

  27. Salam kenal, eyang saya, kopral djais prasodjo.. dulu jg bertempur dan berjuang di sekitaran jember surabaya.. kelahiran 1924.. domisili di patrang.. sekarang masih hidup dan kebetulan sekali saya sdg makan bersamanya.. mgkn pernah sepasukan atau kenal..

  28. Terharu,sya ingin memeluk dan mencium tangan beliau..

    • affirmative

      • Hehehe,,ngupi dulu biar anget bung preman.Btw mau tanya bung seman,itu kan d sebutkan kakek anda mati 2x trus hidup kembali ?? Ngeri amat ya,gak rela bumi nerima jasad beliau sbelum negeri ini merdeka x ya,,hebat,,

        • Kata orang ” Pejuang itu sebenarnya sudah mati berkali -kali bung” artinya sebenarnya dia sudah rela mati dalam pertempuran. Andai ada kesempatan bertempur lagi itu dia merasa hidup kembali,,,begitulah semangat pejuang,,Dalam tiap operasi, tiap prajurit semua sudah d anggap mati, ntar pas kembali dengan selamat baru d katakan hidup,,,,salam NKRI

        • Tidak ada yg tidak mungkin klo Allah berkehendak…bahkan di asal daerah sy dulu ada orang yg meninggal sdh sebulan bangkit lg dr kuburnya dlm keadaan kulitnya melepuh seperti bekas terbakar dan dia membisu tdk mau bicara karna terbayang siksa kubur yg dia alami,..tp dari kejadian yg dia alami membuat dia rajin beribadah sampai dia meninggal lg…subhanallah..itu semua bukti2 kebesaran allah yg ditunjukkan buat kita2 yg masih hidup…!!!!!??????.slm bung MS P-90

        • Apa perbedaan PETARUNG dan PEJUANG ????
          Ada yang tau ??

          • petarung blm tntu prnah brjuang,,tp pejuang,,jgnkn hnya bertarung..mati dlm prtarungan dmi prjuangn ny pun dy siap..tp ptarung kbanyakan tdk ign mati dlm pertarungan..
            petarung mati dlm prtarungan= sbuah kekalahan/memalukan
            pejuang gugur dlm pertarungan=syahid/pahlawan kusuma bangsa

            petarung= bertarung untuk kpentingan diri sndiri(kbnyakan bgtu)
            pejuang= brjuang & brtarung dmi ct2& tujuan mulia bkn hnya bgi diri sndiri ttpi bgi umat manusia 😀

            Tmbahan perbedaan petarung & pejuang yg trakhir adlh “TULISAN NY” :mrgreen: (bcnda om)

          • Petarung = Selalu berusaha memenangkan sebuah pertempuran dengan jalan peperangan, contoh : tentara.

            Pejuang = Memenangkan pertempuran dengan jalan diplomasi tetapi bisa juga dengan peperangan, contoh : sipil, milisi (dalam hal bela negara).

            Sebelum kemerdekaan di INDONESIA hanya ada pejuang, setelah kemerdekaan tidak hanya pejuang, tetapi kita juga mempunyai petarung – petarung yg siap mengorbankan jiwa raga bersama rakyat demi NKRI.

            INDONESIA adalah bangsa yg kuat krn memiliki banyak petarung dan pejuang yg bisa saling melengkapi demi membesarkan bangsanya.

            Kira – kira seperti itu…

          • hehehe yang jawab cuma dua orang saja ???
            Petarung : Bertarung untuk sebuah pertempuran (palagan) ,,
            Pejuang : Bertarung selama hidupnya disemua jenis pertempuran (palagan),,,

            Hal ini yang mungkin bisa menjelaskan kata kata diatas secara harfiah
            “”Dalam mempertahankan kemerdekaan ini beliau mati dua kali tetapi hidup lagi dan terus berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini.””

            Atau memang pak Seman mempunyai aji aji kebal atau rawarontek sehingga tidak mudah gugur dalam pertempuran,, analisa ini berkaitan dengan delapan saudaranya yang meninggal dipertempuran,, tentunya orangtua beliau membekali suatu ilmu agar tidak mudah terbunuh sehingga garis keturunan bisa terus berlangsung,,,
            Orang tua jaman dahulu sakti sakti karena banyak yang tirakat,,

            Didaerah saya dulu pernah ada seorang ibu pejuang tua yang sudah berbulan bulan sekarat tetapi tidak meninggal ,setelah ada yang Paham mencoba agar anaknya untuk menanyakan ke ibunya mempunyai ilmu apa dan bagaimana untuk melunturkan ilmu tersebut,,, dan Alhamdulilah setelah penawar nya digebyah di tubuh ibu pejuang tersebut akhirnya bisa wafat dengan tenang

