Jan 012017
 

Dengan desain yang super-aerodinamis dan mesin yang kuat dengan nozel yang bisa berputar kini pesawat tempur modern semakin ‘supermaneuverability’. Namun untuk melakukan 3 trik manuver yang mustahil dilakukan, hanya segelintir pesawat tempur yang mampu melakukannya.

Dibawah ini adalah manuver-manuver yang mustahil dilakukan pesawat tempur yang sangat membantu dalam dogfight jarak dekat.

Manuver Cobra Pugachev

Pertama kali dilakukan oleh pilot uji Soviet Viktor Pugachoyov pada tahun 1989, manuver yang disebut “Kobra Pugachev” adalah salah satu manuver yang rumit.
Pesawat tempur awalnya meluncur dengan cepat sebelum kemudian berhenti mendadak dengan posisi vertical dan nyaris terbalik ke belakang sebelum kemudian pesawat kembali menukik dengan posisis siap melepaskan tembakan.

Meski trik tersebut mengesankan tapi masih dipertanyakan keuntungannya dalam dogfight nyata. Sebenarnya secara teoritis ada keuntungan yang besar tapi juga ada kerugian yang bisa berakibat fatal.

Hilangnya kecepatan pesawat secara mendadak dapat digunakan untuk membuat pesawat musuh yang mengejar menjadi ‘overshoot’ sehingga bisa berbalik mengunci musuh dari belakang , tetapi tanpa perhitungan yang tepat manuver bisa menjadi bumerang karena musuh bisa mengunci dan meng-eksekusi dengan mudah.

Manuver Herbst

Pertama kali dilakukan oleh pilot uji Jerman Karl-Heinz Lang pada tahun 1993, Manuver Herbst pada dasarnya mirip dengan Cobra Pugachev tapi dengan tambahan gerakan memutar dan berbalik arah.
Bukan hanya mematuk seperti ular kobra, manuver Herbst juga memutar pesawat sedikit dengan hidung tetap mendongak ke langit, sehingga ketika hidung pesawat sudah turun, pesawat sudah memacu kecepatannya pada arah yang berbeda.

Berbeda dengan manuver patukan kobra yang menghilangan kecepatan pesawat dan masih dipertanyakan keefektifannya dalam pertarungan nyata, manuver Herbst yang tidak kehilangan tenaga dan kecepatan, diprediksi akan sangat berguna dalam dogfight nyata.

Manuver Kulbit

Manuver Kulbit (bahasa Rusia : jungkir) adalah manuver loop yang sangat ketat, pada dasarnya mirip dengan patukan kobra yang berubah menjadi ‘jungkir balik’. Berbeda dengan gerakan loop standar yang memanfaatkan momen menjatuhkan pesawat saat melakukan manuver loop, manuver Kulbit menurunkan kecepatan pesawat secara drastis yg diikuti putaran jungkir balik yang sangat ketat.

Manuver tersebut dalam varian yang sedikit berbeda lazim digunakan pesawat tempur untuk mengecoh musuh, dari yang semula diburu menjadi berbalik memburu pesawat tempur musuh.


JakartaGreater

Bagikan Artikel:

  39 Responses to “Tiga Manuver Mustahil Penentu Kemenangan Dogfight”

  1. puyeng terus

  2. Mboh kate koment opo ….po jare wes

  3. gorengan

  4. Sekarang pesawat tempur ketemu langsung dengan lawannya sangat kecil….karena pesawat sekarang sudah dilengkapi radar yang jaraknya bisa ratusan kilo…jadi sebelum berhadapan langsung sudah di kunci sama lawan…tinggal di kirimin rudal dah…bisa dari darat…bisa juga dari laut atau udara…jd kapan dog fight nya…..

    • tidak selalu begitu bung buyuang,
      ada kalanya rudal bvr efektif terhadap pespur tertentu, adakalanya tidak.
      terkadang rudal yg sudah datang mendekat pun masih bisa dilumpuhkan/dibutakan pake jamming.
      apalagi pespur2 canggih zaman skrg biasanya dilengkapi denggan jammer yg kuat tuk menetralkan perspur lawan ataupun serangan rudal yg datang.
      kl rudal lawan bisa dihindari, ujung2nya pespur yg diserang pasti akan mencari penyerangnya dan menghabisinya kan ? dogfight terjadi

    • Bisa gak kalau kalau kamu hadapi pesawat MIG 29 jamming, kalau kamu Cuba sama tenterq Iraq gak sama ia gak ADA peralatan Pesawat MIG 29 jamming msp-418k, Russia gak menjual jamming pada iraq dulu kalau tak situasi pasti berbeza jika jika dogfight sama pesawat f-15 amerika

      https://youtu.be/gO8I7mdPIhY

  5. Pilotnya pasti keren, nggak kayak pilot maskapai ijo kemarin yg kayak pendekar mabok

  6. Yang punya manuver mustahil….sayangnya mustahil dibeli, piufhhhhhh

  7. munkin saja bisa berlaku dogfight di era moderen, disaat ke dua belah pihak pespur canggih saling jamer/ kehabisan stok rudal maka jurus terahir ya mengandalkan senjata canon nya..

