Feb 052016
 
Su-35 Rusia

Su-35 Rusia

Angkatan bersenjata Rusia mengirim empat pesawat tempur Su-35S terbaru dalam operasi militer melawan kelompok teroris ISIS di Suriah, ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Igor Konashenkov. Menurut seorang narasumber dari kompleks industri militer Rusia, Moskow mau menunjukkan kemampuan tempur pesawat terbarunya ini sebelum dikirim ke Tiongkok.

Kepala Staf Umum Rusia memutuskan menguji coba pesawat tempur Su-35S terbaru di Suriah. Dalam bulan Oktober–November tahun lalu, pabrik Sukhoi di Komsomolsk-Na-Amur mengirim empat pesawat Su-35 kepada Aerospace Force Rusia. Keempat pesawat Su-35S lepas landas dari pangkalan udara di Astrakhan, terbang melintasi Laut Kaspia serta wilayah udara Iran dan Irak, untuk sampai di Provinsi Latakia di Suriah.

Menurut Mayor Jenderal Igor Konashenkov, Su-35S memulai misi tempur di pangkalan udara Hmeimim, Suriah, sejak pekan lalu. Ia mengatakan keamanan seluruh pesawat Rusia yang melaksanakan tugas di Suriah dijamin oleh pesawat-pesawat tempur Rusia dan Suriah, serta sistem pertahanan udara yang modern, termasuk S-400.

Su-35

Mengapa Rusia mengirimkan Su-35S terbaru ke Suriah?

Pada akhir 2015, Rusia dan Tiongkok menandatangani kesepakatan penyediaan 24 pesawat tempur Su-35 terbaru, dengan nilai kontrak sekitar 2 miliar dolar AS. Satu unit pesawat tempur dihargai 83 juta dolar AS.

“Sebelum pengiriman Su-35S ke Tiongkok, Kementerian Pertahanan dan Rosoboronexport harus melakukan uji coba pesawat tempur dalam medan pertempuran yang sesungguhnya. Tindakan ini dianggap sebagai komponen tak terpisahkan dari setiap kontrak pemasokan senjata,” ujar seorang narasumber industri militer Rusia.

Narasumber RBTH mengatakan, belum lama ini pesawat tempur Angkatan Udara AS, F-22 “Raptor” melaksanakan penerbangan dari pangkalan udara di Italia ke Irak dan Suriah, untuk menunjukkan kemampuan pesawat dalam medan tempur kepada para pembeli.

“Keikutsertaan arsenal udara Rusia ke Suriah menyebabkan peningkatan tajam minat pembeli asing terhadap pesawat Rusia, antara lain : Su-24, Su-25M hingga fighter bomber Su-34 terbaru. Saat ini, sejumlah media Arab membahas pembelian Su-34 oleh salah satu negara di Semenanjung Arab dan Aljazair,” kata narasumber tersebut.

Menurutnya, penerbangan jet tempur Su-35S di Suriah, akan sangat membantu penjualan unit tersebut ke pasar dunia ke depannya.

Pada November 2015, Indonesia juga telah mengambil keputusan untuk pembelian pesawat tempur buatan Rusia terbaru. Saat ini, Rosoboronexport sedang melakukan negosiasi dengan perwakilan dari Uni Emirat Arab mengenai kemungkinan pembelian Su-35.

Ancaman Militer dari Turki

Pada 31 Januari 2015, Angkatan Udara Turki disiagakan penuh sehubungan dugaan pelanggaran pesawat tempur Su-34 Rusia di wilayah udara Turki. Moskow membantah informasi mengenai pelanggaran tersebut.

“Namun, dalam situasi politik yang terjadi saat ini, Su-35S juga diarahkan untuk memperkuat armada Angkatan Udara Rusia di Suriah. Su-35S merupakan pesawat tempur multiperan yang bekerja sebagai penakluk wilayah udara dan juga menghancurkan target darat,” kata Direktur Pusat Strategis Ivan Konovalov.

