Aug 072016
 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Angkatan Darat AS lewat semua persiapan perang melawan China setelah Beijing menolak untuk mematuhi keputusan pengadilan arbitrase internasional di Denhaag dan menjadi lebih agresif dalam menanggapi putusan yang merugikan klaim mereka di Laut China Selatan.

Sebuah studi baru oleh RAND Corporation berjudul “Perang dengan China: Berpikir Secara Tak-Terpikirkan” yang ditugaskan oleh Angkatan Darat AS berjalan melalui perencanaan perang melawan rezim Beijing yang dirasa semakin bermusuhan setelah Amerika Serikat ikut campur di wilayahnya tersebut dalam upaya untuk membatasi pengaruh China.

Agresi dari Beijing termasuk sebuah artikel oleh China gerai media pemerintah, Global Times menyerukan perang terhadap Australia atas posisi negara itu mengenai kepemilikan Laut China Selatan. Editorialnya tentang penghinaan bagaimana Australia “didirikan melalui cara-cara tidak beradab” dan Canberra disebut “kucing kertas” dan bersumpah bahwa Australia akan “mendapatkan pelajaran” karena mendukung keputusan internasional terhadap klaim China pada Laut China Selatan yang disengketakan.

Adalah Amerika Serikat, yang bahkan tidak ikut menandatangani Traktat Hukum Laut dimana wilayah sengketa itu konon diputuskan, dimana Filipina mengajukan tuntutan kepada sidang arbitrase internasional terhadap klaim China. Beijing berpendapat bahwa Denhaag tidak memiliki kewenangan yang cukup untuk mendengar kasus ini karena China tidak pernah ikut dalam persidangan.

Pesawat H-6K Bomber China melakukan patroli di Laut China Selatan

Pesawat H-6K Bomber China melakukan patroli di Laut China Selatan

Meskipun demikian, China berada dalam tekanan yang meningkat dari pemerintahan Obama untuk melepaskan klaim mereka ke Kepulauan Paracel dan Spratly serta jalur perairan yang dilalui 40% perdagangan dunia. Laut China Selatan juga sebagai salah satu dari deposit minyak lepas pantai terbesar didunia.

Ungkapan “berpikir yang tak terpikirkan” berfungsi sebagai alarm dari publikasi Rand Corporation sebagai “think tank” yang sering digunakan sebagai slogan sebelum mendorong pemerintah Amerika Serikat pada beberapa strategi Perang Dingin atau terhadap peningkatan kekerasan di Filipina.

Menurut studi tersebut, “Penelitian ini disponsori oleh Kantor Wakil Angkatan Darat dan dilakukan dengan RAND Arroyo Center Strategi, Doktrin, dan Sumber Daya Program. RAND Arroyo Center, adalah bagian dari RAND Corporation, merupakan penelitian yang didanai pemerintah federal dan pusat pengembangan yang disponsori oleh Angkatan Darat Amerika Serikat.”

Kapal induk China, Liaoning dikawal beberapa kapal menuju Laut China Selatan

Kapal induk China, Liaoning dikawal beberapa kapal menuju Laut China Selatan

Studi ini membawa sejumlah asumsi yang dipertanyakan paling menonjol di antaranya adalah bahwa negara-negara besar lain akan menahan diri dari keterlibatan dalam konflik dan pertempuran yang akan tetap terbatas di Asia Timur. Penelitian ini juga mengasumsikan bahwa senjata nuklir tidak akan digunakan.

Studi ini pasti meningkatkan pertaruhan dalam kegagalan “poros Asia” Obama yang seharusnya mengelilingi China untuk membatasi pengaruh regional mereka, strategi yang sangat memprihatinkan hingga menyebabkan peningkatan aktivitas militer di Laut Cina Timur dimana Amerika Serikat bergabung dengan Jepang dan India.

Pada hari Sabtu (06/08/2016), China juga telah bergerak menaikkan taruhan, hanya beberapa hari setelah memperingatkan warganya bahwa negara melihat harus melangkah dan mengambil Laut China Selatan sebagai perang atas tanah mereka, dengan mengeluarkan isu patroli tempur dan mengirimkan legiun kapal, pesawat pembom, dan jet tempur untuk patroli wilayah diwilayah tersebut.

