Jan 102017
 

Dok. Ketua Setara Institute Hendardi (Antara)

Jakarta – Setara Institue meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi dan meminta pertanggungjawaban komprehensif atas program bela negara yang dijalankan Kementerian Pertahanan dan TNI, terutama pasca menggandeng organisasi Front Pembela Islam dalam program itu, kata Ketua Setara Institute Hendardi.

“Langkah terdekat, Presiden Jokowi harus mengevaluasi dan meminta pertanggungjawaban komprehensif atas program bela negara yang hampir dua tahun dijalankan Kemenhan RI dan TNI, yang dibiayai dengan uang negara, pajak rakyat, namun belum tampak ada hasil yang jelas,” kata Hendardi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 9/1/2017.

Dia mengatakan pencopotan Dandim Lebak oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen M. Herindra merupakan kebijakan tepat atas tindakan indisipliner menyelenggarakan kegiatan bela negara untuk FPI.

Menurut dia, langkah itu diharapkan memberi pembelajaran bagi satuan-satuan lain di TNI untuk tidak berpolitik di tengah ancaman atas kemajemukan dan kontroversi FPI.

“Meskipun langkah ini positif, sulit dipahami ada tindakan satuan TNI yang tidak diketahui atasannya karena TNI adalah organisasi dengan garis komando dan terstruktur paling solid di republik ini,” ujarnya.

Hendardi menilai tindakan pencopotan Dandim Lebak belum cukup untuk memastikan TNI secara institusional mampu menjaga jarak dengan kelompok-kelompok intoleran yang destruktif pada kebhinnekaan Indonesia dan justru mengancam NKRI.

Menurut dia, langkah Pangdam III Siliwangi mesti diadopsi menjadi kebijakan institusi TNI karena demokrasi dan kebangsaan kita membutuhkan TNI yang disiplin, tertib, bukan TNI yang suka “bermain-main” yang berpotensi merusak demokrasi.

“Kunci utama mendisiplinkan TNI ada pada Presiden Jokowi sebagai Panglima Tertinggi. Dalam situasi semacam ini, Jokowi tidak perlu bertaruh dengan tindakan-tindakan TNI yang justru kontraproduktif dengan agenda kepresidenan, meskipun tampak kecil di permukaan,” katanya.

Sebelumnya, Kodam III/Siliwangi mencobot jabatan Komandan Kodim (Dandim) 0603 Lebak, Banten karena dinilai telah melakukan kesalahan yakni menyelenggarakan kegiatan bela negara dengan ormas keagamaan Front Pembela Islam (FPI).

“Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak, ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut,” kata Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kol Arh M Desi Arianto, dalam siaran persnya, di Bandung, Minggu (8/1).

Dia mengatakan karena Dandim 0603 Lebak menyelenggarakan kegiatan tersebut, maka Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak, Banten yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru.

Kegiatan bela negara tersebut diketahui dari salah satu unggahan sebuah akun media sosial instagram @dpp_fpi yang mengunggah sejumlah foto kegiatan pelatihan bela negara.

Antara

  240 Responses to “Setara Institute Minta Presiden Evaluasi Bela Negara”

  1. nah kan mulai,,,
    efeknya akan kemana mana…
    semoga baik baik saja

    • lagian FPI di kasi latihan fisik ala militer 😀 bela negara tuh gk harus latihan fisik tetapi materi ini yg paling penting dan ideologi ini yg harus di cekokin ke mereka.

      Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (disingkat P4) atau Eka Prasetya Pancakarsa adalah sebuah panduan tentang pengamalan Pancasila dalam kehidupan bernegara semasa Orde Baru. Panduan P4 dibentuk dengan Ketetapan MPR no. II/MPR/1978. Ketetapan MPR no. II/MPR/1978tentang Ekaprasetia Pancakarsa menjabarkan kelima asas dalam Pancasila menjadi 36 butir pengamalan sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila. Saat ini produk hukum ini tidak berlaku lagi karena Ketetapan MPR no. II/MPR/1978 telah dicabut dengan Ketetapan MPR no XVIII/MPR/1998 dan termasuk dalam kelompok Ketetapan MPR yang sudah bersifat final atau selesai dilaksanakan menurut Ketetapan MPR no. I/MPR/2003

      Dalam perjalanannya 36 butir pancasila dikembangkan lagi menjadi 45 butir oleh BP7. Tidak pernah dipublikasikan kajian mengenai apakah butir-butir ini benar-benar diamalkan dalam keseharian warga Indonesia.

      kena apes tuh dandim

    • “Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul-(Nya) dan ulil amri di antara kalian.” [An-Nisaa: 59]

      Ulil amri artinya pemerintah

      “Wajib atas seorang Muslim untuk mendengar dan taat (kepada penguasa) pada apa-apa yang ia cintai atau ia benci kecuali jika ia disuruh untuk berbuat kemaksiatan. Jika ia disuruh untuk berbuat kemaksiatan, maka tidak boleh mendengar dan tidak boleh taat.” (hadits)

  2. Pemerintah harusnya lebih dekat bukan malah mengucilkan / menjauhi FPI, agar segala uneg” masyarakat yg terwakilkan oleh FPI bisa ditampung/ dibicarakan dgn dialog untuk mencari solusi yg terbaik, walaupun terkadang berseberangan dgn keinginan/kebijakan pemerintah..FPI ormas yg bisa dibilang mempunyai pengaruh & pendukung yg besar di negara ini, karena merupakan ormas islam yg kita tau pemeluk mayoritas dinegara ini..pemerintah harus bijak untuk merangkul ormas / masyarakat negeri ini agar lebih mencintai bangsanya & tersalurkan semangat bela negara nya. Bukanya malah menjauhi / mengucilkanya..toh demo 212 bisa berjalan damai walaupun diikuti oleh jutaan orang yg dikomandoi oleh FPI..ayolah duduk bersama untuk menemukan solusi yg terbaik buat bangsa ini..Aku yakin FPI & pendukungnya sangat berani & mau untuk bela negara…

    • koq saya tidak sependapat dengan anda 😀 berarti uneq-uneq saya beda dong 😀

      • Itu urusan anda pribadi & hak anda untuk sependapat ataupun tidak…yg jelas dlm melihat sesuatu permasalahan harus dihilangkan dulu ego & kebencian yg berlebih, supaya bisa berpikir jernih untuk melihat satu masalah..

        • terima kasih sudah mengijinkan saya mengutarakan pendapat 😀 dan saya masih menggunakan kepala dingin saat menuliskan komentar koq, saya masih sering tersenyum bahkan saat membalas komentar anda 😉

          • Malah sy ketawa ngakak ame komen ente @lingkar ky anak2 aje

          • @Amsiong
            para pengkhianat bangsa juga WNI asli bung 😀 negara ada aturan, organisasi ada aturan, sekolah juga ada aturan, jd yang melanggar pasti ada sanksi, tapi ingat, tidak semua sanksi untuk mendiskreditkan, tetapi sanksi sebagai bagian dari introspeksi diri, berfikirlah klo anda punya fikiran 😀

    • Saya juga tdk sependapat dg anda, ormas yg anti bhineka tunggal ika itu akan merusak negara bukan membela. Harus diubah dulu ideologinya baru ikut bela negara !

      • Yang anti bhineka tunggal ika itu siapa?

        • mgkn lebih tepatnya Anti Islam ya bung, padahal umat Islam udah cukup toleransi di NKRI ini. Ironi memang, negara mayoritas Muslim tp umat Muslimnya kaya hidup di negara ASU yg non muslim. Apa2 koq paranoid, ga baik kaya begitu. Ingat siapa yg paling banyak berkorban/mati saat membela negara? Pasti umat Islam krn apa? Ya karena umat Islam lah yg paling banyak disini jd otomatis yg paling banyak membela ya umat Islam. Sungguh bahaya upaya pihak2 yg ingin mendiskreditkan “umat Islam” belakangan ini. Sama bahayanya seperti bahaya laten komunis. Mulai dari kasus yg melibatkan satu orang hingga sampai menyeret ke beberapa orang bahkan sampai ke organisasi2 segala. Ketakutan thd bangkitnya kekuatan Islam dinegara ini (yg skrg didominasi kapitalis liberal) justru terlalu berlebihan. Padahal kekuatan tersebut harusnya “dikelola” bukan dijauhi/dimusuhi sehingga akan menjadi potensi besar bagi bangsa ini. Jika umat Islamnya lemah maka bangsa Indonesia akan lemah, tp jika umat Islamnya kuat maka bangsa Indonesia jg akan kuat.

      • setuju bung, yang anti Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila silahkan angkat kaki dari NKRI

    • ..Aku yakin FPI & pendukungnya sangat berani & mau untuk bela negara..

      udahlah dasar negara aja pancasila dihina si rizieq, gak usah ngomong bela negara !