Ivan Konovalov menekankan, saat ini Turki menganggap ancaman Rusia berada pada tingkat ‘oranye’ dan pilot AU Turki dapat membuat keputusan yang independen. Mulai saat ini, setiap pilot pesawat tempur dapat menembak jatuh pesawat Rusia jika dianggap mengancam keamanan nasional Turki. Rusia pun bersiap untuk mengantisipasinya.

Indonesia.rbth.com

Artikel Terkait :

  142 Responses to “SU-35 Dicoba di Suriah, Sebelum Dikirim ke Indonesia”

  1. wkwkwkwk spesial buat Indonesia dibuat jadi Battleproven dulu tuh pesawat.

    • tapi dengan judul diatas.. menunjukan bahwa pesawat yg indonesia pesan itu adalah bekas.. mhon di benerin hingga tidk terjadi salah faham.

      • Udah pd ejakulasi baca judulnya.. isinya aja ga nyambung sm judulnya..

      • Bekas gimana ? Wong pilot TNI AU kok yg nyobain langsung di suriah…cek aja di black label patga.

      • YANG PASTI..,DALAM SEJARAH PERANG UDARA
        ,PESAWAT RUSIA HANYA DIJADIKAN SANTAPAN EMPUK BAGI PESAWAT USA…FAKTA TOH…..!

        ha ha ha

        • ASU cua menang di propaganda doank….!!!
          coba kalau pilot asu pakai pesawatnya produksi ASU ,Melawan Pilot rusia dengan pesawat produksi rusia berani di adu ga???

          Setahu saya Piot Rusia denga sukhoi 27 pernah menantang pilot ASU Duel di Laut Hitam.

          Pilotnya ASU Mingkem tuch ga berani ….udah sambil mingkem sambil ngeces pula tuch pilot ASU. ……!!!!

        • TIDAK ADA SEJARAH NYA SENJATA AMERIKA LEBIH BAIK DARI SENJATA RUSIA, kalau propaganda nya amerika memang lebih hebat karena amerika negara super pengecut , kalau urusan kroyok mengkroyok tuh amerika huebat

      • @kelapa treez

        Enggak bekas bung…cuma direyen dulu kok

      • Saya sangat heran dengan dengan pemberitaan judul dan isi berita ini, ada apa dengan otak penulis……….
        Tolonglah admin, berikan berita yang bermutu, biar tidak salah tafsir…
        Saya sudah lama nongkrong mengikuti berita diforum ini, tapi anehnya Beritanya makin lama Makin Kontroversial

      • Beli baru… MENHAN sendiri yang ngomong langsung…. dijamin 100% new. karena baru jadi gak jadi beli 16 ekor… tapi lengkap sama senjatanya

    • ….meng-x ntar dapet diskon klu akuisisi 2 skwadron Sukhoi Su-35 neh…..

      • Ini barang kagak moncerrr…..!!!!
        Menang nama gagal dalam perang.boros bahan bakar bikin negara bangkrut.pada ketipu russia pada!
        Muehehehehehehehehhe

    • Iya maksud ane begitu pesawat nya yg punya Russia di pake dulu di Suriah, baru nanti yang punya Indonesia dikasih baru dari pabrik.

    • Perasaan judulnya tidak sesuai lagi dari sumber berita..
      yang kedua coba liat jawaban kenapa su 35 dikirim ke suriah.. tidak disebutkan buat indonesia tapi tiongkok.

      Saran, kalau buat judul jangan asal-asalan. berita boleh copy paste.

    • Yang pasti resmi dirilis 12 pesawat SU-35 full senjata canggih pesanan indonesia, daripada 1 skuadron tanpa senjata.
      Moga aja lebih dari 12 pesawat Su 35 ditambah beberapa unit Su 34 . Amin

      • Muehehehehehehe
        Hati-hati di ketepel F-22 raptor.
        Su-35? Telanjang bulat dong…..ini barang kagak moncerrr…….!!!!
        Muehehehehehe

        • Sengaja dikeluarin Su 35 , buat mancing F 22 raptor keluar dari sarangnya. Ajang pembuktian Su 35 vs F22 raptor di suriag. Siapa yg moncer ??? Kita tunggu reporter yonhap , nyungsep bersama F22 raptor dan ditemukan tewas di TKP.

