Aug 042016
 

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong telah menandatangani sebuah dekrit kerja sama pertahanan dengan AS minggu ini. Negara pulau ini juga menyatakan “melanjutkan ketertarikan” pada F-35 buatan Lockheed Martin, menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam sebuah konfrensi pers.

Pada hari Selasa, 02/08/2016, Lee bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Washington selama kunjungan resminya ke AS untuk merayakan ulang tahun ke-50 hubungan bilateral kedua negara. Setelah pertemuan, para pemimpin mengeluarkan pernyataan bersama yang mengisyaratkan Singapore menjadwalkan membeli pesawat untuk modernisasi Angkatan Udaranya.

“Seperti yang saya katakan pada Perdana Menteri, kami menyambut minat Singapura untuk membeli pesawat F-35”, kata Presiden Obama, seperti dikutip dalam rilis pers Gedung Putih, 02/08/2016.

Singapura telah lama menginginkan pesawat tempur “next-gen” untuk meningkatkan keamanan wilayah udaranya. Banyak analis pertahanan percaya bahwa Singapura akan memilih F-35.

Negara yang menderita kekurangan pasukan, menggebrak dengan program modernisasi militer besar-besaran pada tahun 2004. Menurut rencana pemerintahnya, pada tahun 2030 tiga cabang militer negara itu akan bergabung dalam jaringan terpadu.

Negara ini berharap dapat mencapai tujuan dengan mengadopsi konsep strategis yang dikenal sebagai ‘Komando dan Kendali berbasis Pengetahuan Terpadu’ (IKC2 – Integral Knowledge-based Command and Control), yang menyarankan penggunaan sistem pendukung untuk membantu para komandan dalam membuat keputusan yang mendesak di medan perang.

“Di udara, SAF (Angkatan Udara Singapura) akan mencapai Dominasi Udara melalui kerja jet tempur terkoordinasi, kendaraan udara tak berawak dan pesawat pengintai udara, yang terintegrasi melalui sistem berbasis pengetahuan aktual dan jaringan,” menurut situs Kementerian Pertahanan Negara Singapura.

Sampai sekarang, Singapura telah memiliki pesawat AEWAC dan pesawat tanpa awak IAI Heron 1 (MALE UAV) untuk pendukung misi.

Meskipun perkiraan biaya per-unit sekitar 98 juta dolar AS, F-35 telah menyebabkan masalah keamanan dan kemampuan yang menjadi perhatian dikalangan analis pertahanan dan pejabat militer sejak awal pembangunan pesawat. Permasalahan yang dialami jet tempur tersebut diantaranya masalah mesin, kegagalan perangkat lunak serta kemampuan terbang yang buruk.

Pada hari Rabu, 03/08/2016, setelah berbulan-bulan penundaan, F-35A diumumkan siap bertugas oleh Angkatan Udara AS. Badan ini telah memesan 43 pesawat baru dari jenis yang sama.

Jika Singapura jadi untuk membeli jet tersebut, maka itu bukan pertama kalinya Lockheed Martin berhasil menjual pesawat mahal, patut dipertanyakan kemampuan F-35A bagi sebuah negara kecil yang berpenduduk sekitar 6 juta orang. Denmark telah resmi setuju untuk membeli 27 unit F-35A Joint-Strike Fighter untuk menggantikan armada F-16 yang sudah tua, menurut Defense News. Pada awal Mei, pemerintah Denmark direkomendasikan membeli 27 unit model F-35A seharga 20 milyar Kroner Denmark, atau sekitar 3 milyar dolar AS.

Sumber: Sputniknews

Artikel Terkait :

  90 Responses to “AS Sepertinya Bolehkan Singapura Beli F-35 Siap Tempur”

  1. mantabs..

    • Singaporn beli f 35 Indonesia masih berencana membeli su 35
      Kendhat ae pak nek wit jagung…

      • Memang kl urusan strategi upil hrs bergerilya extra demi tetap eksis..tp tolong itu mrt dah banyak yg bobrok sering mogok..drmografi penduduk muda yg makin nyusut gegayaan mo beli canggih2 ntar aki2 yg angkut tuh rudal hahaha..

