Aug 112016
 

Menurut Pentagon, Singapura telah menunda rencana pembelian sebanyak dua belas unit jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin. Pesawat ini rencananya akan dibeli pada tahun 2022, dengan membeli tambahan delapan unit lagi, tapi Sekretaris Pertahanan Singapura menginformasikan kepada Pentagon bahwa Singapura akan menunda langkah akhir pembelian pesawat tempur tersebut.

Negara pulau tersebut belum memberikan indikasi kapan ingin menyelesaikan proses pembelian jet tempur F-35, tetapi AS mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Pada konferensi pers di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Presiden AS Barack Obama mengatakan dalam sambutannya, “Kami menyambut minat Singapura untuk membeli pesawat tempur F-35”.

AS Sepertinya Bolehkan Singapura Beli F-35 Siap Tempur

Singapura secara resmi mengajukan “surat permintaan” ke AS pada bulan Desember 2014, mencari informasi tentang cara membeli jet, dan ditindaklanjuti pada tahun 2015 dengan menunjukkan bahwa mereka lebih suka model yang paling canggih dari F-35 yaitu F-35B. F-35B dirancang untuk Korps Marinir AS dan telah dipesan oleh Italia dan Inggris. Pesawat ini memiliki kemampuan untuk pendaratan vertikal di landasan tak terawat dan take-off jarak pendek.

Awal tahun ini, AS memutuskan bahwa jika Singapura jadi membeli jet tempur F-35, akan memungkinkan mereka mengintegrasikan data link proprietary dan sistem radio ke dalam pesawat tersebut. Mitra asing telah berkomitmen untuk membeli 612 jet tempur ini, sedangkan Pentagon bermaksud untuk membeli 2.443 untuk US Navy, Korps Marinir, dan Angkatan Udara. Finlandia, Spanyol, Belgia, dan Polandia sedang mempertimbangkan akuisisi jet temput F-35.

F-35A Sukses dengan Sidewinder tapi Gagal dengan AMRAAM

Richard Aboulafia, analis pesawat militer untuk Grup Teal di Fairfax, Virginia, mengatakan bahwa Singapura “tidak yakin pada kemampuan F-35 dalam beberapa tahun ini” dan bahwa, “sebagai mitra kerjasama keamanan, mereka tidak pernah memiliki komitmen penuh sebagaimana mitra utama. Mereka memiliki armada besar dan F-16 serta F-15 yang sangat baru, dan ancaman yang mereka hadapi tidak benar-benar membutuhkan pesawat tempur F-35”, sehingga “setiap pesawat F-35 yang dijual ke Singapura adalah dipandang sebagai preposisi relatif jangka panjang”.

Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Sebagai negara kecil tanpa kedalaman strategis, Singapura selalu membutuhkan kemampuan pesawat unggul untuk melindungi kepentingan dan perbatasan”, menggarisbawahi ucapan Menteri Pertahanan Negara itu dalam sebuah pernyataan di tahun 2013, “Armada kami saat ini memiliki pesawat tempur yang cukup untuk kebutuhan pertahanan kami dan F-35 masih dalam evaluasi”.

Sumber: Sputniknews

(Vegassus/JakartaGreater)

Bagikan Artikel:

  126 Responses to “Singapura Tunda Rencana Pembelian Jet Tempur F-35 Lightning II”

  1. udah mahal malah banyak yg mengundurkan diri kasian si carin eh ameriki

  2. INDONESIA masih punya F-16 ma Sukhoi, jadi lebih keren broo..

  3. Singapura mau bangkrut … sebelum benar-benar bangkrut mereka coba benahi dulu sektor ekonomi

  4. masih ada beberapa test yang belum selesai pengujianya…

    http://www.defensetech.org/2016/08/08/tests-on-f-35-ejection-seat-mods-to-wrap-up-next-month/

  5. pesawat gagal nih kaleng rombeng,wkwwkwk mancing neng carin

  6. Singapor ganti SU 30MKM ajaa, pesawat terhebat sejagatt..

  7. of Singapore state always prepare their identity in terms of military equipment they always upgrade and updates..perekonomian mereka ni sllu kuat diantare ngara2 mcm ngra asean yg lain..walaupun mereka ni belom deal tetpi sdh ade sokongan yg kuat untuk mmblinya 12 units buat saya pribdi dn ngara saya sdkit waah..

