Jul 202016
 

TNI Angkatan Laut melakukan peresmian Kapal perang Patroli Cepat (PC-43 M) KRI Cakalang-852 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (20/7). Dalam peresmian yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi itu, dilakukan pula pengukuhan Komandan kapal Mayor Laut Akhmad Effendy Kurniansyah.

“Pada hari ini, Rabu 20 Juli 2016, pukul 11.55 WIB, saya resmikan KRI Cakalang sebagai kapal perang Republik Indonesia dan masuk dalam jajaran kapal patroli armada RI kawasan barat,” kata Laksamana Ade di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Rabu (20/7).

Laksamana Ade menjelaskan bahwa kehadiran KRI Cakalang-852 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengamanan TNI Angkatan Laut untuk menjaga wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

KRI Cakalang-852. (Kartika / detikcom)

KRI Cakalang-852. (Kartika / detikcom)


KRI yang dibuat oleh galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati itu dirancang untuk melaksanakan tugas sebagai kapal patroli yang mampu melaksanakan operasi laut. Kapal itu mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan antiudara, operasi patroli laut, dan operasi search and rescue (SAR).

KRI Cakalang-852 memiliki panjang 44,40 meter, lebar 7,4 meter dan tinggi tengah kapal 3,4 meter. Kapal dengan bobot 230 ton itu mampu memuat tanki bahan bakar hingga 56.000 liter. Dengan mesin utama 3×1.800 Hp dan putaran mesin 2.300 rpm, KRI Cakalang memiliki kecepatan maksimum mencapai 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan daya jangkau 1.632 Nm.

Kapal yang memiliki persenjataan meriam dan mitraliur kaliber 30 mm dan kaliber 12,7 mm itu akan berada di bawah jajaran Satuan Kapal Patroli Koarmabar dengan homebase di Belawan, Sumatera Utara.

Laksamana Ade mengatakan bahwa harga KRI Cakalang-852 lebih murah dibanding membeli dari luar negeri. “Ini kan Rp 74,5 miliar. Murah kalau dibeli di sini, di luar negeri mahal. Kalau kita produk dalam negeri itu bisa harganya lebih murah,” ujarnya.

Sumber: detik.com dan okezone.com

Bagikan Artikel :

  45 Responses to “TNI Angkatan Laut Resmikan KRI Cakalang-852”

  1. THR

    • Mantap itu …kalau meriam RCWS 30 mm itu sudah di install ..Termasuk missile anti pesawat Dan kapal nya …plus chaff Dan machine gun nya …
      Kalau sekarang ini….kelihatannya semua nya belum ada …kosongan 100 % …
      Bahaya sekali Kalau ketemu Musuh Dan pencuri ikan …

  2. Cintailah ploduk blodok indonesia…
    Harga murah kwalitas terjamin..

    Minum kopi dulu campur sianida biar hati ini damai selalu….

  3. Kapal 230 ton harganya 74 M? Nggak overprice? Mahal dimananya ya?

  4. Instal roket/rudal pak walau sklas patroli…
    Biar cipokan’ny terasa…

    #jng lupa pak kita punya 250 galangan kapal…murah kwalitas terjamin…
    Biar roda perekonomian berputar…lapangan kerja terjamin…

  5. minus banget senjatanya!!!!!!!!!!jendral.. kenapa gak di pasangin torpedo jg?

  6. katanya gak punya uang….Kog ada yg baru terus…

  7. Kirain klewang resmi…ternyata Cakalang…hehehe

  8. bgs pak, biar kecil tp gendonganya rudal pak, bikin yg banyak biarpun musuh punya yg gede2 klu di kroyok pasti jg keok pak.. lanjut

    • Lah rudal dari mana bung? Coba baca lagi kapal patroli capat hanya dipasang meriam 30mm sama smb 12,7mm. Kalau yg versi gotong rudal ya kapal cepat rudal / kcr.

  9. Aku gak masalah ukuran bung…kalo bisa kecil tapi hight teck…

  10. Oto mLr 30 mm nya,,,mana ,? Ayooo tebak ada d’mana,,,ghoib kan,?,,haaa mirisssss

  11. cinta produk produk Indonesia.

  12. Ok…

  13. senjatanya yg gahar dong, d instal rudal ke…

  14. Kalau gak frigate Sigma, kapal patroli.. Kapal patroli.. Kapal patroli lagi.. Lagi.. Ppfft.

  15. Menurutku nama KRI Cakalang gak bakal bisa nakutin musuh. Jangankan PLAN, kapal nelayannya juga nggak takut. Coba dikasih nama KRI MBAH BOWO atau KRI CARIN pasti pada takut semua.. Takut merusak karena sayang banget. Hehehe

  16. Ga bisa bawa tentengan yg gahar kah? Bikin rhan vetsi laut utk 200km dipasang di kpl kyk gene br punya daya kejut yg bikin kalap

    • gak perlu gahar……percuma senjata lengkap tapi hanya untuk sailing pass pd 5 october….yang penting nyalinya …kapal patoli PLAN + coast guard nlonong langsung brondong 30 mm + 12.7 mm…..heli patol maritim malon nylonong langsung brondong…..!!!!

  17. Comment:kenapa cuma 24knot.kalo bisa diatas 35knot.gun 12,7 ganti yg 20mm.30mm oto melara oke banget.ayo upgrade lagi

  18. klo kapal patroli TNI AL pake nama ikan bung
    nama pahlawan dan prajurit TNI AL untuk kapal kelas korvet ke atas

  19. Kecepatan maksimal24knot kayaknya kurang deh……

  20. bingung sma komen negatif ttng nih kapal. pada ga bisa bedain apa ya mana kapal patroli mana kapal kombatan. spek segitu emang udh rolenya patroli bos. cuma emang sayang bgt kcepatannya cuma segitu. tp klo dpikir2 sih segitu wajar msalnya dliat dari luasnya negara indonesia yg butuh banyak kapal patroli yg akhirnya kcepatan dbatasin buat hemat bbmnya. yah berdoa aja sma bayar paajak yg bener biar pemasukan negara bertambah sma jangn sering demo. yg akhirnya bikin investor males masuk krna iklim usaha ga kondusif.

  21. Itu kecepatannya 24 knot apa 34 knot? kalo Kapal Cepat kecepatan max cuma 24 knot lalu yang kapal patroli biasa berapa kecepatannya? Ingetloh maling ikan kecepatan kapalnya bisa mencapai 28 knot. Apalagi kapal ikan nelayan cina, kalo kabur mungkin di pasangin motor roket C805, biar maknyos kaburnya.

  22. kata siapa? emang beliau user?

 Leave a Reply