            Imho

        • salam hangat bung P90-ext…..beliau paling benci banget sama mata mata belanda yg orang
          pribumi …hampir dibilang semua mata mata yg terendus sm beliau dia habisin…Insya Allah kalo ketemu lsg buka punggungnya di situ terlihat bekas peluru seperti menjahit seluruh permukaan punggungnya…alias rusak kulitnya …..kata dia sambil tersenyum …kalo cuma peluru 12,7 mah cuma jatuh di bekas tapak kakinya

          • Dia pernah bercerita waktu pasukannya yg berjumlah 11 orang terkepung kurang lebih 3 kompi muduh di peristiwa kahar muzakar di sulawesi…setelah musuh mundur dia dan anak buahnya turun ke kampung cari makanan dengan seluruh pakaian yg compang camping terkena peluru….yg membuat rakyat takut dan menurunkan mental pasukan kahar muzakar….rumor terdengar bahwa pasukan dari jawa ….kebal peluru semua

  29. Sala Hormat buat Pahlawanku …
    Semoga Allah SWT memberikan terbaik buat beliau, amin

  30. salam hormat pada Letda Seman bin Asiri

    terima kasih atas karunia allah swt dan jasamu menjaga nkri, maafkan cucu cucu generasi nkri yang belum bisa menjadi kebanggaan anda dibumi pertiwi

    salam hangat
    cucu hormat

  31. Seharsny tauladan seprti inilah yg patut dtiru buat pemimpin” negra kta,berjuang tanpa pamrih wlaupun nyawa taruhanya.demi kemajuan bangsa & negara indonesia. SEMOGA INDONESIA SELALU JAYA.

    MERDEKA,,,,, MERDEKA,,,,,MERDEKA

  32. Assalamualaikum wr.wb
    salam dari saya Assalamualaikum wr.wb. hehehe 😀

  33. Salam hormat untuk pak Seman….berjuang dengan istiqomah….sebuah keteladanan yang luar biasa….negeri ini masih memerlukan seman seman yg lain….malu rasanya …..10% pun kami belum pantas……

  34. silahkan pr kumandan matra yg jd sesepuh warjag u ditindaklanjuti k bpk” yg d “atas” sono…
    terasa berat sekali pengorbanan beliau hrs yg ditebus dgn harga yg mahal…
    hormat saya yg sedalm-dalamny tuk bpk Letda Purn. Seman bin Asiri atas perjuanganny…dan jg u pr pejuang kemedekaan lainny…
    MERDEKAAA….NKRI HARGA MATI…
    Salam…

  35. salam hormat untuk pak seman

  36. Salam Hangat Untuk Teman teman warjag semua serta komandan beserta sesepuh
    DIRGAHAYU RI KE 69 NKRI Harga Mati
    Dan Salam Hormat untuk para Pajuang yang Telah berkorban Jiwa dan raga demi NKRI

  37. salam hormat kpd Letda Seman bin Asiri
    smga ALLOH SWT sll mlimpahkn rahmat,& kshtn kpd bpk,,srta mmberi gnti pahala & drajat yg tiada tara ats prjuangn mulia bpk kpd bngsa & negara ini…amiin

    (slm hormat dr ssma putera/puteri ank cucu pejuang kemerdekaan 1945)

  38. Terima kasih kepada bung admin yg sdh menaikkan artikel ini sebagai penghargaan terhadap kakek kami …kalo boleh kita copy darat utk lsg saya bisa mengucapkan rasa terima kasih saya ….kebetulan saya sebagai cucunya berdomisili di cipete jakarta selatan…saya jg mempunyai usaha penerbitan majalah interior dan arsitektur yaitu majalah homediary…websitenya http://www.homediarymagazine.com…sekali lagi terima kasih kepada bung admin semoga Tuhan membalas semua kebaikan bung admin…sebagai penghargaan terhadap HUT Indonesia saya memuat artikel ttg musium proklamasi di majalah homediary edisi agustus.

    wasallam

  39. salam hormat buat pak seman semoga sehat selalu dalam lindungan alloh SWT

  40. beruntung sekali yg bung preman, kadang perlu suatu kejadian untuk mengingatkan kita bahwa ada kehidupan setelah kematian dan ada akherat,jadi ingat cerita dimajalah hidayah tentang orang kikir yg tertidur dilubang yg disiapkan untuk mengubur jenazah, dalam tidur ia bermimpi didatangi malakaikat yg mengajukan pertanyaan dan ia tak mampu menjawab, langsung cemeti dilayangkan sang malaikat tapi anehnya ada sekeping roti yg berkali kali menahan lecutan cemeti tsb

  41. Hi, this is my first time here and i already read about your execnierpe in UMMC when your father be admitted here. I would like to introduce myself, my name Yahaya, Head Public Relation Department of UMMC, which handling with the complaint regarding ours services in UMMC. Behalf of my Director, i would like to get more detail about your experince here so we can come into one good solution and i also can do an investigation on what really happen during your time here. So please do contac me via this number 03-79492006. Thank you

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)