Oct 082016
 

rudal-tni-au

rudal-tni-au-1

Berbagai rudal yang digotong pesawat tempur Sukhoi TNI AU (Angkasa.co.id)

rudal-tni-au-2

Rudal yang diusung oleh pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 TNI AU ditampilkan dalam Latihan Perang Angkasa Yudha 2016 yang digelar di Natuna, Kepulauan Riau. Rudal rudal yang dimiliki Sukhoi Indonesia, tampaknya cukup komplit : Antara lain : Kh-31 Krypton, anti-radiation missile, R-77 Vympel medium range missile, R-73 short-range air-to-air missile, Kh-29 Kedge air-to-surface missile dan rocket pods.

Gambar di bawah: Sistem pertahanan udara jarak pendek LIG Nex1 Chiron

chiron

TNI AU juga memamerkan sistem pertahanan udara jarak pendek LIG Nex1 Chiron manpads buatan Korea Selatan.

aerostar

Tampak juga UAV Aerostar milik TNI AU

Gambar : Angkasa.co.id dan Sosial Media

Artikel Terkait :

  72 Responses to “Sistem Rudal Jet Tempur Sukhoi Dipamerkan di Natuna”

  1. Demen lihat SU lengkap dg senjatanya..
    Semoga tambah maju TNI..!!

  2. Lebih demen lihat yg di cantelan itu mede in Indo.. beghh bangga nyaaa …..

  3. cantiknya sukro bom arung mbah bowo di natuna tadi siang…… horeeeeee horeee

    • itu warung saya bung…….
      mbah bowo kan cuma jongos cacing naga peyang …… ehem …..

      kasihan mbah bowo….. dinanti tapi juga dibenci

  4. Setidaknya TNI AU sudah lebih siap tempur dengan persenjataan yang lebih lengkap dari sebelumnya. Sekedar saran, bisa dilengkapi dengan sistem pertahanan jarak menengah / jauh seperti S-300/400 dkk + Pesawat intai (bisa drone / cn-295 yang dipersenjatai). Saya rasa cukup kuat + bisa menghemat pengeluaran dibandingkan mengoperasikan pesawat tempur terus menerus yang tentunya akan cepat menghabiskan usia pakainya

    • @Ady Prasojo , nah bener itu percumah kita punya radar canggih tapi enggak ada sistem pertahanan udara yang bagus.. , arhanud kita perlu di benahi .. masa iya nunggu diserang dulu baru beli , kalau buat intai mah pakai drone kan lebih murah

      • Kata pak panglima waktu dimetro 10 thn kedepan dijamin tdk ada perang, jadi tdk usah beli macam2 kalaupun beli ketengan z jgn banyak boros anggaran mubazir paling yg dibeli karatan tdk dipakai.

  5. Rudal pertahanan udara jarak menengahnya apa bung Diego…?

  6. secret ….zztt

    thaad misile for indonesian

    https://www.youtube.com/watch?v=LKl5RWMRIn8

    What is the Status of a U.S. or NATO Missile Defense Shield in Asia?
    It is unclear whether or not a NATO missile defense shield will be a reality in Asia or Indonesia. More pressing at the moment are missile defense shields in Europe. NATO has approved the U.S. missile defense shields to go into Poland, and a radar station to be located in the Czech Republic. The problem of why there may not be immediate plans to place a NATO missile defense shield in Asia or Indonesia lies in the lack of understanding in the perceived threats in the Asian region. North Korea has been a major threat for years. They have nuclear weapons, and have threatened countries, including the U.S. with those weapons. An Indonesian or Asian based NATO missile defense shield would provide protection against a North Korean attack. Furthermore, Pakistan, China, and perhaps India all pose some level of danger with how they may intend on using their own nuclear weapons.

    http://www.infomiliter.co.id/2016/09/indonesia-dan-bantuan-as-untuk-danai.html

  7. Rayuan maut NATO pd Indonesia… tp sayang mami rika tdk akan rela jika Indonesia lbh kuat dr singaporn…

  8. Semoga itu bukan bait dari jendralnya mami rika. hehehe

  9. uav aerostar tampak seperti mainan anak anak

  10. Hanya satu yg dibutuhkan Natuna yakni minimal Rudal S400…atau agar semua maling mundur dari Natuna pasang aja Rudal setan RS28 Sarmat rusia…amerikapun pasti lari terbirit2!!!

  11. biasanya musuh dr sebuah konflik adalah justru dr tetangga dekat,. tetangga jauh no 2.

  12. dangxel @
    contoh nyata ngr beruk sebelah yg sok jaguh

  13. Yang goib goib tdk dipublikasikan.. Tp selalu siap bila terjadi hal yg tdk diinginkan.

  14. Ngak mungkin thaad di kasih ke Indonesia.hanya khusus sekutu saja
    Klou dari Rusia itu yang di pasang di sana.bersama nasam…..