      • betul bung @ubed, seperti yang saya bilang, dari sekian banyak anggota FPI, motifnya pasti bukan hanya 1, tapi bermacam-macam.. itu yang perlu mnjdi perhatian kita bersama, terlebih dengan penyataan ketuanya tentang Pancasila…

    • @ubed @lingkar
      Ya gitu deh kalo ada minoritas yg menghina agama/pancasila pasti kaum asal telan bakalan ribut, tapi kalo Si jijiek dan kawan2 yg menghina pancasila pasti kaum asal telan bakalan diem dan kagak perduli, padahal harusnya penghina pancasila itu masuk bui.

      • ya jelas ribut, wong minoritas menghina agama ga ditahan. Padahal kalo mayoritas menghina agama lgsg ditahan (udah ada contoh kasusnya dr zaman eyang harto). Kalo salah bilang salah, bener bilang bener. Yakin deh kalo mayoritas ngebelain “cuman” gara2 sejalan, gabakal ada tuh yg dilaporin ke KPK/Polisi krn semuanya ditutup2in/dibela. Makanya semua jg hrs begitu mau mayor/ minor, kalo salah ya ditangkap.
        Sama ky kasusnya FPI, bnyk mayoritas yg ga suka jg (krn caranya yg hajr bleh) itu menandakan bahwa kalo salah ya bilang salah ga peduli segolongan apa bukan. Tp bnyk jg yg mendukung krn memang FPI sejalan dgn mereka (misal menngerebek tempat hiburan malam yg sarat prostitusi, mirassantika, narkoba dll) yg seharusnya sblm FPI dateng polisi duluan krn sbg aparat penegak hukum. Mereka kesel dgn “lambannya” aparat thd adanya tempat2 yg me”resahkan” tsb yg mengganggu ketertiban.

    • masalahnya,, aksi aksinya tidak untuk bangsa.
      melawan dengan kekerasan… dan bahkan cenderung beringas.

      kalo korbannya musuh negara oke lah.. tapi tujuannya sudah berbeda.
      di negara hukum melawan hukum.

      • Maslahnya FPI tdk murni dlm aksinya menjalankan nawacita kerukunan umat beragama.
        Agenda aksi panggung politik dan kipas lembar merah&biru.
        Hadeh…sudahlah..males mikir

    • Kalo saya ganyang dan bubarkan opm papua merdeka dan bintang kejora, NKRI harga mati

    • Yang jadi masalah ini sekarang opm papua merdeka dan bintang kejora tuh

  3. Pemerintah seharusnya seperti orang tua yang bisa mengayomi anak-anaknya. Apakah FPI tidak berhak bela negara ?. Negara ini kok lucu, ada elemen masyarakat yang ikut bela negara kok dilarang. BELA NEGARA ITU UNTUK SIAPA ??

    • Bela negara jelas demi mempertahankan NKRI, tapi motif FPI ikut bela negara “SANGAT DIRAGUKAN” apakah itu “MURNI BELA NEGARA” atau “ADA MAKSUD LAIN”.

      • Ga usah suudzon/ prasangka buruk, untuk berpikir jernih hilangkan dulu dihati anda pikiran negatif / kebencian pada seseorang / lainya..kecuali anda punya bukti & melihat sendiri ada niatan yg ga bagus yg direncanakan, jgn media / berita dijadikan rujukan suatu pembenaran..harus diselidiki dulu…

        • Anda yakin itu FPI.?? atau provokator yg menyamar menjadi FPI.?? Semuanya masih samar kawan..

        • bagaimana bung? saya sudah ajukan buktinya

        • Saya sangat yakin, karena yang bersangkutan adalah ketua FPI untuk wilayah Tanjung Balai ^_^, mata saya belum rabun dan hingga skrg saya belum menggunakan kacamata koq

        • hahah selama ini banyak negatifnya kok si eFPi lucu aja gak boleh suudzon ke mereka….silakkan bela aja bung…yg waras tetap tak terpengaruh

        • mungkin demit yg nyamar jd manusia 😀

        • jawaban klasik”Anda yakin itu ….?? atau provokator yg menyamar menjadi ….?? Semuanya masih samar

        • Anda tau apa sebab ternyadinya pembakaran vihara tu? Segala sesuatu ada efek sebab akibat. Umat muslim tidak akan menggangu kalau tidak di ganggunya kebangetan. Kalau udah kebangetan kami balas dengan tidak berlebihan.

        • Zaka tingkir, lalu bagaimana dengan gerja yg di bom secara bersamaan di malam natal th 2000??? Pst di hati kecil kalian ada yg haru?????siapa yg paling di tindas di negar ini???.

        • @zaka tingkir
          tidak salah berbuat baik, tapi jangan menzholimi orang lain, Islam mengajarkan tidak boleh berbohong, meskipun berbohong untuk kebaikan, sama halnya berbuat baik, Islam adalah agama universal, tapi sayang banyak pemeluknya yang salah menerapkan ajaran Islam, saat ada org yang mengumandangkan kata jihad, sebagian kita langsung bersemangat menerimanya tanpa mengkaji dan mengkaji lagi… banyak sebagian dari kita cuma mengambil beberapa ayat dalam al-qur’an yang dianggap penting dan mendukung “kepentingan” sendiri atau kelompok, kenapa tidak diambil dan diterapkan semua? kenapa hanya ambil yang menguntungkan pribadi atau golongan saja? mungkin rekan-rekan juga tau, hal ini sudah pernah diberitahukan rasulullah, tentang apa yang akan terjadi di akhir zaman. 😀 saya hanya bisa senyum melihat tingkah kalian saudaraku.

        • Justru bener tuh apa yg disampaikan bung @lingkar.
          Jika tdk ada apanya, knapa mesti dicopot dandimnya?
          Selain hal itu FPI sedang dlm pengawasan pemerintah.

      • Coba Tunjukkan bukti fpi tidak cinta tanah air.. mereka selalu hadir membantu setiap ada bencana dibelahan nusantara ini. Malah Yang fotonya ada diatas, orang nmr satu yg koar koar kemana mana bela tokoh fretilin saat timtim lepas..

        • Dan mereka menyebabkan bencana kemanusiaan di Tanjung Balai, Sumatera Utara tahun lalu dengan membakar sejumlah Wihara, hanya Wihara yang berada disebelah komplek TNI-AL yang selamat dari pembakaran.

          Saya sebagai umat muslim sangat malu dengan tindakan saudara-saudara saya tersebut. Mana yang katanya Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin”? mana?

          • Kalo memang benar, harusnya ditindak lanjutin donk, tangkap pelakunya.diproses kepengadilan & diputuskan bersalah apa tidak..apakah sdh diproses??

          • gampang kali anda ngomong, karena anda tidak ada disini menyaksikan dengan mata kepala anda… anda sama seperti para politisi yang cuma bisa ngoceh, semuanya nol besar…

            anda mau tau? para pelaku sudah diproses dan ditahan, masuk rutan juga… anda tau gak klo beberapa waktu lalu massa fpi mendatangi rutan dan membuat keributan untuk membebaskan pelaku? tau gak?

            tidak semua yang terjadi di daerah terekspos dan diketahui secara luas… jadi jangan asal komen…

          • Gak ada asap kalo gak ada api… pasti ada penyebab asalnya.. tapi gak penting itu buat andakan?

          • Sebelum kejadian pembakaran vihara tu ada kejadian apa? Kenapa umat muslim disana ngamuk?

          • @sta funky
            lantas apa? apakah perlu mencari dan melihat terus kebelakang? berarti anda belum move on dan tidak mampu membangun bangsa yang damai, anda seharusnya membuktikan bahwa Islam benar agama yang rahmatan lil’alamin, bukan menyimpan dendam, ingat, dendam itu dosa, dan akan menjadi bom waktu.

          • Pelaku penyerangn memang hrs dihukum, tp ini jg hrs jd pelajaran bkn hanya bg umat Islam tp jg utk minoritas bahwa kita hrs saling menjaga toleransi. Karena biasanya tidak mungkin ada asap kalo tidak ada api sama seperti demo 411 dan 212. Kalo orang yg ga ngerti pasti disangka ini FPI koq banyakan tingkah amat sih, padahal kalo udah paham mah ya wajar dan harus malah. Jd buat itu sbg pelajaran bg kita semua, ambil hikmahnya bahwa semua pihak hrs saling menahan diri.
            Sy yakin bisa krn mayoritas disini tdk seperti mayoritas dinegara luar sana yg suka menindas,memprovokasi, bahkan hingga meng-genoside kaum minoritasnya.

