Dec 312016
 


Angkatan Bersenjata Swedia telah mengaktifkan kembali kemampuan pertahanan pesisir bergerak (mobile) berbasis darat RBS-15 di pantai Baltik, sekitar 16 tahun setelah pertahanan pesisir tersebut dihentikan karena pemotongan anggaran.

Laksamana Thomas Engevall, Kepala Logistik Pertahanan dalam Angkatan Bersenjata Swedia dan bertanggung jawab untuk akuisisi materil dari Defence Materiel Administration (FMV) Swedia mengatakan kepada IHS Jane bahwa Angkatan Bersenjata memberikan “tantangan” pada Saab Dynamics di awal tahun 2015 untuk menentukan kelayakan, aktivasi dan membangun kembali kemampuan sistem pertahanan pesisir asli berbasis RBS-15 Mk 3 ke dalam standar operasional yang dapat diterima dalam jangka waktu satu tahun.

“Saab ditantang pada musim semi 2015 untuk melihat ke dalam apakah standar operasional ini bisa dicapai atau tidak. FMV telah memberikan kontrak. Meskipun dari awal ditetapkannya tantangan butuh waktu setahun untuk meluncurkannya, namun kontrak telah ditandatangani beberapa waktu lalu dan waktu penyelesaian kontrak tersebut kurang dari setahun”, kata Engevall.

Untuk memacu inisiatif tersebut, Engevall berkata bahwa ini adalah perintah dengan prioritas tinggi dari pemerintah untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan operasional di seluruh Angkatan Bersenjata Swedia pada tahun 2020.

Sementara pengaktifan kembali sistem pertahanan pesisir mobile RB-S15 untuk Angkatan Laut Swedia tidak ditentukan secara langsung dalam perintah tersebut, itu cukup jelas dalam semangat pada tugas yang diberikan.

“Perintah yang dikeluarkan oleh pemerintah, dan semua upaya yang kami lakukan sekarang adalah untuk ini, pada dasarnya kita telah bereaksi terhadap kemauan politik – tetapi kita juga telah menunjukkan bahwa kita mampu melakukan hal-hal seperti ini”.

Stefan Oberg, Wakil Presiden Saab Dynamics, Kepala Unit Bisnis Rudal, mengatakan kepada IHS Jane bahwa kemampuan regenerasi RBS-15 dicapai dalam kerjasama yang erat antara FMV dan Angkatan Bersenjata Swedia.

RBS-15 Mk 3 dikembangkan sejak pertengahan 1990-an. Rudal pertahanan pesisir subsonik ini memiliki jangkauan operasional hingga 250 km, dilengkapi dengan sistem pemandu inersia, GPS dan ARH.

Selain Swedia, sistem rudal RBS-15 digunakan di beberapa negara, diantaranya Aljazair, Kroasia, Finlandia, Jerman dan Polandia. Thailand juga dikabarkan menggunakan rudal RBS-15 versi pesawat tempur (RBS-15F) yang digunakan oleh Gripen milik Angkatan Udara Thailand.

Sumber: IHS Jane

Artikel Terkait :

  28 Responses to “Swedia Aktifkan Kembali Sistem Pertahanan Pesisir RBS-15 Berbasis Darat”

  1. keren

  2. sepi amat

  3. Boronggg….

  4. anget di Eropa… asia juga.. Timur Tengah juga.. loh semuanya ternyata

  5. ” OM TE O TE OM”

  6. om te o te om

  7. beli T.o.T RBS-15 mk3 utk mengembangkan rudal dari subsonik menjadi supersonik, jgn lg beli rudal C705 & C802 krn murah meriah tp delay

  8. C705 yg delay mass.. klo C802 blom ada denger, malah sudah batle proven utk “njebol’ korvet israel dan yg terakhir kapal angkut militer saudi.