  15. Pesawat tempur berjejer dari yg trkecil yakni super tucano, hawk 100, t50i golden eagle dan su 27, trus f16 block 52id nya mana yah?.. apa lg manuver diatasnya??. He he he

  16. kok F 16 yang baru datang tidak di pajang…

  17. Tidak Masalah Mau Besar atau kecil mau banyak atau dikit. yang penting ada kemauan .Tnggal Orang di forum ini mau Gk Ikut perjuang saat berperang nanti. Jangan Jadi Media abal abal.negara kita butuh Media Pejuang .kuasahi lautya Baru darat ya arti y benahi Laut baru darat . Adakah Radar Atau alat yg dilaut .Utk P kpl perang.Atau kapal barang .adakah Control Navigasi .jangan Pakai Pengawasan Atau patroli .. Ngabisin duit aja ..Pasang menara Bawah laut Pasang Ranjau kejut Jangan jd dokter Para perwira Tni .ini masa kita Sby Jokowi remizard prabowo Tak akan hidup sampe 100 Tahun .

  18. cuma buat pamer kalau di uji meleset jauh

  19. Seneng banget deh tu pespur udh nggak ompong lagi he..he..he….

  20. Siapa yg bilang sukhoi tni ompong?? Ayo keluar tak sumpel bom peninggalan jepang mulutnya

  21. Tadi pagi saya lihat pesawat bomber jaman PD2 melintas dari Surabaya menuju kearah Lamongan.

    Suaranya itu loh,,, lain dari yang lain, mesinya kanan kiri, pakai propeller.

    Kemungkinan besar, bomber jaman dulu yang salah satunya ada dimuseum memang masih aktif…

  22. Udah latihan gede- gedean… Tapi cuma bisa tahan sehari atw g sampe seminggu karena BBM habis..tu sukhoi mo di isi air atw minyak ?? Padahal sseharusnya berpikir juga lebih jauh, g cuma alutsista yang
    dikuatin tapi juga ” supporting”
    Battle juga sangat penting.. Korea yang seujung pulau sulawesi bisa tahan berbulan” dgan cadangan bbm.. Nah kita,??

  23. Pgn coba nerbaing UAV aerostar…ship ndk manuverx..?
    Kalau rc jet enginee f22 sdh coba manuverx mantap bgt..

  24. Jangan pamer terus, ditambah atuh. Semoga NKRI makin jaya.

  25. Bung2 semua…
    Mau tanya, waktu latihan angkasa yuda kmrn apakah kita masih hrs ijin ke boneka singa ? Ataukah FIRnya yg kita larang utk beroperasi ? Tks

    • Jika kita (TNI / Indonesia) melarang beroprasi FIR yang di kelola oleh Singapura adalah tidak mungkin.
      Karena tugas utamanya FIR adalah mengelola lalu lintas udara Internasional di area sekitar.
      Indonesia / TNI untuk melakukan latihan militer jika hanya masih di dalam wilayah Indonesia menurut adumsi saya pribadi tidak perlu meminta izin kepada management pengelola FIR.
      Hal tersebut pernah di utarakan oleh Mentri Pertahanan RI dan Panglima TNI yang mengatakan, “Untuk apa kita meminta izin kepada mereka (FIR / Singapura) jika pesawat terbang militer kita terbang masih di dalam wilayah Negara Indonesia.” lalu mereka juga menambahkan, “masa terbang di wilayah sendiri kita harus melapor dan meminta izin ke mereka.”

      Jadi bung @condro mungkin dpat menelaahnya sendiri…

      Btw sewaktu-waktu mungkin keadaan ini dapat saja berubah yang mungkin disebabkan beberapa faktor misalnya, untuk menghindari kecelakaan dengan kapal terbang komersil / umum dalam dan luar negri. Ataupun adanya tekanan kepada negara kita dari negara adi kuasa dan sebagainya.

      • Terimakasih Bung @WK atas pencerahannya…

        Saya sbg Rakyat awam yg cinta negerinya & TNI hanya berharap NKRI menjadi maju, besar, kompak, mandiri, kuat & punya jati diri.

        Salam NKRI

  26. NO AHOOAX NO SARA..

  27. Bung@Cendol….dari dulu ampe sekarang pun songaporno tetap gk bisa lebih kuat dari Indonesia.pernyataan anda itu keliru..singaporno boleh lebih canggih alutsista nya..tapi bukanlah lawan tanding Indonesia brow..seandainya Indonesia ini negara agresor si singaporno itu kita kuasai dan duduki gk lebih dari seminggu brow…kalau gk di bantu konco2 nya…walaupun alutsista dia secanggih apapun tetap saja bukan lawan tanding kita.
    Kemenangan suatu peperangan itu banyak faktor yg berperan dst,bukan hanya alutsista semata..hehe
    Maaf ya bung kalau saya ngawur…saya cmn merasa risih aja kalau Indonesia di banding bandingkan dgn negara se kecil tai lalat itu…
    Kata mamanya BOY…gk coocookk itu…hehehehe

