Sep 122016
 

Pesaing untuk Kendaraan Infanteri Mekanis (MIV) yang sesuai persyaratan Angkatan Darat Inggris sedang unjuk kekuatan di ajang Defense Vehicle Dynamics (DVD) 2016 di Millbrook Proving Ground pada tanggal 7 dan 8 September 2016.

MIV akan menjadi platform 8×8 yang dilengkapi dengan jumlah minimum sub-sistem yang bersumber dari Inggris, seperti stasiun senjata jarak jauh (RWS), komunikasi, tempat duduk dan sistem manajemen pertempuran. Menurut David Russell, Pimpinan Tim MIV bahwa “MIV sekarang sedang dalam tahap konsep” dan “tim akan membangun dengan cepat”.

Potensi pesaing yang muncul di DVD 2016 adalah Patria Finlandia menawarkan Kendaraan Lapis Baja Modular (AMV) dan varian AMV XP yang terbaru, Perancis Nexter Sistem menawarkan VBCI 8×8, Singapore Technologies Kinetics menawarkan Terrex 3, ARTEC menawarkan Boxer, dan General Dynamics (GD) menawarkan Piranha 5 serta Kanada melalui General Dynamics Land Sistem menawarkan LAV. GD juga bisa berada dalam posisi untuk menawarkan Stryker double-V-hull (SDVH), LAV 6.0 atau LAV 700 tergantung pada kebutuhan UK.

 

MIV adalah Program ‘Kategori A’ dan Strategi Akuisisi sekarang sedang menguat.

Meskipun tidak ada angka yang tersedia secara pasti namun diharapkan antara 300 hingga 350 MIV akan diperlukan dengan potensi kemampuan operasional awal tahun 2023. Kendaraan yang akan dibagi menjadi dua batalyon ‘Brigade Serang’ baru yang akan dibentuk oleh militer Inggris, brigade ini juga akan mencakup kendaraan pengintai berantai Ajax.

uk-gd-ajax
Kendaraan Pengintai Berantai (TRV) Ajax buatan General Dynamics UK.

Sebagai tambahan ke jajaran kendaraan berpelindung lapis baja (PM) varian dari MIV (MIV-PM), versi lain termasuk kendaraan komando dan kontrol (MIV-CC), kendaraan ambulans (MIV-A), kendaraan perbaikan (MIV-REP) dan kendaraan pemulihan (MIV- REC) juga direncanakan.

Jajaran MIV direncanakan akan dilengkapi dengan RWS Kongsberg Protector yang dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm (.50 cal) meskipun ada potensi versi lain dengan persenjataan yang lebih berat.

Sumber: IHS Jane

Bagikan Artikel:

  34 Responses to “ST Kinetics Tawarkan Kendaran Infanteri Mekanis untuk Angkatan Darat Inggris”

  1. Teman kita Bung @Kambing kok lama gak nongol ya?

  2. Dulu pernah ada yg bilang Indonesia bakal beli ratusan ranpur terrex dr singaporno.. Mana?? Smpe skrg gk kedengaran bunyinya..

  3. Ora tuku

  4. Terus Pak Soekarno Langsung Menghubungi Anak Buahnya, ea Kak
    Mohon Maaff
    Nomer Handphone Yang Anda Hubungi Tidak Aktif

  5. Borrong…

    • Iya… Kak
      Hanya Kita Berdua Yang Jelek.

      Gak Usah Nangis…
      Besok Besok Jangan Komentar ” Tak Tuku Kuabeh ” Oke Kakak ku yang Cantik… ups Jelek Nonong nya Seperti Ikan Louhan… Kalau Kumat Seperti Bocah Tua Nakal.
      Wes Tuwek… Ojo Mewek

  6. ini baru namanya panser…proteksi hebat….elektronik canggih….amphibinya juga jago…..gak kayak lonceng shaolin

  7. mau beli terx????duit ada tinggal kita mau ngutang gak???

  8. Salut bung Colibri senang baca sejarah
    DII/TII Inilah cikal bakal NII , saya anggap ini golongan Islam yg Salah pemahaman
    Dan memang tujuannya Kartosuwiryo ingin jadi RI 1 = Makar

    • @bung Kuasa Malay

      Kalau dilihat dari sisi kenegaraan, SM Kartosuwiryo memang salah karena dianggap sudah melakukan makar, tapi kalo ditelisik dari sisi yg lain SMK adalah seorang pejuang agamis yg nasionalis.

