Jan 162017
 

Presiden RI didamping Panglima TNI melewati danau di Mabes TNI sebelum ke lokasi Rapim TNI 2017, Senin (16/1/2017). (instagram/@puspentni)

Presiden Joko Widodo mengaku sempat merasa “deg-degan” saat menaiki Panser Anoa 2 milik TNI yang baru dibeli dari PT Pindad itu menyeberangi danau dengan dalam tiga meter dan panjang 300 meter.

“Tadi semua ‘deg-degan’, tapi saya yakin bahwa produk itu memiliki kualitas yang baik. Tadi dapat kita lihat masuk ke air tenang sekali dan bisa ke darat lagi,” kata Presiden Jokowi.

Usai mencoba, Presiden Jokowi pun memuji kualitas Panser Anoa Amfibi buatan PT Pindad tersebut. “Tadi yang Anoa Amfibi bagus sekali. Tank bisa masuk air kan bagus,” ujarnya.

Presiden berharap harga dan kualitas produk pertahanan nasional bisa bersaing dengan produk negara lain sehingga bisa dijual ke pasar yang lebih luas, tidak hanya tergantung pada pasar dalam negeri.

“Kalau costing (pembiayaan) bisa ditekan, artinya produk itu kompetitif di pasar, menjualnya gampang, mudah,” kata Presiden.

Panser Anoa Amfibi buatan Pindad memiliki konfigurasi 6×6 dengan panjang enam meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,63 meter, berat 12,5 ton. Kapasitas bahan bakarnya 200 liter dan mampu melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam di jalan raya, 30 kilometer per jam di medan off road serta 10 kilometer per jam di dalam air.

Sumber: Antara

  93 Responses to “Sempat “Deg-degan”, Presiden Jokowi Puji Kualitas Panser Anoa Pindad”

  1. dpt anoa ampibi 1..ok…langsung kembangkn 8×8 krn kecewa dgn produk ukraina yg nungging kalau d air

  2. Mantab… Ini lah Karya Anak” Bangsa Indonesia yang Patut di Bangga kan…, Tapi Sayang Anoa nya ada Kotak Menonjol banget (Propeler nya) Kayak Anoa nya Bawa Jamu Gendong..

  3. Dalam kolam 3 meter..tinggi ano 2.63 meter..tleser doank..gk mungkin tenggelam..

    Pernah uji di laut ??

  4. Sst…

  5. mana nih videonya

  6. Keren bgt…semoga pindad bisa bikin anoa 1 dan anoa 2 dan panser badak minimal 25 unit setahun…jadi pd thn 2024 terkumpul berapa yah…pasti sangat amat banyak!!,, semogaaaaaa!!!..bravo pindad

    • Pindad sudah membuat 300+unit Anoa dari 2010-2015, itu berarti kapasitas produksi Anoa 60 unit/tahun, belum ditambah komodo yg memang tdk ada nomor produksinya, dan modernisasi AMX-13

  7. Bravo….pindand ayo indonesia..

  8. Deg-deg seeer ahhh…,pesan yg bnyk pak,kalo perlu diujicoba dilaut sekalian,biar botol pulpen…

  9. Wah TNI AD dapat bagaian yg anoa amphibi kayakna…

  10. pingin banget lihat belakangnya. sebab pada blog yang lain pas uji coba ini turbo jetnya masih nongol. semoga desainnya segera di sempurnakan.

  11. Dari 2014 sampai sekarang masih nyebut Anoa “tank”. Kalau saya di posisi Jokowi bisa saya kritik Anoa amfibi ini, apalagi dari segi desain (kurang sreg), dan saya lihat kalau di air Anoa amfibi ini berat di belakang, beda dengan BTR-4 Ukraina yg berat di depan.

  12. Sedih jg klau TNI sebagai pengguna ALUTSISTA tidak bisa menilai layak atau tidak ANOA AMPHIBI .

    Semoga TNI memilih ANOA AMPHIBI karena memang berkualitas dan tangguh hadapi medan berat Indonesia bukan karena sekedar cinta produk dalam negeri.