          • Kalo orang yg ga ngerti pasti disangka ini FPI koq banyakan tingkah amat sih, padahal kalo udah paham mah ya wajar dan harus malah.

            bung Panjilei, saya gak mau buang waktu cari2 di mana benernya fpi, yang pasti si bamukmin tukang tipu, dan si rizieq menghina pancasila dan memfitnah negara soal palu arit..

          • bung ubed, tolong liat konteksnya ya! FPI wajar dlm masalah demo di Jakarta kmrn ya. Kalo masalah yg laennya (yg sifatnya anarkis sy ga setuju) tp kalo niat/tujuannya yg merazia tempat2 hiburan malam yg banyak “maksiatnya” sy setuju banget. Jd seandainya polisi bisa bergerak blh dulu sblm FPI, mgkn tdk ada razia2an lg.
            Kalopun mau dibubarin krn sering anarkis, ya wes silahkan tp tolong tempat2 yg saya sebutin td dicarikan solusinya, supaya ketertiban masyarakat bs terjaga. Jgn sampe nanti setelah bubar, tempat2 seperti yg saya sbutin td malah semakin menjamur, menyebabkan banyak kerugian dimasyarakat mulai dr ketertiban, penyakit sosial hingga kelamin. Jgn cuman dilihat dr sisi eknominya saja tp dilihat jg dampak lainnya.
            Bung Ubed udah tau kan posisi saya dalam hal beragama.

          • bung @Panjilei, klo FPI mau beneran, gampang koq, kenapa gak menertipkan lokalisasi aja? selain tempat hiburan malam, maksiat juga banyak dilakukan disana, namanya saja “Lokalisasi”, yang artinya sudah dikumpulkan menjadi satu, tertipkan dong.

        • Saya sudah tunjukkan bukti di daerah saya, tempat kelahiran saya, mungkin di tempat anda mereka belum menampakkan jati diri sesungguhnya, tapi disini sudah…

          • Kita lihat aja kawan, mana yg benar & salah..pasti akan Allah tunjukan kebenaran itu nantinya..POLITIK ITU KEJAM KAWAN..

          • ya karena kejamnya hanya kiamat dan hari akhir yang akan dapat menentukan mana yang benar dan yang salah

          • Anda sudah menunjukkan kalau anda adalah salah satu orang yang terdiaknosis terkena penyakit islamofibia. Dan keislaman anda diragukan. Sebaiknya anda berobat ke pemuka agama islam dan perbarui lagi syahadat anda. Maka penyakit anda insyaAllah sembuh. Dan anda akan dapat melihat dan menempatkan mana yang hak dan mana yang bathil secara baik dan tepat

          • @sta funky
            merasa islam anda sudah benar adalah salah sati sifat riya alias ria alias sombong 😀 anda taukan apa balasan bagi orang-orang sombong? istighfar bung

          • “ya karena kejamnya hanya kiamat dan hari akhir yang akan dapat menentukan mana yang benar dan yang salah”
            Semua itu sudah jelas dalam Al-Qur’an. Hari kiamat akan menentukan mana yg benar/salah berlaku bagi yg non. Kalo Anda Muslim Anda sudah menentukan bahwa Islam lah yg benar. Berbuatlah sesuai yg diajarkan dlm Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jadi setiap perbuatan yg baik atau salah sudah jelas dalam Al-Qur’an dan Hadits.

    • BELA NEGARA ITU UNTUK SIAPA ??

      yang pasti mereka yang menghina dasar negara gak usah dilibatkan dulu, gak akan bener jadinya

      ibarat orang udah gak percaya / menghina Tuhan, ngapain juga diajar sholat ?

      • wah, bung @ubed lagi mancing anggota FPI dan para simpatisannya kumpul nih…

        • Kami umat muslim tidak suka mengganggu tapi tidak suka diganggu. Sekali kami diganggu tak mungkin kalian hentikan. Begitu kalimat jihad dikumandangkan dan takbir di pekikkan. Surut kami berpantang. Jadi tolong. Jangan pancing kami untuk mengumandangkan kalimat jihad. Sekali lagi, tolong jangan.

          • sta funky @ serius amat sih, sampai keluar asap gitu..
            tapi untuk lebih hebatnya lagi sepatutnya sambil bicara anda naik kuda.. pinjam kudanya aa gim, gerenti jos tenan…

          • jangan bawa muslim, saya juga muslim, tapi maaf, pola pikir anda kolot, kebanyakan ikut tabligh ya? istighfar, ingat anak istri, ingat ibu ayah 😀 saya tidak takut dengan jihad anda bung, saya juga disini berjihad untuk membuka pikiran anda dan rekan-rekan lain yang terlalu angkuh dan merasa benar sendiri 😀

          • Lingkar, Muslim itu juga ada kategori nya, munafik juga masih muslim..tapi ancaman nya pedih di neraka. Ayo bermuhasabah, KTP tidak dapat lagi dijadikan tanda pengenal agama.. Karna dijaman sekarang ini, orang yg pagi nya masih beriman malam nya dia bisa menjadi kafir.

        • @lingkar
          Kalo saya cuma pengen jadi kompor ajah 😀
          Daster oh daster dimana? Dipant@t chino?

          • Jsf, sampeyan ngomongin daster nya Pangeran Diponegoro dan Imam Bonjol ya?

    • kalo materinya penanaman pengamalan Pancasila dan baris berbaris doang sih gak masalah.
      tapi kalo sampai teknik mobilisasi umum perlawanan..
      olah fisik militer, strategi perang, penanganan logistik, serta pengenalan senjata api bagaimana??????

      tujuan organisasinya beda.. dasarnya beda, landasannya beda…
      mau melatih organisasi yg begitukah??

      aparat jelas paham,, dibuktikan dengan penggantian dandim.

      • Terus mau nya gmn, didiskriminasi? FPI itu kabar nya anggota nya 6 juta, laskar nya sekitar 500.000.. Nah klu negara tidak mengakomodasi hak mereka sebagai warga negara untuk bela negara dan malah didiskriminasi, lalu menurut anda mereka harus ngapain dalam konteks bela negara? Kalau negara tidak melihat mereka sebagai aset, lalu siapa? Apa anda menunggu hingga mereka dimanfaat kan CIA atau kekuatan asing lain nya? Saya mau tanya tujuan, dasar dan landasan FPI itu memang nya apa?

        • jawaban saya,, “gak jelas bung”
          tapi indikasi terhadap ketidaksetujuan terhadap pancasila mereka jelas. mereka inginkan piagam jakarta.

          misinya jelas: Visi dan Misi organisasi FPI adalah penerapan Syariat Islam secara Kaaffah di bawah naungan Khilaafah Islamiyyah menurut Manhaj Nubuwwah, melalui pelaksanaan Da’wah, penegakan Hisbah dan Pengamalan Jihad.
          sudah jelas bung?? nah jika ini dibiarkan.. “disintegrasi bangsa”.
          hak dan kewajiban warga negara jelas diatur undang2. dan mempergunakan hak juga dibatasi kewajiban.
          konteks bela negara adalah membela NKRI dan bukan membela golongannya. clear!!

        • Tinggal membuktikan apakah mreka FPI masih setia membela negara atau berkhianat dgn NKRI!
          Gitu aja kok repot mikirnya..
          Klo dasarnya cinta tanah air ya manut dong dgn pemerintah. Jika merasa dikucilkan sebaiknya intropeksi diri bukan sebaliknya membalikkan visi misi melawan pemerintah.

        • Senopati, bicara piagam Jakarta emang nya apa yg salah dengan Pancasila rumusan pertama ( piagam Jakarta)?

          Kutipan: ” Bahwa dengan dukungan bagian terbesar rakjat Indonesia dan didorong oleh kejakinan kami sendiri, kami terpaksa menempuh satu-satunja djalan untuk menjelamatkan Negara Proklamasi;

          Bahwa kami berkejakinan bahwa Piagam Djakarta tertanggal 22 Djuni 1945 mendjiwai Undang-Undang Dasar 1945 dan adalah merupakan suatu rangkaian kesatuan dengan Konstitusi tersebut, ” Dekrit Presiden 5 juli 1959.