      • Itulah bezanya antara negara kaya dengan negara pengemis like Indon ..

        Singapore sudah ada LoI dan LoA .. sedangkan Indon masih terus “menghayal” nak beli ini .. beli itu …

        Betol-betol memalukan maruah bangsa melayu nusantara di dunia ..

        • Mwahaahahhaha..kasihan singaporn mau beli weapon apa saja PERCUMA..!!!…negara secuil itu sekali injak lenyap dari peta dunia..mwahahahahha

        • Sepertinya yang banyak mimpi itu malon deh bro.
          Coba lihat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan malon deh bro. Sepertinya masih bagus Indonesia deh bro. Hehehehe….

          Tenang bro Langkasukan,
          Indonesia sedang belajar buat pesawat bukan beli..hehehe…
          karena orang Indonesia itu pintar2 bro…
          Beda dengan anda yang hanya bisa claim…hehehe…

          BTW, kapan beli MRCA nya bro?

        • Pakcik sdh berjalankah demokrasi dinegaramu ???
          Sudah adakah semacam KPK yg bisa menyeret pejabat korup dinegerimu ???
          Bila masih bodoh menata negerimu, jgn sok pintar menatap negeri kami….!!!

          • MANA ADA KPK DI NEGERI MALON PENCEGAH RASUAHNYA TAK ADA KOTE USUT 1MDB SAJA TIDAK BERANI

            MALON NEGARA GAGAL TOTAL MEMANG KAH KAH KAH KAH

        • Tak ada yang aneh bila Singapure beli ini pesawat sebab mereka ikut mengerjakan sebagian pesawat ini dan lagi mereka punya uang tak seperti M’sia yang jatuh miskin karena sebagian uangnya di curik Najib .

      • Indonesia baru mau belu sukhoi 35 yg paaalliiing cangggiiih di dunia aja pejabat kita sudah di cekokin suruh beli f16 kiper / ziper / viper.

  2. Memang patut dipertanyakan negara kecil membeli F35…..wkwkwkwk….
    Pasti buat antisipasi pesawat kaleng krupuk(sumber-carin_said)
    Hahahaha

    • Gak usah kaleng krupuk yang turung bang, cukup modal bensin 1drum + lahan gambut udah bikin singaporn bengek2, sudah terbukti efisien dan moncer. xixixixixi

    • mbok de kok di denger ? wakakakaka

    • Indonesia keok diserang singapur?? hahahaha..
      Biasanya CARIN cerdas lho, tumben komenmu soplak?! Wes mangan??

      • @bung ben mungkin dimaksud artikel ditulis yg dikrim oleh carin adalah alussitanya,kalo terjadi perang dalam waktu singkat pespur dan gabungan bisa menghancurkan armada tni au dan udara(ini perang terbatas)bukan perang panjang dan invasi

        anda harus pahamin dikirim oleh carin,cernakan itu pembaharuan alussita baik semua matra.

        setahu saya singapore tidak berperang baik dengan negara selatan besar(unsur ekom,geopolitik dan strategisnya)dan utara juga.
        unsur dimaksud ada sdm(tentara+milisi singapore adakah kekuatan untuk menjajah??)kedua dr sisi logistik dan perencanaan.

        kecuali kalo indonesia atau malaysia menyerang singapore kecil,nah ini pasti sebagai negara kecil dan cabit rawit minimal menyerang balik lah dengan segala alussita ya ada heheehehe.

        ada pepatah kuno:negara kecil selalu menjaga kesinambungan dengan negara2 besar dan juga menjaga keharmonisan geopolitik(diplomasi)

        opini pribadi saja

        salam damai selalu:)

  3. si singapur sebentar lagi miskin

  4. LEBAY

  5. Ini berarti lampu hijau kemenhan untuk akuisisi hanud jarak jauh dari Russia.lagian untuk apa sih f35 sma singa,mau terbang dimana?kmana2 juga mentok.palingan ditaruh di darwin.

