Jan 182017
 

Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan. (Foto: Wikimedia)

TAIPEI – Sebagai bentuk respon terhadap unjuk kekuatan yang terjadi baru-baru ini oleh kapal induk China yang melewati Selat Taiwan, Taipei saat ini sedang bersiap melakukan latihan pertahanan besar-besaran, seperti diberitakan oleh Sputnik News hari ini (18/01/2017).

Sebagai bagian dari latihan perang besar-besaran Taiwan, pasukan khusus dipersiapkan disekitar kota Taichung, pasukan menduduki pos-pos didekat sistem pertahanan rudal Avenger, dan serangan mendadak artileri dilakukan menggunakan tank sambil melepas bom asap.

Sementara itu, Angkatan Udara Taiwan saat ini sedang melakukan renovasi jet tempur F-16A/B untuk ditingkatkan menjadi unit F-16V. Taiwan akan menjadi negara pertama di dunia yang menyelesaikan overhaul itu, ungkap seorang pejabat Angkatan Udara kepada AFP.

Produsen F-16 Lockheed Martin menyebut bahwa F-16V adalah jet tempur generasi ke-4 berteknologi paling maju di dunia. “Kami meningkatkan kemampuan udara untuk memastikan keamanan nasional”, kata pejabat itu.

Menteri Pertahanan Taiwan, Feng Shih-Kuan telah mengklaim bahwa jet temput F-16V setara dengan kemampuan pesawat siluman J-20 China. Taiwan saat ini memiliki 143 unit armada jet tempur F-16, namun Angkatan Udara belum mengungkap berapa banyak pesawat yang telah ditingkatkan sepenuhnya.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  12 Responses to “Taiwan Mulai Latihan Skala Besar, Simulasikan Serangan China”

  1. pespur jadul diklaim setara gen 5

  2. Avionik nya setara F-16 v , rudal yg digotong pun diupgrade menjadi lebih jauh jarak jaungkauannya tetapi mesin nya mentok di blok 30..

    Wuih bisa mengendus si siluman kyaknya nih F-16 taiwan nantinya…
    China pun berpikir dua kalilah klo melawan taiwan..
    Aplgi jumlah F16 taiwan cukup banyak lohh..

    Hati2 china Amerika siap menggabungkan sekutunya tuk menghabisimu di Pertempuran LCS..

    Apalagi F15 jepang telah diupgrade dapat menggotong rudal 2 kali lebih banyak..

    So siapa yg mulai provokasi duluan bakal terjadi perang di LCS nanti…

  3. Coating paint nya aja yg mau nyamain siluman.tapi semua parameter lain ya ketinggalan

  4. Wkwkk jkgr punya iklan memperpanjang rudal 5,5 cm.. Yg kecil jd raksasa..

    Bung patih minat nih kyknya.. Wkkkwkk..

  5. menarik jika Taiwan kembali mengembangkan Ching Kuo generasi ke 5

  6. banyak bener F16 taiwan ,minimal Indonesia mesti punya 3x nya f16 taiwan nih..

  7. biarpun f16 diugrade tetap superioritas udara dan laut taiwan skrg kalah dibanding pla china,yg jd masalah adalah kalo serangan massif rudal ditempatkan didekat taiwan berjumlah 1500-3000 kalo sudah terjadi perang2,bagaimana menangkis serangan massif rudal2 dekat dan jauh(pangkalan dan pelabuhan hancur duluan), serangan baris kedua termasuk rudal dr darat arterleri,rudal pebom,pespur dan kaprang2,serangan garis ketiga baru dilakukan invasi besar2an ke pulau taiwan baik marinir,airborne dan pasukan darat.

    garis keempat china ini belum dilihat sebagai pencegah bantuan dr sekutu2 taiwan untuk masuk membantu taiwan bila terjadi konflik.

    garis2 pertahanan pulau2 dekat daratan china merupakan sasaran arteleri baik darat dan serangan udara(kimmen,matsu dll)terlalu dekat jangkauan

    dengan sistem berlapis dr kaprang,pespur dan hq9,s300,s400 sebelum pespur rocaf menyerang sudah kebanyakan hancur duluan.

    taiwan seharusnya mencegah dengan mengakusisi banyak arhanud,kasel lumayan banyak selain kaprang dibikin baru,minimal mencegah pasukan pla mencapai pulau taiwan.

