Oct 172015
 

Sukhoi-Su-34-fighter-bomber-15

Setelah Su-34 dikirim ke Suriah, dan seluruh dunia dapat menyaksikan kemampuan tempur pesawat ini, potensi ekspor pesawat pengebom-tempur ini meningkat drastis. Pembeli potensial bisa saja negara-negara di wilayah Asia Pasifik, begitu pula di Timur Tengah.

Pesawat pengebom-tempur Su-34, yang merupakan modernisasi dari pesawat Su-27, merupakan pesawat generasi ke-4+ dan didesain untuk menghancurkan pasukan darat dan laut, serta sistem pertahanan udara. Pesawat ini dapat beraksi di segala jenis cuaca, siang dan malam hari. Beberapa keunggulan pesawat Su-34 ialah jumlah bahan bakar yang dapat diangkut, kemampuan untuk mengisi ulang bahan bakar di udara, serta mesin yang sangat efisien. Semua ini membuat jangkauan tempur Su-34 dapat dibandingkan dengan pesawat pembom jarak menengah seperti Tu-16 dan Tu-22M. Tiap pesawat dibanderol seharga 30-50 juta dolar AS, tergantung pada perangkat tempur yang dipilih.

12144728_552833268198598_3100043461430523965_n

Pembeli Potensial

Saat ini, Su-34 hanya digunakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, yang akan menerima 124 unit Su-34 sebelum 2020. Namun, dengan pengiriman pesawat ini ke Suriah, sekaligus mendemonstrasikan kemampuannya di medan perang secara langsung, sepertinya para pembeli asing tertarik dengan pesawat ini.
“Di antara negara-negara Timur Tengah, pembeli yang paling potensial adalah Iran dan Aljazair. Sementara, Iran tertarik mendapatkan kontrak untuk memproduksi pesawat ini secara lokal. Namun, mendirikan rantai produksi teknologi akan butuh waktu yang panjang. Jika kita bicara mengenai Aljazair dan negara-negara Amerika Latin, kita dapat memperkirakan mereka membeli sejumlah kecil pesawat ini, mungkin sekitar sepuluh pesawat tempur. Untuk negara-negara dengan angkatan udara yang kecil, mereka lebih cocok membeli jet multiperan Su-30. Su-34 lebih dibutuhkan untuk negara dengan angkatan udara yang besar,” kata analis aviasi independen Vladimir Karnozov pada RBTH.

Terbaik dalam Kualitas dan Harga

Su-34 merupakan produk terbaik dari semua jet tempur di kelasnya, dalam konteks harga dan karakteristik kualitas, serta potensi tempur. Saingan jet tempur ini, pesawat Amerika F-15 Eagle sudah usang. Dua minggu lalu, surat kabar Lebanon Ad-Diyar memberitakan bahwa enam unit jet Su-34 yang terbang dari Markas Hamim di Suriah, di langit Mediterania, bertemu dengan pesawat tempur Israel F-15. Setelah Su-34 mengunci F-15, pesawat tempur Israel segera meninggalkan ruang udara. Sistem keamanan berbasis radar yang terpasang di Su-34 juga membuat pesawat ini bisa melakukan operasi pemboman di Suriah, tanpa takut ditembak oleh senjata pertahanan udara yang berbasis di darat.

“Untuk Su-34, operasi di Suriah menyediakan lahan uji coba pesawat baru ini yang dioperasikan oleh AU Rusia. Pesawat ini diuji coba dalam medan tempur yang sesungguhnya, bukan hanya demonstrasi untuk mencari pembeli potensial,” kata pakar militer independen Oleg Zheltonozhko. “Ekspor pesawat ini sepertinya tidak memungkinkan dalam waktu dekat, karena pasar untuk pesawat khusus di kelas ini jauh lebih kecil, misalnya, dibanding pesawat tempur universal. Sementara, AU Rusia sangat membutuhkan pesawat ini, karena ukuran negara kita dan pesawat Su-24 mulai menua,” kata sang pakar.

“Jika produksi ekspor memang dimulai, pembeli yang paling mungkin adalah Vietnam, terutama karena negara ini punya hubungan yang mesra dengan Rusia, memiliki pengalaman mengoperasikan pesawat Sukhoi, berada dalam situasi keuangan yang baik, serta menghadapi ketegangan dengan negara-negara tetangga terkait sengketa pulau yang terletak cukup jauh dari pesisir mereka. Berdasarkan pengalaman pembelian pesawat tempur lain, gelombang pertama sepertinya akan terdiri dari lima hingga sepuluh jet, dan jumlah keseluruhan akan ditentukan seberapa besar ketertarikan terhadap pesawat ini akan berkembang di masa depan,” kata Zheltonozhko.

RBTH

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

Artikel Terkait :

  71 Responses to “SU-34 Diperkirakan Akan Laris Manis”

    • Mantap, emang…

    • Kagak moncerrr ni barang..!! masih kalah sama F-22 dan F-35, kemarin yang di Suriah lawannya cuma F-16, ayo beli F-22 dan F-35 pasti ngacirrr tu Su34…. Hidup menora..!!! Muehehehehe

      • Mulut lo yg kaga moncer tong,,beda kelas tong ad yg siluman ad yg bomber,klo f35 it pesawat penerima rudal..wkwkkww..