  8. Tahun 2025 singapora pasti gabung dgn nkri..

  9. Penundaan yg tdk lazim. Tp bwt apa dipikir dalem dalem.. terserah singapur aja mau beli apa dan mau di tunda atau dipercepat..

    Beda dgn pengantin baru yg menunda pny anak..

    • mereka masih ragu… terlebih dengan kebijakan pemerintah Indonesia bbrp wktu lalu… jadi singapor takut klo jadi pesan F-35 sementara 2 atau 3 thn kedepan ekonomi mereka ambruk… wahhh… dah kebayang mereka akan banyak hutang pada ASU… bisa-bisa tergadai nanti singapor…

      hihihii…

  10. AYO SINGAPORN BELI YG BANYAK F 35, KITA ADU DENGAN SU 35 INDONESIA,, GAK SERU JIKA SU35 KITA HANYA MELAWAN F 16/F15 YG PASTI HITUNGAN MENIT UDAH BERJATUHAN,, HHAAA .. HARUS ADA YG MENANTANG UNTUK KEHADIRAN SU 35 INDONESIA MIN F22/F35 HARUS NONGKRONG DI SINGAPORN AGAR SU 35 INDONESIA BISA MAU TUNJUKIN GERAMAN DAN TARINGNYA ..

  11. dengan kekuatan alutsista yang mereka miliki, terutama f 15sg yang masih termasuk paling canggih sekawasan. sepertinya mereka belum tertandingi sehingga mereka belum perlu f 35. lagipula selain perompak, tidak ada ancaman keamanan bagi singapura kecuali jika sekutu as mengajak mereka terlibat di lcs, tetapi masa iya? hehe

  12. Kalimat “saat ini Singapura tdk memiliki ancaman yg membutuhkan F-35″…..wahh meledek kita dong yg konon katanya punya bejibun pesawat tempur canggih dan kapal perang yg menggentarkan. Ayo realisasikan Su-35 tp tambah pesimis cz Menkeu mw potong anggaran lg

    • Kayanya mereka sadar bahwa sukio 35 kita adalah versi downgrade nya dari sikoi 35 Rusia jadi mereka tunda. Baiknya kita siap2 belajar buat upgrade pesawat agar kalaupun downgrade bisa kita upgrade nantinya beserta amunisi2.

  13. tax amnesty efex. singadul mikir2 lagi sambil ngitung kancing. beli kaga beli kaga beli kaga.

  14. singapore lbih baik ekonomi mereka walaupn kate lg menurun.pwrbndingn untuk asean pasti mereka lbih baek dr indo dn ngara saya.mestilah kita nak benarkan..mereka lbih ok.walaupn skrng indo nak buat regulation tax amnesty mereka takde goyahpun.kerana banyk invest kat sana dn pekerja asing msih bolh makan..mesti nak bnarkn tu.

  15. siNGApura tau negara tetangga yg dianggap sebagai ancaman lagi bokek… dan kita juga blm jadi beli banyak…alias beli bertahap su 35… jd diprediksi 10 thn kedepan singa aman… kecuali ada keadaan darurat…lain cerita

  16. Apa jare ente bae lah …

  17. selamat bangkrut singaporno…

    negara lintah…benalu indonesia…

  18. selamat bangkrut singapore…
    wkwkwkjw

  19. mau tidak mau harus diakui, pesawat F16 dan F15 Singaporn banyak dan relatif baru baru,. itu kenyataannya

    kita berharap F16 C/D segera komplit dan SU35 segera terealisasi untuk membantu SU-27/30 kita

    ada yang tau, rencana pemerintah untuk mengganti Hawk 109/209 yang mulai menua dengan pesawat type apa ya ?

