Mar 132014
 
Presiden SBY menatap model kapal selam Kilo Rusia (photo: setneg)

Presiden SBY menatap model kapal selam Kilo Rusia (photo: setneg)

Pemerintah Indonesia membatalkan rencana pembelian 2 kapal selam kilo hibah yang ditawarkan Rusia. Alasannya karena kapal selam tersebut dalam kondisi rusak.

Tadi pagi 13/03/2014, saya bertemu seorang pejabat TNI AL, ia pun mengatakan :

“Kalau lihat sekilas, bekas harganya murah dibanding baru tapi masa pakainya hanya 10 tahun. Kedua jika beroperasi sampai jangka 10 tahun itu kalau dihitung-hitung maintanance cost-nya itu cukup besar,”

Saya pun bertanya, jadi TNI gagal membeli KS Kilo ?

“Jadi belum gagal, ini masih proses. masih proses berjalan. Kan sekarang kita dihadapkan pada pilihan kita mau beli baru atau second,”.

Menurutnya, saat ini Kemenhan masih mempertimbangkan plus-minus untung ruginya jika membeli Kapal Selam Baru.

“Lebih baik kita keluar uang banyak sekali saja tetapi kita punya kebanggan itu jelas dan kemampuan tempur bisa diandalkan sehingga bisa menimbulkan detterent effect sebagaimana yg kita harapkan,”

“Kemudian keuntungan lain masa pakainya lama. Ini yang sedang diolah tetapi sepertinya tim mengarah pada kapal selam baru,”

Seperti kita ketahui nilai efek deterrent KS Kilo ini sangat efektif. Buktinya belum dibeli atau masih dalam proses penawaran sudah membuat Australia seperti cacing kepanasan (sangat cemas) apalagi dibeli, TERBUKTI…

“Seperti kehidupan di rumah. Kita punya satu atau dua anjing herder atau doberman maka deterent efek untuk pencuri jauh lebih baik dari pada piara anjing kampung 10 ekor yang dikasih kelapa saja langsung diam,”.

Maaf saya tidak jago analisa. Di sini saya cuma bisa kasih pencerahan melalui kutipan obrolan dengan seorang pejabat TNI. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman di warjag. Narasumbernya seorang Jenderal, mudah-mudahan tambah bingung ya. hahahhahahahaha. Kritik dan saran saya terima, terima kasih. (by Jalo).

  200 Responses to “TNI Jajaki Kapal Selam Kilo yang Baru”

  1. Menghibur diri…

    • sulit dipercaya tapi itulah kenyataannya, bangsa ini selamanya hanya akan jadi bangsa rendah, bangsa hina. Kecuali rakyatnya mau belajar dari sejarah /pengalaman.

      • Ga mencoba memberikan komentar yg bersifat MEMBANGUN, menyemangati dan meninggikan nasionalisme bung repkor..??
        kami-kami sedang… tinggal anda.

        • benar bung donnie. memang mudah menjadi kritikus daripada pelaku atau penghayat suatu hal. begitu proses empati dan simpati di jauhkan..penilaian terhadap sesuatu menjadi bias dan menafikan..

        • satu telunjuk ke arah orang, 4 lainyya ke muka sendiri

      • @ rapkor hina dina

        waduh….!!
        .hanya pribadi orang yang hina dina dan rendahan yang bisa bicara seperti anda pak..!!!!

      • @repkor..
        bangsa Indonesia terlahir dengan perjuangan bung,dengan tetes darah ribuan pahlawan…lalu apa yang sudah kamu berikan pada negara?? tega sekali anda mengatakan negeri ini bangsa hina…generasi seperti sampeyan inilah yang harus dibrantas, agar tak tumbuh menjadi bibit penyakit ditubuh NKRI tercinta..

      • Bung Repcor… kok ada ya orang kayak anda?? anda kayak….. aja…

    • ks kilo ga kepilih tapi masih ada lada/amur…tenang aja bro..

    • ^^^^^
      Susah amat nerima kenyataan.

    • Gimana ga rendah, ga hina wong bangsa ini masih diisi oleh org sprti Anda Bung Repkor….
      Anda tau tidak, ciri orang rendah dan hina itu dia yg pandai menguhujat. Hujatan itulah potret dirinya sendiri. So, berhentilah menghujat, berfikirlah cerdas, berucap dan bersikaplah dgn santun. Kita INDONESIA, BUNG!!!