      • Malon beli f35 juga paling buat ngebom pohon pisang. wkwkwk

      • “Su-34 merupakan produk terbaik dari semua jet tempur di kelasnya, dalam konteks harga dan karakteristik kualitas, serta potensi tempur. Saingan jet tempur ini, pesawat Amerika F-15 Eagle sudah usang. Dua minggu lalu, surat kabar Lebanon Ad-Diyar memberitakan bahwa enam unit jet Su-34 yang terbang dari Markas Hamim di Suriah, di langit Mediterania, bertemu dengan pesawat tempur Israel F-15. Setelah Su-34 mengunci F-15, pesawat tempur Israel segera meninggalkan ruang udara. Sistem keamanan berbasis radar yang terpasang di Su-34 juga membuat pesawat ini bisa melakukan operasi pemboman di Suriah, tanpa takut ditembak oleh senjata pertahanan udara yang berbasis di darat”

        dibaca pelan2 dan diresapi ya bung yonhap.

      • @yonhap kapan mamarika jual F22 israhell dan japun nangis guling2 ngga dikasih.indonesia beli f35 percuma klo di downgrade air to air misil pake Aim -9 sidewinder itu yg kamu mau. Bandingkan indonesia ambil su 35 dan du 34 bisa gotong vymple R 77 jangkawan 180 km speed mach 4 mantap kan moncer kan.

      • gile lu ndro .

      • menora membusuk di ruang gas….

    • Pembeli potensial adalah Vietnam. Begitni lho kakak Zelthonozh, menurut informasi jamaah ghoibiah disini sudah lunas semua tapi kok masih ngataken kalo calon pembeli potensial Vietnam. Kalo gitu belum ada pembeli pertama? YAH NGIBUL LAGI DONG JAMAAH NGIBULIAH

    • Asu gagal promo..
      Kalah langkah..

  1. ambil aja pak

    • s7 bung, satu skuadron aja paket lengkap no hemat hehe , ,
      semoga pak Jokowi apa pak RR ngiler wkwk

      agak iri ama Vietnam yg akhir2 ini dkt rusia dr Kilo , Gepard skarang kemungkinan dpt SU34 . . . ckck iri banget ane

  2. pertamak yah

  3. Kpn kita borong.duit dari mane..?

  4. Hore

  5. Indo harus punya biar tambah komplit sukhoi seriesnya…mantap…

    • Duit dr mane cuy… Klo diutangin bilangnye dosa buat anak cucu.. Hedueehh kesian amet bangsa ini

      • manusia pesismis, nunggu punya duit kapan belinya, ini harga diri bangsa bung.
        saya kalau tunggu punya duit kas yang engga bisa beli rumah, ya terpaksa utang bank, tapi bisa punya rumah walau utang, emangnya
        dosa. coba tunjukin ayatnya sama saya kalau beli utang itu dosa, kecuali riba itu baru dosa. emang orang tua situ enggga punya utang apa ?????

        • Kasian hidup lo tong, Punya hutang kok Bangga.

        • Hutang klo dalam bentuk rumah gag papa bung cz itu bs disebut investasi, kecuali klo lom mampu maksa hutang wat beli mobil atw motor impian itu yg salah cz itu jenis hutang konsumsi, semua pengusaha itu pasti hutang, gag papa asal utk mengembangkan usaha lbh besar. Paham gag bung!!!! Ulasan ini hanya bs dipahami oleh pengusaha, pedagang atw yg br saja buka wirausaha

        • Membeli peralatan perang adalah investasi kedaulatan, gangguan bs datang kapan secara tiba2 dan dimana saja di wil indonesia, kl kita memiliki alat2 pertahanan yg kuat minimal memberikan efek gentar kpd para peganggu kedaulatan NKRI

  6. utamakan absen
    semangat pagi…………..

  7. Dibilangi juga apa…… State of the art by Shukoi.

  8. WARJAGER..
    BUAT SEMENTARA SY TIDAK AKAN MEMBELI PESAWAT2 SEPERTI INI DULU.
    SY AKAN UTAMAKAN BUAT BASARNAS DULU DAN BUAT PENANGGULANGAN KABUT ASAP.
    SKALI LG INGAT,,
    MAN BEHIND GUN!!
    SEMANGAATT

    • OH YAAA…UJUNG2 PERANG TNI DAN RAKYAT KECIL MAJU DULUAN….SETOR NYAWA…UJUNG2 BAGI2 DUIT KORUPSI ANGGOTA DEWAN GUBERNUR BUPATI DAN PEJABAT LAIN DULUAN ..BELA NEGARA…SETOR DUIT KE PARTAI….

    • Mengenai Bela Negara klo tujuan utk pertahanan saya kok gag setuju, karena lbh baik memperbanyak n mempercanggih alutsista. Kecuali klo program itu utk memperbaiki mental anak muda ane setuju n itu ckp dgn memasukkkannya dlm kurikulum pendidikan di Sekolah n Kuliah

  9. kalo sudah mengunci punya israhell artinya teknologi proven,cuma belum ketemu f35 neh cocor bebek..