  8. mantavv..

  9. manuver bisa berkembang dalam bentuk lain, bila sudah banyak penggunanya
    ‘Selamat tahun baru Bagi Wanjager”

  10. sudah tahun 2017, SU35 RI blm kelihatan jg batang hidungnya..
    naseeeebbbb

    • memangnya bikin pesawat kayak bikin pisang goreng apa semenit langsung jadi

      pakistan saja yang order lebih dulu belum datang

      • Bung, indonesia sdh lama tertarik dgn su35..
        yg pertama tertarik dgn su35 itu adalah cina, kemudian indonesia, barulah negara lainnya.
        jangan dibalik2 bung.
        cuma memang pesanan indonesia sampai skrg ga jelas progresnya

        • pakistan duluan yang beli tapi dibatalkan sama rusia ,,katanya dikasihkan ke cina dulu

          baru nanti antri indonesia

  11. 😀 nice

  12. sampai bila” RI gak bakalan beli itu Perpur

  13. Ntar akan ada pakcik warga tetangga akan share pilot negaranya yg lakukan atraksi cobra pugachev…Ntar kalo ditanya apa nama pilotnya itu,apa pangkatnya,dari kesatuan apa dan seperti apa wajahnya,dia akan jawab kalo pilotnya itu ghoib…Kah kah kah

  14. Sayangnya NKRi gak jadi beli su 35..hanya super tukino andalan angkatan udara NKRi untuk melawan f22,f35 dan Gripen typhoon…selamat sejahtera buat NKRi pasti aman tentram sampai kiamat..

  15. masih sepi ya SPBU nya

  16. judul mengoda kalo dibaca benar2 baru kelietan(tiga manuver mustahil penentu kemenangan)

    kalo pespur kalah jauh dengan tetangga mending arhanud diperkuat,tp kalo pespur lumayan untuk mengertak tidak masalah.

    perang modern dengan pespur siluman2,SEHEBAT APAPUN PESPUR TEMPUR DIhajar rudal pesawat musuh duluan sebelum radar pespur mendeteksi pespur siluman,mengharap dogfigth sama saja mengharapkan rudal pesawat pespur musuh habis??

    dalam serangan kompleksitas supremasi udara,sebelum pespur serbia mengudara jauh sudah dijatuhkan oleh rudal pespur nato(contoh yugoslavia,iraq war,pespur baru mengudara sudah dilock on apalagi jaman sekarang)kebanyakan pesawat nato jatuh dihajar arhanud bergerak seperti f117

    opini pribadi saja,kl salah dimaafkan saja

    salam damai selalu

  17. Pastinya dogdight tidak sekedar memperebutkan sebuah tulang

  18. Borong 10 skuadron

  19. HARI GINI MAU PERANG JARAK DEKAT…..?????…xixixi ada 2 aza..

    • SU-30MK2 vs SU-30MKM…. Radar yg berbeza, MK2 tak ada canard, MKM ada canard, MK2 tak ada TVC, MKM ada TVC, avionic yg berbeza dan banyak lagi.?

      Utk tambahan, Indonesia Su-30Mk2 di buat oleh KnAAPO , Su-30MKM di buat oleh Irkut. KnAAPO juga pembuat Su-30 kepada China, Venezuela dan Vietnam. So Su-30 Indonesia adalah satu keluarga dgn SU-30 China,Venezuela dan Vietnam. Sementara itu Irkut adalah main supplier kepada Russia airforce. Yg terbaru Russia telah membeli Su-30SM yg dibuat oleh Irkut, dan Su-30SM ini adalah dari konsep asal SU-30MKM.?

      SU-30 MKM milik TUDM memiliki alat peperangan elektronik SAP-518 KNIRTI, sebuah alat jamming dari rudal anti pesawat yang mampu mengecoh rudal SAM, dan KNIRTI sudah battle proven yang dipake rusia pada SU-24 saat men-jamming kapal perang amerika USS Donald Cook, memang SU-30MKM lebih unggul.?

      salam damai..dari wong jowo malaysia..(ORTU ku jowo)

      .persekutuan malaysia harga mati

  20. Dogfight sangat penting..itu dasar peperangan..rudal bvr hanya sebagai alat bantu,disitu terlihat kecerdasan seorang pilot dan kelihaian penguasaan pespur,contoh kita naek trail 350cc,semua bisa naek dan bisa jalan…tapi kalo dalam penguasaan ditrek,hanya sedikit orang indonesia yg mengusai ibarat kita naek vario..

  21. Bicoro opo iki….???????

Orang Bijak Isi Komentar :