      Bung Jalo: Maaf tulisan Anda di atas A1 kah…??? n
      ngarep2.sangaad.com

      • naah khan sudah ada 2 kubu pesimistis dan optimistis klw sama2 ngotot akhirnya tengkar deh..:D. gara2 shock denger berita tentang kilo karena mupeng, ada yg golongan ngenteng dengan kecerdasan analisa dari kepingan2 berita. mau pilih jalur yg mana silakan..:))

    • gaber lah

  2. Ehm..! Pertama ya?

    • Maaf, anda belum beruntung. Silakan coba kembali :lol:

      • Hehehe..! Panas banget nih Bung malam ini. Purnama yang redup dalam dekapan selimut kabut asap di atas langit KL, seolah sedang bersenandung lagu sendu yang penuh pilu. Tak ada air hujan, yang tinggal cuma air mata yang mengalir di antara tumpukan berita duka MH370, ditambah lagi dengan kabar TNI AL yang batal mengakuisi KS Kilo. Kecewa nih Bung..!

        • “lebih baik dari pada piara anjing kampung 10 ekor yang dikasih kelapa saja langsung diam”
          Sejak dukun malaysia bawa-bawa kelapa, kok sekarang jadi kayak kambing hitam nih kelapa? :-)

        • bung @ yayan

          kalau bisa sih situ ulas forum malay tentang defen n share dimari biar sepuh disini bisa di ulas,dikompare n analis dengan alutista yang udah ada nkri….

          biar ada hitung2an…. :D

          cuma saran
          maaf cucu lancang

          • Hehehe..! Terima kasih Bung..! Salam kenal bung Cucu. Sampai saat ini mungkin belum ada keberanian, Insya Allah lain kali. Biarlah masih ada sesepuh kita yang masih aktif dan lebih menguasai materi. Kalau saya mungkin cuma penikmat saja. Tapi saya siap memberikan berbagai info atau pengetahuan tentang Malaysia dan negara-negara lainnya yang pernah saya tinggali atau sekedar saya kunjungi, sekiranya itu diperlukan dan bermanfaat untuk semua, dengan senang hati, kedua tangan saya akan senantiasa terbuka. Selamat beristirahat Bung..!

  3. Kilo…seperti kisah yg tiada berujung…

  4. Tunggu pameran diujung thn nanti diarmatim.

  5. Kita butuh 10 doberman dan 10 herder plus 10 rottweiler

    • Bulldog gak mau nih Bung?

      • engga ah, jesjes trus walau gigitannya salah satu yg paling kuat. favorit saya rottweiler :)

      • Baru ada isu kabar TNi ingin memiliki lontong kilo aja, sudah bikin keder kawasan :D apalagi tetangga kita sampai pusing menggenjot anggaran pertahanan lebih besar dri tahun-tahun sebelumnya gimana nnti kalau sampai ada kabr rerilis resmi oleh pemerintah kita kalau TNi sudah memperkenalkan pada dunia luar bahwa indonesia 5 atau 10tahun kedepan bahwa pt pal dan lapan sudah bisa mandiri membuat kasel beserta senjatanya :D

        Bisai-bisa tetangga kita yg usil ga bisa ketawa ??a..??a..??a..
        ??a..??a..??a..dan ga bisa tidur nyenyak lgi ini :D

      • @ Bung Yayan, bulldog gak nggigit bung tapi ngemut! he…he…he…

  6. wacana kapal selam kilo TNI AL sudah bertahun2.??? Malah di kaskus/topic TNI AL sudah beli kapal selam BNV. TNI AL MENAKUTI NAKUTI negara tetangga.

    • Itulah karenanya negara kita bung, meski kita tidak memiliki F-35 atau LHD Canbera, tapi kita punya cerita/kisah kapal selam rahasia yg efek deterrentnya lebih fatal bagi tetangga dan masyarakat kita sendiri. Hehehehehe, maaf otak lagi UUT nih

      • Maap, hp ikut UUT..

        Maksudnya itulah hebatnya negara kita…

      • @ bung Jalo : jadi udh terbukti klo Bangsa Indonesia itu memang terkenal sejak dulu kala..dan bangsa luar negeri sudah banyak mendengarkan cerita dan dongeng” tentang keperkasaan kita melalui Sumpah Palapanya.. baru cerita udh gemeteran..gmn kl nongol betulan ya… haahahahha… mirip cerita pilem hantu..

  7. ausie tambah pusing ya bung…jalo…setelah program class hobartnya berdarah-darah mengeruk anggaran negara…eh iparnya yang juga berdarah-darah juga dibangga-banggakan kemegahannya sebagai pespur “luar biasa”…jadi sudah pasti amur ya bung…?..pilihan yang sophisticated…siip

    • Mudah2an bung, tergantung bapak2 yg ninjau di Rusia bung. Tni al dan kemenhan cuman bisa menunggu hasil tinjauan dan rekomendasi mereka.

