Mar 072017
 

TEHERAN – Anggota parlemen dari Komite Keamanan Nasional, Heshmatollah Falahatpisheh telah mengatakan kepada surat kabar Mizan, bahwa pengiriman Sukhoi Su-30 akan memiliki dampak yang signifikan pada pengembangan industri pertahanan Iran. “Jet Tempur Sukhoi Su-30 memiliki banyak kemampuan yang tidak diragukan lagi akan mendorong tujuan pertahanan negara”, seperti dikutip Mizan.

Penawaran pertahanan antara Iran dan Rusia telah dibawa ke tingkat yang baru dalam beberapa tahun terakhir, di mana Iran telah melakukan serangkaian langkah-langkah untuk mengimpor peralatan militer dari Rusia.

“Pembelian peralatan militer merupakan suatu keharusan di dunia sekarang ini dan Iran membeli beberapa pesawat tempur Sukhoi Su-30 dari Rusia sesuai dengan kontrak dan negosiasi dari kedua belah pihak”, kata Falahatpisheh.

Su-30SM adalah pejuang multirole disegala kondisi cuaca, mampu melaksanakan misi udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan yang mendalam. Pesawat ini memiliki kemampuan autopilot pada semua tahap penerbangan termasuk penerbangan di ketinggian rendah atau penerbangan dalam mode mengikuti radar permukaan.

Jet tempur ini memiliki jangkauan jelajah 3.000 km, melalui sistem pengisian bahan bakar udara mampu meningkatkan jangkauan hingga 5.200 km. Dengan cadangan bahan bakar normal, jet tempur Su-30 bisa terbang selama hampir 5,4 jam, yang bisa meningkat menjadi 10 jam dalam mode penerbangan jelajah.

Jet tempur multiperan ini juga dilengkapi dengan sistem pernika (peperangan elektronika). Su-30 dapat membawa hingga 8 ton persenjataan canggih, termasuk senapan mesin, berbagai jenis bom, rudal udara-ke-udara, serta rudal anti-kapal supersonik. Rudal supersonik seperti Onyx, memiliki jangkauan antara 120 – 300 kilometer.

Pesawat tempur Sukhoi Su-30SM yang pertama dikirim ke Kementerian Pertahanan Rusia pada tahun 2012. Pesawat tempur itu sebanding dengan F-15, F-16, dan F-18 Amerika Serikat dan mampu menyediakan semua yang dibutuhkan untuk beroperasi negara Iran yang luas. Dengan kepemilikan jet tempur Sukhoi Su-30SM, Iran berharap untuk menikmati keunggulan terukur dalam pertempuran udara.

Pada akhir November 2016, Menteri Pertahanan Iran, Brigjend Hossein Dehghan mengatakan telah mengadakan pertemuan besar di Basij, bahwa Teheran terbuka untuk melakukan negosiasi dengan negara manapun untuk dapat menyediakan kebutuhan pertahanan negara, kecuali AS dan Israel. “Pembelian jet tempur Sukhoi merupakan salah satu agendanya. Kami juga ingin transfer teknologi”, tambahnya.

Wakil Ketua Parlemen untuk Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Abolfazl Hassan-Beigi juga mengatakan kepada Mizan bahwa Iran mendorong pengembangan teknis melalui penelitian domestik dan kerjasama dengan peneliti asing untuk menggunakan pengalaman dan prestasi mereka.

Mengomentari hubungan persahabatan antara Iran dan Rusia dalam beberapa tahun terakhir, ia mengatakan bahwa Rusia juga melihat perlu berkonsultasi dengan Iran. Mengatakan bahwa kerjasama dibidang nuklir, pertahanan, dan program rudal telah menyebabkan saling percaya antara kedua negara. Hassan-Beigi menegaskan bahwa kerjasama pertahanan udara akan menguntungkan kedua belah pihak.

Hassan-Beigi melanjutkan dengan mengatakan bahwa Iran mencari produk yang bisa meningkatkan kemampuan militer dan armada udara, ia juga menambahkan bahwa pembelian baru bisa memiliki dampak yang besar pada pengalaman pakar penerbangan Iran.

Alef.ir

Artikel Terkait :

  39 Responses to “Tingkatkan Kemampuan Udara, Iran Akan Beli Su-30SM”

  1. .
    PERTAMAX !!!!!!!!

    IRAN BELI , tapi gx ada kata AKAN beli
    Klo indonesia ? Berminat twrus Akan beli nah itu Yg buat sakit nya gx kuat di hati

    Haahahaaa

    • Huss gak boleh apatis gitu…wkwkw
      Iran hidup dipusaran konflik perang…
      Indonesia hidup dipusaran konflik ekonomi dan politik…
      Beda geopolitik berefek pada beda kebijakan belanja militernya wkwkqkqkq
      Peace

    • ‘ AKAN ‘Memang jurus mmembuat orng bingung

    • Disamping keharusan beli SU-35S, Sebagai negara poros maritim dunia TNI-AU masih memerlukan SU-30SM dan SU-34 Fullback, ……… !!!