    tanpa bantuan usa dengan seven fleeet dan three fleet juga pasukan samurai nippon sepertinya hitungan 3-4 minggu taiwan akan takluk khususnya angkatan laut dan udara,nah inilah harus dipikirkan petinggi2 militer taiwan khususnya matra laut dan udara

    1996 krisis taiwan,gugus tugas amrik khususnya al mengirimkan 2kapal induk2,china melakukan gabungan latihan militer melihat begitu jauh gap militernya dengan usa navy,bandingkan sekarang gugus tugas kpl induk liaoning lewat taiwan tahun 2016,usa navy cm melihat2 doang tanpa mengirimkan gugus tugas,disisi geopolitik china sudah lumayan akusisi alussitanya,dengan garis pertahanan 1 dan garis pertahanan 2 dipasifik bila berlaku akan sulit bagi sekutu membantu bila terjadi konflik diakan datang.(tanpa gugus tugas kapal induk kedua dan ketiga rasa2nya china belum mempunyai gap menandingin gugus tugas amrik kurang lebih 10kapal induk)

    paling bagus diplomasi,kalo terjadi konflik yg rugi pasti kedua pihak baik china dan taiwan

    opini pribadi saja kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu

    • Saya kira tantangan bagi china ketika perang dg taiwan adl negara negara tetangganya + sekutu, bagi china sendiri taiwan dianggap remeh..namun akan tidak remeh ketika china akan dikeroyok taiwan, jepang, korsel + sekutu..tentu australia akan ikut juga..

      Bagi indonesia jika lemah maka akan dilalu lalangi rudal berbahaya hasil jual beli pukulan antara china dan australia..

      Saya tidak menghitung korut krn korut akan dinuklir amerika duluan..ketika awal perang itu pecah..

      • konvesional beda lho dengan nuke(itu senjata pamungkas),apakah korut dinuke kira2 paman bear dan panda merah jdnya,kira2 apanya jdnya korsel abis korut kena nuke,kecuali korut serang duluan hehehehehe(geopolitik sudah berubah lho skrg thailand,malay,pinoy sudah adem,vietnam juga sudah diademin),kasus sama dengan semenanjung selatan asia,biarpun paki ada senjata pamungkas untuk menyerang,sekali menyerang serangan balik dr india mungkin hancur sebagian,tapi paki hancur lebur.

        kekurangan pla navy asset untuk melindungin garis pertahanan sisi barat pasifik chain line 1 dan chain line2 nah kalo ini diberi gugus tugas untuk mencegah bantuan amrik khususnya seven fleet dan three fleet(armada 7 dan 3 akan dihadang duluan,kl sekarang susah dihadang hehehehe)

        itu ac denial masih belum jd,itu china militerisasi lcs dan garis pertama duluan.

        sampai skrg aussie tidak mempunyai rudal konvesional baik balistik dan nuke kecuali kalo amrik mau titipin(kalo radar antar benua punya kongsi dengan paman sam ada,jd rudal sekali diluncurkan langsung bs dideteksi)

        armada utara china akan membikin sibuk korsel dengan membantu korut,sedangkan armada timur khusus menghadang kekuatan japan,nah armada selatan ini khusus nya memgembuk taiwan,semasih kekuatan kaprang belum mencukupi saya rasa china tidak akan memulai perang duluan(taiwan),sama dengan paman sam sama2 rugi biarpun rugi lebih banyak china daratan eheheheeh

        opini pribadi saja bung sj,TETAP diplomasi merupakan tulang punggung masing2 negara besar(karena sudah memperkirakan sama2 hancur menang jd arang,kalah jd debu)

        salam damai selalu:)

  8. secara teori jika perang terjadi antara taiwan dan cina. maka tahap pertama yg dilakukan cina adalah mengirimkan ribuan roket rudal dan serangan altileri ke taiwan.. dengan tujuan menghabisi sistem pertahanan udara taiwan.,dan pesawat tempur cina yg unggul jangkauan radar akan bermain aman di wilayah udara yg tidak terjangkau radar taiwan,, dalam hal ini jika head to head maka 80% cina menang jika perang dgn taiwan. tapi jika paman USA bantu bantu maka lain certitanya,

  9. mmmmm

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)