  6. MARI BUNG REBUT FIR KEMBALI
    MARI BUNG REBUT FIR KEMBALI
    MATI BUNG REBUT FIR KEMBALI

    • Mengkayal lagi …. FIR will stay in Singapore .. USA, China, Japan, Russia, Germany, Asutralia, Malaysia, Brunei, Thailand etc have issued their support to Singapore in the last ICAO meeting this year ..

      So .. Let you continue your dream …

  7. Gimana iki jal…..tni kapan beli….

  8. Negri singo mau macem2..tinggal kasih asap aj lngsung TEPAR…

  9. Singapore beli f 35..Indonesia beli su 35 kemudian gk lama lagi lompat ke pswt generasi 5 pakfa t 50..singaporno bakal semakin kbakaran jenggot

  10. Tanda2 Indonesia sudah beli Su35, maka Singapore dikasih F35

  11. Tenang aja…anggaran pembelian s400 udh ada…ditaruh di natuna…kalaupun pembeliannya g to g,..kalau tidak ya..turu pasar bantalan gobessss

  12. singaporn bisa kebakaran jenggot dengan asap, tax amnesty, embargo pasir

  13. Kalo Singapore dah beli 35,apa masih sanggup F16 versi clasic,versi hibah,dan varian terbaru viper versi downgrade (kalo dibeli) akan tetap berwibawakah TNI khususnya TNI AU? Solusinya buat ngadepin si kalkun nih enaknya pake apa? Kaleng kerupuk? Kaleng biscuit? Atau pake kaleng rombeng yah….??? Hehehehehe

  14. Kapan nih s400 dan su35 mendarat ?

  15. harus diakui pemeruntah kita pelit untuk anggaran prthanan.mbok mikir‘‘‘‘….!!! negara seluas ini kekuatan alutsista militernya sangat.. sangat..sangat kecil sekalee bila dibanding s‘pore.n‘ vietnam.jangan selalu anggaran yg dijadikan alasan.tingkatkan jadi 2,5% utk anggaran prthanan.tirulah bapak revolusi kita S O E K A R N O.dan mahapatih GAJAH MADA.ha..ha..ha.ha…..

  16. sudah ada di mari ni pesawat, hibah dari asu…wkwkwkwk

  17. Kanada yg negara.y luas ..membatalkn pembelian krn ketidak percayaan dgn kwalitas f35…ko..ini negara upil ..malah beli..yg untung AS..ono2 wae…

  18. atao gini aja,..bikin pulau reklamasi didepan batam dekatkan di selat philips dan slt s‘pore tempatkan howitzer 155 mm.hadapkan moncong laras ke pulau tumasik.beresss…!!!

  19. kalo ada yang nanya kenpa singapura beli f 35 karena perencanaan mereka itu mateng. mereka selalu update senjata terbaru sekaligus memperbarui doktrin tempur yang udh nuntut adanya pesawat fitur siluman. lagipula klo smpe terjadi clash dengan cina di lcs, pasti singapura dipaksa ikut ambil bagian. swlain fpda, mereka juga termasuk sekutu deket sma us australia. apalagi mereka punya hub. ga baik sma malaysia. jadi ya wajar mereka punya banyak alutsista canggih. doktrin mereka kn pre emptive strike karena wilayah negara yang kecil buat mereka sulit perang di negaranya dan hadir nya f 35 bkalan bikin pre emptive mereka bakaln lebih mematikan yang digunain buat deep strike saf jauh dbelakang garis musuh.

  20. Hadehh..ngapain ribet sih. Biarin aja singapork beli mainan mahal f35. Misal gini, maen sepakbola lewat playstation dengan maen sepakbola beneran di lapangan depan sekolah..mana yg lebih seru? Percayain aja ke tni.. Tni tuh udah hapal aktifitas & kemampuan singapork. Kenapa singapork beli f35? Jawabannya mudah..karena mereka udah tau bahwa tni udah beli su35. Ssst..jangan bilang siapa2 yaaa..

