Jan 062017
 

Desain kapal Bakamla. (IHS Janes)


Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Sestama Bakamla RI), Laksda TNI Agus Setiadji, melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Zona Maritim Wilayah Barat, Batam, Kepulauan Riau, pada Kamis (5/1). Kunjungan ini dilaksanakan guna melakukan inspeksi dan peninjauan kesiapan sumber daya Bakamla dari sisi personel dan sarana prasarana.

Kegiatan dimulai dengan melakukan kunjungan ke PT. Palindo Marine Shipyard Tanjung Uncang untuk meninjau pembangunan kapal 110 meter Bakamla RI yang telah dimulai sejak tahun 2015. Dalam kunjungan ini, Sestama Bakamla RI beserta rombongan diterima langsung oleh Direktur Palindo, Harmanto.

Kapal 110 meter ini akan menjadi kapal terbesar yang dioperasikan oleh Bakamla RI. Kapal ini dibangun untuk meningkatkan kemampuan Bakamla dalam melakukan pengawasan maritim serta pencarian dan penyelamatan (SAR) di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif.

Kapal yang memiliki kecepatan maksimal lebih dari 20 knot ini menampung tiga Rigid Inflatable Boats (RIB) di port kanan, kiri dan di buritan, yang dapat diluncurkan melalui small boat recovery system. Kapal patroli lepas pantai (OPV) ini juga memiliki kemampuan untuk mengoperasikan shipborne helicopter atau UAV, dengan kemampuan membawa beban pada platform flight dek hingga 12 ton.

Sumber: TNI

Artikel Terkait :

  8 Responses to “Tinjau Alutsista, Sestama Bakamla Lakukan Kunjungan ke Zona Maritim Barat”

    • BISA DI BUAT APA AJA YA KAPALNYA..PANJANG LHOO 110 M … KAPAL TNI AJA CUMA 6O M DAN ADA YANG LEBIH PENDEK LAGI ..MUNGKINKAH UNTUK CADANGAN KAPAL TNI APABILA TERJADI SESUATU” …OTO MELARA 76 BISA GAK TUH KAPAL DI PASANGIN ..JANGAN PELURU 7mm:::::>OPINI

  1. Aku juga ikut Test…

  2. Nanggung 125m skalian

  3. Ngebayangi berlayar di kapal ini menyusuri teluk bayur sambil bersenandung lagu Perancis “La Rosa Lei” di rumah makan Terang Bulan tapi sembari memanggang ikan Jhon Lei. Amboii.. Damainya.

  4. wah… makin banyak kapal patroli yg berukuran besar… bakal rame…

  5. Pesen yg banyak biar aura poros maritim Jkw betul2 terwujud jaga NKRI harga mati

  6. Borong yg banyak

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)