  8. jadi bingung nih, marin pak KSAL roman-romannya juga bingung, “Mau ambil bekas g layak pakai mau ambil baru harganya mahil hil hil” Mengahayal yuk… Semur 16 U214 16 CBG rasa Indonesia 16 mangstrapppp…

    • Jadi pernyataan pak KSAL kemarin adalah memprioritaskan pembangunan KS dalam negeri. nah pembelian KS Kilo baru atau melirik ke KS lain itu tetap juga menjadi perhatian namun tidak seprioritas pembuangan dalam negeri.

      Seperti memprioritaskan pembangunan kapal perang dalam negeri, tapi tetap sedang menjajaki destroyer negara lain.

    • Itu hanya rahasia dagang ….jgn2 barangnya sdh dikrim malah….itu sih disinformasi berita….spt kilo jerman…yg akhirnya nongol….

  9. Mungkin yang harus dilakukan adalah, menerima kenyataan, bahwa memang negara RI belum mampu untuk membeli kapal selam mahal. Mungkin yang terbaik memang adalah membangun dari awal, dah sebagai rakyat RI, sebaiknya kita tetap mendukung sepenuh hati U-209 kw yang akan dibuat. Who knows, kapal itulah yang akan merajai lautan dalam kelak.

    • Banyak orang yang lupa bahwa U-209 itu adalah desain lawas yang terbatas potensi pengembangannya. Memang betul bahwa jeroannya masih bisa terus diupgrade dan dimodernisir, tapi bagaimana pendapat bung kalau ada wacana frigate Van Speijk kita akan dimodernisir dan diupgrade untuk terus digunakan sampai 2040-2050? Tetap nggak pas kan? Korsel sendiri sudah mulai beralih ke U-214, lah kita malah mau jor-joran mengembangkan U-209. Sy kuatirnya ketika kita akhirnya bisa bikin 10 U-209 series, kasel yang diproduksi itu malah udah ketinggalan jaman (dari sisi desain dan kapabilitas).

      • Setuju Bung Roger. Yang saya maksud, adalah kemampuan para tenaga akhli dlm mendisain kapal selam itu sendiri. Saya berkaca dr para tenaga akhli RI yg belajar dari membuat pesawat CN235, dan bisa mengembangkan jadi N250. Awalnya mungkin 1-2 produksi awal adalah u209 kw, tapi berikutnya, pasti design akan berubah lebih maju.

      • Bung Roger, semua riset dan penguasaan teknologi tidak bisa melompat karena harus didukung / menyangkut kultur yg harus dibina konsisten dan membutuhkan waktu.
        TOT Kasel ke CBG/209 lebih masuk akal untuk menguasai teknologi awal.
        Sejarah pengembangan senapan SS, helikopter dan pesawat CN menjadi sekarang ini adalah contoh yang nyata.

        *Una salus victis, nullam sperare salutem*

      • kata sesepuh sih begini, hitung2 belajar menjahit.
        jika nanti bisa menjahit jacket dari bahan jeans/levis, mungkin bisa juga menjahit jacket dari bahan kulit, atau mencampurnya sekalian Jeans-kulit.

        jacket mutan ya .. :D

      • Sptnya kita sdh diinformasikan bahwa cbg yg akan dibuat di ind lbh dr cbg yg dibuat dikorea krn beratnya saja lbh dr yg ada skg dan arsenalnya jg lbh dr skg.

        Ya memang setiap mata pelajaran tdk bisa instant dan melompat dari SD ke SMA, hrs dikuasai dulu dasar2nya. Intinya kita bisa mandiri dan jgn lg menggantungkan kpd org lain krn sewaktu2 pasti akan diembargo apalg kalo sdg perang, kemungkinan diembargo sgt besar sekali dr negara yg berseberang dgn kita taruhlah rusia, skg barat sdg mengancam akan mengembargo. Apalagi kalau kita perang dgn singapura, pastilah barat akan mengembargo kita.

  10. Tenang aja…jadi beli tuh
    Indonesia emg gt…
    Sukanya bikin tetangga deg2an…
    Soalnya mreka memandang kita sebagai ancaman…jadi enak di bully…bikin panas dingin gak bisa tidur…hahahaaha
    Emg enyak…

  11. “Antara impian dan kenyataan, terdapat jurang yg sangat dalam”

  12. smoga jadi beli dah… gw berdoa, biar bangsa ini nga dilecehin ama tetangga bsebelah

  13. “Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai”

  14. Kalo menurut saya sih INDONESIA dah punya cuman ga di publikasiin az ..malah udah di pelajarin teknologi kaselnya.& juga para ahlinya dah siap ko tinggal nunggu dukungan dari pemerintah..pokoe tuh lontong dah siap joged di perairan INDONESIA..tunggu az tanggal mainya..!!! Hidup NKRI..!!!