    • Baru tau sekarang ternyata perang itu hanya medan ujicoba produsen senjata perang..
      dan sipil itu kelinci percobaannya..begitu kejamnya hanya untuk uang yg G seberapa dibanding nyawa orang yang G bersalah yg jd sasarannya..

      • Idem Bung,,, “Nggak Cuooocok!”

      • Betul, coba klo yg dijadiin tempat ujicoba itu di ASU… Pasti banyak yg protes… HAM HAM Hamburger…. Negara selain negara besar dianggap “numpang” dunia Milik mereka jd bebas buat diapain aja…

    • berita yg menyesatkan tidak ada hubungannya dg isi berita

  2. Pertamax

  3. “Sebelum pengiriman Su-35S ke Tiongkok, Kemeenterian Pertahanan dan Rosoboronexport harus melakukan uji coba pesawat tempur dalam medan pertempuran yang sesungguhnya. Tindakan ini dianggap sebagai komponen tak terpisahkan dari setiap kontrak pemasokan senjata,” ujar seorang narasumber industri militer Rusia.” cina oom, cinaa….. judulnya beda ooomm…!!

    • Penipuan khas Jakartagreater ya ng sudah terkenal itu … sama saja dengan penipuan yang dilakukan oleh media indon selama ini …. ternyata yang diberitakan dan dibangga-banggakan selama ini semua adalah HOAX … Dasar Indon …

      • Terserah yg baca bung…mau blg hoax hak anda…mau blg uda d pesen oleh negara kami adalah kebanggan kami….like or dislike its your….sweet regard mmmuuuaaaccchhh…hihihihi….

      • Semua yang baca disini pasti juga sdh pada tahu yang sebenarnya, toh nantinya sama saja indonesia juga bakal beli sama seperti Tiongkok. Media Tv O*ne dan M*etro tv saja kadang beda judul tapi intinya sama saja. Hanya masalah bahasa jurnalistik semua bisa menulis. Dan inilah bahasa tulisan di JKGR.

    • Seperti biasalah selalu berlebihan kan buat artikel nyenengin pecinta sukhoi aja yg berharap kt cepet dapet su35.

      • Bray….
        Judul nya memang akan dicoba disuriah…sebelum dikirim ke indonesia…
        Tapikan…ada tulisan di bold…Indonesia telah memutuskan bla bla bla…
        Maka secara timing…Su35 di trial di suriah dulu…baru ada pengiriman Su35 ke indonesia…benar bukan bray????…hehehehe…
        Salam bray….

  4. hahahaha judul yang menyesatkan.

    • Benar.. Judul sama isi gak sama.. Anak SD pun tau klo ini menyesatkan..
      Pantaslah klo berita yg berasal dari JKGR saat skrg mulai kehilangan kepercayaan & terkesan ngawur dimata pencinta militer indonesia..
      Sdh beberapa kali pula kita temukan berita basi diangkat kembali, masih ingat ketegangan di semenanjung korea yg artikelnya baru terbit di JKGR sebulan kemudian..
      Skrg yg lg tren JKGR buat artikel dgn judul yg tdk sesuai dgn isi.

  5. tes

  6. Di tes dulu baru kirim..hehehe

  7. Gpp. Drpd Indonesia sendiri yg hrs nyoba di suriah

    • Y drpd pilot kt makan gaji buta+kebanyakan latian, mending bgt kirim ke suriah adu skill sm turki di perbatasan via suriah.

