Mar 152017
 

“King Stallion” Korps Marinir AS bukan hanya sebagai helikopter termahal di dunia tetapi juga akan lebih mahal dari biaya sebuah jet tempur siluman F-35A milik Angkatan Udara AS.

Penerbangan perdana helikopter Sikorsky CH-53K King Stallion, 27 Oktober 2015. (@Sikorsky)

King Stallion yang saat ini masih masih dalam pengembangan, dirancang untuk menggantikan helikopter CH-53E Super Stallion Korps Marinir AS, yang telah mencapai batas usia layanan mereka.

Sebagaimana dilansir dari DoD-BUZZ Saat ini harga sebuah helikopter CH-53E Super Stallion antara US $ 24 – 41 juta, sementara harga Sikorsky/Lockheed Martin CH-53K King Stallion mulai dari US $ 95 juta per unit dan ada indikasi harga tersebut bisa meningkat lebih lanjut.

Mengutip sebuah Laporan Akuisisi Terpilih 2016 dari Kantor Akuntabilitas Pemerintahan, yang dilaporkan oleh Niki Tsongas, D-Mass., menyebutkan estimasi biaya unit CH-53K telah meningkat sekitar 14 persen dari estimasi awal.

Informasi yang diberikan langsung oleh Korps Marinir AS ke Gedung Parlemen tahun ini, katanya, menunjukkan bahwa biaya helikopter saat ini diperkirakan 22 persen lebih tinggi dari perkiraan awal, atau sekitar US $ 122 juta per unit.

Sementara pesanan batch ke-10 Pentagon pada jet tempur F-35 saat ini adalah sekitar US $ 94,6 juta per unit, kata Letnan Jenderal Christopher Bogdan pada pameran Avalon Airshow di Australia beberapa waktu lalu sebagaimana dilansir oleh Sputnik News.

Pentagon berharap untuk memangkas biaya pengadaan F-35 agar turun menjadi sekitar US $ 85 juta per unit pada tahun 2020, Bogdan menambahkan.

Korps Marinir AS saat ini berencana untuk membeli 200 unit helikopter CH-53K ini, sehingga pertumbuhan biaya meningkat 200 kali dan itu adalah uang yang banyak sekali. Perkiraan kenaikan biaya sekitar US $ 27 juta lebih tinggi di atas harga dasarnya yaitu US $ 95 juta dikalikan dengan 200, maka US $ 27 juta x 200 unit adalah berjumlah sekitar $ 5,4 milyar tambahan biaya, menurut perhitungan Sputnik.

“Bahkan jika tidak ada kenaikan biaya tambahan”, menurut hipotesis Tsongas, “tampaknya harga sebesar US $ 122 juta per unit helikopter di tahun 2006 tersebut sudah melebihi biaya sebuah pesawat tempur F-35A untuk Angkatan Udara AS dengan margin yang cukup signifikan”.

Helikopter pertama CH-53K King Stallion diperkirakan akan mencapai kemampuan operasional awal di tahun 2019. Mereka dirancang untuk membawa beban eksternal hingga 27.000 pounds, lebih dari tiga kali kapasitas CH-53E Super Stallion, dan memiliki kabin yang lebih luas untuk membawa pasukan dan persenjataan.

Artikel Terkait :

  12 Responses to “Sikorsky CH-53K Korps Marinir AS Lebih Mahal dari F-35”

  1. lalu osprey nya gimana accident ratenya tinggi tuh kan sama2 buat marinir juga

  2. Emang klo buatan Lockheed pasti harganya selangit jang πŸ˜†

  3. Nah loh produk ASU mahal2 kwalitas mengecewakan tak seperti yg di atas kertas..makannya sekarang pilih produk saya harga murah dan sudah terbukti kok kwalitasnya di jamin bebas embargo gk seperti produk ASU.

    • Mahal karena “label”nya bung, klo ada “Lockheed” maka akan menjadi mahal, mereka memiliki tim ahli untuk urusan mencari “alasan” dan “istilah” berbau teknologi, sehingga para penentu kebijakan yang terutama dari kalangan militer dan spilil yang non-teknokrat, makan akan mudah di “takut-takuti” dan di iming-imingi “kecanggihan” teknologi πŸ˜†

      Beda dengan negara kita, mau secanggih apapun teknologi yang ditawarkan dan diciptakan di dalam negeri, kita tetap melihat “teknologi tetangga” lebih canggih πŸ˜› heheheh… kecuali bila sudah merasakan sendiri

      • Yg penting produk saya lebih bagus dan lebih murah πŸ˜› hahaha

        • Saya setuju bung @Sales πŸ˜† tapi yang jadi pertimbangan “kami” adalah “gengsinya” bung πŸ˜› hihihihi

  4. NKRI siap borong heli ini 100 biji

  5. Sesuai dengan kualitas, yg terpenting jgn sampai punya bnyk masalah seperti f35

  6. Ngentekno ragate asu

  7. F 35 cuma mnang mahal vroh.tapi banyak masalah nya.msih mnding skalian tuh ch 53

  8. Harganya gila2an!

  9. Seharusnya Heli inilah yg cocok utk dirancang sbg heli VVIP kepresidenan … tangguh dan kuat! #ngarep.com

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)