Aug 162016
 

Su-35 adalah pesawat tempur superioritas udara dengan kemampuan serangan permukaan, dan menjadi pesaing utama pesawat tempur Barat seperti F-35, Rafale, Typhoon dan F-15.

Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018.

Su-35 yang disebut Super Flanker oleh pihak Barat merupakan pesawat tempur multirole kelas berat. 12 hardpoint dibawah sayap dan badannya mampu mengangkut beragam persenjataan modern rudal udara-ke-udara, rudal anti kapal, bom presisi, rudal serangan darat dan rudal anti-radiasi.

Dengan radar pasif Irbis-E, Su-35 dapat mendeteksi target besar seperti pesawat pembom dari jarak 400 km, Su-35 Indonesia juga dapat mendeteksi pesawat tempur siluman J-20 dan F-35 tetangga dengan reflektor radar sekitar 3 m2 atau target udara kecil pada jarak sekitar 100-150 km.

Bersama pesawat tempur Angkatan Udara Indonesia lainnya seperti Su-27, F-16 dan Su-30, Su-35 bisa menjadi pesawat pengintai jarak jauh, memberi informasi data intelijen posisi target udara dan permukaan musuh kepada pesawat tempur lainnya, Su-35 juga bisa menjadi pesawat tempur ‘Leader’ bagi armada udara Indonesia lainnya.

Dengan pembelian Su-35, Angkatan Udara Indonesia bisa menjadikannya sebagai pesawat tempur garis depan, menjadi ‘benteng udara’ tangguh menghadapi pesawat tempur modern di kawasan, seperti diketahui China, Singapura dan Australia tidak lama lagi akan diperkuat pesawat tempur dari generasi kelima seperti J-20 dan F-35. Sebagai penyeimbang Su-35 adalah pesawat tempur yang tepat dan cepat yang bisa dijadikan pilihan bagi Indonesia.

Pembelian Su-35, bukan hanya menguntungkan Indonesia dari kemampuan tempur dan manuvernya yang mumpuni, pembelian tersebut juga menguntungkan Angkatan Udara Indonesia dari segi pengenalan teknologi pesawat tempur tercanggih dan modern.

Artikel Terkait :

  173 Responses to “Su-35 Benteng Udara Tangguh Indonesia”

  1. lupakan F35, pilih SU-35 😛

    • Kelamaan proses kontrak pembelian dgn dealnya.

    • itu yang benar dong. di gambar atas kalau di zoom kok TS3501 ??? Benar gak tuh?

    • Kalau TNI profesionaldan jauh dari politik …
      Indonesia Akan aman dan disegani …
      Alutsista nya juga Banyak dan canggih …
      Bukan seperti Jaman OrBa …disuruh ikut kegiatan politik dan KKN …
      Akhirnya lemah, kejam dan ketinggalan Jauh …

    • lupakan rusu dan china…
      mari kita bersama USA…….kita hajar rusu dan china
      ha ha ha

      hebatnya USA…..SI OBAMA

      USA secara aktif terlibat dalam menciptakan perpecahan antara Cina dan negara-negara tetangganya…di lcs,juga lct….dan berhasil……! …ha ha ha
      Tujuannya adalah untuk menarik Asia Tenggara dan Timur Jauh menjadi konflik militer yang berkepanjangan dengan menciptakan perpecahan antara Cina dan negara-negara ASEAN, yang sebagian besar adalah KORBAN dari kolonialisme Barat dan agresi militer: kejahatan ekstensif terhadap kemanusiaan telah dilakukan terhadap Vietnam, Kamboja , Korea, Filipina, Indonesia. Dalam suatu ironi yang PAHIT, negara-negara ini sekarang sekutu militer Amerika Serikat…..fakta ..xixixi
      sekutu 2 usa ….maafin amric yah..untuk kejadian yg dulu dulu
      sekarang musuh bersama kita RUSU DAN CHINA…
      kita goreng su 35,pakfa ,j20/j 31 ….sampai gosong…!
      ha ha ha

      ha ha ha

    • lupakan carin…ending pilih sukhoi……sukhoi…..

      F35 Proyek Monopoli.