          Sebagai seorang muslim yg beriman pada hari kiamat, tentu saya juga harus mendukung khilafah ‘ala minhaj nubuwwah yg kalifah nya Al Mahdi, karna kehadiran Al-Mahdi adalah salah satu tanda hari kiamat. Justeru sangat aneh jika seorang musim tidak beriman pada tanda2 hari kiamat. Tapi lebih aneh lagi pernyataan anda, disatu sisi anda mengatakan FPI menginginkan Pancasila versi piagam Jakarta, sementara disisi lain anda mengatakan FPI : Visi dan Misi organisasi FPI adalah penerapan Syariat Islam secara Kaaffah di bawah naungan khilafah ‘ala minhaj nubuwwah.. Saya jadi tertarik dengan AD/ART nya FPI, tolong share kalau ada..Kara dari google saya hanya mendapatkan ini sebagai tujuan FPI:

          Tujuan Berdirinya FPI

          Sebagaimana tertulis dalam dokumen risalah historis dan garis perjuangan FPI, tujuan berdirinya FPI adalah untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Dlam mencapai amar ma’ruf, FPI mengutamakan dengan metode bijaksana dan lemah lembut melalui langkah-langkah :mengajak dengan hikmah(kebijaksanaan, lemah lembut)memmberi mau’idzah hasanah (nasihat yang baik),dan berdiskusi dengan cara yang terbaik .Sedangkan dalam melakukan nahi munkar,FPI mengutamakan sikap yang tegas melalui langkah-langkah:menggunakan kekuatan/kekuasaan bila mampu dilakukan maka nahi munkar dilakukan dengan menggunakan hati,yang tertuang dalam ketegasan sikap untuk tidak menyetujui segala bentuk kemungkaran.

          Tujuan lain terbentuknya FPI adalah untuk membantu pemerintah dalam menumpas problem sosialkemasyarakatan ,seperti prostitusi,perjudian,serta transaksi miras dan narkoba.[6]

  4. Aku yakin garda terdepan kedua setelah TNI ketika ikut mempertahankan negara dari invasi militer asing adalah ORMAS FPI , serta ORMAS” keislaman yg lain mereka bergerak membela negeri ini dengan teriakan jihad, klo sudah nekad jihad di jalan Allah ,harta & nyawa sudah tidak ada harganya .

    • Klo saya yakin FPI maju bukan sebagai wujud bela negara, namun lebih ke bela Islam, karena klo negara lain menyerang Indonesia, sudah dipastikan bukanlah negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim, makanya FPI pasti bela mati-matian Islam “versi mereka”… jadi jelas ada perbedaan antara bela negara dan bela islam, meskipun sama-sama ada kata “BELA” disana…

      • Ternyata anda dlm komentar mengandung kebencian .emang salah orang ISLAM BELA AGAMANYA..?? saya jamin debat anda tdk akan Menyelesaikan masalah, malah memperuncing masalah.

        • Ingat bung “sebagian saudara saya” memiliki motif yang tulus, dan “sebagian lainya” tidak tulus dalam bela negara…

          Klo bgtu silahkan berdebat dan cari solusinya…

        • Orang Islam yg “bener” pasti akan membela agama dan negara/tanah airnya krn itu sama saja dgn berjihad di jalan Allah. Justru aneh jika ada orang Islam yg tidak membela agamanya, patut dipertanyakan ke-Islamannya.
          Semoga Islam dilindungi Allah dari orang2 yg Anti Islam. Amin.

      • anda bukan islam?, kayanya anda takut sekali dengan yang namanya islam. berarti anda….?, non islam..?.. atheis?

        • anda bebas berfikir seperti itu, tapi kebenaran sejati bukan milik anda, ^_^ kebenaran sejati cuma milik Allah…

          • Alloh itu tuhan saya yang beragama islam, di dalam kitab sucinya dijabarkan auturan atauran yang harus dilakukan dalam hubungan antar manusia dan manusia, antar manusia dan tuhan. Kalau anda bukan muslim anda tidak berhak mengaku tuhannya adalah Alloh. Tuhan anda siapa..?, masa seorang muslim fobi pada Islam?.

    • Bela negara kok anggotanya ada yg berbaiat dg isis. Sesama islam yg tdk sependapat dg mereka saja dikafir-kafirkan.

      • anda yakin..? ada bukti..? anggota ormas FPI berbai’ at pada ISIS. Jangan HOAX doong!!

        • buktikan klo memang tidak ada, bisa kumpulin tanda tangan mereka semua gak? yang menyatakan mereka tidak berbaiat ke ISIS?

        • nih orangnya sama cuma gonta ganti nick aja biar kesannya banyak..lama lama JKGR banyak simpatisan munyuk

        • mgkn paranormal x ya! silahkan dizaman sekarang ini, kalo ada buktinya silakan monggo wes dibabar biar bs lgsg disikat yg berbaiat. Anggota berbaiat belum tentu Ormasnya (bisa aja dia deserter/penghianat/oknum) silakan ditelusuri. Jgn sampai nanti orang2 laen yg ngga ngerti apa2 (cuman baca judulnya) keburu menjudge FPI = ISIS. kalo bener ya berantas tapi kalo salah itu FITNESS namanya, hrs dituntut jg tuh biar adil seadil-adilnya.

    • Gua ga yakin…fpi garda kedua…
      Buat gua..Kalo Bela negara gua perlu garda…apapun Akan kulakukan Buat nkri…dn gua Islam…tp bukan fpi..walau iman gua dibedain oleh mreka mreka…bodo amet…

    • Aku yakin garda terdepan kedua setelah TNI ketika ikut mempertahankan negara dari invasi militer asing adalah ORMAS FPI

      omong kosong ! menghina dasar negara = menghina negara, kagak usah ngomong soal “mempertahankan negara”…

    • Tak perlu ormas bung.. Faktanya ormas masa kini sarat pulus agenda polotik dan isi perut cacing kremi.
      Tak perlu ormas bung.. Kami yg tanpa label ormas siap membela dan mempertahankan NKRI.

  5. Betul, TNI memang paling solid, namun tidak menutup kemungkinan ada 1 atau 2 orang yang memiliki pemikiran sendiri, sikap membangkang, bukankah dalam sejarah berdirinya NKRI banyak oknum militer yang terlibat pemberontakan dengan mempertahankan idealismenya sendiri, terutama yang ingin menjadikan NKRI sebagai Negara Islam, ini menandakan, “bibit” perpecahan msh ada dan akan terus ada, maka kita juga perlu mewaspadai FPI dan simpatisannya, namun bukan berarti kita harus takut.

    Sebenarnya intelijen kita sudah memetakan hal ini dari jauh-jauh hari akan potensi yang terus berkembang di masyarakat.

  6. kok kegiatan menanam 10.000 pohonnya enggak disebut ? yang penting kan bukan pohon ganja …

  7. hidup FPI, maju terus FPI, banyak kebaikan FPI yg orang ngaa tau karena ngaa pernah di muat media” nasional, yg membenci FPI siap” stres sendiri saja

  8. Presiden Jokowi tidak usah dengar teriakan itu LSM, orang bayaran Amerika, buang aja tuh LSM-LSM ke Laut. Memang negara ini merdeka perjuangan LSM ? justru LSM jadi kaki tangan negara berwatak penjajah (Barat)

  9. Coba kita lihat nanti. Saat ketua opm ditangkap, siapa yang jadi pembelanya… saya sangat yakin, orang yang ada digambar foto atas itu nanti pembelanya..

  10. nasbung..nasbung….belanaegara

  11. hahaha 😀 😀 😀

  12. Anda merasa lebih tau dari TNI?

  13. betul bung @ meski berlandaskan Islam, mestinya jangan mengandung nama Islam dalam nama organisasinya, saat ada oknum anggotanya bermasalah maka akan mencoreng nama Islam, tanpa terkecuali…

  14. nasbung ..ya bela nasbung tinggal pesan

  15. nasbung nastak d janjiin pahala dan nastakdoang..dedengkot.y dpt mobil mewah.pembenci pancasila dan kemajemukn..kembali k pancasila????????

  16. yg jelas 2 ikut berjuang dulu Para kiyai N U dan muhamadiah serta umat islam dan rakyat indonesia ..nasbung2 ingin jadi pejuang ia pejuang bayaran….

  17. Waktu ramainya demo demo kmrn teman ada yg nanya begini

    Hebat mana habib R dg dimas kanjeng teman yg lain jawab hebat dimas kanjeng dong.
    Alasannya apa kok bisa.
    La iya gak ada kudeta gak ada prajurit gak ada istana gak ada garis keturunan lgsg bisa jadi raja.

    Byk yg aneh aneh emang

    Kah kah kah

  18. Sesuai firman Allah SWT bila kamu lihat kemungkaran disuatu tempat maka rubahlah dg tanganmu bila tdk mampu dg tanganmu rubahlah dengan lisanmu bila tdk mampu jg dg lisanmu cukuplah didalam hatimu mengingkarinya!! Sesungguhnya itulah selemah lemahnya iman didadamu..! Nah fpi merubah kemungkaran dg tangannya krn mereka mampu..! Bukankah nabi ibrahim AS dulu jg menghancurkan berhala2 dan Rosulullah SAW menghancurkan masjid yg dipakai buat maksiat..!! Memang begitulah Islam adanya

    • Nah fpi merubah kemungkaran dg tangannya krn mereka mampu..!

      dan itu asli melanggar hukum nkri ! gak ada yang berwenang melakukan penindakan di dalam wilayah hukum nkri kecuali aparat negara !