      Awal dari perbedaan pandangan politik Soekarno dan SMK berawal dari perjanjian Renville, dimana Soekarno memerintah tentara Republik ug di Jawa Barat untuk hijrah ke Jawa Tengah….. tapi Kartosuwiryo menolak, karena itu dianggap ketertundukan RI terhadap Belanda. Makanya vacum of power di Jawa Barat tidak boleh dibiarkan, pendirian negara Pasundan harus digagalkan, karena penolakan itulah yg akhirnya membuat SMK dianggap mbalelo terhadap perintah presiden RI dan dianggap makar.

      Sebagai bahan renungan ane copasin kedekatan Soekarno dan SMK

      SM Kartosuwirjo akhirnya dijatuhi hukuman mati. Yang menyedihkan, surat hukuman mati itu ditandatangani oleh Soekarno. 

      Sempat terjadi pergolakan hebat dalam batin Soekarno, saat harus membunuh sahabat karibnya sendiri, saudara seperguruan, dan teman seperjuangannya Kartosuwiryo. 

      Tanpa tanda tangan Soekarno, tentu Kartosuwiryo tidak akan ditembak mati. 

      Proses eksekusi terhadap Kartosuwiryo sempat tertunda hingga tiga bulan. Sebabnya, Soekarno selalu menyingkirkan berkas kertas vonis mati atas diri Kartosuwiryo, manakala berkas itu berada di atas meja kerjanya.  

      Peristiwa ini sempat membuat Soekarno frustasi, hingga akhirnya dia lempar berkas vonis tersebut ke udara dan bercecer di lantai ruang kerjanya. 

      Saat itu, putrinya Megawati Soekarnoputri lah yang menyadarkan sang ayah.

      Megawati menggambarkan luhurnya hakikat pertemanan sejati, namun dia mengingatkan Soekarno agar menepati dharmanya sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, serta tidak mencampur-adukkan antara hakikat persahabatan dengan tugasnya. 

      Akhirnya, pada September 1962, setelah lama termenung di meja kerjanya, dia menggoreskan tanda tangannya di atas berkas vonis Kartosuwiryo. Seketika, dia ingat hari-hari bersama Kartosuwiryo di medan perang.  

      Seakan masih terdengar canda dan tawa, serta diskusi-diskusi politik, agama, kebangsaan, dan apa saja yang begitu hangat dengan sahabatnya itu.

      Dia lalu mengambil selembar foto Kartosuwiryo, dan menatapnya lama-lama, sambil berlinangan air mata. Saat melihat foto sahabatnya itu, Soekarno tersenyum dan berkata, 

      “Sorot matanya masih tetap. Sorot matanya masih sama. Sorot matanya masih menyinarkan sorot mata seorang pejuang.”

      Soekarno menangis di depan Mayjen S Parman (Asisten I/Menpangad) Kejadiannya di satu pagi pada tahun 1964, S Parman membawa surat keputusan eksekusi mati pada Kartosuwiryo. 

      Soekarno tidak kuat menandatangani surat hukuman mati pada teman kecilnya itu. 

      Lalu ia meminta S Parman kembali setelah Maghrib, sepanjang hari itu Soekarno gelisah. Ia shalat terus menerus dan berdoa, barulah seusai maghrib ia menandatangani surat eksekusi. 

      Inilah surat eksekusi yang selalu diingat Soekarno karena memang ini hanya satu-satunya surat eksekusi kematian yang pernah ditandanganinya.

      Pemerintah Indonesia kemudian menghukum mati Kartosuwiryo, pada 5 September 1962, di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, Jakarta. 

    • Riple komen ane dua kali ilang bung, tolong panggilkan polisi terdekat…. xixi…

  9. PINDAD harus belajar pd STK yg lebih maju.

  10. Diakui memang desain dan ketangguhan Terrex dan TRV Ajax ataupun Scout adalah buah dari upaya kesungguhan riset, kerjasama serta anggaran yg benar2 mendukung sepenuhnya …… so, Pindad jangan mau ketinggalan! ~ http://jakartagreater.com/ayo-pindad-jangan-mau-ketinggalan/ ~

  11. Hebat ya desain sama ketangguhan terrex, coba insinyur pindad punya kemampuan kaya kinetik singaporn.. Minimal produk panser pindad desainnya modern dan cantik

    • @sumono

      Desain terrex sebenarnya bukan rancangan st kkinetix, tapi beli desain dari sebuah perusahaan di irlandia yang tak kunjung dapet pembeli….