  21. Blaikkkk….test drive dulu dengan satrad kohanudnas. Jika gak kedeteksi harus pasang Radar terbaru…

  22. biarin aja singapura beli alutsista yg gahar mtar kalo udah banyak tinggal kita caplok berikut alutsistanya jadi kita gak usah beli secara udah disediain gitu .

  23. Masih ingat kah insiden belum lama ini.. 4 unit jet tempur f16 singapork yg latihan di kawasan Alki 1 di atas tanjungpinang wilayah Kepri. Begitu ada 2 unit jet latih hawk tni au yg datang menghampiri, mereka langsung kabur semua. Padahal itu cuma 2 hawk. Belum sama f16 tni, belum sama sukhoi tni, belum lagi sama su35..

    • logika situ kocak om. gue kasih analogi gampang. lo bawa motor ga pake helm, trus ketemu polisi pasti kabur kn takut ketangkep ? jadi in ga ad sangkut pautnya sma kata2 lo diatas yg bilang baru di datengin hawk udh cabut gimana su series. singapura pergi tau karena dia itu salah udh latihan disana ga bilang2 alias tanpa izin, jadi ya wajar kalo pergi. bukan karna faktor lain.

  24. Singapork cuma bisa protes lewat menara ATC tanjungpinang

  25. Palapa@ pinter2 kok jadi PRT( tki) di malaysia bro?????

    • TKI SUDAH KUASAI KABINET MALON DAN MEMERAS UANG RAKYATNYA DIBELANJAKAN BARANG BARANG NEWAH DAN JALAN JALAN KE LUAR NEGERI

      SEDANG MALON RATUSAN RIBU JADI BABU CUCI JAMBAN DI SINGAPORNO TAK ADA YANG BERJAYA KAH KAH KAH KAH

      • TKI SUDAH KUASAI KABINET MALON ???? maksudnya yg banyak mati tenggelam itu ya bang??? sadar diri oiiii…ngejek negara lain miskin…lah saudara sendiri aja banyak yg makan nasi aking…

        • MEMANGNYA BERAPA BANYAK DARI RATUSAN JUTA ORANG DISINI?? KAH KAH KAH MALON PEMAKAN DEDAK MEMANG BODOH

          MALON MISKIN BAYAR BUNGA HUTANG TAK MAMPU KAH KAH KAH

  26. berapa pespur akan dibeli oleh rsaf menjaga superiotas tetangga baik diselatan maupun diutara,karena wilayah sempit superiotas teknologi baik laut dan udara harus menjadi prioritas utama.

    dengan paduan f15 sg dan f16 block 52 keatas sepertinya untuk 2020 singapore masih terkuat diasean dalam superiotas udaranya(bukan meremehkan,coba ditelah2 dimajalah,net luar negeri siapa paling kuat dr sisi angkatan udara dr alussitanya)

    salam damai selalu met siang:)

  27. TKI SUDAH KUASAI KABINET MALON ???? maksudnya yg banyak mati tenggelam itu ya bang??? sadar diri oiiii…ngejek negara lain miskin… FAKTANYA saudara Negara sendiri aja banyak yg makan nasi aking…

  28. sadar…sadar…sadar…daripada bisa nya cuma menghina negara lain…mending kerja…bayar pajak…kalau perlu bikin lapangan kerja biar bisa bantu saudara2 kita bekerja di negara sendiri dan ga perlu jadi tki lagi

    • MAKANYA MALON BODOH NEGARA GAGAL TOTAL GOBLOK TIDAK USAH BELAGU DISINI , SADAR DIRI LAH LON

      TKI KAMI SUDAH KUASAI KABINET MALON

      MALON SENDIRI RAMAI MEREMPAT DI SINGAPORN GAK ADA YANG BERJAYA MANA MAMPU KUASAI KABINETNYA

      BUAT APA MENGHINA MALON YANG MEMANG SUDAH HINA DARI SONONYA

      KAH KAH KAH KAH

  29. POW@ menguasai kabinet malon???? yg ada bnyak yg mati digantung, dideportasi, di penjara akibat masuk ilegal…modal nekat gara2 cari pekerjaan di negara yg kata nya “kaya” susah…

    • BERAPA BANYAK COBA DARI RATUSAN JUTA YANG ADA DISINI??