  20. Nunggu raptor diproduksi atau tidak kayaknya…keuntungan Amerika juga..penempatan raptor di Asean..

  21. ngapain harus nunggu su35,1 fligh su27/30 aja singaporn sdh mikir walaupun pespur NKRI lbh byk dg yg dimiliki singaporn tpi tetap saja keunggulan dan skiil pilot msh jauh d bawah indonesia siupil skrg memang lgi resah gelisah akibat berbagai hal yg akan diterapkan pemerintah RI dr.mulai pengambilan fir s/d TAX AMNESTI dan skrg tinggal nunggu si malontong tuk di jitak jidadnya agar tak menyombongkan diri dg militer RI

  22. @TMB Terimalah saje kenyataan kalau kalian sudah merasakan dampak regulasi tak amnesty Indonesia! Kita takde urusan sama malondog, karena sebelum dikeluarkan tak amnesty kalian sudah bangkrut duluan wkwkwk :D Dasar Negara Gagal Total ! Singopre itu menerima RP 1000 T , secara logika kalau uang itu diambil apa yg mereka dapat? investasi terbesar Singapore ialah dari Indonesia , jadi bilang saja ke Budak najib kalian kalau cakap Indonesia miskin itu harus lah sekolah biar sadar siapa yang miskin? Sudah berapa mampu SDM kalian menyaingi Indonesia? Proton gila kalian itu tidak laku di Indonesia ! negara kalian saja dijajah china, dan sampai sekarang belum mampu merdeka dari British !

  23. Biaya beli singapore biasanya full atau bahkan double, karena minta komplit edisi special, lol :D
    :D
    Gak mau nyindir yang suka beli kosongan, ntar rapat kena dipelototin lagi, hohoho :D

  24. negara awak takut wang hilang ya.mesti buat regulation mcm tu tengok sahaja malaysia and singapore masih bolh terima pekerja asing pastilah ekonomi msh baik sahaja..wang indo tu kecil sangat..singapore takde minyakpun boleh jual minyak juga so jika mereka(singapore) boleh beli militery equipment tak buat risau sdh biase mereka kerana bajet masih ade..

    • CUMA NEGARA BODOH MALON SAJA YANG KESENENGAN WANG NYA MASUK KE NEGARA PENADAH MACAM SINGAPORN , NEGARA PINTAR ITU TARIK WANGNYA DARI NEGARA PARASAIT MACAM TU

      LAIN LAH MACAM KERAJAAN MALON ASET KORUPSI PEMIMPIN KERAJAANNYA DISITA SINGAPORN TAK DE DAYA APA APA NAK AMBIL KEMBALI KAH KAH KAH

      • anak ku pow…sudah lah nak…sebenarnya si tmb itu bapak asli mu nak…dia lah orang yg kemaren memperkosa emak sehingga kamu lahir nak…tapi jang an bilang sama bapak mu ya nak…

        • bagaimana tmb mau perkosa mak sedang tmb kan nafsunya sama kambing jantan , mak jangan menghayal melulu bikin malu orang malaysia saja mak , malaysia itu sudah miskin juga memalukan mak suka kongkek jubor kambing

          • suamiku…karena itulah pak ibu diperkosa nya pak…kan kita keluarga kambing…bapak kambing…emak kambing…dan anak kita pow pun keluarga kambing pak…

          • emak aja yang kambing , mak kan orang malingsia bodoh bapak sudah ceraikan mak dari dulu sebelum akad nikah , pow itu anak bapak dari istri bapak yang baru wanita asli

            mak itu kan pondan mana bisa punya anak

          • benar suamiku…saya ini emak nya pow kan memang bodoh pak, keluarga kita kan keluarga bodoh pak

          • bapak gak kenal kamu , kamu itu pondan henjut malaysialan

            bapak gak nafsu ma pondan , bapak masih normal

          • sudah lah pak jangan di bahas lg masalah kita pak…kan bapak sudah tau kalau kita ini lgbt nya kaum kambing pak…jangan bilang dengan anak kita pow ya pak…kasian anak kita pow…

