Dec 312016
 


WASHINGTON – Textron Airland telah mulai menjalankan produksi secara terbatas jet Scorpion yang telah melakukan penerbangan perdana tahun ini, ungkap CEO Textron Airland pada hari Kamis.

Textron belum memperoleh pelanggan untuk pesawat jet tersebut, namun desain dan promosi di pasar internasional telah dimulai sejak 2013. Meski demikian Textron ingin mengambil keuntungan dari terus meningkatnya minat pada jet tempur ringan, kata Scott Donnelly.

“Mengingat tingkat aktivitas, kami telah melangkah ke depan dan menarik pelatuk untuk memulai sedikit produksi guna membantu memvalidasi proses produksi kami”, katanya dalam sebuah rilis pers pada 20 Oktober lalu.
 
Textron telah mengembangkan Scorpion sebagai sebuah platform ISR berkinerja tinggi tapi tidak mahal. Cuma dibutuhkan biaya US $ 20 juta untuk mengakuisisinya dan biaya operasionalnya hanya US $ 3.000 per jam, menurut keterangan perusahaan.

Donnelly tidak menjelaskan berapa banyak jet Scorpion yang akan diproduksi dalam batch awal, tetapi mereka akan membangun fasilitas yang sama di Wichita, Kansas, dimana perusahaan sebelumnya telah membangun dua pesawat.

Hanya pesawat pertama telah terbang sejauh ini, tapi satu masih belum bisa dianggap sebagai representatif produksi.

“Kami memiliki banyak negosiasi dengan pelanggan saat ini. Kami pikir ada sejumlah peluang untuk menunjukkan pesawat ini”, kata Donnelly.

“Kami memiliki banyak pelanggan yang ingin pesawat terbang, dan itu benar-benar apa yang menyebabkan kita untuk memulai produksi secara terbatas. Karena kita perlu memiliki aset ini tersedia untuk demonstrasi kepada pelanggan dan mudah-mudahan akhirnya terjual kepada pelanggan “.

Memproduksi batch terbatas pesawat juga akan membantu memvalidasi proses manufaktur perusahaan dan dukungan persyaratan Angkatan Udara sebagai layanan yang akan menilai kinerja jet ini, katanya.

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Textron Mulai Produksi Jet Scorpion Secara Terbatas, Tanpa Kontrak”

  1. Ahhh…

  2. Merk aja lucu, seperti kain produk Indonesia Wkwkwk

  3. akhirnya nongol juga nih orangnya si penggemar wayang yg sering gonta ganti nickname. gak bosan ente bung!!

  4. jikapun ada yg minat (export) apakah akan disetujui oleh senat? karena ;
    Harganya murah,
    Operasional murah,
    Nato dan sekutunya juga masih buta dgn kemampuannya,
    Tdk ada kandungan nilai kontrak dari pentagon yg berpotensi mematikan penjualan oleh perusahaan yg selama ini menjadi kontraktor setia pentagon.

    lain lagi dgn nasib F-20, dulu arab saudi berminat utk membelinya dgn berbagai pertimbangan diantaranya ;
    Harganya murah,
    Biaya operasionalnya juga murah,
    Dan tergolong pespur dgn teknologi baru dijamannya.

    Pihak US pun setuju, tapi pihak arab punya syarat harus battle proven,
    arab menilai kemampuan sebuah senjata dilihat dari pengalaman oleh negara produsen (US) itu sendiri namun gimana bisa proven kalau US sendiri tdk berminat sama sekaleee… (opini)

    US tdk berminat utk mengembangkan F-20 lebih lanjut mengingat pespur ini murah, jika dioperasikan oleh negara berkembang bisa dipastikan akan meningkatkan persentase kesiapan tempur dan itu dipandang sebagai sebuah ancaman hegemoni US. (opini)

    maaf kalau salah silahkan di tip ex

    • mo tanya bro, bukanya yang murah itu F-5 Tiger II, klo F-20 TigerShark kan saingannya F-16 dan F-18

    • bung @sapoter… merujuk dr hal ini kata murah itu relatif, menurut source yg saya ambil, F-20 ini hasil pengembangan F-5.

      Harganya lebih murah dr F-4 & F-16.

      Biaya terbang kurang dr $1000/jam, bandingkan dgn F-16 yg 2x lipatnya, bahkan Tornado lbh besar 3x lipatnya.

      Mesinnya sama dgn yg digunakan F/A-18 dgn thrust vectoringnya 60 % lbh besar dr F-5 Tiger II.

      Mesinnya lbh irit bbm 60% dr pespur yg berkemampuan kecepatan march 2.

      Dibandingkan dgn mesin GE-79 pada F-14, mesin GE F-404 yg digendong F-20 memiliki kandungan 19000 komponen yg lebih sedikit.

      menurut mbah Wiki begitu kira2, bung…. hehe….

  5. perlu beli nih dampingi supertucano

  6. Yang menarik dari Scorpion :

    1. Desain lbh kece dr Yak 130

    2. Harusnya Jet tempur Saeqeh Iran niru desain Scorpion..

  7. …ntar di beli susiair dah…buat penerbangan antar pulau..qkqkqk

  8. Segi desainnya mantep bngt..klo IFX berhasil produksi, boleh jga nih psawat diambil desainnya, tapi ini perpaduan sama gripen..

  9. perusahaan mandiri
    sebenarnya layak untuk negara ketiga..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)