  8. walaaaahh.. ko judulnya bikin panas dingin sih 🙁

  9. gak sabar pengen liat pesawat ni mendarat di tanah air hehehe tapi jangan mendarat di malaysia ya nanti di kira pisang ahahaha

  10. wahhh, biar dikata “battle proven” xixixixi

  11. Kapan ya di kirim ke sini

  12. Padahal ditulis untuk tiongkok (pemeran utama di artikel ini) kok jadi untuk Indonesia… *geleng-geleng gadis nakal ge-ernya kagak nahan*

    • inilah perlunya Admin bisa di kudeta bung oleh Warjager ,
      sedari awal ane tak tertipu

      yang tertipu itu para Malon en Beruk , ampe keringetan , agak bernafas lega … Owwh Cina tho

  13. Klo liat cammo nya mirip punya kita yah..

    • Mungkin sengaja dibikin sama, tinggal ganti stiker bendera dan nomor seri, maka sdh ganti ktp, barangkali masih dititipkan disana. xixixi.

  14. Entahlah…saya nyimak aja…kalo datang ya syukur kalo ga ya cri yg lain..hhe

  15. Admin diselamatkn oleh tanda koma di tengah judul.

  16. Nggak ada yang salah dengan judul itu.

    Di artikel dsebutkan : Pada November 2015, Indonesia juga telah mengambil keputusan untuk pembelian pesawat tempur buatan Rusia terbaru.

    Berarti sebelum dikirim ke Tiongkok dan Indonesia, Su-35 dicoba dulu di Suriah. Salahnya di mana 😀

    • Betul bung…. saya jg sependapat dengan anda… di artikel sblum ini jg sudah d bahas siapa 2 negara pembeli su 35s

    • Salahnya ialah bukannya S35 sudah ada dimari Bung Diego ??? 🙂
      Ups HOAX…

    • bung@diego setuju
      betul….ga ada yang salah.. kecuali jika diatas judulnya PAK FA T-50 dikirim ke indonesia 🙂

    • wkwkwkwk

    • setuju bung @Diego,

      Inilah yg dimaksud tersirat dari yg tersurat. Bahwa tdk cukup dng hanya membaca beritanya saja lalu berkomentar, tp dipahami dng mengaitkan berita” yg sebelumnya. Itulah yg disebut merangkai clue.
      Sehingga tidak mudah memvonis HOAX.

    • Berarti yang baca pada gagal paham yaa . . . kebanyakan scot jump itaknya jadi melorot kedengkul . .

    • saya kira merubah judul dari berita aslinya kurang baik bung…. jadi Bias dan kontroversi…. CMIIW

    • Bung Diego,,

      Dalam etika juranlistik yang profesional, mengganti judul berita asli adalah perbuatan yang sangat tercela dan memalukan …jadi jika anda berpendapat bahwa penggantian judul adalah sesuatu yang biasa bagi anda .. maka tahulah saya tingkat kredibilitas anda dan jakartagreater sekarang …

      • Setuju bung..ini masalah etika jurnalistik..kl pernah bljr menulis (jurnalistik) dr judul sampe isi itu seperti segitiga..apa yg ada di headline/ judul PASTI (ane CAPS nih!!) menggambarkan isi berita..tp yg ada disini sm bung admin di pelintar pelintur judul asli nya biar dagangannya laku..sedih jg sih liat kapasitas admin nya begini..shame on you..

    • nyri artikel jkgr lama yg klaim tni dah byr lunas rafale dan akan tiba akhir 2014… skrg sdh 2016 artikelnya pun ntah kmna… apa jangan2 rafale nya di parkir juga di brunei bersama dengan eurofighter gripen tu22 su34 tni??

      lantas gmna kelanjutan clue nya ndan narayana yg bilang indonesia udah punya rudal kendali antar benua (icbm) yg disimpan di gerbong krl??? apa ditaruh di depo bogor apa depok???

    • Idem Bung Diego,,,

      “Cuoooocok!”

