Jan 172017
 

Thailand bermaksud mengakuisisi Mil Mi-17V-5 untuk menggantikan armada Boeing CH-47D Chinook. (Foto: Airliners.net)

Thailand dan Rusia saat ini terus bergerak lebih dekat untuk menyelesaikan program kerjasama industri pertahanan berdasarkan pada rencana pembelian tambahan helikopter transportasi Mil Mi-17V-5 oleh Angkatan Udara Thailand (RTA), menurut IHS Jane.

Pejabat Pertahanan dari pemerintah Rusia dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand bertemu di Bangkok pada tanggal 16 Januari 2017 untuk membahas hubungan industrial pertahanan, dengan pertemuan yang dipimpin oleh Jenderal Surapong Suwana-adth, Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, dan Kirill Barsky, duta besar Rusia untuk Thailand.

Sebuah pernyataan mengatakan bahwa pembicaraan adalah bagian dari upaya oleh kedua belah pihak untuk memperkuat kerjasama militer-teknis melalui kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah. IHS Jane memahami bahwa setelah selesai, perjanjian ini akan memberikan status kemitraan kepada Thailand atas fasilitas produksi dan pemeliharaan yang dijalankan bersama-sama.

Ini akan diposisikan untuk mendukung helikopter Mi-17V-5 dan sistem Rusia lainnya yang berpotensi di Thailand. Mungkin juga fasilitas tersebut untuk memberikan dukungan pemeliharaan bagi operator Mi-17V-5 lainnya di Asia Tenggara.

RTA ingin memperoleh setidaknya 12 unit tambahan Mi-17V-5 untuk menggantikan armada tua platform angkut berat Boeing CH-47D Chinook. RTA telah mendapat kiriman lima unit platform Mi-17V-5 yang dipesan pada batch tahun 2008 dan 2014 serta dioperasikan oleh satuan transportasi Angkatan Udara Thailand yang berbasis di Bangkok.

IHS Jane memahami bahwa RTA mengajukan proposal untuk pengadaan helikopter pada tahun 2016. Namun, belum jelas apakah anggaran untuk mendukung pengadaan segera tersedia. Sangat mungkin bahwa anggaran untuk program ini akan dirilis secara bertahap, kemungkinan terbagi dalam beberapa batch yang terdiri dari tiga atau empat helikopter.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Thailand dan Rusia Bergerak Menuju Program Industri Bersama”

  1. 1

    • aduh kalah telak sama Thailand, Vietnam padahal kemarin dulu katanya kita bakal kerjasama macam2 dengan Rusia eh ternyata gak ada yang jalan dan realitas malah tetangga2 dekat kita yg borong2 barang
      dari Ruski, sebaiknya kita kerjasama dengan Papua Nugini dan Timor Leste saja dijamin terealisir

  2. dua ya massss

  3. Mi17 indonesia ada brp ya

  4. Kita mau beli ch47…thai mlh mau ganti.

    • @abs

      Gak kuat ongkosnya bung…

      Mereka kan seperti kita, duitnya banyak…malah pengen beli yang lebih mahal dari chinook

  5. Wah ada apa dgn chinook nie? Knp dibuang ya…pasti ada apa2nya?

  6. asal gak beli dikit minta TOT Rusia pasti mau TOT.

  7. Batu tau saya kalo thailand punya chinook..
    Masalah MRO memang gak bisa diabaikan..punya barang tapi gak bisa MRO sama juga gak punya barang..terus kepriwe..

  8. ketinggalan lagi bae
    otak wereung..!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)