  13. @auto veron, coba dong anda bikin yang sempurna, yang gak berat kebelakang kayak anoa,dan gak berat jedepan kayak BTR-4. Kalau udah bisa, baru saya angkat 20 jempol untuk anda.

  14. Yang pas hanya BTR 80/82…Sebenarnya Kalo BTR 4 marine ada kekurangan wajar karena itu pesanan khusus dari marinir kita..Pasti ada kekurangannya..Kalo anoa amphibi..Saya rasa nanti masuknya tetep APC..setara LVT 7,bukan sebagai IFV,(yg kemampuannya setara 8×8)Kalo tidak malah disiapkan untuk mendampingi BTR 4 marine..IFV+APC..Satu paket…Menurut saya lho..

  15. Saatnya marinir melirik produk dalam negeri…

  16. Di setiap kendaraan air pasti ada pompa independent untuk mengeluarkan air yang masuk ke kabin, beberapa vehicle bahkan menggunakan pompanya itu untuk menambah daya apung, pemecah gelombang, bahkan merubah arus air agar kapal tidak terhambat.

  17. “Tadi yang Anoa Amfibi bagus sekali. Tank bisa masuk air kan bagus”

    Cuma mengutip dari atas aja sambil senyum-senyum sendiri 😀 tank?

    • sebetulnya itu salah kaprah kita aja, panzer istilah jerman, maksudnya tank.

      tank istilah english, yang pake roda ban disebutnya wheeled tank..

      • Itu kan menurut anda 😀 sekarang kita pakai istilah yang digunakan di Indonesia, jangan dicampur adukkan dulu. Wa ang mada siko

      • Arti tank menurut KBBI:
        mobil berlapis baja yang beroda-gigi yang bergerak (berputar) di atas roda rantai yang melingkari roda-roda giginya dilengkapi dengan senjata berat pada bagian atas tengah di atas ruang kemudi dan dapat digerakkan berputar ke arah sasaran.

        sudah sangat jelas “beroda-gigi yang bergerak diatas rantai”

        • ada gak entri untuk wheeled tank ?

          kamera disebut “kodak” juga salah kaprah, itu gejala umum tapi jangan nyalahin yang nyebut “kamera”…

          • bedakan merek dan jenis/fungsi 😀 meskipun anda menolak mati-matian ya tetap anda tinggal di Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia 😀 hahaha

          • diatas juga ada istilah “costing” tuh, lagian AHY aja cagub ngomongnya banyak english ?..

          • “Kalau costing (pembiayaan) bisa ditekan, artinya produk itu kompetitif di pasar, menjualnya gampang, mudah,” kata Presiden.

            Itu maksud anda bung @ubed?
            Penjelasan dari redaksi @Antara salah, cost = biaya; costing = akibat/berakibat, jadi kalimat presiden juga salah, lagak menggunakan bahasa Inggris, tp tidak tepat penempatannya.

            akan lebih tepat klo beliau bilang seperti ini:

            “Kalau cost bisa ditekan, artinya produk itu kompetitif di pasar, menjualnya gampang, mudah”, kata Presiden.

            Bahasa inggris jangan salah menempatkan kata, maka artinya bisa berubah, klo kalimat presiden diatas di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia seluruhnya maka akan menjadi: “costing” dalam kalimat itu (dari arti kata di awal dan dibelakang “costing” maka artinya akan seperti diatas

            “Kalau akibatnya bisa ditekan, artinya produk itu kompetitif di pasar, menjualnya gampang, mudah,” kata Presiden.

            Apakah anda sudah melihat perbedaannya? Jangan cuma bisa ngomong bahasa Indonesia tapi anda gagal paham artinya bung. 😀

          • panjang dan salah !

            costing = system of computing cost of production or of running a business, by allocating expenditure to various stages of production or to different operations of a firm.
            (businessdictionary.com)

            costing = akibat/berakibat ? ? ?

            belajar bhs inggris dimana ?

    • kwaaakk…kwaaaakk…kwaaaakk….