  17. judulnya sah” aja, org juga mau dibeli indonesia kan . . . . yg aneh itu
    “belum lama ini pesawat tempur Angkatan Udara AS, F-22 “Raptor” melaksanakan penerbangan dari pangkalan udara di Italia ke Irak dan Suriah, untuk menunjukkan kemampuan pesawat dalam medan tempur kepada para PEMBELI.”
    😛 yg beli siapah

  18. Sebelum gagal paham di artikel ini coba baca artikel sebelumnya…. disebutkan kalau su 35s rusia telah menemukan 2 pembeli yaitu cina n indonesia dan mencari pembeli yg lain…. dari situ jelas siapa pembeliN… dan dalam artikel ini.. penyebutan negara cina sudah mewakili indonesia jg.. mgkin jubirN lupa nyebut indonesia… koreksi jika salah …. lon malon jangan ayan n kojel kojel di bilik termenung y klo su 35s uda dateng…

  19. Sudah di cek dan isi sama dengan di indonesia.rbth.com,, cuma judulnya di ganti

  20. malon mana malonyet……….jangan” lagi dikurung sama bung colibri nih…ckck

  21. Su 35 dibeli tni 2 skadron Makin kuat indonesia,malayasia makin loyo singaporno makin mnciut

  22. wkwkwkwkwk

  23. Bandaranya masih dikebut…

  24. mantaf wkwkwk

  25. Yg penting “jadi di beli”….
    Bkn cuma mimpi….
    Yg penting happy….
    Tinggal nunggu datang d NKRI…
    Yg penting semangat lg…
    Kita dukung selalu TNI

  26. dr pada dapat f16 bekas trus disuruh tmbah biaya masuk bengkel

  27. Tdk ada cerita ttg su35 ke indonesia… Itu di ujikan su35 tuk china… Dasar waluh nih… Ngarang melulu

  28. gambar no 2 mirip screenshot game Ace Combat 6 … bukan foto real

  29. Semua yang dibeli oleh Indonesia masih gresss kenyes kenyes alias baru, sebanyak 12 Unit ketengan haha, langkah rusia sudah benar agar pasar melirik Su 35 dan menunjukan pesawat ini telas lewat ujicoba tempur,, berita diatas juga sudah benar RBTH yg mengeluarkan, nah sekarang dgn dibelinya 12 SU 35 negoisasi apakah yg sedang dikeluarkan oleh pak Menhan?? TOT kah atau yg lain??

  30. Tpi ada betulnya juga pasal baru dua negara yg memesan pesawat su35s dan itu cina dan indo

  31. jiah smua pada geger…buakakkkaka guprakkkkk…hhahahh

  32. Nunggu Bulan April saja jadwalnya Menhan Pak RR akan berkunjung ke Rusia, daripada mikir macem2 entar salah, sapa tau ada kejutan sebelum April kita juga gak tau?

  33. Diego kalo bikin judul suka MBELGEDES PRETT.
    Yg biasa aja kenapa. Gak usah selalu LEBAY.

  34. Haaaa..biasa nx berita bginian malon provokasi ne…ayo lon..!!!

  35. INDONESIA punya selera.

    Jgn pernah meragukan kemampuan kita krn itu awal sebuah kekalahan.

  36. black dog

  37. malon mung iso’e yo nyocot tok kakean cangkem wong pilot’e TUDM ae yo sik saknisore skill’e pilot TNI AU

  38. asyik banget klo rame ky gini…heheee… jktgreater top dah… berarti antusias n semangat rakyat indonesia utk memiliki super figthter su35 mendapat dukungan penuh kecuali yonhap…xixixiii…klo ane sih oke bgt dgn nih su35. top markotop.. di tunggu kedatangannya dimari.

  39. Bagus jika SU 35 di uji dipertempuran yang sebenarnya agar kekurangannya disempurnakan. Walaupun sejatinya su 35 bukan hal baru tapi dari basic SU 27 yang diperbaharui dimana SU 27 sendiri sudah batle proven sehingga SU 35 untuk versi Indonesia makin sempurna

  40. Su35 sudah jadi pilihan indonesia untuk dibeli,tapi sampai saat ini tak ada tanda tangan kontraknya.selama belum ada kepastian tanda tangan kontrak saya belum bisa percaya indonesia sudah beli.jika ingin dirahasiakan lebih baik beli 100 unit tapi bilang 1 unit saja.