    • Mnrt Mbah yg sudah tua dan kaya pengalaman, Indonesia shrsnya ga perlu ikut perlombaan senjata. Indonesia cukup meniru negara sprti Brunai, Timur Leste yg konsentrasi membangun negara saja. Ga usah ikut ribut dan repot ngurusin urusan2 di luar mensejahterakan rakyat dan membangun negeri. Biar saja mereka pd berlomba. Biar saja LCS panas. Kita cuek saja. Klo misalnya China mengklaim sedikit perairan kita di Natuna, berikan saja. Toh kita msh kaya dan trll kaya kok. Lagian klo kita sok gahar jg percuma. Wong China tau Indonesia bukan tandingan mereka. China sadar betul, bhkn ASEAN bersatupun, bukan lawan tanding China! Apalagi cm Indonesia. Kita punya senjata gahar apa sih? Bandingkan dgn yg China punya deh. Dr situ kita hrsnya realistis, China bukan tandingan kita, bhkn negara2 ASEAN sekalipun! Jd saran mbah yg sudah malang melintang di dunia “persilatan” ini, Indonesia mending ga usah beli senjata. Bangun ekonomi saja deh tp bersekutu dgn China yg memiliki militer no one di dunia dgn tentara2 yg gagah, sadis dan berani mati. Itu saja saran mbah…

  2. Kapan neh datangnya……Merdekaaaa……….

    • kan sudah ada di artikel
      Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018.

      • He..he…itukan kata artikelnya….kenyataannya sampai saat ini belum ada kesepakatannya kan?…

        • Lha kalau ada kesepakatan harus ngundang media gtu bang, biar semua tau kita beli gitu??? Urgensinya apa kalau boleh tau?

          • Paling gak kita kan tau kalau udah di beli….jd tinggal tunggu delivery-nya saja….kalau sekarang apakah jd beli atau gak siapa yang tau?…

          • Itu uang rakyat, kalau uang e MBAHMU silahkan untuk tidak woro woro

          • hehe BIN itu seluruhnya dibiayai uang rakyat terus harus diekspose likalikunya ?

            terus RI berarti gak bisa punya proyek top secret, semua harus dibabar di media karena pake uang rakyat ?

          • nucanku, ah paling alibi doang tuh. jangan jangan double agen intilegent, mencoba berbaur supaya dpt akses lebih dalam utk kepentingan negara.

          • Setuju bung Ubed

          • @ Buyuang, @Indonesia_Raya bang, betul itu duitnya rakyat Indonesia, tapi seberapa penting kita mengetahui bahwa (TNI) kita sudah punya ini itu? TNI sekarang disegani kawan dan lawan, selalui diperhitungkan dalam latihan militer skala internasional. apakah itu tidak cukup membuat anda bangga sebagai warga negara NKRI?? menuntutlah yang sesuai porsi kita, jika kita hanya rakyat biasa, cukuplah menuntut aman, nyari duit gampang, jalanan pada aspal semua, sembako murah itu saja.

            kalau boleh diibaratkan membangun rumah, kita tidak perlu mengetahui si tukang itu pakai alat apa, mencampur semennya pakai apa, masang genteng dan batu batanya bagaimana. serahkan pada ahlinya, si tukang bangunan itu. kita tinggal menikmati rumah idaman kita.
            simpel aja

          • @Garu langit…saya mau reply comment yg di bawah tp tdk ada icon reply-nya..jd saya reply di sini aja ya..
            comment pertama saya kan cuma…nanya : kapan datangnya….artinya itu pertannyaan terbuka buat siapa saja…….saya hanya penggemar dunia militer dan kebetulan saya wni….jd saya ingin yang terbaik buat militer kita….saya gak mau…di php…ha…ha…..

            Kedua, pemisalan lg buat rumah….untuk hal ini kita beda….kalau saya walaupun saya tidak ngerti dunia pertukangan, tapi kalau saya lg buat rumah saya akan tanya sama tukangnya, dia pakai semen apa, pakai kayu apa atau pakai atap apa….maksudnya biar kita juga nambah ilmu dan tidak di kadali sama tukangnya…jadi jangan terima jadi apa adanya aja….
            Berarti kalau anda beli barang anda gak pernah nanya2 dan cek spec nya yah….

            Ketiga……kata anda serahkan pada ahlinya…maksud anda siapa ahlinya itu?….kalau untuk pespur ini siapa ahlinya?…..

        • Kepo ah bang buyuang…hihihi

      • @gelek

        Ingaaaaaat….ada hubungan kausal yang ditandai dg kata “berencana” dan diakhiri dg kata “maka”.

      • Media rusia? Media apa? Bisa dipercaya, blog juga media, lelucon yang sama sekali tidak lucu bung, kecuali pers release pihak KNAPO atau TNI….

  3. Mimpin yg akan menjadi kenyataan…

  4. Absen dulu baru mandi…

  5. mantaappp!!

  6. Ora Teko Teko…

  7. mantap……..
    bungkus secepatnya biar beruk2 malon kita tembaki kalo masuk sembarangan lg……

  8. Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018

    PUNYA MALON SUDAH DATANGKAH KAH KAAHHH ?

  9. di wolak walek sampek gosong kobong sangit pait sampek jentit ….haduhhh

  10. Crot crooot wooww

  11. ngomong2..
    pakfa yg generasi kelima kan udh hampir siap. tp kenapa rusia malah mengurangi jumlah pakfa yg mw dibeli dan justru memilih membeli lebih bnyk su 30 dan su 35 ????