Sumber: Sputniknews

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  62 Responses to “Mungkinkah AS Perang Lawan Beijing di Laut China Selatan?”

  1. 1

    • Wah… China saat ini merubah dirinya menjadi negara imperalis kolonial. Semua wilayah negara lainpun diklaim dengan berbagai alasan demi pembenaran dirinya. Indonesia daN dunia harUs mulai hati hati dengan tiongkok. Kalo perlu indonesia dan dunia harus mulai tindakan asingkan china dipercaturan dunia. China sdh mulai menentang keputusan peradilan internasional tanpa memandang hak kepemilikan wilayah negara tetangganya. Kekuatan ekonomi dan jumlah penduduknya membuat china merubah dirinya menjadi negara agresor bagi tetangganya.

      • Semoga perang dunia III segera terjadi…. 😆

        Alasan China untuk menguasai LCS dgn dasar peta laut jadul samasekali sangat lemah dan ada kecenderungan meng-ada2…. jumlah penduduk yg bejibun dan berimbas pada kebutuhan pangan serta laju ekonomi yg tinggilah yg membuat China semakin jumawa. Seandainya terjadi perang di daratan Eropa antara NATO vs Russia dan China cs vs Amirikiya cs di LCS…. ane yakin Russia dan China bakalan keok sama Amirikiya cs, sejarah perang dunia II akan terulang.

        Indonesia sebagai negara nonblok, tidak boleh terseret arus, Indonesia tetep harus netral dan cerdik memanfaatkan situasi ini…. kita harus bisa mengembalikan kejayaan Sriwijaya dan Majapahit di Nusantara…… MERDEKA !!…. 😆

        • Gak mungkin netral bung
          Perang akan membawa dampak langsung ke indonesia,,
          Susah ekonomi kesulitan pangan ,rakyat indonesia akan nmenyalahkan cina
          Ingat bung ,,cina mengklaim natuna dan itu artinya lambat laun indonesia akan perang dgn cina
          Gejolak dan rasa cemas rakyat indonesia akan mendorong rakyat angkat senjata bergabung dgn tni atau usa atau mungkin juga membentuk tentara mujahidin jilid 2
          Semua mujahidin akan di tarik ke cina dan itu akhir dr cina

          Indonesia cukup sudah jd penonton,
          Indonesia jg punya hak akan nasib dunia

          • mo perang apa tidak saya tenang ajaaa ,,selama beliau masih jadi presiden …jabat seumur hidup juga ga papa…kan di cintai “rakyatnya”….

    • Untuk yg ini saya berada dipihak USA,JPN,PHILIP,VIET,DAN AUST…antisipasi cacing yg sangat rakus yaitu cina.

  2. 2 😀

  3. dtunggu aja kapan perang xa…
    …..dah gk sbar pngen liat kmbang api d,bnua amerika n daratan cina….

  4. sandiwara

  5. ASU perang sendirian..sulit rasanya..setelah merasakan perihnya kalah lawan Vietnam..ASU kalau perang main keroyokan, minimal proxy war mungkin kalau di LCS dia akan pergunakan Philipin sbg caturnya..terlebih ASU bnyk utang sama China..bisa ditagih duluan sebelum perang..

  6. cina mau tak mau…dan suka tak suka memang harus lakukan agresi dan ekspansi wilayah demi menghidupi rakyatnya yg over populasi itu,sumber alam makin terbatas membuat pilihan ya ekspansi agresi ke wilayah lain…..taktik lain juga menyebarkan seluruh penduduknya ke seluruh dunia demi menekan beban sosial kehidupan yg ditanggung dalam negara

    • Jadi TKC (Tenaga Kerja Cina) aja di Malaysia, gantiin TKI.
      Biar melayu kalah jumlah sama Cina, lalu ambil alih.
      Jadi deh Semenanjung CIna

      • Jangankan gitu, di indonesia aja udah banyak selundupan chino..tunggu banyak lalu digorok..