    • Jadi ingat teman saya di Brunei, tahun 2002 semua kata2nya mirip kayak teman malaysia kita satu ini.
      :D
      Yang aku masih ingat betul =
      1. Semua masjid di Indonesia adalah bantuan Sultan Brunei, hahahaha :D
      2. Dia punya saudara bisa punya rumah dekat mall di jakarta , hohohoho :D
      3. Terus saya dipamerin mall terbesar Brunei, ahahahaha :D
      4. Semua sarjana Indonesia sekolah pakai beasiswa Sultan Brunei, wakakakaka :D
      5. Sultan Brunei sangat baik sama Indonesia, sampai dikasih 3 kapal perang. lol :D
      6. Terus bilang miskin, bodoh, negara gagal dan lain2 – pokoknya miriplah, lol :D
      :D
      Untung aja dia cantik dan masih keluarga sultan, jadi aku dulu cuma senyum2 aja. hehehe :D
      :D
      Sampai tiba2 ada “secret deal” karena 2011 Indonesia sudah jadi kekuatan dunia. lol :D
      Dia diem aja tuh, cuma tak senyumin.
      Kadang tak pikir mungkin suatu ketika nati, 2040, kita bayar CASH saja singapore dan malaysia, kirimnya pakai “missile” emang GDP mereka berapa sih gedenya?
      Britain aja, tuan mereka, 2040 dibawah Indonesia.
      Emangnya klo Indonesia mau gerak ada yang mau lindungin mereka?
      Emangnya FDPA sekarang masih berfungsi? apalagi 2040? lol :D
      :D
      Klo gak percaya, aku bisa whassup tanya teman2 di departemen pertahanan britain. lol :D
      Jawabnya tak kirim ke malaysia.

      ^_^

    • TMB @ Awak kate asek cakap regulation sahaje,tak awak tengok keh semua wang rasuah malon di tampung singaporn…kau kate pekerja asing boleh hidupkan negara,awak tuh bodoh sangat,gaji pekerja asing yg kena cukai/tax hanya seberapa sahaje berbanding dia bawa semua gajinya ke negaranya,pemikiran awak tuh bodoh sangatlah…wang orang indonesia di singaporn tdk kecil,semua ada 4000 billion rupiah,coba awak hitung 1 ringgit tuh hanya Rp 3000,kalo 4000 billion rupiah berapa billion ringgit

    • malon bukan kaya, tapi rakyatnya bagak, tak mau kerja macam tu…

  25. justru itu pesawat indonesia lebih canggih dr singapura, tak jd ambil f 35 karna masih kalah unggul dr su 35,. mungkin sisingap mau akusisi f 22 raptor..

  26. ketika saya jadi presiden akan saya ganti namanya jadi tumasik….hehehe…
    efek jamu tjap gope made in semarang…

  27. gw dukung 100 % suatu saat nanti klw kita udah kuat ekonomi dan militer berencana menganeksasi singapura seperti haly rusia menganeksasi crimea dari pangkuan ukraina, sabah serawak juga boleh dengan satu syarat ekonomi kita harus benar” mapan + militery

  28. negara pencuci uang dan pelindung para koruptor…

  29. CALON MALON KE DUA..HEHEHE

  30. sudah lah pak jangan di bahas lg masalah kita pak…kan bapak sudah tau kalau kita ini lgbt nya kaum kambing pak…jangan bilang dengan anak kita pow ya pak…kasian anak kita pow…

  31. suamiku…anak kita pow lg kemana ya…kok ngilang…paket nya habis kali ya pak…kalau gitu emak mau “jualan” dulu ya buat beli paket data anak kita pow…luv you sayang

  32. mak malu nak jadi warga malaysia , pemimpinnya jaguh rasuah beda dengan indonesia

    mak mau pindah warga negara aja ah

    • emak jangan mau jadi warga malaysia mak…disini aja…kan pow sudah bnyak kenal dg om om “langganan” emak disini…mereka baik2 kok mak…kemarin pow di kasi duit ama mereka buat ke warung…terus kata om nya biar dia yg jaga emak di kamar…

  33. emak jangan mau jadi warga malaysia mak…disini aja…kan pow sudah bnyak kenal dg om om “langganan” emak disini…mereka baik2 kok mak…kemarin pow di kasi duit ama mereka buat ke warung…terus kata om nya biar dia yg jaga emak di kamar…