    • Apakah Pancasila itu kemungkaran? Apakah Pancasila berseberangan dengan Islam, setau saya nilai2 Pancasila menggambarkan nilai2 Islam, klo berseberangan kan pasti udah di demo jauh2 hari jamannya perumusan kemerdekaan?

      • Saya setuju dengan bung ubed dalam hal ini, selama masih ada lembaga hukum yg bisa menindak tegas kemungkaran y harusnya dilaporkan kesana dan diawasi penindakannya, bukan langsung diserang….bermain cantiklah, cari bukti, laporan, dan awasi….

    • Tapi Islam mengajarkan menghormati hukum, hukum Islam hanya bisa diterapkan di negara yang menggunakan Islam sebagai dasar negaranya, atau di wilayah dengan otonomi khusus, klo anda berfikir dengan otak yang di anugrahi Allah dgn akal dan nalar, pasti anda berfikir bahwa para pemimpin bangsa tidak sembarangan membuat dan menerapkan hukum sesuai pertimbangan berbangsa dan bernegara dalam suatu negara yang majemuk seperti Indonesia, mentang-mentang Islam agama mayoritas lalu kita seenaknya menerapkan hukum Islam?? anda salah besar bung..

      Anda lalu menyangkal bahwa hukum kita adalah warisan feodal, jd gak sesuai… Saya tegaskan, bila itu pendapat anda, anda berpikiran sempit, bukan begitu cara perfikir seorang muslim, anda baru mengerti sebatas kulit ari dari agama anda bung.

      Klo pun saya jelaskan disini, saya yakin, kapasitas otak anda belum mampu untuk mencerna apa yg akan saya katakan.

  19. yups” pemerintah harus segera bertindak, semoga program bela negara tepat sasaran untuk menciptakan macan2 yg perkasa dan benar2 mau menjaga keutuhan NKRI, bukan malah memelihara srigala yg bakal merusak dan saling memangsa..

  20. yg berhak dgn tangn ya..ulilamri (pemerintah)…nasbung..tau samatau lah ormas .LSM dana oprasonal.y darimana….seponsor…nasbung jgn bawa2 islam..jelas 2 RI mayoritas islam contoh tu..NU dan.muhammadiah…mau jadi raja sana k pilipina selatan sekalian

    • baca lagi qur’annya. bukan berhak… WAJIB…!! jika tidak melaksanakan dengan alasan apapun = Dzolim..!!

      • @vans
        WAJIB adalah di suatu negara yang berlandaskan Islam, klo anda tidak setuju dengan negara ini, anda tidak berhak mengaku sebagai warga NKRI. Saya yakin anda membaca al-qur’an, tapi sebatas membaca, sekedar mengerti arti tp tidak mengerti tafsir. Anda sama seperti keledai, tahu berjalan dan makan, tp gak berfikir ada beban yg anda pikul dlm perjalanan… Gunakan otak anda untuk berfikir dulu, baru komen disini lagi

    • Ulil Amri itu bukan pemerintah, tetapi ulama..kalau anda mau pemerintah dijadikan Ulil Amri, ilmu para penyelenggara negara minimal harus setingkat ulama dalam pengetahuan Islam. Nanti kalau presiden nya hafidz Quran, kalau menteri2 yg muslim hafidz Quran semua, anggota DPR nya hafidz Quran smua baru pantes dianggap Ulil Amri. Jangan maksa memakai suatu istilah yg mereka tidak pantas mengenakan nya.. Fokus saja pada istilah2 yg ada..

      • quran ente beda ‘kali coy !

        neh al Quran dan terjemahnya, kemenag 2002:

        an nisa:59, wahai orang2 beriman, taatilah Allah dan taatilah rasul dan ulil amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu

        tafsir jalalain;

        o you who believe, obey God and obey the messenger and those in authority among you

        jangan suka tipu2 dan manipulasi OK ?

        • Sudah jelas, puasa tidak bertentangan dengan hukum di NKRI, yang salah apabila mereka melarang semua orang berjualan di bulan Ramadhan, hakekat puasa adalah menahan diri, bila anda yang puasa tidak dapat menahan diri, berarti anda GAGAL dalam menghadapi godaan dan ujian tersebut.

          Toh pemerintah dan para penegak hukum tidak pernah menghalangi setiap warga negara berbuat dan bertindak, namun saat ada norma hukum yang dilanggar, maka hukum wajib ditegakkan.

  21. gimana gak dicurigai sebagai penyusup?

    lha imam besar mereka terang2an hina pancasila ?

  22. setuju 1,000%

    semoga ini jadi perhatian dan diatur oleh pemerintah

    seharusnya gak boleh nama islam dibajak oleh satu kelompok tertentu saja, karena bisa saja pemimpin kelompok tersebut ternyata para penipu..

  23. seharusnya pemerintah lebih berkaca ke perang saudara suriah dimana program bela negara menjadi bumerang ketika pemberian pendidikan militer kepada rakyat sebagai pertahanan diri melawan israel di salahgunakan sehingga terbentuknya kelompok milisi2 yg bertindak di luar wewenang pemerintah dan rentan terhadap pengaruh faham2 radikal yg tidak mampu menghargai perbedaan disertai propaganda media2 asing yg membonceng kepentingan asing terkait sumber daya alam.
    TNI dulu sudah bersusah payah membubarkan milisi2 rakyat seusai perang kemerdekaan dgn memasukkan mereka ke anggotaan militer, itu pun ada yg kecewa akibat tidak mendapatkan posisi yg memuaskan dan akhirnya memulai pemberontakan di dekade 50an, masa kita mau mundur lahgi ke tahun2 penuh cobaan tersebut.
    lagipula program bela negara bisa di wujudkan dgn hal2 yg lain kalau tidak mau masuk keanggotaan militer, misalnya membantu rakyat kecil dgn perwujudan usha2 kecil menengah yg bisa sumbangsih devisa negara dan menciptakan lapangan pekerjaan.
    jangan hanya kritik sana sini, hina sana sini rusuh sana sini, di duia internet maupun dunia nyata

    AYO KERJA…KERJA..MENCARI NAFKAH MUMPUNG MASIH PAGI

  24. emm… hhfff… ini.. ehh nganu..
    (garuk-garuk tapi gak gatal)
    Tunggu, saya agak haus.
    (srupuut.. )

    Jadi, eh .. bagaimana kalo FPI jadi partai politik saja? Biar bisa perjuangkan aspirasinya lewat jalur politik dan bersaing dengan pihak lain secara demokratis.
    Dengan demikian akan ada terlihat pembuktian, jika programnya memang keren didukung ahlak kadernya yang baik maka masyarakat, bahkan yang non muslim, akan antusias mendukungnya dan partai ini akan eksis.
    Namun jika pengurus dan kadernya gagal menampilkan program yang bagus dan gagal menunjukkan citra islam yang rahmatan lil ‘alamin maka orang akan enggan memilihnya. Dan akhirnya bubar.

  25. Saya Tidak percaya pada LSM penjual NKRI Dan Pembela separatist …
    Di mata mereka semua nya…TNI & PolRi ini…tidak Ada benar nya …
    Saat TNI & Brimob banyak yang tewas dibunuh GAM & OPM ….mereka diam saja…Bahkan sering sekali menyalahkan TNI PolRi…

  26. Hati2 mungkin mr. H bisa saja agen asing.

  27. jangan2 yang ngomong corong asing bin aseng.

  28. Maaf saudarku semua…kita sebagai warga dan rakyat NKRI, terlepas dari suku mana pun, agama apa pun kita semua wajib hukumnya membela negara, jgn merasa diri paling benar,paling nasionalis sehingga selalu merasa curiga terhadap mereka yg tidak sepaham dengan kita, jauhkan sentimen semua negatif, mari kita bersatu Membela Negara kita tercinta ini…

  29. Maaf saudarku semua…kita sebagai warga dan rakyat NKRI, terlepas dari suku mana pun, agama apa pun kita semua wajib hukumnya membela negara, jgn merasa diri paling benar,paling nasionalis sehingga selalu merasa curiga terhadap mereka yg tidak sepaham dengan kita, jauhkan sentimen semua negatif, mari kita bersatu Membela Negara kita tercinta ini…

  30. Sebelum anda komen, baca dulu biagarafi Hendardi…itu orang siapa? lalu Setara Institute bekerja untuk siapa? Nahhhh kalau anda tahu di belakang layar mereka, mereka dapat duit dari siapa dan untuk apa….baru anda komen cerdas

  31. ini admin bagaimana sih, lah jelas2 SETARA INS sering mendiskreditkan INDONESIA dengan isu HAMnya, ini organisasi yang berbahaya, sudah sering terbukti pembelaannya bukan untuk negara, malah kebanyakan melemahkan NKRI.

