Aug 162016
 

Su-35 adalah pesawat tempur superioritas udara dengan kemampuan serangan permukaan, dan menjadi pesaing utama pesawat tempur Barat seperti F-35, Rafale, Typhoon dan F-15.

Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018.

Su-35 yang disebut Super Flanker oleh pihak Barat merupakan pesawat tempur multirole kelas berat. 12 hardpoint dibawah sayap dan badannya mampu mengangkut beragam persenjataan modern rudal udara-ke-udara, rudal anti kapal, bom presisi, rudal serangan darat dan rudal anti-radiasi.

Dengan radar pasif Irbis-E, Su-35 dapat mendeteksi target besar seperti pesawat pembom dari jarak 400 km, Su-35 Indonesia juga dapat mendeteksi pesawat tempur siluman J-20 dan F-35 tetangga dengan reflektor radar sekitar 3 m2 atau target udara kecil pada jarak sekitar 100-150 km.

Bersama pesawat tempur Angkatan Udara Indonesia lainnya seperti Su-27, F-16 dan Su-30, Su-35 bisa menjadi pesawat pengintai jarak jauh, memberi informasi data intelijen posisi target udara dan permukaan musuh kepada pesawat tempur lainnya, Su-35 juga bisa menjadi pesawat tempur ‘Leader’ bagi armada udara Indonesia lainnya.

Dengan pembelian Su-35, Angkatan Udara Indonesia bisa menjadikannya sebagai pesawat tempur garis depan, menjadi ‘benteng udara’ tangguh menghadapi pesawat tempur modern di kawasan, seperti diketahui China, Singapura dan Australia tidak lama lagi akan diperkuat pesawat tempur dari generasi kelima seperti J-20 dan F-35. Sebagai penyeimbang Su-35 adalah pesawat tempur yang tepat dan cepat yang bisa dijadikan pilihan bagi Indonesia.

Pembelian Su-35, bukan hanya menguntungkan Indonesia dari kemampuan tempur dan manuvernya yang mumpuni, pembelian tersebut juga menguntungkan Angkatan Udara Indonesia dari segi pengenalan teknologi pesawat tempur tercanggih dan modern.

Bagikan :

  125 Responses to “Su-35 Benteng Udara Tangguh Indonesia”

  1.  

    lupakan F35, pilih SU-35 😛

  2.  

    Kapan neh datangnya……Merdekaaaa……….

    •  

      kan sudah ada di artikel
      Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018.

      •  

        He..he…itukan kata artikelnya….kenyataannya sampai saat ini belum ada kesepakatannya kan?…

        •  

          Lha kalau ada kesepakatan harus ngundang media gtu bang, biar semua tau kita beli gitu??? Urgensinya apa kalau boleh tau?

          •  

            Paling gak kita kan tau kalau udah di beli….jd tinggal tunggu delivery-nya saja….kalau sekarang apakah jd beli atau gak siapa yang tau?…

          •  

            Itu uang rakyat, kalau uang e MBAHMU silahkan untuk tidak woro woro

          •  

            hehe BIN itu seluruhnya dibiayai uang rakyat terus harus diekspose likalikunya ?

            terus RI berarti gak bisa punya proyek top secret, semua harus dibabar di media karena pake uang rakyat ?

          •  

            nucanku, ah paling alibi doang tuh. jangan jangan double agen intilegent, mencoba berbaur supaya dpt akses lebih dalam utk kepentingan negara.