    • Kalo dirunut logika aja y bang, saat ini, fighter rusia yang sudah siap baik aspek teknis dan non teknis itu ya su-30 sm dan su-35. Lain cerita kalau tiga fighter itu udah siap semua, saya yakin Rusia akan mengakuisisi lebih banyak PAK FA daripada yang dipesan saat ini. IMHO

    • Karena fuckfa kagak moncerrrrr pesawat gagal=abal” sma kayak sukro lain’a psawat kaleng krupukkk

  12. 8 biji doang kenapa bisa jadi benteng?kalo 45 biji baru bisa..eh salah..36 ajah…hehehehe

    • main catur aja cuma perlu 2 benteng bung. Kalo banyak namanta bukan benteng, tapi tembok China…. 🙂

      • hihihihihihihi MANTAP Bung Ruskye …

      • Cuman skr pagan caturnya banyak bang…Singapur..ausie..amerika…chino..Taiwan..jepang…rempong Kalo cuman 8 dibikin benteng bung…hehehe…ane paham bung…benteng cukup 2…pion kaya gripen bejibun….nah…yg jd perdana mentri ini Sapa yak?rafale ya bung? Hehe

  13. walaupun dpt varian K … yg penting punya hidung bisa jangkau 400 km & air superiority & multirole & bebas dipakai tanpa syarat dan ketentuan

  14. Yaah kenyataanya begituu…dari pada begitu lebih baik begini aja….kita tidur bareng2…dan bangun di saat waktunya sadar di depan mata…xixixi

    Lebih baik minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu….

  15. Emang kanon su35 di kiri ya??????

  16. Bagi mana dengan datalink..apa bisa

  17. Terus Kapan?

  18. TS 3501
    emmm…

  19. Maaf itu gambar beneran apa editan coba yang ahli metadata…biar ga mabok vinisilin….

    semoga benar adanya….

  20. Indonesia meminta kpd pihak rusia spek yg terbaik di kelas sukoi 35……ssstttt,….indonesia beli satu skuadron loh,…..xxixixixi

  21. dapat bocoran jumlah pesawat su35 yg mau dibeli sebenarnya berjumlah 32 ekor XD

    kerja kerja

    • Ah bijimane sih abang kan dah jelas ntu cuman 8 ijib doangan…tapi 4 batch pengiriman tiap ngirim 8 ijib…hehehe

    • mungkin maksudnya 8 biji SU35 datang tiap tahunya bung???….

      2018 – 8 SU35
      2019- 8 SU35
      2020 – 8 SU35
      2021 – 8 SU35….. nah pas tuh..32 ekor.. mueheheee…..

  22. Karna su35 lebih siap tarung dari pada pakfa.info ad yang bilang Indonesia beli 36 awal datang 8…di liat dari dana kemarin klau di hitung hitung bisa thu 36 biji heheheh

  23. Goreng terus…sampe gosong

  24. Kabinet EDI
    Kasus AT itu adalah sebagai perwujudan dari 2 kekuatan besar yang sekarang ada di kabinet JKW, yaitu kubu yg condong ke Tiongkok dan Amerika. Kubu yang condong ke Amerika ini ditandai dengan masuknya SM dan AT ke dlm kabinet JKW. Kemarin kan rakyat sudah diributkan dengan kepentingan kubu Tiongkok, nah sekarang GANTIAN :p
    Sy tidak percaya bahwa BIN KECOLONGAN ataupun LBP dan Hendro itu tidak tahu sebelumnya alias kecolongan. Jadi memang AT yg sudah menjadi WN AS ini adalah alat untuk meloloskan kontrak freeport terkait eksport konsentrat murni kok, masa seorang jenius lulusan ITB dan US tidak mengerti aturan atau sistem ? TIDAK MUNGKIN.
    Dan sekarang sudah tercapai kan yah tujuan kubu kiblat Amerika dan Eropa terutama soal freeport.
    Saya tidak tahu MODUS apalagi yg nanti akan GOAL oleh peristiwa ini selain dari kontrak eksport konsentrat murni. Karena kunci nya adalah LBP dan Hendro SANGAT MEMBELA AT. Tadi nya sy pikir adalah soal UU DWI KEWARGANEGARAAN, tapi mungkin ada beberapa agenda yg harus diwaspadai seperti :
    – REKLAMASI
    – RUU PENGAMPUNAN KORUPTOR
    – TAMBANG EMAS DI SUMBAR
    – REFERENDUM PAPUA
    – BLOK MIGAS
    – PERTAMINA
    – FREEPORT ( Tentunya dan SUDAH )
    – IMF
    Mengingat BIDANG KEMENTRIAN STRATEGIS sekarang dipegang semua oleh LBP. Seperti nya rakyat harus mulai membiasakan efek dari DICAMPURADUKKAN NYA 2 kekuatan besar antara kubu AS dan Tiongkok karena akan TAMBAH GADUH dan RUMIT pula kinerja pemerintahannya.
    Jadi ini MURNI SOAL CAMPUR ADUK 2 KUBU BESAR DI KABINET JKW TERKAIT INDONESIA, TIDAK ADA HUBUNGAN NYA DGN YG LAIN LAIN APALAGI SOAL SUKU ( Halahh … rupanya soal yg satu ini jg HARUS DICERAHKAN ya nanti biar gak KERDIL MINDSET ).
    Jadi apakah resuffle kabinet EFEKTIF ? TIDAK !
    Jadi kapan kabinet Kerja ini KERJA KERJA KERJA ? KAPAN KAPAN !
    Kabinet EDI = EJAKULASI DINI = HEBOH DIAWAL TAPI TIDAK PERNAH MENCAPAI TUJUAN UTAMA a.k.a KLIMAKS.