      Oleh st kinetix, rancangan tsb diwujudkan mjd “produk jadi” dg perbaikan disana-sini terutama pd tambahan plat proteksi anti peluru/ranjau/pecahan amunisi meriam dan pengalokasian kanon kaliber 30mm buatan rafael

  12. Pindad harus liat desain terrex jgn desain anoa ampibi yg kurang bagus.. Karena tni jg perlu yang selain kemampuannya, tp desain jg modern, karena desain jg mempengaruhi laku atau tidaknya suatu produk.

  13. Jauh banget bedanya sm anoa yg 6×6..makanya pindad buka mata, bikin panser modern 8×8 dgn sungguh sungguh.. Jgn pake lonceng saolin tp pake propeler yg lebih kecil.. Dan jgn pake kaca.. Kurang Bagus dan sangat berbahaya karna mdh ditembus peluru.. Ikutin tren jaman sekarang yg beroda 8×8..jangan suka beda dr Negara lain .

  14. Ayo pindad bikin anoa ampibi 10000 unit..

  15. borong xi…xi..xi..

    • Alhamdulillah
      Nggak Usah Nangis lagi Kak…
      ” Jangan Menang Sendiri , Jangan Mentang~Mentang ”

      Biar Bapak Jendral Polisi Budi Gunawan Melakukan Melaksanakan Tugasnya Protap Berfikir,Berbuat,Bertindak Sebagai Kepala BIN ” Badan Intelejen Negara ” Melalui Media Facebook.

  16. panser terrex desainnya terlihat biasa2 aja bahkan sedikit jadul.. beda sm panser badak/anoa yg kliatan jauh lebih moderen dan penuh dngan inovasi.. spertinya desainer2 st kinetics musti byk belajar lg sm desainer2 PT pindad dlm hal merancang panser moderen…xixixiii,….

  17. Kagak moncer nih barang

  18. Av8 gempita (Malaysia) dan Terrex (Singapore) termasuk dalam10 APC terbaik dunia http://www.army-technology.com/features/featurethe-worlds-best-armoured-personnel-carriers-4142101/

    • gempita itukan buatan turki bukan buatan anak waton malon yang sudah pernah berjaya diekspor ke berbagai negara hihihihi

      indonesia tidak gentar sedikitpun dengan malon walaupun vita berahi masuk ke dalam situs abal abal sebagai yang terbaik no 1 didunia ,,,karena indonesia sudah terbukti handal dalam berperang dari dulu nusantara kal hihihihihi

      • Anoa bolih ngak guna buat tempur ? Ato cocok nya buat misi perdamaian aja.. Ato misi ambulan yok.. Kapan ya anoa bisa untuk tempur kayak gempita..
        Perisai nya harus ditambahi agar kuat utk menahan amunisi 12.72mm .
        Pasti ada yg Mau beli..
        Paling dikit pun timor leste ato Papua.. Mgkin juga pinoy.
        Jgn banding ama gempita deh..
        Gempita tu versi yg dipake turky ama Arab Saudi.. Udah diuji digurun..di ladang ..dihutan.. Sbelum produksi.. Udah lolos uji baru diproduksi malon.
        Harusnya anoa pun gitu baru seru ada cukup bukti..
        Hehe

        • @ajo yang sudah ditest itu pars turkey kalo gempita belum pernah ditest di arab mana mana negara soalnya malon kan tak pernah mampu produksi sendiri jadi tak pernah diekspor sampai negara lain ,,yang sudah terbukti itu panser anoa orang sudah dipesan 30 biji sama PBB nah kalo prodak malon yang pernah dibeli PBB apa saje ??? hihhihihii

  19. tinggi banget sasaran empuk atgm…..

  20. Tereexx memang bagus..bukan begitu boss…jangkriikkk boss..

  21. klo ranpur buatan pindad ditawarkan ke inggris kebeli ga siih.???

Orang Bijak Isi Komentar :