Sep 112016
 

Para insinyur Rusia telah mengembangkan amunisi jenis baru untuk tank tempur utama T-14 Armata.

Amunisi jenis baru “diledakkan dari jarak jauh” kaliber 125 mm dirancang dan diproduksi oleh Uralvagonzavod, produsen tank terbesar di dunia.

Oleg Sienko, CEO Uralvagonzavod, telah mengumumkan pengembangan amunisi tersebut di pameran militer internasional Army-2016 yang diluncurkan di Moskow pada tanggal 6 September 2016, menurut RIA Novosti.

“Kami memproduksi amunisi 125 mm dengan kemampuan diledakkan dari jarak jauh ini atas inisiatif kami sendiri. Kami belum pernah melakukan sesuatu seperti itu sebelumnya, hingga sekarang. Kami sudah menyelesaikan tahap pengembangan, tahap produksi dan tahap pengujian, dan amunisi itu sudah memasuki layanan. Sekarang kami juga menawarkan amunisi yang sama untuk ekspor”, kata Sienko.

Tank T-14 Armata adalah tank tempur utama tercanggih berdasarkan dari desain Platform Tempur Armata Universal, yang merupakan generasi baru dari tank Rusia. Ini pertama kali disajikan kepada publik selama Parade Hari Kemenangan di Moskow pada 9 Mei 2015, mendorong sejumlah militer dari kekuatan Barat berjuang untuk mengembangkan persenjataan yang mampu melawannya.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  18 Responses to “Tank Armata Rusia Peroleh Tipe Amunisi High-Tech Terbaru”

  1. Tengah mal3m lagii

  2. page one. Boked

  3. wuih mastab…

  4. Ayo indonesia….beli yang banyak buat kerjasama TOT dgn PAL …

    • Setuju…. selain bikin kapal, PT. PAL harus bisa bikin tank dan peluru yg bisa diledakan dari jarak jauh…… MANGTAFF !!… 😆

  5. Artinya peluru tank berfungsi ganda sebagai armor-piercing dan juga remotely dentonated bomb (jebakan batman) ???

  6. Diledakan dari jarak jauh.. Gmn cara kerja nya yah..??

    Begitu menghantam target tdk langsung di ledakkan nunggu lebih masuk kedalam baru di ledakan ATAU di ledakan terlebih dahulu sebelum kena sasaran utk mematikan perangkat elektronik musuh seperti bom EMP ?

    • @bung Andri…… copas rbth Indonesia

      Di medan tempur, tank berhadapan dengan banyak musuh. Namun, yang paling berbahaya bagi tank di antaranya adalah peluncur roket, helikopter pembombardir, serta artileri ATRA. Untuk meningkatkan perlindungan dari ancaman-ancaman tersebut, tank Rusia T-90SM dipersenjatai dengan amunisi tambahan berupa senapan berdaya ledak tinggi terbaru ZVOF77V dengan peluru ZOF54, dan senapan ZVSH7 dengan proyektil mematikan ZSH7 Voron (Gagak).

      Peluru yang dikembangkan oleh lembaga penelitian Poisk ini dilengkapi dengan pengontrol jarak jauh elektonik CWED, sekering ZVM17 (untuk pecahan peluru), dan ZVM18 (untuk serpihan ledakan tingkat tinggi).

      Agar dapat meluncurkan amunisinya, tank akan dilengkapi dengan sistem detonasi jarak jauh Aniet. Sistem ini akan mencurahkan ‘hujan baja’ sungguhan bagi kompleks antitank milik musuh.

      Ainet dilengkapi dengan pelacak laser. Penembak senjata menggunakan pelacak tersebut untuk memperkirakan jarak senjata ke target tembakan. Informasi mengenai jarak tersebut kemudian dikirim ke sekering elektronik yang dapat diprogram, dan proyektil tak akan meledak pada target, melainkan di jarak tertentu dari target. Metode penembakan ini meningkatkan konsentrasi tembakan. Karakteristik fragmentasi radius kerusakan yang dihasilkan serta konsentrasi jangkauan tembak akan meningkat tiga kali lipat, serta mengurangi konsumsi rata-rata proyektil per target hingga separuhnya. Semua peluru berkaliber 125 mm yang ada saat ini cocok dengan sistem Ainet, hanya perlu menggantikan sekering reguler dengan CWED elektronik.

      Ainet juga dapat menghancurkan pesawat, kendaraan pertahanan ringan, serta pasukan yang berada di area terbuka dan parit, pada jarak empat kilometer atau lebih.

      Berdasarkan laporan Herald of Mordovia, dalam kasus pertempuran langsung antara tank Rusia yang dilengkapi dengan amunisi terbaru dengan ATGM Amerika Javelin (yang kemungkinan akan dikirim oleh pemerintah AS ke Ukraina), Javelin tak akan mampu menghadapi, apalagi mengalahkan Ainet.

  7. Buktiken!!!!!!

  8. comen, borong 1000 unit aja, cukup….

  9. Hahahaha..mreka hbs blajar ke Indonesia gmana caranya ngeledakin dari jauh.. Ada ToTnya..Salam Bhineka Tunggal Ika..Jayalah Bangsaku..

  10. Jeleeeekkkk…bagusan leopard 2RI weeekkk

  11. bagusan amx 13 tni ad.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)