      MALON TOLOL GOBLOK DAN SONGLAP GAK TAU DIRI

      BANYAK MEREMPAT DI SINGAPORN JADI BABU CUCI TANDAS DISANA TAPI TAK AD AYANG BERJAYA DI KABINETNYA

      KAH KAH KAH KAH

      • BERAPA BANYAK COBA DARI RATUSAN JUTA
        YANG ADA DISINI??

        nonton aja berita sono tolol…kau tk punya tv kah dirumah???

        • PANTAS SAJA MALON GOBLOK BERPISAH TIADA

          DITANYA BERAPA DARI RATUSAN JUTA MALAH NONTON TV

          PANTAS NEGARA KAU GAGAL LON DALAM KUASAI KABINET SEMENANJONG KAH KAH KAH KAH

  30. MALON JADI KULI DI SINGAPORN , DIDEPORTASI, DITIPU SAMPAI DIHUKUM MATI DI SINGAPORN TAPI TAK ADA YANG BERJAYA KUASAI KABINETNYA

    KAH KAH KAH KAH

  31. hmmm…Menurut informasi intelejen yang sifatnya A1, Singapura adalah pusat (basis) data penyadapan di Asia bagi negara barat, khususnya AS. Sejak tahun 1991 atau 7 (tujuh) tahun penghancuran rezim Orde Baru, AS telah gencar menyadap semua informasi rahasia negara Indonesia, dan pusat data NSA saat itu dan hingga kini adalah Singapura. Semua Presiden RI dan Badan intelejen negara, bahkan sejak Soekarno akan digulingkan CIA telah disadap dengan fasilitasi negara tetangga itu. Simulasi kekuatan militer sosial ekonomi dan pertahanan telah dilakukan ribuan kali. Dengan data-data yang kredibel, Singapura telah memiliki segala data akurat tentang Indonesia yang tidak dimiliki negara lainnya.

  32. MANA ADA ORANG INDONESIA YANG
    GOBLOK SONGONG MACAM KAU

    wkwkwkwk….org gila yang mengatakan orang lain bodoh…

    • MALON SUDAH MAKIN STRES DIINJAK INJAK DISINI KAH KAH KAH

      MALON DAN BODOH MEMANG PISAH TIADA TENTARANYA SAJA TAK DE PRESTASI SELAIN KONGKEK JUBOR

      KAH KAH KAH KAH

      • MALON SUDAH MAKIN STRES DIINJAK INJAK
        DISINI KAH KAH KAH

        ga ada malon stresss di mari nak…yg ada loe aja yg makin stresss mau nyari kerja kaga dapat2…jadi tiap hari cuma bisa menghina kebahagiaan org lain wekawekawekaweka

        • KAH KAH KAH KAH KERJAAN GUE NYANTAI KELES , HIDUP GUE BAHAGIA DI INDONESIA

          GAK KAYAK MALON JADI BABU CUCI TANDAS DI SINGAPORN , BAYAR HUTANG SAJA GAK SANGGUP, BABU MALON DI SINGAPORN SAMPAI 10 PERSEN PENDUDUKNYA TAPI TIDAK ADA YANG BERJAYA KAH KAH KAH

          ASKARNYA GAK ADA PRESTASI SAMA SEKALI KAH KAH KAH

          • PARA MALON YANG MENYAMAR JADI PEMUJA MALON SINI DEBAT AMA GUE , GUE LADENIN SEMUA

            KELUARKAN SEMUA KEHEBATAN MALON YANG LU PUNYA KAH KAH KAH

          • PARA MALON YANG MENYAMAR JADI
            PEMUJA MALON SINI DEBAT AMA GUE ,
            GUE LADENIN SEMUA

            debat??? gua rasa mereka cuma mau nyadarin loe aja…eh loe nya aja kaga sadar2. wekawekawekaweka