          •  

            Setuju bung Ubed

          •  

            @ Buyuang, @Indonesia_Raya bang, betul itu duitnya rakyat Indonesia, tapi seberapa penting kita mengetahui bahwa (TNI) kita sudah punya ini itu? TNI sekarang disegani kawan dan lawan, selalui diperhitungkan dalam latihan militer skala internasional. apakah itu tidak cukup membuat anda bangga sebagai warga negara NKRI?? menuntutlah yang sesuai porsi kita, jika kita hanya rakyat biasa, cukuplah menuntut aman, nyari duit gampang, jalanan pada aspal semua, sembako murah itu saja.

            kalau boleh diibaratkan membangun rumah, kita tidak perlu mengetahui si tukang itu pakai alat apa, mencampur semennya pakai apa, masang genteng dan batu batanya bagaimana. serahkan pada ahlinya, si tukang bangunan itu. kita tinggal menikmati rumah idaman kita.
            simpel aja

          •  

            @Garu langit…saya mau reply comment yg di bawah tp tdk ada icon reply-nya..jd saya reply di sini aja ya..
            comment pertama saya kan cuma…nanya : kapan datangnya….artinya itu pertannyaan terbuka buat siapa saja…….saya hanya penggemar dunia militer dan kebetulan saya wni….jd saya ingin yang terbaik buat militer kita….saya gak mau…di php…ha…ha…..

            Kedua, pemisalan lg buat rumah….untuk hal ini kita beda….kalau saya walaupun saya tidak ngerti dunia pertukangan, tapi kalau saya lg buat rumah saya akan tanya sama tukangnya, dia pakai semen apa, pakai kayu apa atau pakai atap apa….maksudnya biar kita juga nambah ilmu dan tidak di kadali sama tukangnya…jadi jangan terima jadi apa adanya aja….
            Berarti kalau anda beli barang anda gak pernah nanya2 dan cek spec nya yah….

            Ketiga……kata anda serahkan pada ahlinya…maksud anda siapa ahlinya itu?….kalau untuk pespur ini siapa ahlinya?…..

        •  

          Kepo ah bang buyuang…hihihi

      •  

        @gelek

        Ingaaaaaat….ada hubungan kausal yang ditandai dg kata “berencana” dan diakhiri dg kata “maka”.

      •  

        Media rusia? Media apa? Bisa dipercaya, blog juga media, lelucon yang sama sekali tidak lucu bung, kecuali pers release pihak KNAPO atau TNI….

  3.  

    Mimpin yg akan menjadi kenyataan…

  4.  

    Absen dulu baru mandi…

  5.  

    mantaappp!!

  6.  

    Ora Teko Teko…

  7.  

    mantap……..
    bungkus secepatnya biar beruk2 malon kita tembaki kalo masuk sembarangan lg……

  8.  

    di wolak walek sampek gosong kobong sangit pait sampek jentit ….haduhhh

  9.  

    ngomong2..
    pakfa yg generasi kelima kan udh hampir siap. tp kenapa rusia malah mengurangi jumlah pakfa yg mw dibeli dan justru memilih membeli lebih bnyk su 30 dan su 35 ????

    •  

      Kalo dirunut logika aja y bang, saat ini, fighter rusia yang sudah siap baik aspek teknis dan non teknis itu ya su-30 sm dan su-35. Lain cerita kalau tiga fighter itu udah siap semua, saya yakin Rusia akan mengakuisisi lebih banyak PAK FA daripada yang dipesan saat ini. IMHO

  10.  

    8 biji doang kenapa bisa jadi benteng?kalo 45 biji baru bisa..eh salah..36 ajah…hehehehe

  11.  

    walaupun dpt varian K … yg penting punya hidung bisa jangkau 400 km & air superiority & multirole & bebas dipakai tanpa syarat dan ketentuan

  12.  

    Yaah kenyataanya begituu…dari pada begitu lebih baik begini aja….kita tidur bareng2…dan bangun di saat waktunya sadar di depan mata…xixixi

    Lebih baik minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu….

  13.  

    Emang kanon su35 di kiri ya??????

  14.  

    Bagi mana dengan datalink..apa bisa

  15.  

    Terus Kapan?

  16.  

    TS 3501
    emmm…

  17.  

    Maaf itu gambar beneran apa editan coba yang ahli metadata…biar ga mabok vinisilin….

    semoga benar adanya….