    By Viona Morgan (FB)

    • yaelah, referendum papua, isu obor rakyat digoreng lagi ?

      reklamasi ? banyak baca, dasarnya kepres jaman orba..

      RUU PENGAMPUNAN KORUPTOR (asli obor rakyat), BLOK MIGAS (yang mana? mahakam, masela ? banyak blok woy), PERTAMINA (apa lagi? udah berhasil hemat ratusan juta $ setelah gak ada petral), FREEPORT (negosiasi perpanjangan kontrak nanti 2019), ada urusan apalagi dengan IMF? (banyak baca, pemerintah sekarang main di global bond, gak pake IMF)

      • begitulah bung kalo otak udah macet gk bisa upgrade lagi 😆

      • Referendum papua sudah mulai kelihatan aksinya sekarang mulai dari surabaya, yogyakarta, dan terakhir di abepura papua. Tujuannya tentu krn ada freeport disitu dan pastinya asu dan anteknya bermain disini. Reklamasi dilakukan tanpa perijinan dan prosedur yang berlaku, seharusnya walau itu atas dasar UU, kepres atau sbgnya harus melalui prosedur spt lulus amdal, ijin IMB dsbnya. Disini sangat kental sekali uang yang berbicara, kasihan nasib para nelayan pantura dan pemukiman nelayan yang digusur apalagi biota laut yang rusak akibat reklamasi tsb. Blok migas sangat banyak disini maklum indonesia sgt kaya, baik yang akan mengalami masa perpanjangan mau kontrak baru. Pertamina hemat bagaimana? Bukti BBM masih disubsidi rakyat bisa lihat harga bbm di indonesia yg jauh lebih mahal dibandingkan di negara lain. Pertamina hanya bisanya mencari untung ditengah penderitaan rakyat. Belum lagi pembagian proyek di pertamina tidak jelas sama sekali sekarang. Situasi sekarang adalah siasat yang dilakukan menuju perpanjangan kontrak freeport nanti dgn adanya pergantian menko dan menteri ESDM yang baru. Let’s see apakah kita tidak akan berutang lagi ke IMF nanti.

        • Ngikut bung@jokodok aj ahh…

          Begitulah bung kalo otak udah macet gk bisa upgrade lagi… 😉

          • alaaa, dikasih grafik / data, balik nuding bhw grafiknya buatan sendiri, gak mampu cari data tandingan..

          • kalau beri grafik dicantumin bung sumbernya dari mana, kalau sumber resmi spt BPS baru bisa dipercaya jangan beri grafik tapi sumbernya tdk ada.

          • Bung bisa baca dan analisa grafiknya gak? Saya sudah jelaskan arti grafik tersebut. Bila grafik tanpa sumber berita, jelas donk akan menjadi ‘tanda tanya’, jadi bukan salah saya. Tidak perlu susah2 mencari grafik tandingan wong saya sudah bisa menganalisa grafik tsb.

          • soal grafik itu ditujukan ke ruskye

            sumber grafik lazimnya udah tercantum di grafik itu sendiri, atau kelihatan di link-nya

        • belanda juga reklamasi dan singapura juga. apakah mereka tidak berfikir tentang biota laut yg rusak???

          • Saya tidak melarang reklamasi asalkan dilakukan dengan peraturan yang berlaku dan manusiawi. Diperhatikan pula dampak amdal dan pemberdayaan nelayan setempat dimana mereka masih bisa mencari nafkah tanpa terganggu adanya reklamasi tsb.