  34. MALAUR@ satria sendakala itu kan bodoh bin bahlul…mana ada kaleng kerupuk bisa ngalahin f16 apalagi f35 yg super hebat…dasar satria kagak pernah duduk di bangku sekolah…

    • WAH INI ADA MALON BODOH YANG NYARU NICK GUE NIH KAH KAH KAH KAH KAH

      • benar nak…mereka suka ngaku2 nak…kemaren ada yg ngaku2 sebagai bapak mu nak waktu kamu masih ngamen di stasiun nak…

      • Anakku Pow,begitulah nak,semua warga negara emak semuanya pencuri nak,bahkan nick name jg di curi…mungkin mereka sudah bosan jadi beruk sehingga curi nick name anakku

        • kalau gitu emak jangan kesana lg ya mak…nanti emak dikongkek jubor sama najib mak…mak disini aja mak…kan langganan emak sudah banyak di sini…ya mak…pow sayang emak…

          • Iya anakku pow,emakpun sudah kapok di kongkek najib terus..Emak akan pindah ke indonesia,hidup di negara sungguh susah nak,pemimpinnya berfoya2,rakyatnya makan batu…Emak jd sedih nak huhu

        • KAH KAH KAH BAGUS KAMU ADALAH MALON YANG JUJUR MENGAKUI KALAU NEGARA KAMU ADALAH PENCURI MALING TERBESAR DUNIA KAH KAH KAH

          • iya nak…sekarang emak ngaku nak kalau sekarang bnyak yg ngaku2 sebagai bapak mu nak…emak jujur nak kalau emak lupa siapa sebenarnya bapak mu nak…

          • Iya anakku pow,macem mana kami tak jd pencuri nak,pemimpin kamipun suka curi wang rakyat,kamipun ikut2an jd pencuri nak

          • GA APA2 KOK MAK…POW RELA KOK MAK MAKAN DARI HASIL MAK MENCURI…KONGKEK JUBOR GIMANA MAK…KAH KAH KAH

          • iya mak bapak pun malu jadi warga malaysialan , muka najib ada diseluruh media dunia sebagai maling paling jaguh internasional

            bapak malu mak jaid warga negara malingsia malu banget

          • Anakku Pow,emak gak mau jubornya di kongkek najib terus,emak akan kasi makan km dari pisang hasil curian emak…Emak tadi curi pisang dari sabah…disana banyak pohon pisang yg dirobohkan ATM nak…pohon pisangnya roboh lalu emakpun curi pisang ATM tuh nak

          • iya bapak…pow harap bapak bisa bawa pulang emak dari sana pak…kasian emak di kongkek najib terus pak…bapak juga jg jadi tki lg ya pak…kita jadi pengemis aja pak di jakarta ya pak…kan teman2 pow bnyak pak yg jadi pengemis di jakarta…lumayan kok pak hasil nya…malam nya baru bapak jadi tukang begal pak kah kah kah

          • Anakku Pow,diatas ada yg curi nick name km nak,dia warga negara emak juga…dia sudah stress kale kerana sudah lama jubornya tak dikongkek…biasalah dia mangsa anwar nak,mau kerja pun tak de skill,mau pocket tebal diapun curi di rumah tetangga,lihat sahaje dari kemarin sampe sekarang maen internet terus,begitulah nak kalo tak de kerja dan pengangguran,maen internet terus,beli pulsa internetpun mesti curi wang opanya nak…nak Pow jgn seperti dia ya

          • KAH KAH KAH KAH MALON BERUK KONGKEK JUBOR DAN PISANG MEMANG PISAH TIADA

          • IYALAH MALON DAN CURI MEMANG PISAH TIADA, UANG TEBUSAN DICURI , JET ENJIN DICURI SAMPE NICK PUN DICURI

            MANA TADI ADA MALON YANG MAU PAMER PAHLAWAN PAHLAWAN KEMALEMAN DARI NEGARA BODOH DAN GAGAL TOTALNYA SUDAH LENYAP SEKARANG