  18.  

    Indonesia meminta kpd pihak rusia spek yg terbaik di kelas sukoi 35……ssstttt,….indonesia beli satu skuadron loh,…..xxixixixi

  19.  

    dapat bocoran jumlah pesawat su35 yg mau dibeli sebenarnya berjumlah 32 ekor XD

    kerja kerja

  20.  

    Karna su35 lebih siap tarung dari pada pakfa.info ad yang bilang Indonesia beli 36 awal datang 8…di liat dari dana kemarin klau di hitung hitung bisa thu 36 biji heheheh

  21.  

    Goreng terus…sampe gosong

  22.  

    Nggak Rusia maupun Amrik dan Eropa sama aja apaupun alusista yang dijual ke NKRI tetep aja alusista kelas 3, apa yang dibanggain buat TNI kalau standar alusista msh dibawah milik Singapore, Malaysia da Australia, lebih baik buat sendiri ayo para Ahli Pindad, DI dan Lapan jangan malas2 dan jangan hanya bisa mengemis ilmu kenegeri orang belajarlah kreatif dan memotivasi diri untuk menciptakan alusista canggih buat NKRI , MERDEKA !!!!!

  23.  

    Semoga cepat terwujud kekuatan MEF yg sebenarnya

  24.  

    alutsista tni yg di bwah austrail, singapur dan malae apa aja bung, jd pengen tau..

  25.  

    begitulah bung kalo otak udah macet gk bisa upgrade lagi 😆

  26.  

    itu jangkauan 3 m2 mksdnya apa yach… maaf orang awam…

  27.  

    itu jangkauan 3 m2 mksdnya apa yach… ma’lum orang awam…

  28.  

    Radarnya 400km..?
    Pensilnya Yang mana ya Yang nyampe 400Km.?

  29.  

    Cuma 8 biji di bilang benteng tangguh ,Come on Guy …Indonesia seluas inI dapat sejumlah itu sudah di sebut benteng tangguh …PIYE IKI.?

  30.  

    Su 35 dibeli 16 unit, tanya aja bung tn phd…

  31.  

    Ini akan jadi pesawat terbaik yg kita miliki..
    Dan semoga tidak hanya pesawat ini yg datang.. Hhi”

  32.  

    BOSEN!

  33.  

    Gambare kok kyke onok seng aneh yo seng siji su 27 lha sijine iku su piro??
    benderane indonesia psan..

  34.  

    Beritanya tiap hari
    Tapi.. ga dateng2.. masih 2018
    Kalo jadi.. kalo kredit disetujui.. kalo anggaran di acc.. kaloooooo….

  35.  

    Bisa aja ngetrollnya biar rame ya artikel tahun kapan nih pakai sotosop lagi ckckckck

  36.  

    Kok liat gambarny Su-27 dan Su-35 ya…

  37.  

    Ane berharap bisa tot sama pihak sukhoi bung ,kemampuan dan ilmu mereka sangat kita butuhkan.

    INDONESIA BERJAYA SELAMANYA.

  38.  

    Pesawat jelek

  39.  

    YAH NANTI JUGA DI COPY SAMA CHINA

  40.  

    Habis itu kita dapat ifx di tahun 2022… Jadi bangga ifx duet sama Su-35..katanya malon mau beli raptor sekalian f 35wkwkw ?

  41.  

    ts 3501 gapake antena depan?

  42.  

    klo yg camo kuning udah terbang di mks sejak 2014 akhir,,,#klopun ada yg datang pasti lebih hebat dari SU 35

  43.  

    Itulah Indahx Demokrasi bro..Indonesia mpe ckrg aja intel asing jg bingung kekuatan tempur Qt Segede mna..Merujuk dr Ghoibiyah Cetar membahana Alutsista Qt..Tp klo merunut dr Jamaiyah y sgto itu aja..itu cm Pndngn ane Org Prbtsn Kalimntn tp jgn heran klo dprbtsn udh da alutsista Qt nongkrong dimari terutama Tank n Mlrs home basex Di Sangatta..Utk di Tarakan Pesawat tempur yg standby Ready…

  44.  