  41. Ane dh ga penasaran ama Su35…ato black label…tp ane masi penasaran ama payung udara indonesia kedepan nya akan dr mana sumber nya…dr timur ato dr barat…semoga…bocoran selanjutnya dr visit menhan ke rusia naek jd artikel…hehehe

  42. baiknya coment yang positif, mau judul di rubah/tidak ga soal, suka you baca ga suka you diam.Kobarkan Semangat Pertempuran.

  43. Test

  44. @diego sebenarnya saya sering membela JG di forum lain …mereka sering mengatakan bahwa beritA di JG kebanyakan adalah onani otak …saya terus Bella sampai saya sadari bahhwa bung @diego sendiri membuat artikel dengan me rubah judul asli menjadi seperti Ini..
    Dan sanggahan yg bung tulis sangat kekanak2an…
    Saya Sangat sesalkan Hal Ini bung …ternyata saya yang Salah aelama Ini dan mereka di forum lain yang benar…bahhwa level JG cukup disitu saja

    Thx

    • @sommerville

      Jiaaaah…onani otak, keluarnya jadi ingus dong?

      Jangan gitu ah, gak enak sama bung admin…padahal bener tuh heeeeeee

    • Aduh @Somerville, kamu sampai sebegitu kecewanya. Maafkan saya ya …

      Level JG itu, tidak sebatas membaca judul, tapi harus dibaca juga isinya 😀

      • Tp tidak dengan mengganti judul asli tp isi artikel ttp sama bung.. coba bung pikirkan donk kl bung yg jd penulisnya..artikel bung dicomot tp judulnya diganti seenak udel.. kl lo emg top lo bikin artikel sendiri bung..

  45. kemarin memanipulasi tulisan war is boring. sekarang memlintir tulisan rbth. ckckckck…apa gak malu kalian ini??? gak berani jujur.pantes aja suka diejek negara lain. lha sukanya mengada2 dan menipu diri sendiri.

  46. Modaro !!!!

  47. Parah ni admin bilang sumbernya rbth tp sy buka rbth bunyinya ke TIONGKOK
    wah gimana admin.. walaupun kelak kita juga dapat tp GA BOLEH merubah judul berita begitu .. masalah kejujuran itu berat min

  48. SU 35 jadi tahap pertama 12 buah.
    Tahap dua 24 buah.
    Kilo/amur/lada 6 buah.
    Frigate Gorshov 8 biji
    S-400 12 baterei,
    Satelite militer 3 buah

    puas nih bayar pajak, biar TNI kuat Dan Indonesia disegani dunia

  49. Fact 1-a :
    Menurut seorang
    narasumber dari kompleks industri militer Rusia,
    Moskow mau menunjukkan kemampuan tempur
    pesawat terbarunya ini sebelum dikirim ke
    ”Tiongkok”.

    • Fact 1-b :
      “Sebelum pengiriman Su-35S ke Tiongkok,
      Kementerian Pertahanan dan Rosoboronexport
      harus melakukan uji coba pesawat tempur dalam
      medan pertempuran yang sesungguhnya.
      Tindakan ini dianggap sebagai komponen tak
      terpisahkan dari setiap kontrak pemasokan
      senjata,” ujar seorang narasumber industri militer
      Rusia.

    • Fact 2-a :
      ”Pada November 2015, Indonesia juga telah
      mengambil keputusan untuk pembelian
      pesawat tempur buatan Rusia terbaru .”

      kata kunci :
      keputusan untuk pembelian.

      catatan :
      keputusan tidak sama dengan kesepakatan.
      keputusan = diambil sepihak (satu pihak – dalam khasus ini internal pemerintah NKRI).
      kesepakatan = perjanjian yg disetujui bersama (banyak pihak – dalam khasus ini antar pemerintahan NKRI & Russia).