      • hahaha… pa kabar bung @Colibri™ 😀

        • Si Lingkar memang spesialis “ngenyek”. Presiden itu bukan insinyur kendaraan lapis baja juga bukan seperti KAU yang bisanya cuma mencela. Sangat banyak yang dipikirin Presiden wahai dul Lingkar. Belajarlah menghargai orang lain dull….

          • buat bung @sutasoma
            pasar jalan karena dilalui, lancar kaji karena diingat

            artinya gak perlu saya jelaskan, klo bawa-bawa gelar, sepertinya presiden RI memiliki gelar akademis kecuali pak harto deh… 😀 berapa harga ente bung @sutasoma?

            apakah pantas dihargai? 😛

    • Pada suatu ketika ada seorang tukang kayu datang ke Pindad, berniat beli tank air …… sewaktu dikasih tank air merk ANOA, si bapak ini kaget dan protes keras.

      Selidik punya selidik, ternyata yg dimaksud beliau adalah tank penampung air alias Toren merk Penguin… xixi…

    • Gi bung lingkar.. Presiden berbicara tanpa teks dan menjawab pertanyaan dr wartawan, otomatis tdk ada prosedur pemilihan kata2.. misal niy mas.. anda ditanya kendaraan roda 3 disebut mobil atau motor? Kalau di dpn anda adanya bemo bisa2 anda jawab mobil.. kalau di depan anda motor kaisar angkut galon anda bilang motor… sama halnya ini.. (maap mas, sehari di atas meja presiden ada ratusan laporan, baik ekonomi, intelejen, dll klo masalah sepele gini anda permasalahkan coba lbh dewasa)

      • ada becak, ada bemo, ada bajaj 😀 lagian beliau adalah yang ke 7, klo salah ucap dan salah bertindak, ada berapa banyak resikonya?

        anda pernah dengar “saya tidak baca menandatanganinya”… ini sepele, tapi dampaknya besar bung @Bangunnegeri

  18. 10 km/jam atau 10 knot/jam ?

  19. Coba lihat anoa yang dinaiki pak Jo diberi tambahan pemberat di bagian belakang ?

    Pemberat ?

    Ya pemberat. Bentuk pemberat itu adalah tambahan podium di bagian atas dari tengah ke belakang.

    Sebab ada pemberat berupa podium itu, saat mengarungi air bagian pengemudi di depan akan naik sedikit di atas air.

    Bagaimana jika podium dilepas ? Bisa jadi rata dengan permukaan air.

    Kalau untuk sungai atau danau mungkin bisa, tapi kalo untuk laut ? Nasibnya akan sama seperti BTR 4 di mana bagian pengemudi berada di bawah permukaan air.

  20. ? panser anoa pak bukan tank.. kalau tank itu leopard.. m1 dan lecrec T90 itu tank pak ?

  21. Propeler nya bersifat tambahan/asesoris yg dipasang dengan Roll Bar di belakang. Tidak menyatu secara proporsional dgn Body nya. Sepertinya modifikasi agar situasional dapat digunakan AD menyeberangi danau & sungai (amphibi terbatas).
    Kalau utk marinir mungkin tidak krn domain nya laut (berombak) yg lebih beresiko. Perlu APC Amphibi murni yg memang didesign khusus daya apungnya baik serta tahan sea state tertentu. Kalau tidak, resikonya mati tenggelam sebelum bertempur.

  22. lumayan untuk kemandirian alussita kendaraan angkut tempur baik darat maupun untuk amphibi

    salam damai selalu:)

  23. mainan amphibi itu setidaknya minim batas hull atas dan batas air sekitar 1,5 meter atau 2 meter biar aman main ombak laut

  24. kangen mbah bowo yang punya warung apung natuna ……. kangen juga sama nbah bowo kacung naga cacing ….

  25. hebat , keren , pesan yang banyak ya pak Jokowi biar ngebul terus dapurnya Pindad. nanti kalo Pt Pal dah bisa buat kapal selem conbain juga ya pak jalan jalan di selat madura ,hehe

  26. Tes

 Leave a Reply