            SEMUA JUGA TAU MALON ITU NEGARA PECUNDANG YANG GAK PERNAH MEDEKA , GIMANA MAU PUNYA PAHLAWAN KEMERDEKAAN KAH KAH KAH

            MALON NEGARA GAGAL TOTAL SELAMANYA

          • mana…mana…mana mak yang berani2 nyuri anak
            bapak eh salah nick name anak bapak pow…sini
            biar bapak hajar pakai molen yg biasa bapak pakai
            mbangun ruko di malaysia sana…kurang ajar ni
            orang…sudah bini gue di kongkek jubor…eh berani2
            pula nyuri nick name anak bapak…

  35. baru nyadar niiih,,,,
    Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar, mengatakan bahwa Singapura membutuhkan Indonesia untuk membangun masa depan. Pengakuan itu dia sampaikan dalam sambutan peringatan 51 tahun kemerdekaan Singapura di Jakarta, hari Rabu.

  36. Lha si upil katanya negara kaya kok nggak jd borong tu pespur gendut,apa lagi bokek ya tu si upil……

  37. NEXT,, MALON END SINGAPORN,, BAKAL TERHAPUS DARI PETA. SUDAH DI GARISKAN BAKAL KEMBALI KEPANGKUAN INDONESIA NUSANTARA SATU..

    • WOI BODOH BIN BAHLUL…GIMANA MAU AGREAI SINGAPURA KALAU FIR AJA KAGA BISA DI KEMBALIKAN KESINGAPURA…DASAR KONGKEK JUBOR MALAON NEGARA GAGAL KAH KAH KAH

      • fir apa hubungnanya memangnya?? yang atur fir bukan singapura tapi dunia penerbangan internasional

        fir johor saja dimiliki singapork

        • WOI FORES BONGOK BIN BODOH BIN BAHLUL…KALAU RUANG UDARA SAJA KITA TIDAK MAMPU…APALAGI NEGARA NYA…DASAR KONGKEK JUBOR LU KAH KAH KAH

          • KAH KAH KAH DASAR MALON BODOH DAN GOBLOK PISAH TIADA INI , RUANG UDARA JOHOR PUN DIKUASAI SINGAPORN, RUANG UDARA TIMOR LESTE MALAH INDO YANG KUASAI

            FIR TIDAK BERPENGARUH SAMA SEKALI DENGAN ASKAR INDONESIA DALAM MENANGKAP PESAWAT SINGAPORNO YANG MENCEROBOH RUANG UDARA DISINI

            GAK ADA GUNANYA FIR KALO RUANG UDARA AJA SEMPIT NGADEP KANAN KENA INDONESIA , NGADEP TIMUR KENA MALON

            SINGAPORNO ITU CUMA NEGARA KECIL YANG DILINDES SEKALI AJA MAMPUS, ASKARNYA AJA SAMA KAYAK MALON SAMA SAMA LEMAH KAH KAH KAH

          • ia bang POW itu memang bodoh sangat…kongkek jubor kah kah kah

  38. mana…mana…mana mak yang berani2 nyuri anak bapak eh salah nick name anak bapak pow…sini biar bapak hajar pakai molen yg biasa bapak pakai mbangun ruko di malaysia sana…kurang ajar ni orang…sudah bini gue di kongkek jubor…eh berani2 pula nyuri nick name anak bapak…

  39. SINGAPORNO CUMA LAWAN LAYANG LAYANG DARI INDONESIA AJA UDAH KETAKUTAN KAH KAH KAH

  40. POW@ BAHASA LO AJA KAYAK ARAB EDIOT YG DOYAN PABTAT UNTA, GIMANA LO TAU MILITARI, HHAAAA..

  41. POW@ BAHASA LO AJA KAYAK ARAB EDIOT YG DOYAN PANTAT UNTA, GIMANA LO TAU MILITARI, HHAAAA..

    • hey cinak penyembah kancut kau jangan bawa bawa sara disini , nanti kutarik itu sempak jesus lu