  50. HAHAHA…pesawat bobrok emang kudu dikirim ke medan laga kacangan kek Suriah, nih barang bobrok emang cume pantes ngadepin pemberontak ame ISIS yg kagak ada pertahanan udara-nye…Kalo mo ngelawan barang canggihnya USA minggir dah tuh…Jadi kesimpulanye ape dong..?? Ya eni nih kesimpulannyae: KAGAK MONCER NI BARANG !!!! HAHAHAHA…

  51. Adminnya oon. Tidak ada satupun kata narasumber yang menyebut INDONESIA. Itu yang diblod itu bukan kata narasumber tapi data pelengkap yang disampaikan oleh RBTH yang dalam dunia jurnalistik disebut sebagai sebuah latar belakang atau data pelengkap.Lebay.
    Kasus lebih parah di berita ini
    http://jakartagreater.com/risau-dengan-su-30-dan-su-35-sebenarnya-australia-ingin-f-22-daripada-f-35/
    Itu berita terjemahan dari War is Boring, di situ tertulis Angkatan Udara Australia kalah saat uji tempur dengan Angkatan Udara Thailand, padahal di naskah aslinya adalah angkatan udara Malaysia. Apa-apaan ini? Gara-gara iri sama Malaysia terus mengubah fakta seenaknya sendiri. Pembodohan namanya. Mending gak usah nulis daripada ngubah2 fakta seenaknya sendiri.

  52. MAKANG BHA…………..

  53. Sabar ya bung Diego. He..he..
    Dalam perjalanan tentu banyak kerikil yang terinjak. Tetap fokus saja.

  54. Ini kritik membangun…dan Ini forum mengenai military jadi kalo admin salah …balik disalvo secara brutal ..Gpp ..make u more wise and stronger

  55. Salah itu memalukan. Tetapi lebih memalukan jika salah dan tidak mau mengakui salah kemudian tidak mau meralat. Itu prinsip jurnalisme kalau anda mau tahu Diego!. Silahkan ikut uji kompetensi wartawan dulu untuk kelas pemula biar paham

  56. Terima kasih semua atas kritikan, celaan dan masukannya. Masukan kalian akan membuat saya lebih berhati hati ke depan.

    Soal mahzab, harus begini, harus begitu…itukan dibuat manusia. Siapapun bisa membuat mahzab. Ada orang yang kaca mata kuda mengikuti mahzab orang lain. Ada juga orang yang tidak mau mengikuti mahzab orang lain dan membuat mahzab sendiri.

    Gak boleh begini, harus begitu. Kenapa ?. Karena saya diajarkan begini. Bukan begitu. Ya Anda yang suka berpikir begitu, silakan begitu. Kalau yang lain berpikir begini, ya tidak jadi begitu seperti Anda.

    Bagi saya, yang penting tidak mengubah kebenaran, tidak menipu. Saya juga mencantumkan referensi asal dari tulisan tersebut. Saya juga memasang link aktif, ke tulisan yang asli, sehingga Anda bisa melihat langsung sumber asli tulisannya.

    Mungkin akan ada yang bicara : “Gak boleh gitu !. Judul harus sesuai tulisan aslinya.”. Kata siapa ?. “Kata Dosen saya, kata buku yang saya baca, kata senior saya dan sebagainya”. Terus kalau Dosen, buku, senior, itu tidak saya ikutin bagaimana ?.

    Siapa pemegang kebenaran untuk semua itu ?. Banyak Mahzab dan saya tidak suka mengkuti Mahzab yang Ada. Lebih baik bikin Mahzab sendiri, tapi tidak memanipulasi kebenaran.

    Saya sadar, akan banyak yang tidak sependapat dengan saya. Banyak yang tidak puas dengan jawaban saya. Gak masalah, karena saya bukan alat pemuas Anda semua. Kepuasan cari sendiri sendiri 😀

    Semoga suatu saat jakartagreater bisa punya reporter dan tulisan sendiri, tidak lagi copy paste. Kalau sekarang memang banyak copy paste, untuk bahan diskusi.

