Feb 232016
 

1.	This aerial photo taken through a glass window of a military plane shows China's alleged on-going reclamation of Mischief Reef in the Spratly Islands in the South China Sea, May 11, 2015.

This aerial photo taken through a glass window of a military plane shows China’s alleged on-going reclamation of Mischief Reef in the Spratly Islands in the South China Sea, May 11, 2015.


Satu kelompok peneliti independen Amerika Serikat mengatakan bahwa Tiongkok sedang membangun sistem radar di seluruh pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan. Tindakan tersebut bisa memperkuat kemampuan Tiongkok untuk mengontrol wilayah itu.

Berdasarkan citra satelit yang dirilis oleh kelompok Asia Maritime Transparency Initiative menunjukkan adanya sistem radar frekuensi tinggi pada karang Cuarteron di kepulauan Spratly, serta mercusuar, sebuah tempat pendaratan helikopter, bunker bawah tanah dan peralatan komunikasi lainnya.

Laporan itu mengatakan bahwa fasilitas radar di Cuarteron akan “secara signifikan meningkatkan kemampuan Tiongkok untuk memantau permukaan dan lalu lintas udara” di bagian utara Laut Cina Selatan.

Kelompok Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang berbasis di Washington mengatakan bahwa Tiongkok tampaknya memasang fasilitas radar di terumbu kecil di kepulauan Spratly.

China’s replenishment ship, Qiandaohu, left, sails past its hospital ship, Peace Ark, as it docks in Honolulu, Hawaii.

China’s replenishment ship, Qiandaohu, left, sails past its hospital ship, Peace Ark, as it docks in Honolulu, Hawaii.


Beijing telah meluncurkan upaya besar-besaran untuk menegaskan klaimnya atas serangkaian pulau di Laut Cina Selatan melalui konstruksi baru dan pulau-bangunan, mengabaikan klaim yang dilakukan oleh Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei.

Tiongkok telah mengerahkan sistem rudal canggih permukaan-ke-udara pada Woody Island, yang merupakan bagian dari rantai pulau Paracel di wilayah ini dan juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat sempat berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Pulau Triton di kelompok Paracel pada bulan lalu. Pejabat pertahanan AS mengatakan misi ini dilakukan di bawah “kebebasan navigasi,” yang memberikan hak bagi setiap bangsa untuk berlayar melalui jalur pelayaran internasional.

Beijing mengecam tindakan AS sebagai provokasi dan bersumpah akan ada konsekuensi.

voa news

Artikel Terkait :

  28 Responses to “Tiongkok Membangun Radar di Laut Cina Selatan”

  1. knapa??

  2. begitulah gelagat negara kuat dunia, yg penting jangan gannggu brunei n gesek2 nkri aja deh koko panda, turutin n hormatin bangsa kami klo ingin berjaya….baik juga melihat semakin banyak negara naik pangkat utk keseimbangan dunia….semoga nkri dalam lindungan Allah Swt

  3. Klo cina lawan Amerika sy dkung cina,tp klo lawan taiwan sy dkung taiwan

  4. Premium

  5. yang terpenting adalah penguatan otot-otot pengawal republik ini…Jayalah NKRI

  6. wah ini….mulai memanas lgi…
    tpi blom ampe mendidih…
    hehe

  7. entah kekuatan diplomasi apa yg membuat indonesia begitu diperhitungkan.sbagai mediator agar konflik lcs tidak memanas. dan sbagai center jalur perdagangan internasional yg begitu penting.namun kita sbagai negara non blok jgn sampai disetir kekuatan barat dan timur hanya demi ambisi msg2 pihak. secara bertahap pelan namun pasti yg membuat negara2 tetangga dibuat heran dengan kekuatan militer dan diplomasi kita. kita tidak jor2an membeli alutsista seperti india. kita jg tidak tdk pernah sok jaguh dan usil spt malaysia.dan kita gk kepo maen sadap spt australia dan amerika. kita tetep bermain cantik dengan segudang misteri yg msh bnyk blm terungkap. china berambisi untuk ikut membangun indonesia dan berinvestasi besar2an dalam dekade terakhir ini.begitu pula dengan russia yg ingin berinvestasi besar2an untuk sistem peluncuran satelit di morotai. apa dan mengapa?? wait and see