  7. klw aturan tdk dipatuhi, mk tdk ada cr lain, perang adalah pilihan untuk membungkam mulut cina yg angling…

  8. amerika ma china kaya upin ma ipin alias 11 12

  9. Semua Karena motif ekonomi…

  10. USA vs china =carin vs mbah bowo

  11. haruis ada kawan dulu dari kawasan dan ada alasannya tepat baru bisa nyerang

  12. wilayah udara bawean aja ga di akui sebagai wilayah udara berdaulat milik indonesia oleh si amerika aringet keneh kan kasus bawean nu bareto f 16 vs f18

  13. Tp jika dilihat dari pergerakan pasukan amerika dgn mengirim 2 kapal induk ke jepang, australia mulai membicarakan laut china selatan mengenai arbitrase, jepang mulai gerah dgn pulau yg di sengketakan dgn china yaitu pulau senkaku dan india mulai mengerahkan main battle tank mrk ke perbatasan india china, perang akan terjadi dala waktu kurang dari 1 tahun…dan kesepakatan bahwa jika perang meletus, tdk ada yg boleh memakai senjata nuklir…china pasti akan dibantu rusia, nah jika tanpa nuklir, sy rasa as, pinoy, malay, viet, brunei, indonesia, india, jepang, australi, guam, hawaii, dan nato, akan memenangkan perang dunia ketiga ini….!!!!

    • Ngapain jga kita ikut aliansi ASU.

      • Karena mereka mengklaim natuna,,
        Kemaren sebelum kejadian di natuna saya dukung cina
        Tapi sikap kurang ajar cina di natuna telah menyadarkan saya dan tni , dpr, pemerintah ..cina memang harus bayar apa yg mereka buat karna ganggu macan tidur

  14. Slma ada modernisasi senjata disitulah awal terjdix perang

  15. cina maju karena membangun infrastruktur dan riset besar besaran…di indonesia subsidi energi lebih penting daripada infrastruktur dan riset. jika pola pikir kayak gini terus kpn mu maju….

    • Cinta Ind, China maju karena berani melanggar ( hak cipta, hak paten, hak teritori dan hak2 lain , dumping dan pokoknya untung soal yang lain buntung bodo amat ) tanpa ada rasa canggung jangan dicontoh yang begitu apakah sampenyan pernah ke pelosok china ….? belum kan….

  16. perang??
    lo pikir perang itu enak, perang itu cuma bikin sengsara doang, yang kalah ancur rata dgn tanah yang menang juga hancur. perang itu cuma menyengsarakan rakyat bro. jadi jangan ada anggapan perang adalah jalan terbaik. selagi masih ada akal sehat semua masalah masih bisa di bicarakan baik”. tetapi kalau perut dan uang yang bicara huallahhuallam hanya allah yang tau

    • Ini dunia bung bukan surga
      KALAU PENAKUT BUAT APA NONGKRONG DI FORUM MILITER..

      Dunia ini akan mengalami keseimbangan
      Bangsa usa cina eropa sebagian rusia menganut paham sistem yg kuat makan yg lemah , yg besar makan yg kecil dan siapa yg bertahan dr siklus dunia
      Hhaa,, bangun bung

      • Waduh gawat nih orang…sok iye lu tong…! pake bawa2 surga, kl bisa ga perang ya kenapa harus perang? Bener kata bung semar mang enak perang sotoy lu…tanya buyut lo noh dulu jaman perang enak kaga? Bukannya penakut sok gagah2an sotoy kaya lo juga ga ada manfaatnye.
        Terus apa hubungannya kl penakut dilarang nongkrong dimari? Emang nih lapak punya engkong lu..?? Hadeehh..msh ada orang sotoy model gini taun 2016…ckckck…kasian lu tong…!

    • Tidak usah banyak diperdebatkan, mau perang atawa damai kang. Itu hanya cara mikir bung waduh dg rama Semar yg berbeda, barangkali bung Waduh msh muda jd semangatnya msh berkibar kayak layangan bermain diangin, sementara rama Semar cenderung berpikir layaknya orang sepuh, sdh banyak makan asam garam kehidupan sehingga cenderung berpikir idealis.

      Semua manusia normal, bahkan hewan maunya hidup damai, tdk saling membantai atau memangsa, namun apa lacur, itu semua sudah suratan takdir atau sdh jd kehendak Yang Maha Kuasa bahwa kehidupan dialam fana memang penuh perjuangan, persaingan bahkan saling memangsa untuk mempertahankan hidup.