        • ini satu contoh aja ya, logika sederhana, klo emang ada rencana mau ngasih referendum, ngapain buang2 duit dulu pake bangun jalan trans papua, resiko ditembak opm lagi?

          bukti klo yang ngarang fitnah IQ jongkok..

          https://2.bp.blogspot.com/-GtixLrV0ON4/VrlUXmt8pkI/AAAAAAAAClg/m76Wlfeym5Y/s640/trans%2Bpapua.jpg

          • Point-nya bukan itu bung karena kalau spt itu kita bisa melihat keadaan yang sama di timles. Point nya adalah kenapa pemerintah melakukan pembiaran gerakan spt referendum tsb terjadi, berbanding terbalik dgn tugas pemerintah utk menjaga keutuhan NKRI dan wilayah kedaulatannya.

          • Loh apa bedanya dengan masa orba dimana mereka juga banyak melakukan pembangunan disana sini di timles saat itu. Bila kata anda bahwa saat ini pendekatannya beda dgn masa orba tanyakan kpd korban penggusuran. kalau menurut anda pembangunan yang anda katakan itu bisa mencegah lepasnya papua buktinya kok malah sebaliknya yang ada malah demonstrasi besar2an utk diadakan referendum. Hal ini sudah membuktikan bahwa rakyat papua sudah sadar bahwa jokowi itu banyak bohongnya yg sukanya pencitraan saja. Yang lainnya ora urus.

          • Anda punya sedikit masalah dengan IQ bung,

            ..Loh apa bedanya dengan masa orba dimana mereka juga banyak melakukan pembangunan disana sini di timles saat itu…

            bedanya, ref timles ditawarkan pres habibie, di papua seperti anda bilang, “gerakan spt referendum tsb terjadi” artinya digerakkan sekelompok kecil masyarakat.

            ..Bila kata anda bahwa saat ini pendekatannya beda dgn masa orba tanyakan kpd korban penggusuran..

            spt saya bilang anda punya masalah IQ, gerakan separatis dicampuraduk dgn penyewa / pemilik bangunan liar di atas tanah negara

            ..kalau menurut anda pembangunan yang anda katakan itu bisa mencegah lepasnya papua buktinya kok malah sebaliknya..

            setidaknya pembangunan itu menghilangkan dalih bagi kelompok separatis maupun dunia internasional bahwa papua ditelantarkan / dianaktirikan oleh pemerintah pusat

            ..jokowi itu banyak bohongnya yg sukanya pencitraan saja…

            fitnah udah mendarah daging dalam diri anda, bule bilang ‘it’s in your blood’, so cut the bullshit about having proper discussion..

            https://2.bp.blogspot.com/-GtixLrV0ON4/VrlUXmt8pkI/AAAAAAAAClg/m76Wlfeym5Y/s640/trans%2Bpapua.jpg

  25. Digoreng melulu disajikan kemeja nya kapan…..nanti penghuni kebun binatang dimari pada ngamuk2 kelaparan….nah lohhh

  26. Nggak Rusia maupun Amrik dan Eropa sama aja apaupun alusista yang dijual ke NKRI tetep aja alusista kelas 3, apa yang dibanggain buat TNI kalau standar alusista msh dibawah milik Singapore, Malaysia da Australia, lebih baik buat sendiri ayo para Ahli Pindad, DI dan Lapan jangan malas2 dan jangan hanya bisa mengemis ilmu kenegeri orang belajarlah kreatif dan memotivasi diri untuk menciptakan alusista canggih buat NKRI , MERDEKA !!!!!

  27. Awas jgn didown grade.. Kebiasaan indonesia kl beli alutsista spek nya suka dikurangi ..radarnya gak ada, mesinnya diganti sm mesin tik, kanonnya sm mimis. Dll..

  28. Bagusan super tukino

  29. Semoga cepat terwujud kekuatan MEF yg sebenarnya

  30. Borong 300 unit… Kibarkan bendera nkri diasia tenggara.. Malaya sm singaporno hrs bertekuk lutut..

  31. alutsista tni yg di bwah austrail, singapur dan malae apa aja bung, jd pengen tau..

  32. itu jangkauan 3 m2 mksdnya apa yach… maaf orang awam…

  33. itu jangkauan 3 m2 mksdnya apa yach… ma’lum orang awam…

  34. Radarnya 400km..?
    Pensilnya Yang mana ya Yang nyampe 400Km.?

  35. Cuma 8 biji di bilang benteng tangguh ,Come on Guy …Indonesia seluas inI dapat sejumlah itu sudah di sebut benteng tangguh …PIYE IKI.?

  36. Su 35 dibeli 16 unit, tanya aja bung tn phd…

  37. Borong 1000

  38. Ini akan jadi pesawat terbaik yg kita miliki..
    Dan semoga tidak hanya pesawat ini yg datang.. Hhi”

  39. Gambare kok kyke onok seng aneh yo seng siji su 27 lha sijine iku su piro??
    benderane indonesia psan..

  40. Beritanya tiap hari
    Tapi.. ga dateng2.. masih 2018
    Kalo jadi.. kalo kredit disetujui.. kalo anggaran di acc.. kaloooooo….