    • KAH KAH KAH KAH MILITARI MALON ITU SANGAT LEMAH LAWAN NELAYAN CINA PUN TAKUT

      GUE SAMPE BOSEN SETIAP HARI NABOKIN MALON DISINI KARENA MILITARINYA YANG TERLALU LEMAH TAK DE DAYA ITU KAH KAH KAH

      • betul nak…military mereka memang lemah nak…tidak sekuat syahwat mereka yg buat emak mu ini ketagihan waktu emak kerja disana anakku pow…ooo…yeeee…

        • kamu kan tetangga kenapa malah jadi emak nya dia , pow itu anak ku bukan anak mu begok

          • sebenarnya kamu ini anak nya siapa sih pow…kok banyak kali yg jadi ibu ama bapak mu…kongkek jubor kah kah kah

          • BAPAK…KAN BAPAK SUDAH TAU KALAU BAPAK POW INI MEMANG BANYAK PAK…EMAKKU KAN KORBAN LELAKI CABUL MALON PAK…MAKANYA POW BENCI MALON PAK…MAAFIN EMAK YA PAK…POW SAYANG EMAK KONGKEK JUBOR KAH KAH KAH

  42. haha pura2 singa ragu beli pesawat tempur mahal tpi banyak masalah.

  43. gara gara tax amnesti singapura meradang,,uang pajak buat beli f35 yg tadinya di pungut dri simpanan pengusaha indonesia di singapura akan hilang,,, makanya mikirrrrr…….skak mat dri indonesia for singa air

  44. Jakarta geater sekarang kenapa jadi kurang menarik ya…dulu bentar2 liat warjak…sekarang mah..paling liat sekali doang ..ga ada artikel bagus..ya sudah kaga liat lagi…

  45. dr semua au diasean ayo siapa paling kuat dr sisi alussita kuantitas dan kualitas.

    1.tni au mempunyai su27/30 berjumlah 16buah,f16 a/b dr 12 sekarang tinggal 10,dr 24 f16 c/d block 32 tinggel 18belum datang anggap sudah datang semua,jd total pespur tni au:49 pespur(sengaja tukino,hawk dan f5 tiger tidak disebutkan)

    2.au thailand:mempunyai pespur gripen c/d:12buah,f16 a/b berjumlah 53:65 pespur masuk invetori thailand(sengaja f5 juga tidak dimasukan)

    3.au malaysia:sukhoi su30mkm:18buah,8f18 hornet,18mig29 rencana diganti jd total:44 pespur(sengaja hawk,f5 tiger tidak dimasukkan)

    4.au vietnam:sukhoi su30mk berjumlah 35pespur(jatuh 1 dr jumlah 36),su27:11pespur jumlah total:47 pespur

    5.au singapore:f16 block c/d kebanyakan dr 52:60pespur,f15 sg:40 buah jd total ada 100pespur(sengaja tidak mengikutin f5tiger)

    6.au nyanmar: mig29:31 buah.j17 berjumlah16 lagi diorder:46 pespur

    nah dr analisa pribadi saja biarpun tni au mendatangkan su35 bukan merupakan ancaman,tapi untuk menambah kekuatan kekurangan pespurnya,nah coba dilihat secara kuantitas dan kualitas pespurnya kira2 dr 5angkatan itu kita urutan berapa(sengaja brunei,phlipina,kamboja,laos, tidak diikutkan)diatas 2020 aja kemungkinan masih dipegang rsaf dr sisi kuantitas maupun alussitanya.

    (menurut berita bahkan radar aesa bru bisa dibikin diatas 2026 untuk program kfx/ifxnya nah ini pespur artinya program baru 2026 keatas baru jd)

    ini belum bicara luas wiliyah,pesawat logistik,pengintai,refueling dan lain2 lho

    opini pribadi saja salam damai selalu:)

  46. tetap pilih sukhoi 35

  47. ////////……..//////////

  48. Singaporno mikir juga, kalo jadi beli f-35 dengan harga yang selangit ( bisa bikin bangkrut singaporno ), kemudian tu F-35 pada rontok di gebukin SU-35S Indonesia, ………. Kak kak kak !!!

 Leave a Reply