      Benar perang adalah budaya menjijikan umat manusia, namun faktanya perang sering dijadikan solusi kebuntuan politik atau sarana merebut dan bersaing dalam upaya meningkatkan derajat atau eksistensi salah satu umat manusia terhadap umat manusia yg lain. Suka atau tidak, bangsa kita pun sdh sering mengalami peperangan, baik peperangan antar kerajaan tempo dulu maupun peperangan untuk menuntut hak atas ulayat bangsa yg diambil paksa oleh penjajah kolonial kumpeni (Belanda), yg dilakukan oleh para pahlawan Nusantara tempo dulu sampai peperangan dalam upaya merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Belanda.

      Jadi, walau perang adalah menjijikan, namun bila ada bangsa asing nekad merebut salah satu atau semua dari sesuatu yg menjadi hak bangsa kita, misalnya wilayah negara kita, apakah kita hanya akan duduk melamun sambil melihat bangsa asing berbuat sekehendaknya atas negara kita? …….

      • @ bung bilung, apa yg anda katakan disini konteksnya sdh berbeda dg bung waduh, saya pikir tak ada yg meragukan sedikitpun rasa nasionalisme dan militansi bangsa ini dan sejarah telah membuktikan itu. Jd pertanyaan anda diatas tdk hrs dijawab krn tdk ada keraguan secuil pun di benak saya akan rakyat negeri ini yg tdk akan tinggal diam jika negeri ini diusik oleh bangsa lain.
        Hanya kesombongan dan kecongkakan yg akan menghancurkan manusia itu sendiri, jd tidak ada alasan untuk melarang orang lain berpartisipasi disini walaupun seorang penakut sekalipun. Salam..

  17. Cina itu nyata bahaya di LCS. Dan mesti di jaga wilayah kita.
    Emang malon gk naksir sama natuna?, makan tak enak tidur tak nyenyak malon menginginkan natuna…
    Mana suara malon teriakin cina?
    Malon ada teriakin cino?.
    Amerika strong…. Ayo amerika hajar cino….

  18. Gak enak bener baca susunan kalimat di artikel ini, ini terjemahan pake google apa manual sich.. hadohh..

  19. Selama gak ada yg ngusik kita, ngapain kita ngusik merek …
    Selama ZEE aman, kita gak perlu ikut …
    Ingat kita itu “Non Block”, jadi kita gak ada hubungannya sama nih konflik …
    Cepat atau lambat, shortly war pasti akan terjadi …
    Ditengah krisis seperti ini, mereka gak mungkin pake perang jangka panjang …
    Rugi besar nantinya, kita tinggal tunggu aja hasil nya 😀

    • ZEE Indonesia diklaim juga kalee…. Zee Indonesia diklaim sebagai wilayah penagkapan ikan trADITIONAL CHINA, ALIAS NGGA perlu izin dari Indonesia untuk mancing mania di sana…

  20. Nonton aja

  21. bila bnar terjadi perang indonesia jgn ikut terlibat, tp harus siap siaga jika perang merembet ke wilayah indonesia. biarkan mereka selesaikan sengketa, percaya saja pada yg benar..

  22. cina makin aktif membangun persiapan ww3…..makanya cina juga aktif lakukan proxy war ke indonesia,mereka menyusupkan antek2 agen ke indonesia…lakukan ekspansi diplomasi politik dan disaat bersamaan lakukan aksii nyata menduduki laut natuna….cina memang sudah sukses menyerang indonesia

  23. Menurut surat kabar Rusia Kommersant melaporkan bahwa pasukan pertahanan Rusia pada bulan April China melakukan uji coba rudal balistik antar benua DF-41. radar militer Rusia tyang terletak di Irkutsk berhasil memantau peluncuran rudal.