  41. Bisa aja ngetrollnya biar rame ya artikel tahun kapan nih pakai sotosop lagi ckckckck

  42. Kok liat gambarny Su-27 dan Su-35 ya…

  43. Ane berharap bisa tot sama pihak sukhoi bung ,kemampuan dan ilmu mereka sangat kita butuhkan.

    INDONESIA BERJAYA SELAMANYA.

  44. Benteng udara pantasnya yah S-400. Battle proven di Suriah.

  45. Artikel kaya gini gak usah di publish lah bung diego….. Tiap hari cuma dicekokin su35…. Kalau isi artikel kita deal n selanjutnya nulis artikel perkembangan produksi n pengirimanya kesini gpp…. Lah ini dari tahun bahulak isi artikelnya cuma akan,sedang,rencana,jumlah yg dibeli,radar,perbandingan radar,kobra matuk bebek,dll…. Lama lama baru baca judul saja jadi bosen,,,, ane berharap su35 beneran datang full senjata avionic terbaik…. Tp sampai skrg cuma PHP doang… Capek deh… Beli 8 biji aja ko susah n lama amat mikirnya

  46. Spek yg bakal dibeli indon pasti downgrade dari spek yg asal..
    Maka malon ama singaporn ngak merasa getar karna udah pasti kualiti yg dipunya indon itu ngak lengkap . Rudalnya ngak dibeli .. Targeting pod nya ompong.. Data link nya ngak pernah punya. Lagi tambah kecolongan radar sukoi ngak cocok ama radar groundbase yg diguna indon selama ini..
    Cacar marba sistem buat malon dan dunia ketawain ..
    Namun saperti biasa forumer indon tetap berasa jaguh maklum aja kan macan Asia.. Dunia ngak pernah tau alutsista ghoib yg udah lama sembunyi digunung padang..
    Malah su35 udah siap datang tp ngak dipublikan Demi menjaga hati tetangga.
    Lagi ada berita baru dimana pakfa yg siap produksi 2017 nanti sebenarnya udah ditempah buat indon tp seperti biasa ia tidak dipublikan .
    Warga indon harus siap karna menjelang 2019 kita harus mencaplok seluruh Semenanjung serta Singapura.. Termasuk Sabah dan serawak.. Semua daerah itu akan menjadi bagian dari negara Indonesia. Malon dan singaporn akan jd warga indon serta siap urusniaga guna rupiah..
    Saat itu ringgit dan dolar singaporn ngak laku lagi..
    Begitulah kirakira akan sampai saatnya nanti.
    Kalian harus siap bermula saat ini.

    • ada malon beruk miskin iri dengki disana ,xxixixiixixxii

      tangkap ini pisang malon beruk , malon tahun ini gak ada pembelian upgrade apa apa soalnya uangnya sudah dibawa kabur sama najib rosmah

      jadi teruslah bermimpi ya lon

    • Iya memang kenyataan bgitu.. Saya sih prihatin saja.. Tp km jgn sombong suatu saat alaysia jg bakal mengalami hal yg bgitu krna kurangnya dana, atau dana yg ada dikorup oknum..

  47. Pesawat jelek

  48. YAH NANTI JUGA DI COPY SAMA CHINA

  49. Habis itu kita dapat ifx di tahun 2022… Jadi bangga ifx duet sama Su-35..katanya malon mau beli raptor sekalian f 35wkwkw ?

  50. ts 3501 gapake antena depan?

  51. klo yg camo kuning udah terbang di mks sejak 2014 akhir,,,#klopun ada yg datang pasti lebih hebat dari SU 35

  52. Kalo sudah 32 unit full senjata siap siap Serang malaysia… Hajar f15 sg… Singaporno

  53. 36 Su-35
    38 Su-27/30
    39 F-16C/D 52ID
    17 F-16A/B 15 OCU
    36 Eurofighter Typhoon
    24 FA-50
    19 T-50i
    15 EMB-314 Super Tucano
    29 KT-1B Wongbee
    38 Grob 120TP-A
    06 Baron G-58
    12 Bonanza G-36

    cuma bermimpi.com … kikikikikih …

    • Grob sampai 38 biji emang mau bwt spesialisasi apa nih

    • Rafale / gripen ga masuk bung?