  32. Masih inget sekali cerita mbah yang gerilyawan dan juga cerita-cerita dari para gruru ngaji tentang banyaknya santri yang ikut dlm perang kemerdekaan. Sudah diketahui umum bahwa pasca perjanjian Linggarjti & Renville terjadi pelanggaran oleh Belanda yang melakukan Agressi I (Class I) dan disitu terjadi ketegangan, selain Ibukota RI pindah ke Jogjakarta juga terbentuk wialyah dengan garis Demarkasi (garus batas status quo), kali Kemit diperbatasan Gombong – Karanganyar menjadi Garis Batas Demarkasi, wilayah timur adalah Republik , adapun wialyah barat adalah NICA. Gombong jd masuk wilayah NICA dan ada markas KNIL Belanda yang cukup besar & terkenal. Ketika marak perjuangan mengusir penjajah banyak Pejuang yg terbagi menjadi pejuang Islam (Hizbullah dll yg sangat banyak jml nya), Laskar TNI, dan Gerilyawan Sukarela. Tentu dengan Pekik Allahhu Akbar yang membahana para pejuang dengan gigih melawan serdadu belanda yg memiliki mesin perang lbh besar dan modern. DIbalik itu,,agar diketahui juga bahwa selain perlawanan2 oleh para Gerilyawan & Laskar TNI dengan kekuatan Lokal,,,ada bantuan juga dari Jogjakarrta,,ini yang sering bikin saya sll terharu,,
    Bantuan dari Jogja bukanlah bantuan kesatuan kuat semacam kesatuan p Harto, namun bantuannya adalah Tenatara Pelajar yang masih muda- muda,,tentu bisa kita ketahui bahwa Jogja yg dari dulu adalah kota pelajar, disitu tergabung pelajar daru berbagai daerah jawa & luar jawa, juga bergabung TP dari luar Jogaj seperti Salatiga dll. Tentara ini msh sangat muda, bayangkan jika saat ini anda bayangkan pemuda seemurun 16 -22 th memanggul senjata..itulah yg dulu terjadi..sy msh sangat terharu bahkan tercekat jika ingat pertempuran para Tentara Pelajar ini melawan Serdadu Belanda..harus diingat bhw Pelajar tsb sudah pasti nukan hanya dari Jawa, banyak yang dr Sulawesi, kesatuannya Maulwi Saelan (ingat tokoh ini kan), juga pemuda2 Ambon bahkan ada kakak beradik yang mempertaruhkan nyawanya demi Tanah Air,,sungguh pertempuran yang dramatis begitu bnyk Korban dri Republik mapun dari Belanda,,pertempuran yang dramatis ini di Sidabunder – Puring, arah selatan Gombong..tentu tidak jauh dari Sungai Kemit pembatas Demarkasi..
    Ibu2, kakak, adik, saudara2 dan para pelajar tertunduk, meneteskan air mata distasiun Tugu Jogjakarta menunggu kedatangan kereta Jenazah para Pelajar pejuang yang masih muda2 itu ..tangis haru dan sesaknya dada begitu merasuk ketika KA Jenazah itu tiba…mereka adalah pahlawan2 muda yang mengingkan kemerdekaan, tidak perduli dari mana mereka berasal,,,yang mereka cintai adalah Indonesia,,merdeka atau mati
    Sebaliknya,,didesa2 tempat pertempuran juga masih bnyk Jenazah yg tidak terevakuasi mengingat gancarnya tembakan senapan mesin Belanda,,namun sungguh dramatis pertempuran ini, sampai kedua belah pihak kehabisan peluru dan terjadilah perang sangkur melawan tombak, pedang, keris badik dll…
    Menurut cerita ada dua pelajar kakak beradik Jong Ambon yang membunuh Komandan Belanda, sialnya kedua dua nya secara terpisah tertangkap dan diadili di Benteng Van der wijk,,adiknya dieksekusi dan kakanya pd malam menjelang dieksekusi, di tolong dibebaskann secara diam2 oleh Serdadu Belanda keturunan Ambon..namun hingga kini ybs dan ahli warisnya belum kontak dengan kesatuan atau Brigade wilayah Jogja
    Pertempuran diSelatan sangat dramatis, dan pertempuran di utara tidak kalah mendebarkan
    Di daerah Kajoran – Karang Gayam dimana banyak sekali Laskar yang berjuang dan bermarkasi disana dikejar 1 Batalion Kompeni,,tengah malam, ntah krn doa para pejuang, ntar krn malam atau krn hujan,,serdadu Bleanda ini malah salaing tembak dan saling bunuh,,bnyaknya korbdan dan kerugian dipihk Belanda dan juga target Belanda yg ingin segera melenyapkan Repibliek, membuat Belanda makin gusar dan disiapkanlah serang senjata berat kearah wilajah Repibliek, Belanda mengarahkan Canon, howitzer, meriam besar yg ada di Gombong kearah timur, kearah Karanganyar tepatnya pasar Candi,,jarak 7 Km ..
    Pagi hari dimana rakyat sedang sibuk belanja dipasar itulah, Belanda melepas tembakan Canon yang meluliuh lantakkan pasar beserta warga yg ada,,,sungguh,,,sungguhh,,,sangaat kejaaam,,,terbayangkan seperti apa Rakyat Sipil yang tak berdosa ini,,tentu ada yg badan hancur, tangan putus, kakik putus, kepala putus,,bahkan ada pejuang yg berlindung dibawah jembatan punmasih kena lontarannya hingga kaki putus,,sungguh kejammm, ini persitiwa Canon Candi,,,setelah peristiwa usai, dilihat dari kubangan bekas jatuhnya peluru meriam, tidak kurang 400an peluru Canon/Howitzer ditembakkan ke pasar ini..sungguh kejaamm
    agar anak cucu, para generasi muda tahu,,begitu banyk pengorbanan para leluhur, Sipil Militer, tekah bnyka yg gugur dalam membela dan mengawal kemerdekaan…hendaknya generasi muda dengan semangat, disiplin, kerja keras dan ikhlas membangun negeri ini,,jangan sekali – sekali menjadi antek bangsa lain, apalagi bangsa penjajah,,sangat menyakitkan bagi kita,,,semoga para Pahlawan itu diterima disisi Allah SWt,,aamiin,.YRA

  33. @ lingkar’ apakah anda seorang muslim?kejafian di tanjung balaikan disebabkan saudara kita chines marah ketika azan dikumandangkan dan merasa ribut dan berisik ktanta. Makanya umat muslim disana mengamuk. Jadi ada sebabnya.atw anda memag seorang chines. Kita taulah chines medan gimana kan terhadap pribumi sangat rasis. Knp saya bilang rasis ya di tingkat bank nasional aj mereka(customer chines dan karyawab bank memakai bahasa hoxian bhasa cina didepan pribumu)bayangin klu bank sekelas BNI atw BRI di medan pake bahasa batak. Jadi yg rasis adalah klen china medan namun tidak semua. Karena kwan kwan saya ada yg sangat dekat dng pribumi dan welas asih

    • @Iwan Ginting
      Itu yg saya sayangkan, penyebab adalah 1 org yang kebetulan Chinesse, tapi apakah seluruh Wihara dan penganutnya salah? Saat 1 org Islam menjadi teroris, apakah semua orang Islam diseluruh negara salah??? Klo itu pendapat anda, berarti anda tidak ada bedanya dengan orang-orang diluar sana bang… Klo umat Islam memiliki budi pekerti tauladan seperti yang diajarkan rasulullah, maka hukum harus diberikan kepada yang bersalah (bersangkutan).

      Sebegai informasi, 1 org chinesse tersebut adalah pendatang dan baru 2 atau 3 tahun menetap disana. Klo bang Iwan tinggal dsni mungkin bisa tau kronologisnya seperti apa.

    • @Iwan Ginting
      Ya saya muslim, saya puja kesuma, berdarah jawa+sunda, bang Iwan muslim? karena setahu saya org Karo ada yg muslim ada yang kristen, dan saya tahu bagaimana sifat fanatik yang dimiliki oleh orang-orang yang berasal dari sumatera utara. baik yang islam dan yang kristen sama-sama fanatik klo soal agama. Inilah yang mudah menyulut api berbau SARA.

    • @Iwan Ginting
      Tidak semua china medan seperti itu, tidak semua china medan beragama buddha, kristen atau konghucu, banyak juga china medan yang beragama muslim. Saya mau tanya, apakah bang Iwan punya kenalan atau teman org kita chinesse?

