Feb 082017
 

MELBOURNE – Taiwan dikabarkan mendorong rencana untuk melakukan upgrade persenjataan rudal anti-kapal dan rudal udara-ke-udara buatan dalam negeri, sementara status pengembangan rudal jelajah serang darat hingga saat ini masih belum jelas. (Defense News)

Laporan media di Taiwan mengatakan bahwa Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, atau NCSIST, saat ini sedang bekerja untuk meningkatkan jangkauan, sistem bimbingan dan anti penanggulangan electronic dari rudal anti-kapal Hsiung-Feng (Brave Wind), rudal permukaan-ke-udara Tien Kung (Sky Bow) dan rudal udara-ke-udara Tien Chien 2 (Sky Sword). Tidak ada batas waktu atau rincian spesifik untuk program tersebut.

Laporan tersebut mengatakan bahwa NCSIST telah berhasil meningkatkan jangkauan rudal anti-kapal subsonik bertenaga ramjet Hsiung Feng 2 (156 mil atau 250 km) dan Hsiung Feng 3 (250 mil atau 400 km). Kedua jenis rudal yang saat ini digunakan oleh angkatan bersenjata Taiwan dalam platform mobile dan versi kapal perang.

Dalam hal konflik dengan China, rudal Hsiung Feng 3 (HF-3) dengan jangkauan 400 km akan menjadi rudal anti-kapal paling canggih milik Taiwan untuk melawan cepatnya modernisasi Angkatan Laut PLA dan hampir pasti akan digunakan untuk menargetkan kapal perang PLAN bernilai tinggi, seperti kapal induk dan kapal jelajah Tipe 055.

Taiwan baru-baru ini telah menyelesaikan program upgrade Jet tempur buatan dalam negeri F-CK-1, antara lain upgrade yang memungkinkan untuk membawa hingga 4 buah rudal udara-ke-udara Tien Chien 2 (TC-2) dari sebelumnya hanya mampu membawa 2 buah rudal. Sebuah varian angkatan laut, yaitu Tien Chien 2N (TC-2N), dipasang pada kapal Angkatan Laut Taiwan untuk pertahanan terhadap rudal pesawat dan rudal anti-kapal.

Rudal permukaan-ke-udara jarak jauh Tien Kung 3 (TK-3) memiliki kemampuan untuk mencegat rudal balistik taktis dan ditempatkan bersama Rudal Patriot MIM-104, dilengkapi peringatan dini terhadap rudal balistik yang disediakan oleh radar AN/FPS-115 buatan Raytheon yang mulai beroperasi pada tahun 2013.

Pada tahun 2014, Taiwan mengungkap senjata Wan Chien (Sepuluh Ribu Pedang) untuk upgrade persenjataan jet tempur F-CK-1. Seperti namanya, Wan Chien adalah sistem pengiriman submunisi yang memiliki jangkauan hingga 135 mil (200 km).

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  11 Responses to “Taiwan Upgrade Kemampuan Rudal Produksi Dalam Negeri”

  1. selamat pagi….mantap nih taiwan.

  2. Alhamdulillah…Rezeki anak Sholeh.

  3. Negara kecil yg membangkang tetapi hebat dan mandiri!!!Salut utk taiwan

    • jangan sebut membangkang gak fair om… beda dg Timles boleh disebut propinsi pembangkan atau Serawak adalah bagian dari kalimantan / Borneo dan NKRI.

      • Tiongkok sebut taiwan kan sbg negara pembangkang, salah jika aq contek pernyataan china …gmn om?

        • bukan membangkang om, ini asalnya dua saudara satu negara. bahkan kuomintang nya ROC itu awalnya yang memerintah china sebelum kalah dan mundur ketaiwan.

  4. kalau sudah koment seperti di atas…saya ijin nyimak aja.follower saja

  5. Taiwan udah bisa produksi rudal…
    Gimana kabar produksi rudal RI ya???

    • ga fair lah membandingkan taiwan dengan indonesia. gitu gitu mereka sudah punya destro saat indonesia masih dibawah hindia belanda.

  6. hebat Taiwan, dah bisa bikin jet tempur dan rudal, semoga Indonesia segera menyusul

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)