  10. Termasuk kita kah..?? untuk penambahan 2 skadron baru..uangnya dari mana..?? tuch dari perpanjangan kontrak baru dari Freeport..jangan mau dikadalin lg sama ASU..

  11. nyimak

  12. ASU gembar gembor pespurx battle proven tp itu dulu, skrang gantin Rusia yg pespur battle proven, yg saya bingung negara NATO pespur Gripen & Typhoon dan ASU F-16 Viper & F-35 tdk ikut menggempur ISIS alias uji coba battle proven, apa karena produkx cacat, di tambah nih para sales smakin getol jualan pespur ke indonesia dg di imingi ToT yg nggak jelas sama sekali

  13. kalau memang laris manis, kenapa baru rusia saja yg masih mengoperasikannya,,,dan mgkin indonesia,,, apa memang harganya terlalu mahal, atau gmn gitu…….

  14. BELI 10 SKUADRON

  15. Mending beli f16 bekas dari pada beli su-34,35 dll.. F16 bekas dapet banyak

    • Beli bekas, riskan dan sayang nyawa pilotnya, itu invenstasi yang tak ternilai harganya. murah kalau jadi mesin pembunuh warga sendiri buat apa?

  16. ini pesawat yang gak ada ejection-seat nya yah? :mrgreen:

    • Betul sekali bung.
      Pesawat ini tidak cocok untuk au malaysia, krn tidak ada fitur ejection seat nya, maka tak akan bisa digunakan untuk eject dalam hanggar

  17. Amerika dan eropa lg mumett.. takut pasar jet tempurnya d take over russia. Mrk takut mau nurunin F35, gripen.. yg ngakunya proven.. tp takut jatuh d sengat sekelas Manpads FN 6 koko pandaa.

  18. utk saat ini blm memerlukan.. yg penting2 aja dlu… nnti di MEF ke 3 mungkin di butuhkan..

    yg penting su 35 dlu.. trus berlanjut ke Pak Fa. baru pesawat bomber..

    utk pertahankan bukan utk penyerangan.. klo pertahanan udah full.. baru ganti doktrin.. trus beli pesawat ini.. mgkin juga ke PAK DA.

  19. Borong dan bungkus 1 paket sama su 35 biar malon cs kencing di celana

  20. kalo di borong semua duit dari mana , saya pernah baca dari seluruh masyarakat di indonesia sekarang menangung utang 10 jt per kepala

  21. Suru tentara mancing ikan di laut hasil nya beli sukro

  22. Utamakan super tucano….

  23. tni harus beli ni barang,minimal 10 skadron..untuk menghancurkan kesombongan negara diliput sm australi,malon..biar nangis2 sampe kencing2..haha

  24. Indonesia tdk disebut rbth sebagai pembeli potensial?

    • Coba anda cek sejak era soeharto berapa pesawat sih sdh beli punya rusia ???? Bandingkan sama india atau minimal vietnam dll…kita aja sekarang bisa beli karna ada softloans dari rusia ini juga blm kontrak karna ribet tarik ulur masalah TOT

  25. saya yakin RI bakal punya pesawat ini,,,

    • Betul bung enjoy aja sejarah sepertinya bakal terulang era 60 an AURI punya mig series mulai mig 15.mig 17.mig 21. Sekarang TNI AU ada su 27 dan su 30 nanti su 35 berikutnya su34 dan sukhoi pak fa T 50 tentunya lengkap sukhoi series. Jaya TNI Au.

  26. Indonesia wajib punya su 34 sebagai pendamping su 35.

  27. Mantabbbb aja dah

  28. Su-34 layak dimiliki TNI AU /AL,untuk patroli maritim jarak jauh dari laut andaman ke papua & dari mindanao ke laut timor, mampir bentar ke pulau cristmas atow dilego garcia juga bisa.wkwkwkwk…

  29. br baca artikel bhs inggris tentang kunjungan PM korsel park geun hye ke washington nagih ToT F-35, intix pihak pentagon tetap tdk mau memberikan 4 teknologi inti F-35 dg alasan khawatir jatuh ke tangan china, kalau menurut sy sih jatuh ke tangan indonesia, jd pihak korsel sedang mempertimbangkan manufaktur dari eropa sbg pengganti 4 teknologi utama pespur, skrang tinggal giliran indonesia bermain cantik atau melobi asu mengenai IFX dg ToT F-16 Viper atau F-15 SE dg daya tawar masa perpanjangan Freeport, kerjasama ekonomi Trans Pacific dan memutuskan kerjasama pertahanan dgn ASU krn IFX akan joint dg pihak Rusia

  30. Viper TOT barter perpanjang freeport. Dgn syarat royalty 7% dan bangun smelter. Jika menolak Rusia pun sedia kok meneruskan kontrak freeport berdasarkan asas keadilan.

  31. Dikomik Asterix ada pepatah : “RBTH berencana…tapi Galia yang menentukan heeeee”

  32. @yonhap…..jews ass licker

  33. Ha..ha..ha..
    Ameripigs will cry

  34. laris bak kacang goreng

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)