      Klo punya, pernah gak bang Iwan tanya kenapa mereka begitu?
      Klo bang Iwan belum punya teman Chinese, maka saya tidak menyalahkan bang Iwan berfikir seperti “orang kebanyakan”… Oke, saya beritahukan sedikit, saya punya banyak teman orang chiness di medan, banyak teman-teman saya yang menikah dengan Chinesse koq, chinesse medan sudah membaur meski belum semua, kenapa? karena kita yang mengaku sebagai warga pribumi tidak memberikan contoh yang baik, tidak berbuat seperti yang telah dicontohkan rasulullah… Bang Iwan aja beranggapan begitu kepada mereka, secara tidak sadar perbuatan abang kepada mereka pasti tidak seperti saat abang bergaul dengan sesama orang batak, minang, jawa, atau melayu. Maaf klo perkiraan saya salah… tapi umumnya begitu…

  34. fpi td mngkin jd partai politik sbb fpi hanya amar marup nahi mnkar menegakan perintah dan laraaaaaaaaaangan allah swt.
    tdk ada sejarahnya kaum perusak berjaya dan abadi di muka bumi ini di belahan dunia bagian manapun jg. begituupundngn fpi sebesar dn sehebat apapun jika mereka kaum perusak maka pasti dan sudah barang pasti tuhan semesta alam raya ini akan maruntuhkannya tdk ada kaum perusak di biarkn berjaya dan abadi di muka bumi ini
    begitupn sebalikny sehebat dn sedahsyat apapn fpi di hujat dan di tentang maka fpi akan semakin kuat dn smakin besar jika tetap teguh dlm misi amar ma rup nhi mnkar dngn izin allah swt.
    mari kita saksikan apakah fpi akan bisa di bubarkn atau fpi akan semakin kuat dan smakin besar

  35. @ubed anda seperti ya sangat anti Islam, ada apa saudaraku? Apakah ada sebagian saudara muslim kami menyakiti Anda? bila ada saya mewakilinya memohon maaf. Saya mengikuti setiap komen anda selalu menjurus pada anti Islam. Seperti “orang orang berdaster”. Ya kami umat muslim memang mengunakan itu karena itu sunnah Rosullullah. Jadi apa yg dilakukan Muhammad selama dia hidup kami ikuti bahkan cara beliau buang hajt dan bersetubuh.Islam itu sempurana semua kegitan yg kami lakukan harusnya mengunakan niat hanya untuk Allah taala. Jadi mohon jng mengina rosul kami jng menghina Islam. Dikarenakan Kata Jihad berkumandang pantang surut hingga musuh islam menyerah.kami akan dengan suka cita menyambut Jihad karena kami ingin segera mencium harum surga sesuai janji Allah.Islam penyelamtku Dunia dan Akhirat. Indonesia negaraku tempat aq mencari bekal untuk akhiratku. Salam damai. Merdeka. ALLAH HU AKBAR

    • @Iwan ginting

      anda tampak sangat ceroboh saudaraku

      Apakah ada sebagian saudara muslim kami menyakiti Anda?

      apa dasarnya menyimpulkan saya bukan muslim?

      saya tidak suka fpi itu jelas, alasan terbaru karena mereka penipu, contohnya si bamukmin
      ingat anggota fpi yang motret pramugari di pesawat ? penjelasan resmi fpi adalah pramugari tsb kakak yang motret, yang dibantah

      oleh pramugari tsb -bohong lagi !

      Jadi apa yg dilakukan Muhammad selama dia hidup kami ikuti

      serius neh?
      nabi bepergian naik unta, apakah anda ikuti ?
      keluarga nabi memasak menggunakan kayu bakar, anda ikuti ?
      nabi mungkin menggunakan pelita minyak atau lilin, yang pasti bukan listrik ataupun batere seperti gadget anda, anda ikuti ?
      nabi klo sakit tidak beli obat di apotik, anda ikuti ?

    • menurut ente anti fpi = anti islam ?

    • Jiah…buruan gih ke surga

    • @Iwan Ginting,
      saya cuma bisa tersenyum melihat fanatisme sempit bang Iwan 😀

    • Iwan Ginting, Si ubed itu bukan muslim.. KTP nya mungkin muslim tapi dia atheis. Secara dulu ada komen2 nya yg mengindikasikan begitu. Wallahua`lam

  36. Kangen pemimpin seperti umar bin khatab. Kapan negri ini punya pemimpin seperti beliau

  37. Nyimak lagi……. skor masih 50:50, kalo di polling pasti keren….. heee…

    Solusi dari bung Patih Pragota keren sangat….

    Yg jadi pertanyaan, beranikah FPI menjadi parpol ??…..seandainya FPI jadi parpol, mampukah melewati halangan electoral threshold yg taun kemaren sangat ketat ??… calon presiden dari FPI siapa ??… visi dan misinya bagaimana ??..

    Barang bagus kalo kemasannya jelek, publik tidak akan melirik…… ga boleh bilang don’t judge the book by the koper ya, karena ini ilmu penjualan…. xixi…

    • gak toleran gak cocoklah kalau jadi parpol di dalam masyarakat kemajemukan… malah jadi gesekan di dalam masyarakat yg majemuk…..cocoknya cari tanah sendiri trus buat aja negara sendiri…. songong aja sendiri..

    • Jawabannya “GAK BERANI” mereka cuma bisa menjadi penggembira saja… tidak lebih.

    • Kalau FPI jadi Parpol, kemana umat Islam akan melapor ketika polisi tidak menindak penjualan2 miras yg meresahkan? Lagian parpol islam sudah banyak, PKS, PKB, PAN dan PPP tapi tetap saja penegakan hukum nya pincang.. harus ada yg rbut2 dibawah biar penegak hukum melek..

      • doyan amat ribut..
        doyan amat rusuh..
        lebih baik benahi dulu pribadi masing2..
        sesuaikan dulu agama dengan akhlak(rasul)

        mengaku beragama islam tp koq kelakuan ky kafir QURAISY jahiliah…
        sok suci..
        sok benar…
        sok mulia…
        sok paling masuk surga..
        TAKLID BUTA…!
        kasihan… kasihan… kasihan….

  38. Aneh sekali cara berfikir penguasa sekarang, program bela negara itukan pakai dana apbn yg bersumber dari pajak warga negara artinya semua warga negara berhak ikut apapun latar belakang politik agama suku dll termasuk organisasi apapun yg belum dianggap terlarang di Indonesia.
    Ini dibesar besarkan seolah fpi hatam hukumnya ikut program bela negara. Sekarang ini hanya fpi ormas yg betul betul membela kepentingan islam, yg lain omong kosong. Sy bukan anggota fpi tapi sy menilai partai penguasa skrg arogan dalam cara berfikir dan bwrtindak, AMATIRAN..

    • “Sekarang hanya fpi yg betul betul membela kepentingan isla, yg lain omong kosong”
      Wah masa sih? Jadi NU, MUI, Muhamadyah dll itu cuma omong kosong? Jadi ulama2 di organisasi tersebut tdk membela kepentingan islam? Memangnya kepentingan islam yg seperti apa?

    • gak ada yg salah membela agama. saya menghargai dan malahan suka.
      tapi organisasi anarkis yg biasa menggempur daerah yg gak sesuai paham itu berbeda jelas.

      penggunaan APBN untuk bela negara menggunakan kajian.
      siapa yg dilatih juga menggunakan kajian dan penyaringan.
      organisasi yg menghina dasar negara apakah layak dilatih????

    • Apa anda yakin, seluruh warga FPI dan simpatisannya sudah membayar pajak dan mematuhi hukum? dijalan raya menggunakan sepeda motor saja tidak pernah menggunakan helm utk keselamatannya, bagaimana mau menyelamatkan orang? ibarat mau mandi tapi dengan air kencing ya tetap aja kotor 😀

    • syarif oh syarif kenapa keluasan berfikir anda selebar daun singkong

  39. Apapun komentar rekan warjag semua……. ane berharap tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan dan tegaknya NKRI…… arab spring harus dijadikan pembelajaran, emosi harus di nomer seribukan.

    • Dan untungnya saya tdk pernah bawa2 emosi saat komen di artikel kek ginian 😀 ane malah sering ketawa saat melihat komen antar kubu yg sering adu bacot gajelas 😀

    • wkwkwk,,
      jika dalam tataran diskusi, sebenarnya sharing pendapat kemudian mendapatkan kesimpulan penyatuan,, itu sungguh sangat baik.
      tapi jika berdebat kusir,, ahhhh yg ada kelucuan.
      kita baca sambil senyum2 saja bung..

      saya pribadi menyerahkan sepenuhnya keutuhan negara pada TNI.
      hidup di jaman dokrinisasi penuh membuat saya mengenal negara dengan baik.
      hidup di jaman reformasi membuat saya banyak bertentangan dengan aparat.
      dan hidup pasca reformasi membuat saya sadar betapa besar tantangan yg menghadang NKRI
      tapi saya tidak pernah lelah mencintai Indonesia.

