Jul 292016
 

Pertimbangkan Alternatif Bagi A-10 Thunderbolt II

Angkatan Udara AS, mempertimbangkan alternatif bagi pesawat tua A-10 Thunderbolt II, tidak punya usul penggantian, kata Sekretaris Angkatan Udara AS Deborah Lee James.

The A-10 Thunderbolt II, yang dikenal sebagai Warthog, adalah pesawat serbaguna, efektif dan teruji, mampu melakukan berbagai misi tempur. Salah satu fitur utamanya adalah “built-in redundansi untuk dukungan udara jarak dekat,” yang membuat Komando Angkatan Udara memutuskan untuk tetap menggunakannya hingga 2022.

Masalah utama Warthog adalah bahwa pesawat itu sepuh (tua). Kebutuhan upaya pemeliharaan pesawat tempur sepuh tersebut membuat biaya operasional sekitar US $ 20.000 per jam. Rencana mengurangi biaya operasional hingga US $ 4.000 atau US $ 5.000, Angkatan Udara dilaporkan bermaksud mengganti mesin Warthog dalam dukungan udara.

Tidak Ada Proposal

Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat, Deborah Lee James

Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat, Deborah Lee James

Deborah Lee James, Sekretaris Angkatan Udara mengatakan, “Sejauh ini, saya telah membaca dari sejumlah berita,” katanya saat konferensi pers. “Saya belum benar-benar melihat proposal datang ke meja saya. Jadi, pasti adalah pra-putusan. Anda hanya menempatkan jari Anda di atasnya (proposal), tapi darimana uangnya? Sama sekali tidak jelas bagi saya”.

“Kita dapat mendukung orang-orang didarat yang butuh dukungan udara pada misi yang dilakukan. Jadi saya hanya akan menunggu untuk melihat usulan ini, untuk maju ke depan, tapi tentu saja uang adalah hal yang penting dan kita memiliki A-10, kita memiliki F-16. Anda menyadari semua pesawat yang berbeda (akan)dapat melakukan dukungan udara”.

Si "Tua" yang setia pesawat tempur A-10 Thunderbolt II (Warthog)

Si “Tua” yang setia pesawat tempur A-10 Thunderbolt II (Warthog)

Selain dari F-16 Falcon, pengganti yang mungkin untuk A-10 adalah generasi jet tempur F-35, meskipun menghadapi banyak kekurangan dan masalah teknis. Angkatan Udara AS melakukan perbandingan menyeluruh dari dua pesawat tempur, yang rilis dalam waktu berbeda hampir lima puluh tahun, untuk menentukan apakah penggantian dibenarkan.

Ketika ditanya tentang Lockheed-Martin jet baru, James adalah meyakinkan, dukungan mesin yang diproyeksikan untuk menelan biaya sekitar US $ 1 trilyun atas kelanjutan operasional dan mengklaim bahwa Angkatan Udara akan segera mengumumkan pesawat F-35 siap tempur.

“Bagian dari deklarasi (kesiapan tempur) adalah bahwa F-35 dapat melakukan misi CAS (Close-Air-Support) yang diperlukan sebagai bagian dari IOC – bukan CAS penuh tapi apa yang disebut CAS terbatas”, katanya.

Angkatan Udara juga mempertimbangkan jenis pesawat yang berbeda untuk mengambil peran CAS. Menurut Angkatan Udara Kepala Staf Mike Welsh, Lockheed AC-130 Spectre, mungkin dapat memenuhi kebutuhan itu.

Welsh juga menyarankan bahwa drone, mampu mengirim bom sesuai kebutuhan, sesuatu yang digambarkan sebagai “mesin terbang Coke,” juga merupakan pilihan lainnya.

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Tak Ada Proposal Ganti Pesawat A-10 Thunderbolt II”

  1. Pesawat tua yg futuristik..

  2. Dibanding tukino, kemampuannya punya usa..masih diatas..
    Perang iraq pesawat ini sangat efektif untuk anti gerilya..

  3. super tugiyo kelaut aj deh…..

  4. masih lebih lintah K-52 ALIGATOR…

    pake helikopter aja…

  5. Ini pesawat seperti pesawat galaksi masa depan…..canon 30 mm sebesar mobil……bawa roket dan bom…..sambil meliuk liuk di udara……best bomber attack….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)