    Om buyuang kepo amat.
    jd kl ada pembelian alutsista gahar yg bs mmbuat geger kawasan, yg notaben nya adalah top secret, harus ngelapor ke bung buyuang, gt ?

    •  

      He..he…..kok anda punya pikiran bgt?…saya kan cuman nanya tuh pswt kapan datangnya?….mnrt saya itu pertanyaan yg wajar toh?….para pecinta pespur juga pasti punya pertanyaan yang sama…..itu pertanyaan terbuka kok…bisa di jawab siapa saja

      Dalam dunia militer terkadang tidak semua peralatan tempur itu harus dirahasiakan, walaupun canggih sekalipun. Ada kalanya diumumkan ke publik (baca: negara lain) tujuannya biar negara lain mikir2 dulu kalau mau berurusan dengan kita…itulah sifat “penggentar”..

  45.  

    Biarkan yang secret tetap secret,
    kalo memang konsumsi publik pasti di woro-woro
    # [S-T] Samael

  46.  

    mmbleeeengeeeerrr dengar berita ini diulang ulang.gak usah dibeli. ini pesawat ecek ecek dari tong sampah daur ulang.

  47.  

    radar sampe 400k tapi gak punya pinsil yg bisa nembak sampe segitu jauh trus cuma buat deteksi aja gitu? yakin bisa mendeteksi siluman j-20 dan f-35??? kacau bener ulasannya.

    •  

      Bung Cospree mungkin bisa sharing kepada kita semua, kira-kira apa yaaa Bung Rudal udara-udara yg jangkauannya bisa 400 Km (ngikutin jangkauan Radarnya kata Bung ?).

      Kalo rudal Vympel 160 km, Aim120: 125 km, PL15 : 200 km dan Meteor : 200 km.

      PESA Irbis SU35 utk RCS 3m3 memang bisa deteksi sampai 400km, dan jika RCS 0.01m2 maka akan menurun sampai dengan 100 km. Hal ini pun masih dilapis dengan IRST dengan jangkauan 60 km.
      Jadi sekacau apa ulasan di atas bung ? mohon sharingnya?

  48.  

    pesawat hawk lg wara wiri di pku formasi tempur 😀

  49.  

    berita ini di rilis tanggal 02 agustus 2016 bahwa chino memesan sekitar 24
    pesawat bedasarkan kontrak 2015 (Rosoboronexport) melalui CEO rostec
    Sergei Chemezov pada pertemuan dengan putin. negara lain yang tertarik adalah
    aljazair,mesir,vietnam serta venezuela.NKRI di beritakan telah memesan sekitar
    12 dan mungkin hampir 18 pesawat pejuang jenis ini. pembelian akan di lakukan
    secara bertahap.pertama akan di beli sekitar 5 sampai 6 untuk waktu yang singkat.
    (dari berbagai sumber)

  50.  

    indonesia klo gak punya duit jngn ngomongin sukhoi…35 deh…
    mending beli SUPER TUKINO ajeh…
    yg ada gambar hiunya itu…..hehehehehe

    katanya negara besar NKRI….ko ko gak punya uang…kalah sama negara UPIL JIRAN sebelah….
    #miris lihat te

    •  

      Buktinya walaupun punya F15 40 unit klo kita gertak dikit langsung tiarap,, emang kita punya apa skrg berani gertak Si upil yg kata anda lebih jaguh semuanya?? Tolong jelaskan ke saya yg newbie ini.. Terima kasih :mrgreen:

    •  

      Super Tukimin kan udah ada 1 Skadron d malang… masak beli lg… hampir tiap hari terbang d angit pasuruan…. Mending CN-235 d persenjatai…

  51.  