          • JADI MALON KAPAN MAU NYADARNYA JADI NEGARA BODOH DAN SINGLAP YANG MENDUNIA

            PRESTASI TAK DE KAH KAH KAH KAH

  33. KITA TUNGGU KEHADIRAN F 35 SINGAPUR, UNTUK UJI TUMBAL RUDAL SU 35 INDONESIA, ..

  34. Singaporn memang memiliki Alutsista handal.. tp yg ditakuti bukan Singapura nya, tetapi beking nya..

    smg saja IFX lekas mengudara, jauh lebih membanggakan ketimbang terpesona dg F35

  35. Majulah singapura… perkuatkan kelengkapan alutsista anggota fpda kita… ingatlah kita punyai musuh yang sama… jangan ngiri ye ndon hehehe

    • MALON GOBLOK NEGARA GAGAL TOTAL DIBODOHI SINGAPORNO MAU

      ASET NEGARANYA DISITA SINGAPORNO PASRAH

      NEGARANYA DIOBOK OBOK SINGAPORNO CUMA MAMPU DIAM JE

      TAPI SAAT NELAYAN CINA MENCEROBOH KEDAULTAN MALAYSIA FPDA SINGAPORNO SEGALA MACAM CUMA SENYAP JE DAN MALON HANYA MAMPU MENANGIS KAH KAH KAH

  36. Lama2 pak @pow disini bisa strok membaca komen malon ya… santai2 aja ya pak, jaga kesehatan mu kih kih… nanti kalau udah sakit parah deh.. kos rawatan di indon tinggi banget.. ane pernah baca kisah seorang bapa di indon yang menghantar anak kecilnya yang sakit teruk ke hospital swasta…kerna ngak punya wang anak kecil itu dibiarkan mati aja oleh doktor.. kesian bangat.. only in indon… negara gagal total barangkali pak…hehehe

    • MALON KELES YANG STROKE LIHAT ASET NEGARANYA DI JUAL KE CINA DAN DISITA DIMANA MANA SELURUH PENJURU DUNIA CUMA MALON MALING KLEPTO CRACY TERBESAR DI DUNIA INI KAH KAH KAH KAH

    • ya elah malon dimana mana yang kayak gitu juga ada lon dari cina jepang sampai india juga ada, namanya juga rumah sakit swasta kalau rumah sakit pemerintah gak adalah yang kayak gitu

      tapi cuma pemerintah malon yang buat malu seluruh asean dengan rasuah gilanya yg mendunia sampai mesin jet saja hilang dua kali , cina jepang india seluruh dunia tidak ada yang begitu hihihi

    • ndon key,, awak bukanlah from malay,saya tahukan itu…awak guna indonesia languange…mana ada cakap malay seperti awak tuh

    • ndon key beruk malon dah sakit dan gila,mau cakapkan malon makmur dan pintarpun tak bisa hah hah hah

    • malon ini malin teriak maling,negara hancur total malon kata berjaya dan makmur…pemimpin malonpun tak de ahklak,suka maksiat dan suka korupsi….semua aset negarapun dah digadaikan ke cina,habis tuh mengemis wang hibah ke raja arab,nak buat senjatapun malon tak de otak,semua kerjaan di malon di kuasai asing,nak beli senjatapun hanya besar mulot,terakhirnya ngemis minta heli balck hawk bekas hibah dari brunei…ini adalah tanda2 malon negara gagal total,,,,betul tak temen2

  37. hem bila benar berita ini adanya, f 35 singapura akan semakin bebas melenggang ke wilayah malaysia.. pesawat sipil singapura aja alay ga brani nyegat, apalagi f 35 yg ktanya siluman..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)