  2. 1

  3. Ini sudah real atau masih propaganda ya? 😆

    • Bagian dari taktik dan strategi…mana mau dianggap negara lemah yang hidup dikawasan negara2 konflik

    • sstttt nanti ada yg d***u …hahaha

    • NEGARA DALAM SITUASI TEGANG DENGAN MUSUH MOSOK TUKU ALUTSISTA PROPAGANDA.

      PERCAYALAH BAHWA REPUBLIK ISLAM IRAN RAYA MAMPU MEMBORONG 200 JET SU-30SM DAN MENDAPATKAN BONUS LISENSI PERAKITAN SEPERTI INDIA.

  4. AKAN PERTAMAX..

  5. jangan terpancing dengan pmbelian sukhoi oleh iran
    tetap lanjutkan riset dan pengembangan rudal
    hanya rudal yg bisa menaikan derajat nkri
    kan hebat kalau berhasil riset rudal pertahanan
    ya minimal rudal pantai cukuplah 3 kilo dulu baru puluhan kilo
    lalu rudal jelajah
    jangan dengerin yg bilang kita kapan beli sukhoi
    beli sukhoi percuma gak ada rudalnya
    lha iran beli sukhoi karna mereka uda bisa dan punya rudal gede,lha kita rudal apa………

    • klo ngomong2 rudal,ak ingt wkt latihan tni armada jaya,
      Rudal c705 yg ditembakan delay 5 mnit dan jg ggl mengenai sasaran…,alias gagal total mb cintia…aduh apes bngt tni,udah beli mahal jdi gagal produk…

  6. Itu kasus malon sma korut kira..kira jadi sprti ap nanti ya. Perang mungkin gak ya..

  7. Buat apa Iran beli pesawat seperti ini yg hanya generasi 4+ jika sudah mampu membuat Qaher, Stealth Fighter yg sdh gen 5???

    • Aduh…. saya juga mau nanya, buat apa AS masih membeli F18 jika sdh Bisa memproduksi F35 dan F22????

      • Maaf bnyk nanya, saya masih org awam 😀

      • Bagaimana bisa dibandingkan?
        F-22 itu sudah ada kisaran 283 unit dan aktif sebagai main fighter di AU AS. Kenapa masih memproduksi F-18 selain punya duit karena setiap pesawat mempunyai rolenya berbeda. Tdk mungkin menggunakan F-22 sebagai workhorse & analoginya adalah pasti fighter dibawahnya. Ga mungkin patroli disomalia pake f-22 raptor yg cost 68,059$ per hour.

        Lalu Iran, Fighter main fighternya apa? medium fighternya apa? Katanya punya pesawat Stealth Gen 5 single engine tetapi membeli pesawat gen 4 double engine atau masih menggunakan barang buluk seperti F-4 Phantom

        • Gue tambahin F-22 dan F-18 itu dua-duanya buatan AS dan bukannya membeli dari negara lain seperti Iran so faktor human resources u/ menghidupi perut orang banyak berperan disini.

        • mungkin sebagai pengganti rolenya f-14 tomcat
          dual engine cocok utk wilayah yg luas dan misi sergap
          lagipula serius amat ttg Qaher gen 5 jelas2 propaganda

          • Mulanya wacana pengganti F-14 Tomcat itu adalah MIG-29 yang dibeli pasca perang Iran-Irak. Saat itu dibeli SU-24 Chengdu F-7.

          • mig 29 kebeli bung su-24 adalah bomber. f-7 adalah interceptor jarak pendek yg bisa dirubah fungsi jadi multiperan terbatas rolenya jelas gak bisa di samakan tomcat iran sebagai main fighter.

            mig 29 sendiri meski dual engine jangkauan operasionalnya beda ama sukhoi dan tomcat
            kemungkinan besar su 30 ini yg menggantikan tomcat.
            tomcat iran masih terbang tahun lalu mengawal bomber2 rusia

          • bener bung, pesawat yg rolenya menyamai si tomcat yo sukro-30 SM ini
            dgn jangkauan radar yg lumayan jauh bisa mengcover wilayah iran yg bergunung2

    • siapa yg mampu membuat stealth fighter?
      dibanding negara2 tetangganya terkecuali israel dan pakistan
      industri pertahanan iran masih jauh lebih baik soal maintenance dan kemandirian
      daripada borong namun urusan maintenance masih di serahkan ke negara produsen alutsista

      • diawali dulu 100% dg merakit atau joint development baru pelan pelan membuat team divisi kloningan satu persatu partnya melalui RnD di kemenristek. kalo perlu ajak negara sahabat yg kaya modal untuk riset bareng.

    • Ya. ngg masalah. Iran kan punya duit. Mau import apa saja ya suka2nya dong. hehehe..

  8. Beli berapapun negara2 penghasil bahan bakar minyak gak masalah krn mereka tidak kekurangan BBM.

  9. jelas…su 30 menambah daya gebuk…
    coba beli tejas?nambah apa coba?(asal nambah masalah aja…hahahaha)
    wkwkwkwk…

  10. Kalo memang beneran beli kayaknya su30 iran akan mendapat musuh berat yaitu f15 sa dan typhoon milik saudi.

  11. tes

  12. lho bukannya kmaren ….britanya israel menekan moskow untuk pengiriman jet multirole ini?????…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)