    Hasil pemantauan menunjukkan bahwa China DF-41 meluncur ke ruang angkasa dan melakukan beberapa orbit yang signifikan, dan bahkan mengubah arah penerbangan, menembakkan rudal dari timur laut, tiba-tiba berbalik ke arah selatan, teknologi ini membuat Rusia merasa cukup terkejut. Karena armada  rudal Rusia tidak memenuhi beberapa kali untuk mengubah lintasan dalam kemampuan peluncuran, untuk bisa menembus sistem pertahanan rudal AS ini adalah alat yang sangat baik. Karena sistem radar anti-rudal AS adalah kebutuhan untuk pelacakan terus menerus menjelang peluncuran pencegat untuk mencegat, jika penerbangan mengalami perubahan arah, sistem anti-rudal sama sekali tidak berguna. Dlm sejarah dunia,china bukan lah negara agresor melainkan korban dr penjajahan barat dan jepang sm dgn negara kita,itu fakta.Dan china bangkit sm spt kita agar tdk menjadi korban jajahan lagi dan tdk bisa di dikte negara lain

  24. buruan dah perang. biar utang2 gw lunas di bank..buahahahaha…

  25. Ga mungkin ada negara besar mau bodoh memulai perang secara terbuka seperti dulu,kalaupun perang lbh mungkin mkek proxy war,krena kalo sampe perang terbuka kyk dlu sma dengan hancurin diri sendiri

  26. Perange ki kpan jal ????…. Nak wani kan wes ket wingi2….

    Perang gambar lak wes….

  27. Ksian pilipin,korsel&jepang mreka dijajah USA (adanya pangkalan militer = bagian dari penjajahan),3 Begara tu dah byk nguntungin USA,tp….ga ikut tnda tangan,korsel gandeng NKRI(kfx/ifx),mreka sadar USA cuma skedar tmen yg minta jualannya dibeli.

  28. Indonesia jangan sampai ikut perang (perang kepentingan). ini adalah maunya China dan USA sdh biar mereka ber dua perang, kalo china sih brani 1 lawan 1 tapi kalo USA/ASU gak bakal brani, bener setelah kalah perang vietnam ASU/USA gak pernah brani perang sendirian. tinggal Philipine mau jadi caturnya ASU/USA ngga karena pasti mereka akan pikir2 1000X atas akibat perang tsb.
    Sdgkan China yah sekalian menstop pertumbuhan manusianya yg luar biasa dengan adanya perang

  29. PD3 tidakklah mungkin tanpa gertak Nuklir…mengharapkan PD3 berlangsung fair adalah mengharap kucing menyalak guk guk…?

  30. Yah China memang licik dalam segala segi .Dia telah memancing Australia untuk ikut bersuara dan Austalia sudah memakan umpan dengan bersuara lantang menentang China. Padahal Negara Benua ini sudah lama jadi incaran China karena luas dan kayanya sumber alam.Bahkan bahan tambang mereka jauh berlipat kali dari yang di punyai Indonesia dengan penduduk sedikit. Beberapa waktu lalu di beritakan perusahaan China berhasilk menyewa lahan yang sangat luas termasuk salah satu pangkalan Tempur Australia dengan kontrak puluhan tahun .Nego di tingkat bawah dan berhasil ,pemerintah pusat dan menhan kecolongan .Sewaktu waktu mereka bisa mengusir tentara dari lahan yang mereka sewa .
    Benua Australia adalah tempat yang paling cocok untuk China ekspansi daratan luas tapi penduduk sedikit .Ayo China teruskan usahamu tapi jangan coba ganggu Indonesia.

  31. Amerika tidak akan perang secara langsung dengan china. Kalau jadi pihak ‘ketiga’ memungkinkan . ngerti ora son!

  32. Yg bilang China bkn negara kolonialisme berarti goblog pemahaman sejarah, bangsa Mongol yg pernah menghancurkan kekhalifahan Islam dan menguasai 1/3 dunia merupakan bukti nenek moyang China negara agresor yg sangat efektif, cocoknya lawan Amerika dan nato…bkn lawan negara2 Islam yg dirusak gak berani melawan…

    Tetapi harap dicatat jika perang ini benar terjadi pemenangnya bkn Amerika atau China…

    • Monggol itu bangsa lain mas, bukan cina. Negara Monggolia terletak antara cina dan Siberia Rusia, sejarah kekaisaran Monggol dimulai dg menyerbu cina dan menjajah sebelum bangsa Monggol melakukan ekspansi ke barat, yakni Persia, Irak bahkan sampai mendekati Eropa termasuk Rusia, sementara untuk ekspansi ke selatan, yakni Jawa, bala tentara Monggol berhasil dihancurkan oleh R Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit.

