Jul 122016
 

langkah politik Tiongkok di kawasan LCS makin mengkhawatirkan,sebelumnya tiongkok juga pernah menolak hasil arbitrase yang akan diumumkan hari ini.

sepertinya langkah Tiongkok untuk menguasai kawasan pasifik tidak main main, terus terusan melakukan konfrotasi di kawasan tersebut.

baru baru ini Tiongkok mengumumkan akan segera mengoperasikan mercusuar kelimanya yang berada di Laut China Selatan (LCS). Pengumuman ini sangat berdekatan dengan keputusan gugatan Filipina terhadap China di LCS.
Sebagaimana dikutip dari China Daily, Selasa (12/7/2016) dilaporkan pengumuman ini sendiri disampaikan oleh Xu Ruqing yang menjabat sebagai kepala Administrasi Keamanan Maritim China.

Ia menuturkan pembangunan mercusuar di Karang Meiji sudah hampir rampung sehingga sebentar lagi sudah dapat masuk ke tahap operasional.

Dilaporkan, Negeri Tirai Bambu sendiri memulai membangun mercusuar-mercusuar di LCS pada Mei 2015 dan sudah empat mercusuar yang sudah dioperasikan. Empat mercusuar itu sendiri berada di Karang Huayang, Chigua, Zhubi dan Yongshu. Xu juga menambahkan bahwa kelima mercusuar tersebut memiliki ketinggian 50-55 meter dan dilengkapi dengan Sistem Identifikasi Otomatis di mana alat ini dikabarkan digunakan di seluruh dunia sebagai alat komunikasi di laut. Namun, hal yang menarik adalah pengumuman ini sendiri sangat berdekatan dengan keputusan dari pengadilan internasional terkait sengketa LCS.

Di mana bisa saja pada keputusan tersebut melihat justifikasi China di LCS bisa dipatahkan dan gugusan karang yang diklaim sebagai pulau oleh Negeri Tirai Bambu hanyalah sekadar pulau buatan yang berarti tidak memiliki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif.

Bagikan Artikel:

  28 Responses to “Tiongkok akan luncurkan mercusuar ke lima di LCS”

  1. gk komen..pngin pertamaxzs

  2. china harus keluar dari lcs..

  3. Baru sebatas mercusuar, di Indonesia saja ada mercubuana

  4. China … China, kecian deh loe …..

  5. Hahaha… akhirnya mbah bowo nongol :D

  6. ngarit sek kono mbah sapi mu wes do ngemoh ke .

  7. china bngun mercusuar canggih lebih dri setahun udh jdi, indonesia bngun jembatan antar desa butuh waktu brtahun-tahun itu pun d sunat dulu..,

  8. cina dpat teknologi mutakhir dari mana jika bukan dari barat? ini adalah skenario bwt kehancuran indonesia.

  9. Mana itu Mbah Bowo.? Saya mau ajak debat di kolom bawah sampe 7 hari 7 malam. Sudah saya siapkan parang yg baru saya asah.
    Jng pura2 encok kumat segala, kalo perlu ta’ jejek dodone pisan.

  10. dengan menangnya filipina atas china di lcs..
    TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN ,FILIPINA AKAN KLAIM SABAH ..! melalui arbitrase..
    nah loh..

  11. ada yg barbar

  12. wo bowo kalo komen itu yg adem, jangan bikin rusuh di forum terhormat ini..
    nyuruh orang laen komen adem kok malah cangkemu seng gak iso adem, ngaku tuwek tapi gak iso diajeni arek enom… NGERTI GAK!!!!!! HAAHH !!! NGERTI GAAAAKKK !!!

  13. ngga sabar nunggu tanggal main natuna dan jakarta di timpuk rudal nuklir PLAN… pasti bakal seru…

  14. sepertinya memang hanya perang yg bisa membuat bangsa ini bangkit dan memacu diri tidak seperti kini yg terlena dan mementingkan diri sendiri2.ayo bangkitlah pemuda indonesia!!!

  15. Mumet

 Leave a Reply