  40. Yg komen fpi harus jdi parpol adlh kaum yg tdk tau perjuangan yg di emban oleh fpi mati berkalang tanahpun fpi tdk mngkin terjun ke dagelan politik sbb misinya hanya mengajak umat kpd prkra ma’rup dn mncegah u
    Mat kpd perkara munkar di tarik dan di seret sehebat apapn fpi tdk mngkin masuk dagelan politik
    MARI KITA SAKSIKAN APAKAH FPI AKAN BISA DI BUBARKN ATAUKAH JUSTRU FPI AKAN SEMAKIN BESAR DAN SEMAKIN BERJAYA

  41. mungkin dandim yang dicopot dari jabatannya itu simpatisan FPI….semua serba mungkin kan

    • Jangan berprasangka buruk dulu. Dari berita sebelumnya. Tni mengadakan acara bela negara itu di ponpes untuk para santri. Nah beberapa santri itu ada yang anggota fpi. Jadi, tni ga salah dong kalau mengadakan acara itu di pesantren? Santri rakyat indonesia juga kan? Anggota fpi masih rakyat indonesiakan? Mereka masih boleh punya ktp indonesia dan ikut coblos pas pemilukan? Trus apa slahnya tni melatih mereka?

  42. Maksudnya NU? Anda salah besar, justru yang ngomong masalah apapun dalam kerangka NKRI itu cuma NU dan Muhammadiyah. Gerakan Pemuda Anshor itu lebih tua dari umur negara ini. Jangan asal mangap kalau ga tau sejarah!

  43. Dimana ada peraturan yg membenarkan tindakan main hakim sendiri..siapakah mereka???

  44. amalmaruf nahi mungkar kalau ada kalau ada yg bayar

  45. amalmaruf nahi mungkar kalau ada kalau ada yg bayar ..nasbung sudah masuk ranah politik malah ada pengawa2y segala…seneng.y bikin kisruh…kasihan para kyai pendahulu yg mati2an pejuang kemerdekaan dan berdiri tegak.y islam sehingga jadi mayoritas d bumi RI sekarang ada secuil ormas yg merasa paling benar mengacak2 kedamaian atas nama amalmaruf nahi mungkr.yg sarat kepentingn ..

  46. oi prajurit cyber pihak oposisi ama berkuasa….nyampah doang u dimari….gak bikin cerdas rakyat dimari juga kok u…..mendingan u bedua pada kelaut aja berantem disono bedua gak bakalan ada yang misahin…..apa yang mau diambil ilmunya klo dicekokin doktrin2 gob dan tol….

  47. @aweawe gak boleh mancing keributan karena semuanya tidak akan ada yg sempurna
    @colibri seharusnya tidak memantik perdebatan dan perselisihan karena akan berujung permusuhan dan perpecahan

    awas jikalau masih dilakukan, akan aku tangkap kalian dengan tuduhan:
    “pasal perbuatan MAKAR” he he he

    NKRI
    OM TELOLET OM

  48. weekk..

  49. Kalian indonesia sangat berisik ,kalian indonesia terima aja ini pengungsi muslim yang akan kami usir dari negara kami.MAKE AMERICA GREAT AGAIN !!!!!!TRUMP FOREVER

    • fpi?
      bela negara?
      gue sih yesss!!!
      gatau kalo mereka yg hobi kerja!!! kerja!!! kerja!!!
      mana ada waktu buat bela negara, di otaknya cuman kerja kan?

      • kerja mencari nafkah utk menghidupi keluarga bukannya menunggu cairan danadonatur masuk ke rekening.
        nabi muhammad SAW juga bekerja dgn berdagangjauh2 ke damaskus meskipun belum berkeluarga.
        membela negara ada waktunya dan tempat dan gilirannya sendiri misalnya rutin ikut giliran ronda siskamling menjaga keamanan, kalau semuanya ngikut bela negara yg menggerakkan perekonomian negara siapa?
        orang kalau bersosialisasi cuma di internet dan dgn orang2 pilihan tertentu ya begini ini, heran saya semakin banyak aja yg nalar dan logikanya jadi pengangguran.

        • Maklum bung, klo pengangguran ya begitu, anak istri disuruh kerja, mereka malah ikut tabligh keliling kota, apa keq gini nih yang ngaku menjalankan syariat agama dengan benar?

  50. kira kira kalo terjadi perang dengan malaysia eFpei bakal ikut ganyang malaysia gak????kan pentolannya lulusan S3 tuh??apakah mungkin bakal tetap jd garda kedua terdepan????

  51. :), Keberadaan Setara Institute yang perlu di pertimbangkan.

  52. bung @Tahu Lontong :Betul bung, saya nyumbang 4jempol juga bung….
    yg haus… yg hauuusss aquanya, teh boyol, sproot, preet dan bajigur……yg hauuss silahkan…..

  53. Admin matanya rabun ada bahasa kotor yg diketik oleh bulat hitam panjang

  54. Saya absen yh

    Asbun
    Vantura
    Cuek aing gie

  55. kang @Tukang tebak ari tukang tahu tadi kamana nya kang…?

  56. sangat sempurna bung @anu.

  57. hahaha kok pada ribut fpi ikut bela negara. nich ye bagi pns tni polri dan masyarakat. minyak naik. pajak naik. sembako mulai meroket pak presiden plogak plogok penganguran makin banyak. china makin unjuk taring. lsm asing makin berani. dalam negri korup tetap terjadi. alat perang belum bertambah. olang cina dibela beela lakyat sendiri makin sengsala

  58. setuju bung iwan,,,,

  59. Skak mati..
    Pedas euy..

  60. Organisasi pertama di Indonesia itu pakai nama Islam adalah Sarekat Islam. Anda setuju atau tidak, emang urusan anda apa?? Geblek!

  61. coba anda google dengan keyword :

    west papua setara institute

    siapa mereka ?

    jika ingat muka dia, saya jadi ingat xanana … sakitnya tuh di sini …

  62. Jumlah kami umat islam 2 miliar dan jumlah penduduk dunia 7 milliar. Klu kami teroris dan jahat sudah rata ni dunia pasti jadi islam semua. Bnyangin 1 orng islam bawa 1 bom dikali 2 milliar.

    hehe bung, masih banyak umat islam yang oon, udah jelas para pemimpin fpi penipu / tukang fitnah masih aja dijadikan panutan.
    coba baca kalimat anda di atas, bandingkan dengan di bawah.
    apa yang salah? katanya kuat ? justru lemah bung -itu faktanya ! ! !

    Tp ternyata negara islma yg diobok obok di palestina saudara kami jelas di jajah israel, di yaman,afganistan,irak,libya,somalia,rohymia dan china uigur

  63. Dear admin, rekan kita yang selalu mendukung FPI ternyata tidak bisa menjaga bahasanya 😀 benarlah pepatah mengatakan “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”.. Sang guru pernah mengatakan “pan*at” sekarang murid mengatakan “ngen*ot”… ternyata begini nih yang ada dalam dipikiran yang ngakunya sebagai Pembela Islam? Isinya hanya seputar hal-hal dibawah pinggang.

    Istighfar bung

  64. Kalian jangan ribut dan tengkar sesama kawan, biangnya itu siapa sekarang Setara Istitute? siapa itu Hendardi? mau apa dia ke Presiden? lalu siapa yg kasih dana? apa saja yg di lakukan Setara institute?
    Coba kalian cek sendiri….bersatu lebih baik dari di kotak-kotak oleh mereka

    • Klo sebagai masukan bahwa ada 1 atau 2 orang anggota TNI yang tidak sejalan dengan atasan/organisasi saya rasa masuk akal dan ada benarnya, sudah terbukti koq, dulu ada beberapa petinggi TNI yang berontak contohnya Karto Suwiryo dengan DI TII/NII.

  65. Silahkan balas komentar bung @ubed dong bang @Iwan Ginting 😀

  66. “Seorang perempuan yg rajin ibadahnya masuk neraka terlebih dahulu dikarenakan tidak memberi makan kucing yg dikurungnya hingga mati”.

    Menurut bang @Iwan, apakah kalimat diatas tidak mungkin suatu saat menjadi “Seorang anggota FPI yg rajin ibadahnya masuk neraka terlebih dahulu karena melakukan sesuatu tindakan yang sebenarnya dilarang agama”.

    Wallahu a’lam bisawab

  67. Di sini ada yg pernah ikut pelatihan bela negara gak????
    Kalo pernah pasti bisa menjawabnya secara bijak.
    Dan tidak perlu berdebat.
    Kalo saya sudah merasakan.

  68. Kalo ada yg pernah ikut program bela negara, kayaknya gak perlu debat deh.
    Dan tidak perlu khawatir sama FPI.
    Kalo saya sudah pernah.

 Leave a Reply