    • 36 Su35 = 12 unit x 3 skuadron
      38 Su27/30 = 12 unit x 2 skuadron + 14 unit x 1 skuadron
      F16 = 39 + 17 = 56 = 14 unit x 4 skuadron
      36 EF Typhoon = 12 unit x 3 skuadron
      24 FA-50 = 12 unit x 2 skuadron
      19 T50i = 1 skuadron
      skuadron jet = 3 + 2 + 1 + 4 + 3 + 2 + 1 = 16 skuadron
      15 Super Tucano = 1 skuadron
      Skuadron tempur = 16 + 1 = 17 skuadron

      Dikamuflase dengan rilis resmi :
      16 Su35 = 1 skuadron
      24 Su27/30 = 2 skuadron
      24 F16 blok 52id = 1 skuadron
      12 F16 OCU = 1 skuadron
      36 EF Typhoon = 3 skuadron
      24 FA50 = 1 skuadron
      15 T50i = 1 skuadron
      15 Super Tucano = 1 skuadron
      1 + 2 + 1 + 1 + 3 + 1 + 1 + 1 = 11 skuadron

  54. Itulah Indahx Demokrasi bro..Indonesia mpe ckrg aja intel asing jg bingung kekuatan tempur Qt Segede mna..Merujuk dr Ghoibiyah Cetar membahana Alutsista Qt..Tp klo merunut dr Jamaiyah y sgto itu aja..itu cm Pndngn ane Org Prbtsn Kalimntn tp jgn heran klo dprbtsn udh da alutsista Qt nongkrong dimari terutama Tank n Mlrs home basex Di Sangatta..Utk di Tarakan Pesawat tempur yg standby Ready…

  55. Om buyuang kepo amat.
    jd kl ada pembelian alutsista gahar yg bs mmbuat geger kawasan, yg notaben nya adalah top secret, harus ngelapor ke bung buyuang, gt ?

    • He..he…..kok anda punya pikiran bgt?…saya kan cuman nanya tuh pswt kapan datangnya?….mnrt saya itu pertanyaan yg wajar toh?….para pecinta pespur juga pasti punya pertanyaan yang sama…..itu pertanyaan terbuka kok…bisa di jawab siapa saja

      Dalam dunia militer terkadang tidak semua peralatan tempur itu harus dirahasiakan, walaupun canggih sekalipun. Ada kalanya diumumkan ke publik (baca: negara lain) tujuannya biar negara lain mikir2 dulu kalau mau berurusan dengan kita…itulah sifat “penggentar”..

  56. Biarkan yang secret tetap secret,
    kalo memang konsumsi publik pasti di woro-woro
    # [S-T] Samael

  57. mmbleeeengeeeerrr dengar berita ini diulang ulang.gak usah dibeli. ini pesawat ecek ecek dari tong sampah daur ulang.

  58. radar sampe 400k tapi gak punya pinsil yg bisa nembak sampe segitu jauh trus cuma buat deteksi aja gitu? yakin bisa mendeteksi siluman j-20 dan f-35??? kacau bener ulasannya.

    • Bung Cospree mungkin bisa sharing kepada kita semua, kira-kira apa yaaa Bung Rudal udara-udara yg jangkauannya bisa 400 Km (ngikutin jangkauan Radarnya kata Bung ?).

      Kalo rudal Vympel 160 km, Aim120: 125 km, PL15 : 200 km dan Meteor : 200 km.

      PESA Irbis SU35 utk RCS 3m3 memang bisa deteksi sampai 400km, dan jika RCS 0.01m2 maka akan menurun sampai dengan 100 km. Hal ini pun masih dilapis dengan IRST dengan jangkauan 60 km.
      Jadi sekacau apa ulasan di atas bung ? mohon sharingnya?

  59. pesawat hawk lg wara wiri di pku formasi tempur 😀

  60. berita ini di rilis tanggal 02 agustus 2016 bahwa chino memesan sekitar 24
    pesawat bedasarkan kontrak 2015 (Rosoboronexport) melalui CEO rostec
    Sergei Chemezov pada pertemuan dengan putin. negara lain yang tertarik adalah
    aljazair,mesir,vietnam serta venezuela.NKRI di beritakan telah memesan sekitar
    12 dan mungkin hampir 18 pesawat pejuang jenis ini. pembelian akan di lakukan
    secara bertahap.pertama akan di beli sekitar 5 sampai 6 untuk waktu yang singkat.
    (dari berbagai sumber)

  61. indonesia klo gak punya duit jngn ngomongin sukhoi…35 deh…
    mending beli SUPER TUKINO ajeh…
    yg ada gambar hiunya itu…..hehehehehe

    katanya negara besar NKRI….ko ko gak punya uang…kalah sama negara UPIL JIRAN sebelah….
    #miris lihat te

    • Buktinya walaupun punya F15 40 unit klo kita gertak dikit langsung tiarap,, emang kita punya apa skrg berani gertak Si upil yg kata anda lebih jaguh semuanya?? Tolong jelaskan ke saya yg newbie ini.. Terima kasih :mrgreen:

    • Super Tukimin kan udah ada 1 Skadron d malang… masak beli lg… hampir tiap hari terbang d angit pasuruan…. Mending CN-235 d persenjatai…

  62. ngimpiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii disik aahh

  63. jangan ngomongin daerah langit dulu, mending ngomongin masalah laut dulu, soalnya nenek moyang kita kan orang pelaut, tapi tetep aja kena bajak abu sarapppp…nenek moyang luuuuuuuuuu

  64. Udah deal beli 16 unit kan dpt kredit dri rusia krn ini bagian taktik dagang rusia-indo jadi tidak semua dipublish
    Tp aku yakin kita beli su35 1 skuadron 16 unit.yg dtng 8 unit tahun depan.