    Grob sampai 38 biji emang mau bwt spesialisasi apa nih

  52.  

    ngimpiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii disik aahh

  53.  

    jangan ngomongin daerah langit dulu, mending ngomongin masalah laut dulu, soalnya nenek moyang kita kan orang pelaut, tapi tetep aja kena bajak abu sarapppp…nenek moyang luuuuuuuuuu

  54.  

    Udah deal beli 16 unit kan dpt kredit dri rusia krn ini bagian taktik dagang rusia-indo jadi tidak semua dipublish
    Tp aku yakin kita beli su35 1 skuadron 16 unit.yg dtng 8 unit tahun depan.

  55.  

    belanda juga reklamasi dan singapura juga. apakah mereka tidak berfikir tentang biota laut yg rusak???

  56.  

    SU-35 su e ora teko teko

  57.  

    alaaa, dikasih grafik / data, balik nuding bhw grafiknya buatan sendiri, gak mampu cari data tandingan..

  58.  

    Klo artikelnya kaya gini pasti ada yg panas sepanas lcs..wjkwjkwjk

  59.  

    JADI SAMPAI SAKIT MERIANG DENGAN DEMAM TINGGI YAH BANG,,…?? SAMPAI KE UBUN UBUN….??
    ha ha ha

  60.  

    SABAR,…SABAR….

    ha ha ha

  61.  

    naluri yg normal….
    xixixi

  62.  

    Rafale / gripen ga masuk bung?

  63.  

    SU-35 BENTENG UDARA TANGGUH INDONESIA
    judulnya itu lo seakan2 kita dah punya ni pesawat. teken kontrak aja blm dah ngomongin benteng udara. klu kt dah pnya br ngomongin benteng udara

  64.  

    Aduh….beli dulu rudalnya Su 30 sama Su 27…belinya mcam2 tp rudalnya ngak ada..
    Pesawat rusia airframenya ngak lama..manualnya juga rusia..ngak bagus

  65.  

    36 Su35 = 12 unit x 3 skuadron
    38 Su27/30 = 12 unit x 2 skuadron + 14 unit x 1 skuadron
    F16 = 39 + 17 = 56 = 14 unit x 4 skuadron
    36 EF Typhoon = 12 unit x 3 skuadron
    24 FA-50 = 12 unit x 2 skuadron
    19 T50i = 1 skuadron
    skuadron jet = 3 + 2 + 1 + 4 + 3 + 2 + 1 = 16 skuadron
    15 Super Tucano = 1 skuadron
    Skuadron tempur = 16 + 1 = 17 skuadron

    Dikamuflase dengan rilis resmi :
    16 Su35 = 1 skuadron
    24 Su27/30 = 2 skuadron
    24 F16 blok 52id = 1 skuadron
    12 F16 OCU = 1 skuadron
    36 EF Typhoon = 3 skuadron
    24 FA50 = 1 skuadron
    15 T50i = 1 skuadron
    15 Super Tucano = 1 skuadron
    1 + 2 + 1 + 1 + 3 + 1 + 1 + 1 = 11 skuadron

  66.  

    soal grafik itu ditujukan ke ruskye

    sumber grafik lazimnya udah tercantum di grafik itu sendiri, atau kelihatan di link-nya

  67.  

    Neng carin… Meski kaleng krupuk ko segede pesawat beratnya 6 ton yen nibanni ndasmu yo modar tho…. Juga ocehannya sesuai dengan gambarnya ya neng carin,….cocok..!!?
    Oooo ya mbah bowo….: orang t ua itu lahir duluan,… Wajar lebih tau… Tapi jaman anda dah beda…. Iptek,…..makmur itu perlu…… Tapi percuma ko setiap saat wawas bandit dan begal datang sewaktu waktu.,….

    Salam sangking lare gunung

  68.  

    .

  69.  

    Gw ttp milih su35 3 skuadron ditambah gripen 3 skuadron.

 Leave a Reply