Mar 142016
 

Pasukan Tiongkok akan ditempatkan di Pakistan untuk melindungi Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan sepanjang 3.000 km yang menghubungkan Pelabuhan Gwadar di Balochistan dengan wilayah Xinjiang, Tiongkok.

Sementara itu, Pakistan telah membangun tiga Brigade infanteri independen dan dua resimen artileri tambahan untuk melindungi jalan raya penghubung. Satu Brigade setidaknya terdiri dari tiga resimen, masing-masing beranggotakan sekitar 1.000 tentara.

Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan (CPEC) dimulai dari provinsi Baluchistan Pakistan, membentang sepanjang Makaran Coast dan berbalik di utara untuk menghubungkan Lahore dan Islamabad, melewati Gilgit-Baltistan di Pakistan, kemudian menuju Karakoram Highway, dan berakhir di Kashgar, wilayah Xinjiang Tiongkok.

Meskipun China’s People’s Liberation Army (PLA) hanya akan diposisikan untuk melindungi jalan raya penghubung, kehadirannya di Pakistan tetap menjadi keprihatinan bagi India. New Delhi sebelumnya telah keberatan dengan kehadiran pasukan Tiongkok di wilayah Gilgit-Baltistan.

Pemerintah India berpikir bahwa ada indikasi yang serius dari Pakistan untuk berusaha mencaplok wilayah itu menjadi provinsi kelima Pakistan.

Aksi Pakistan mencaplok Gilgit-Baltistan telah menyebabkan protes besar-besaran di wilayah tersebut dan berakhir dengan tindakan brutal terhadap penduduk setempat.

(Pakistan Today)

(Pakistan Today)


Tahap pertama CPEC kemungkinan akan berfungsi pada bulan Desember 2016 dan diharapkan benar-benar siap dalam tiga tahun mendatang. CPEC akan memberikan akses langsung bagi Tiongkok untuk ke Samudera Hindia.

Koridor Ekonomi itu akan digunakan untuk mengangkut bahan bakar dan produk minyak bumi dari kawasan Teluk ke Tiongkok. Itu akan mempersingkat rute impor energi Tiongkok dari Timur Tengah, sekitar 12.000 km.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping telah sepakat untuk membangun jalan raya dengan komitmen proyek senilai 46 miliar dolar Amerika Serikat. Komitmen itu ia sampaikan saat melakukan kunjungannya ke Pakistan pada bulan April tahun lalu.

NDTV

Artikel Terkait :

  15 Responses to “Tiongkok Tempatkan Tentara di Pakistan”

  1. Pagi yg cerah

    • Perang idieologi tiongcock ama Asu. Permaian busuk merusak tatanan bernegara menjadi benih benih kebencian peperangan frogsy.. indonesia sudah mengalaminya peperangan antar agama, Ras,Narkoba,LGBT,Sparatis,teroris,
      kesenjangan sosial.. isu sensitif itulah yang dimaanfaatkan pihak asing.. pulau kita sudah hilang 3.
      Kasian bungkarno memperjuangkan keutuhan NKRI. MARI kita wujudkan kemandirian ketahanan disegala bidang.

  2. Bisa jd ini efek dr pemboikotan f16 dr usa. Jd pakistan berpaling dgn tiongkok

    • engga, pakistan dan tiongkok sudah berteman sejak amerika masih bersama mereka.dulu mujahidin afgan bersama pakistan china dan amerika pernah bersatu menghadapi invasi uni sovyet di afgan.

  3. makin seru…makin rame…

  4. saya berharap tiongkok bikin terusan atau sudetan laut di tanah genting kra.
    ..untuk mempersingkat rute angkutan ekspor impor negara tsb melalui jalur laut.
    biar si upil bangkrut…

  5. Waduhh bener juga nih kayak nya makin rame aja tinggal tunggu perang nya aja.

  6. China bersungguh sungguh membuat jalur artenatif . Persiapan china dalam menghadapi kekacauan yang mungkin timbul di LCS,agar roda ekonominya tetap jalan. Bisa di pastikan jika proyek ini sukses maka China akan mulai expansi dan tegas akan status laut DI lCS. Indonesia mulai sekarang harus cepat ambil ancang ancang buat memperkuat Natuna. Gesekan pasti akan terjadi tidak lama lagi .

  7. buat jalan mbantu pakistan perang sm india.. Pakistan sbagai pion shina sbg ster..

  8. Ini namanya “jalan Belakang’ Biar jika LCS rusuh, Jualan Masih Tetap Jalan. Ekonomi masih tetap kuat.

    • @one

      Balik ke jalur sutra lagi dong,,,

      Tapi ttp jauh lebih efisien pk jalur laut/lcs biarpun muterin benua…lagipula jalur darat rawan sabotase (sabotase pipa minyak/gas, bencana alam, kecelakaan, dalam keadaan perang rawan pemboman, atau ktk hub diplomasi dg pakistan lg memburuk bisa kacau balau)

      Mungkin utk gertak sambal belaka,,,(pdh dalam hatinya cina ttp mengandalkan lcs)

  9. Ternyata tentara China (menurut gambar diatas) kurus-kurus, tidak seperti gambaran mbah Bowo yg katanya tinggi besar, bersenjata godam dengan tanduk kerbau semeter, berbaju besi laksana badak jawa dan mengendarai kereta yg dihela naga besar. Tidak jelas sekarang nasib mbah Bowo karena sdh sekitar dua bulan menghilang dari forum ini.

  10. Strategy bendungan supply logistik via Pakistan – Rusia dahulu pernah terdengar berita Eskalasi china ke Rusia jika salah satu negara mereka diserang maka keduanya akan sama-sama saling membantu / perjanjian harga mati…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)