Dec 302016
 


Tingkat pelayanan (servis) atau tingkat ketersediaan adalah jumlah pesawat yang siap untuk melaksanakan misi pada waktu tertentu. Dalam kasus jet tempur Rafale Angkatan Udara Perancis, hampir setengah dari armada tersebut di sedang menjalani perbaikan atau pemeliharaan, menurut IHS Jane pada 24 November 2016.

Menurut laporan IHS Jane, berdasarkan catatan resmi untuk armada tempur Dassault Rafale Perancis pada tahun 2015 (93 unit pesawat dalam pelayanan Angkatan Udara Perancis) dengan biaya pemeliharaan yang dianggarkan sebesar EUR € 343,90 juta (US $ 364,56 juta).

Angka ini menyajikan proposisi menarik dari Dassault, melalui pemerintah Perancis sebagaimana dilaporkan telah menjanjikan kesepakatan dengan India yang memastikan bahwa akan ada 75 persen tingkat servis, yaitu 27 pesawat yang operasional dan tersedia pada waktu tertentu dari 36 unit Rafale pesanan India.

“Akan ada penalti jika mereka tidak mematuhi jadwal tersebut”, terang sumber tanpa nama yang dikutip oleh Hindu pada 23 September 2016. India mengumumkan Kesepakatan Inter-Governmental (IGA) dengan Perancis dalam pembelian 36 unit jet tempur Rafale dengan biaya EUR € 7,87 milyar pada hari yang sama.

Sebagai perbandingan, armada Su-30MKI milik Angkatan Udara India memiliki tingkat ketersediaan operasional antara 55-60 persen yang memberikan tingkat pelayanan lebih tinggi dari jet Rafale yang ada dalam pelayanan Angkatan Udara Perancis.

Menteri Pertahanan India sedang dalam negosiasi dengan produsen jet tempur Su-30 dari Rusia untuk meningkatkan kemampuan pelayanan menjadi 70-75 persen.

Dassault akan mulai pengiriman pesawat Rafale setelah 36 bulan dan selesai dalam 67 bulan.

Pengiriman jet tempur Dassault Rafale pesanan India akan dimulai pada September 2019 setelah pemerintah Perancis dan Dassault berkomitmen untuk menyediakan perawatan selama berjalannya proses kontrak untuk memastikan tingkat servis yang tinggi.

Sumber Defence Update

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  6 Responses to “Tingkat Pelayanan Rafale Perancis 48,5 Persen, Masih Dibawah Su-30MKI India”

  1. Bahas juga tingkat pelayanan tukino dong.

    • INI PESAWAT PALING CANGGIH SE DUNIA.

      SAKING CANGGIHNYA ….SEDOTAN MINUMNYA GA PERLU DI UMPETIN.

      PESAWAT LUCU.

      YG JADI PERTANYAAN ITU…CANGGIHNYA DI MANA.

      NGUMPETIN SEDOTAN MINUMNYA AJA GA BISA.

  2. borooooooooooong

  3. Kita cukup mimpi saja.

  4. Sipp deh

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)