    • Itu modifikasi rudal C-802

    • @D’boys : Rudal C 802 / Yingji-82 (Yingji arti harfiahnya adalah “Serangan Elang”) merupakan Rudal anti kapal permukaan yang diproduksi oleh China dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 oleh China Haiying Electro Mechanical Technology Academy (CHETA).

      Iran dilaporkan memiliki 60 YJ-82, dioperasikan sebagai artileri pantai di pulau Qeshm. Juga disarankan agar china mengekspor 15 kapal patroli yang dilengkapi rudal ini ke Iran. Iran dicurigai menyuplai grup Hizbullah (lebanon) dimana satu diantaranya kemungkinan dipergunakan untuk menyerang sebuah kapal perang israel pada Konflik Israel-Lebanon 2006. Saat ini Iran memproduksi sendiri versi upgrade dengan nama Noor.
      Btw versi yang lebih barunya adalah C-805

      Sumber : Wikipedia

    • ko gak salah di kasih nama NOOR yg bg,…yg artinya cahaya,…

  9. Borong

  10. borooooooooooooong

  11. Ahh Swedia….

    Swedia
    Ada yg bergejolak di kepalaku
    Berputar dan menari

    Lingkaran
    Sesuatu yg sangat menggodaku
    Mengelilingi negeri

    Oh tiga
    Tiga lingkaran tertumbuk mataku
    Menggapai mimpi

    Hahaha
    Menghitung melayang buatku
    Tersibak sendiri

    Terpana
    Pertama kali puisi buatanku
    Kuketik sendiri

    Xixixixi sedang bikin puisi clue untuk seri 28.

    • Kok sama dengan mimpi tante selakangan ini….tante berulang kali bermimpi melihat “tiga mahkota raja” yang terbang rendah melintas diatas gunung lawu.

      Whuuuuuuussssss….cepat sekali, diringi cahaya kuning-biru, melintas kearah tenggara gunung lawu.

      Tante mencoba mengejar lesatan cahaya kuning-biru itu, tapi apa daya tante udah ngos-ngosan….ngik-ngik-ngik….

      Warjager ada yang tau arti mimpi tante….soale malam ini tante pengen mimpi lagi, tapi kali ini mimpi mengejar brondong….xixixixi

    • Ati2 bung,, nanti dibilang sales gripen sama fans boy..xixixixixixixi

      • Hahaha…

        Saya nggak dapat apa2 dari Swedia bung…

        Hanya saya lihat pertahanan negeri2 Scandinavia termasuk Swedia mau ditiru habis2an oleh RI tentunya dengan berbagai variasi yg cocok bagi RI.

        Juga melihat apa yg ditawarkan SAAB ke India buat saya ngiler… Saya bayangkan bagaimana jika SAAB menawarkan yg sama bahkan lebih ke RI dengan program multiyears tentunya.

        Kira2 SAAB mau nggak ya ?

      • Hahaha…

        Saya nggak dapat apa2 dari Swedia bung…

        Hanya saya lihat pertahanan negeri2 Scandinavia termasuk Swedia mau ditiru habis2an oleh RI tentunya dengan berbagai variasi yg cocok bagi RI.

        Juga melihat apa yg ditawarkan SAAB ke India buat saya ngiler… Saya bayangkan bagaimana jika SAAB menawarkan yg sama bahkan lebih ke RI dengan program multiyears tentunya.

        Kira2 SAAB mau nggak ya ?

        Xixixi Xixixi

  12. Tes

  13. Cocok buat marinir tni al,karena hobinya mainin laut dan pantai. Dan bisa saling koneksi dg kapal perang dan pesawat tni au.

  14. kalo saya,,, berharap infrastruktur bandara di suplai dari saab.

    kalo untuk pertahanan,, nunggu satelit dulu.
    baru radar, kasel dan rudal.
    karena 3 matra,,
    AL fokus di kasel
    AD fokus di rudal
    AU fokus di radar
    dan kemenhan fokus di satelit

    dan karena ada MEF yg harus diikuti,, terpaksa beli ini beli ini dan beli itu… ahhh