      Dan di Jepang pasukan Monggol gagal menyerang Jepang akibat adanya bencana tsunami…

  33. Gak bakalan perang bung, karena usa ibarat tumbuhan epifit juga parasit, dia bth inang yg berkualitas bagus untuk mulai menyerang cina seperti korsel jepang aus, karena jika inangnya krg bagus dia akan kesulitan memenangkan perang dg cepat. Usa menginginkan membekuk militer sekaligus ekonmi cina. Jadi butuh pemicu pihak kedua untuk dia maju perang krn lawanya adalah tandingan yang seimbang

  34. Mrk yg bertikai semoga tdk berani berperang diwilayah kita, krn Rakyat NKRI Insya Allah akan menjaga negerinya seperti lebah menjaga sarangnya.

    Dg didukung perkuatan TNI segala matra yg masih terus berlangsung, tdk ada masalah yg tdk bs diatasi…Semoga.

    Dan bagi asing yg akan coba2 membuat geger diwilayah kita, maka mrk akan segera memahami arti kata…MERDEKA ATAOE MATI…

    Semoga bangsaku selalu bersatu padu selamanya…

    (hnya pndpt rakyat jelata).

  35. musuh temannya musuh adalah teman, kepentingan menjadi pilihannya. Siapa yang sedang menguntungkan adalah partner yg bisa didekati.

    China semakin Agreasif karena memang ditopang oleh perkembangan yg agresift, sifat wajar dari manusia yang dapat menjadi horror bila tak segera di rem.. Baik USA, China, Russia, India dapat menjadi saling menjadi penyeimbang dirinya sendiri..

  36. Yang penting RI mesti giat lagi meningkatkan kekuatan alutsista tni. Ga tau dari anggaran apbn kek,tax amnesty kek,jualan ikan kek,atau urunan kek. Jgn akan dan akan,pertimbangan dan pertimbangan,krn kalo misal terjadi konflik dan RI terseret jg tni sdh sangat sangat siap,bukan nunggu alutsista nya dibeli saat konflik. Bisa banyak korban dan aset negara yg hancur duluan,tdk cukup dg semangat yg tinggi dlm perang tetapi ng mesti didukung alutsista yg canggih dan modern serta kuantitas dan kualitasnya jg diperbesar. Perang jaman sekarang bukan macam temple doeloe head to head,melainkan dari jarak yg jauh mengalahkan lawan dan minim korban dipihak sendiri.

  37. Lah…
    Udh pda pnya beras lom.. udh pda byar kontrkn.. dh pda pnya uang jjan buat anak uang resiko buat istri…
    Pikirin no kluarga lo ceng.. lain klh kah mikiran ngara batur.. lol lol looooool..

  38. Kapan yo mulai perangnya, alat siap senjata sdh ok, nunggu apalagi,

    . Duaaaaaarrrrrr

  39. harus dikasih judul bila china perang dilcs dengan usa siapa jd proksinya(malay,vietnam,philipina,taiwan,indonesia,brunei dikecualikan hehhehehehe)

    carat 2016diindonesia sepertinya usa navy mengeluarkan alussita canggihnya:p8poisedon,heli V-22 Osprey,USNS Millinocket(kapal amphibi),la class submarine(kpl selam nuke)selain destro.

    jarang2 amrik latihan dengan pesawat2 barunya(kecuali sekutu dekatnya aussie,japan,korsel atau negara2 nato),ataukan indonesia sudah menjadi proksi usa secara politik?politik tergantung kepentingan dimana ada lebih,disana berpihak

    salam damai selalu:)

  40. Halah China, 1 vs 1 satu ja keder lawan USA, simulator super komputer pentagon.

    Palagi china vs asean plus usa, bisa manpoos china,

    Kita lihat saja nanti, isu lcs bakal senjata buat USA, mengucilkan china dari ekonomi internasional. Paling parah jika mengarah ke sanksi ekonomi, Embargo…meskipun china punya hak veto, gk bakal mempan.

    Jika Clinton terpilih jadi presiden USA, arah politik luar negeri thdp China gk bakal berubah banyak dibanding skrg…

    Kita ucapkan selamat tinggal buat naga lapuk china,..akakakakak…..dikasi kesempatan malah ngelunjak…dasar sipit.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)