    • Luas dataran Singapura -+ 322 km persegi.
      Jika dalam 1 km persegi total 72 bom harus di jatuhkan oleh Sukhoi (bomb carpet) untuk 322 x 72 = 23.184 bom yang harus di jatuhkan oleh Sukhoi TNI AU.
      Jujur saja menurut saya pribadi sangatlah sulit kaenjatuhkan bom sebanyak itu ke Singapura.
      Akan tetapi jika hanya untuk meratakan negara Singapura dengan tanah adalah persoalan yang lebih mudah di bandingkan jika semua hanya di bebankan kepada Sukhoi.
      Dengan alutista yang kita miliki sangatlah mudah meratakan Singapura dengan mudah, jika ada yang bertanya apakah Singapura akan diam dan tidak membalas, sudah pasti dia akan melawan balik, pertanyaannya adalah bagaimana negara yang sudah rata dengan tanah akan mendaratkan pesawatnya ataupun memuat amunisi untuk armadanya jika semuanya sudah rata.
      Catatan kecil di sini tidak berikut dengan negara pengembang biakan “BERUK.”

      • ya ga perlulah semua daratan dibom, buang2 duit. cukup sarana militer + ekonomi yg diratakan.

      • perhitungan yg keliru kalau dalam peperangan, setiap jengkal tanah musuh harus kita bom…

        kekuatan kita kan idak bertumpu pada angkatan udara saja,mungkin kalau sekedar teori susah untuk kita percaya dan yakin.tapi ketika pada suatu titik dalam keadaan perang baru semua akan terbuka dan jelas.

        intinya terlalu bodoh dan naif kalau singaporno dgn kekuatan alutsista dia sekarang ini bisa merasa menjadi lawan tanding Indonesia bahkan merasa lebih superior dari Indonesia.

  28. Skenario bila terjadi perang adalah, Indonesia akan menguasai Singapura dan Serawak Malaysia, namun kita lengah di Timur, Flores NTT berhasil ditaklukkan Ausit + USA, kepulauan Maluku dan Sebagian Papua berhasil dianeksasi tentara Australia dibantu Sekutunya termasuk negara2 Melanesian Spearhead yang menganeksasi Jayapura melalui merauke.. Yang tersisa hanya Sorong.. Untuk mengantisipasi hal itu.. Pemerintah memperkuat pertahanan pulau terluar dan perbatasan, ingat.. Hal ini baru start di pemerintahan sekarang.. Transmigrasi juga harus digalakkan kembali, supaya ketahanan sipil juga kuat, warjager juga harus mendukung program pemerintah semisal tax amnesti dan program lanjutannya.. Yang terakhir jangan bangga dengan alutsista impor

  29. Itu drone made in mana?

  30. Top markotop….sekarang cari senjata yg jadi kelemahan lawan, australia itu musuh busuk kita, timor timur lepas juga karena tipu muslihat si busuk ausi, sekarang mereka mengincar Irian Jaya, saat nya TNI memperkuat wilayah timur Indonesia khususnya Irian Jaya. Si busuk ausi tdk akan tinggal diam ngerecokin terus wilayah NKRI.

    • olehkarena itu, kita musti waspada dan jangan mau di adu domba. jaga persatuan dan kesatuan, bersama rakyat TNI KUAT. dan bangsa selamat.

  31. https://www.youtube.com/watch?v=sZE-UoigCiM
    pindad bisa buat amunisi model begini ga? buat di pasang di mlrs.
    musuh akan hancur jadi debu.

  32. siiiipppp

  33. Temen2 sy barusan liat di tvri latihan tni au di natuna di hadiri oleh perwira militer amerika n austali ada apa ini? Apa mksud mrk hadir dalam acara itu ? Mgkin bung2 bisa kasih tau? Smg perwira militer russia n china juga ada tpi kog tak terekam kamera, harapan kita jgn smpai kita di adu domba oleh negara2 pembuat onar dan pelanggar ham

    • Indonesia ramah pada semua orang, termasuk pada agen-agen rahasia macam CIA ataupun Mossad. Ada 3 juta mata- mata asing di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke, bung.

  34. testing….testing….comen ora muncul muncul

  35. betul bung @wti gila banget suaranya dr jarak sangat jauh udah kedengeran.padahal baru lepas landas dr juanda aja suaranya dah kayak gitu..pas lewat diatas kepala didaerah surabaya timur…suaranya makin ngeri…kayak pesawat mau jatuh.kebayang gimana dulu waktu perang dunia ke2 denger suaranya aja dah bikin ngeri and was was

  36. Yg penting pengguna alutsustanya hrs lbh profesional. Kembali spt TNI era pak Dirman, TNI yg dekat dan berjuang bersama rakyat. Tdk spt skrng, dekat dgn penguasa dan pengusaha untuk menindas rakyat. Ingat peng-peng hnya memakai anda ketika msh dinas aktif. Ketika anda pensiun dan tak memegang jabatan lg anda akan dilepehkan. Anda akan kmbali mnjadi rakyat dan tetap mndapat pensiun yg dibiyayai oleh rakyat. Namun rakyat ttp ikhlas dan ngga pernah protes. Mskipun dulu mungkin anda tindas/gusur aras restu peng-peng.

  37. Satu lg bung enginenya gk hilang di curi buat beli nasi lemak hahaha

  38. @aza….Tu 16 kah??

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)