  65. SU-35 su e ora teko teko

  66. Buruaaaan belinya… Kelamaan.. Gak usah alasan ini itu, apalagi smpe merhatiin hati tetangga.. Puaah.. Tetangga rese gk usah dihargain.. Beli beli aja yg banyak biar mereka pada stress..tp skrg Ko beritanya tenggelam,gk ada berita resmi dari kemhan.. Jgn2 dibatalin???

  67. Su 35 dibeli.. Tetangga pada mules

  68. Beli full spek.. Full armed.. Siap tempur.. Lengkapi supaya bs bawa rudal brahmos ..awas jgn beli kosongan.. Ntr dikutuk para warjager

  69. Beli su 35 yg banyak dan siap tempur.. Tp jgn lupa beli jg buat penambah skuadron baru.. Rafale, gripen, dan typhoon.. Masing2 dua skadron full spek full armed..

  70. Tanpa su 35..nkri lemah syahwat

  71. Batalin ajah su 35..beli f 15 silent eagle ajah..

  72. Gak bakalan jadi nkri beli su 35..soalnya takut diomelin sm amerika jungjunannya… Krna kbnykn pjbt indonesia penyembah amerika.. Gaya hidupnya saja sdh kbarat baratan.. Bahkan sdh bnyk wong wong yg sdh jd warga negara amerika..

  73. Bersabar bertahun tahun lagi mnunggu pesawat idola..

  74. Indonesia punya su 35..udara nkri dijamin aman.. Bye bye black flight..

  75. Sudah sepantasnya negara seluas nkri mempunyai angkatan udara yg kuat.. Didukung angkatan laut yg kuat juga.. Ratusan jet tempur ratusan kapal perang dan puluhan kapal selam dan jutaan marinir.. Adalah wajib hukumnya dipunyai negara sehebat INDONESIA… 71 TAHUN INDONESIA MERDEKA AMAN DAMAI WAJIB DISUKURI PARA UMAT DI NKRI TERCINTA..

  76. Besok 17 agustusan.. Harusnya ada parade ribuan jet tempur bergemuruh menutupi langit jakarta..

  77. Kalo nkri jadi beli su 35..kira2 camo nya kaya gmna ya.. Apa sama dgn sukhoi terdahulu.. Bikin mirip camo kopasus di pswt su 35..cakep tuh

  78. Klo artikelnya kaya gini pasti ada yg panas sepanas lcs..wjkwjkwjk

  79. SABAR,…SABAR….

    ha ha ha

  80. SU-35 BENTENG UDARA TANGGUH INDONESIA
    judulnya itu lo seakan2 kita dah punya ni pesawat. teken kontrak aja blm dah ngomongin benteng udara. klu kt dah pnya br ngomongin benteng udara

  81. Aduh….beli dulu rudalnya Su 30 sama Su 27…belinya mcam2 tp rudalnya ngak ada..
    Pesawat rusia airframenya ngak lama..manualnya juga rusia..ngak bagus

  82. Neng carin diem2 tiap malam bersihin sukhoi walau dimari koar kaleng krupuk hahahaha abis gak dikasih jatah terbang

    Pswt rusuh emang jarang dipakai terbang dan kalaupun terbang ada misi khusus.. karena emang spt itu doktrinnya

    Kalo pswt eropah dan usah ya suka2 mau patroli bisa misi tertentu bisa karena ada skala ekonomisnya

    Trus gmn dong pilotnya bisa jago.
    Ya haris sering latihan di simulator

  83. Hai Bangsat smua aku mo nanya !!! Kalian semua tahu artinya kata “KENTHU” Kagak ??????

  84. Tahu Artinya kata “KENTHU” Kagak kalian smua sompreeeetttt ?????

  85. Neng carin… Meski kaleng krupuk ko segede pesawat beratnya 6 ton yen nibanni ndasmu yo modar tho…. Juga ocehannya sesuai dengan gambarnya ya neng carin,….cocok..!!?
    Oooo ya mbah bowo….: orang t ua itu lahir duluan,… Wajar lebih tau… Tapi jaman anda dah beda…. Iptek,…..makmur itu perlu…… Tapi percuma ko setiap saat wawas bandit dan begal datang sewaktu waktu.,….

    Salam sangking lare gunung

  86. .

  87. Gw ttp milih su35 3 skuadron ditambah gripen 3 skuadron.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)