    • Kekuatan indonesia intu tak terlihat bray….
      tak terlihat Mata
      tak terlihat Sonar
      tak terlihat X-ray
      tak terlihat Thermal
      tak terlihat Nyata
      tak terlihat Galak kyak si jampang / si pitung
      tak terlihat Angker
      tak terlihat Seperti Musuh
      Indonesia bagi CHINA negara yang tak terlihat dan samar-samar. hehehee

  8. Wah…..Tambah Runyam Aja Nih Masalah Laut Cina Selatan

  9. Tiongkok sangat cerdik,tanpa koar-koar sudah menguasai LCS..yang lain cuma bisanya mengklaim dan koar-koar tanpa ada aksi nyata… Sekarang sudah terbukti,siapa pemilik LCS… Hanya perang yang dapat mengusir tiongkok dari LCS. Ankankah ASU brani mengambil resiko??waktu kan menjawabnya.

    • AS lg cari sekutu potensial….kalau satu2 lwn satu bisa sama2 KO tuh… akhirnya negara2 yg saling sengketa sama Cina cuma bisa gigit jari kwkwkwkkw….. malay..brunei..taiwan…vietnam dan filipina cuma bisa melongo doang…. ular sdh jadi Naga dan siap menyemburkan hasrat duniawinya…indonesia…waspadalah…waspadalah….

  10. awal dari dimulainya WWR 3 … perang dunia 3..

    • Anda sepakat dgn saya bung… perang dunia ke 3 di mulai dgn peperangan Cina + pendukungnya dan AS + pendukungnya…seeyyaaam dah…dan akhirnya perang di timur tengah perang dunia terkahir atau ke empat cuma pakai kuda dan pedang kembali ke masa lalu…
      Ternyata oh ternyata…peradaban dan teknologi akhirnya mengarah kepada kehancuran itu sendiri…
      Cina masih menunggu tercapainya target 10 kapal induk mereka…kalau sdh tercapai….bisa anda bayangkan sendiri tuh….

  11. Indonesia Will Have Fastest Growing Defence Budget in Asia Pacific Over Next Five Years, New IHS Report Says

    Defence expenditure to pass $14.3 billion by 2020

    http://press.ihs.com/press-release/aerospace-defense-security/indonesia-will-have-fastest-growing-defence-budget-asia-pac

    Tahun 2020 indonesia punya pertumbuhan budget pertahanan tercepat di Asia Pasific

    —————-

    Mudah2 an yah… biar ga ada lagi yang bilang duite sopooo…wkwkw

  12. sejarah terulang, seperti jepang tahun 40 an

  13. Dagelan 2 negara somplak..hahahahaha…!!

  14. sing penting ojo jotos jotosan yo mas. tp nek gawe nuklir yo karepmu ben kiamat pisan 😀

  15. “..Beijing mengecam tindakan AS sebagai provokasi dan bersumpah akan ada konsekuensi…”

    Omong kosong.. kagak bakal berani…
    Kagak usah banyak cuap2 klo berani.. jeder..

  16. cina, iran, rusia, korUt tdk akan prnah memulai prng sblm smua sistim prtahananya lengkap dan Banyak amunisi, krn mereka tahu usa pnya ribuan rudal siap, blm trhtung sekutunya

  17. Beberapa tema perang dunia

    Perang dunia 1 monarki(eropa)
    Perang dunia 2 fasime
    Perang dunia 3 komunisme
    Perang dunia 4 islamisme
    Perang dunia 5 ?

  18. WARNING BAGI MALON YG LEMBIK kah kah kah kah

  19. NATUNA BELONG TO MALAYSIA

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)