    Salam

    • copas saja salah kok mau pake reporter sendiri. ibarat pesawat china postinganmu ini kaco. sudah nyontek, merusak lagi. kebenaran manaaa? tunjukkan 1 bukti saja kalau RI sdh pasti dpt su_35. tunjukan 1 kata saja dr narasumber rbth yg nyebut indonesia? yg dibold itu data pelengkap berta yg bukan dr narasumber. ini bukan mazab. ini kode etik. baca kewi dong. atau 9 elemen jurnalistik. jgn asal kejar rating trus bohong dan manipulasi. sesuai kode etik harusnya bikin ralat di postingan sendiri. termasuk yg manipulasi tulisan war is boring itu.

      • @rangga….
        Sabar buk..percuma anda teriak-teriak, kita disini cuma sebagai tamu. Mau berkata & berbuat apapun itu adalah HAK dari si pemilik warung, sebagai tamu trima saja apa yg disuguhkan. Setidaknya masih ada yg bisa ”dimakan” bung. Mau ditelan atau tidak, itu selera masing-masing. Jika tidak nyaman untuk ”ditelan”, kenapa harus dipaksakan.
        Take it easy….

  57. Oooo judul aja bikin geger xixixixi

    Kritis amat ya.

    Lihat isi yang tersirat. Itulah yang dimaksud bung Diego.

    Su 35S sudah dikirim ke mana sih ?

    Resminya (Published) kan sudah dikirim hanya ke Rusia.

    Belum dikirim ke negara mana pun (termasuk Tiongkok dan Indonesia) selain Rusia sebagai pengguna.

    Jika di RBTH di judul disebut Tiongkok dan di isi juga disebut Indonesia maka judul yang diubah di JKGR tidak mengubah esensi isi dan maknanya yang tersirat.

    Kayaknya Bung Diego mulai ikutan jamaah cuekiyah nih…

    xixixixi

    Jamaah Cuekiyah adalah “Be Yourself dan tabrak segala aturan penulisan yang ada untuk tunjukkan ekspresi diri”.

    Dengan berlaku demikian maka Cuekiyah adalah seniman penulis yang sesungguhnya.

    Hidup Cuekiyah !!!!

    xixixixi

    RI pun menganut prinsip Cuekiyah lho…buktinya tidak ngeblok ke barat juga tidak ngeblok ke timur tetapi dirikan blok sendiri yaitu non blok.

    xixixi

    Hidup Cuekiyah !!!!!

    Xixixixi

    yang sudah kentara cuekiyah :

    1. Tukang Ngitung, PhD.
    2. MJ
    3. TT al ngibuliyah
    4. Diego
    5. B Stephanus
    6. Theyownitall

    Ada yang mau nyusul ?

    Xixixixi

  58. wkwkwkwk …. MEGA KARTI ikutan nyusul bung TN Phd … kikikikikikih … daftarnya tolong dimutakhirkan ya ? … kikikikih ….

    kenapa JKGR dibilang blog hoax dan blog sampah tapi tetap saja ramai dikunjungi pengunjung ?

    padahal dari segi berita sama saja dengan blog lain sebagian besar copy paste …

    gimana kalau masing-masing bikin blog militer sendiri di BLOGSPOT … dalam waktu 5 menit langsung jadi … kemudian lihat hasilnya apakah ramai seperti PASAR atau sepi seperti KUBURAN …

    kita semua di sini adalah TAMU … semua resiko ditanggung ADMIN dan ADMIN bukan anak kecil dan juga bukan peminta sumbangan dari pengunjungnya …

    JKGR adalah blog baca gratis bukan situs berbayar semacam JANES.COM jadi nyantai aja lah jangan baper (bawa perasaan) …

    sekali lagi resiko ditanggung ADMIN, anda suka silakan baca, anda enggak suka silakan bla bla bla …

    kikikikikih …

  59. suatu kehormatan bagi TUKANG TIPU AL NGIBULIYAH bisa masuk dalam “perkumpulan istimewa” bung TN Phd.

    … xixixi … wkwkwkwk …

  60. kita cuma beli 10 biji itu kata menhan terbaru. gak jadi 16 ataupun 12
    http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/02/09/o29w7e366-maret-indonesia-beli-10-sukhoi-rusia

  61. Hancur nya amerika damainya dunia, hancur nya amerika jayanya NKRI

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)