  15. Hahaha…
    Bener jg kata bung Satrio,, Jama’ah kiloiyah lg meriang ampe gk nafsu ol lg di blog2/forum2 militer…

    • hahaha..:D.. yg pentinh nafsu makan tetep ada bung. paling mreka shock ssuatu yg dibangga2in dari citra media dan ngak jadi dibeli..:D

  16. menyedihkan, makanya april nanti jangan salah pilih lagi.

  17. penantian yg tertunda….

  18. Udahlah ga usah dipikirkan lagi masalah kilo…. udah cuapeeek puo…ool, klo mau dipikirin baru atau bekas ngapain baru sekarang,.. harusnya udah dari dulu bikin keputusan, wes lah …. ga usah ngomongin KS lagi, ga akan ketemu ujungnya. Hanya ada 2 kemungkinan Emang Mbulet atau Disembunyikan Informasinya.

  19. Yg jelas emang ada rahasia diantara ks..

  20. Berharap si kilo dateng :D

  21. kilo datang atau tidak datang yang penting tetangga sudah mulai siapkan penangkalnya . kalau penangkal tetangga sudah datang ya tinggal cari pawangnya . kira-kira intel tetangga bingung g ya liat banyak clue di formil yang kadang saling berbenturan dengan rilis resmi pemerintah . pusing pusing deh intel . kadang ada ataupun ada g perlu terungkap untuk memeras daya dan upaya musuh . akhirnya musuh malah tak percaya kalau ternyata benar-benar ada, he he….

  22. kilo aja yg urgen bisa batal apalagi su 35 ? S 300 ? bahkan sekedar buk m1/m2 pasti juga akan jadi angin lalu, lain ceritanya dengan apache dan f16 cabe2an yg maju terus, ada ga warjager yg mikirin sesuatu soal ini ? kenapa kebijakan renstra mef kita kelihatannya terlalu mudah sekali di intervensi pihak tertentu ? atau hal2 kek gini kurang menarik didiskusikan ?

    • urgent banget, jika membaca atau menganalisa infoh dari sesepuh, kekhawatiran anda sebenernya rada2 telat beberapa tahun ya, yo wis poko’e tenang aja..
      cetarlah.. :D

    • Saya setuju dengan @bung Repkor meski terasa pahit. Ketika kita mengkritik pemerintah kemudian dibully sbg anti NKRI. Ada byk cara menyatakan cinta, tidak selalu dg kata2 manis. Ketika orang tua menjewer anaknya nakal apakah bisa dituduh jahat? kan tidak mesti sepeti itu. Kita semua, termasuk bung Repkor sebenarnya sedih bahkan hampir putus asa dg keadaan militer kita. Bayangkan bung2 warjag, betapa rendahnya keperdulian pemerintah yg tercermin dari alokasi APBN (hampir tidak masuk akal jumlahnya) utk membuat Tank, Roket, Rudal, dll. Masih segar dalam ingatan lahirnya ANOA bisa diangap sbg kecelakaan krn kenekatan Wapres saat itu Yusuf Kalla mem-fait accomply SBY shg terpaksa membeli ANOA dr pindad. Coba tengok perumahan prajurit TNI, kesimpulannya satu: Negara tidak perduli!… wallahu alam IMHO…

      • @bung open mind

        kalau di no 1 di atas…
        repkor says:
        sulit dipercaya tapi itulah kenyataannya, bangsa ini selamanya hanya akan jadi bangsa rendah, bangsa hina. Kecuali rakyatnya mau belajar dari sejarah /pengalaman.

        kalau yg ini si rapkor bukan kritik…! bung openmind

  23. udah ga usah dipikirin. ngapain memikirkan yang gak mungkin, itulah ga enaknya jadi rakyat.
    ga tau jawabannya pasti. coba kalu kita jadi pemutus keputusan, kita akan menjadi orang yang pertama tau…
    mendingan sekarang kita bangun indonesia dengan cara kita sendiri-sendiri.

    setuju…

    biarkan mereka yang memilih mana yang terbaik buat NKRI

  24. kalo chang bugo di bekeli club-s… kira2 bisa gak ya
    jadi gak selalu mengharap kilo

  25. KALAU BISA BELI BARU, BUAT APA BELI YANG BEKAS???,, duitnya ada. penawaran juga datang. atau, KALO BISA BUAT SENDIRI, BUAT APA BELI DARI LUAR.. duitnya ada, dapurnya lagi dibangun, orang-orangnya lagi menamatkan sekolahnya di luar negeri.

  26. ga usah dibuat pusing…memang sengaja dibuat seperti ini supaya ada polemik dan kemisteriusannya terasa..kalau ga jadi ambil kilo yang second kan masih ada yang baru,masih ada amur dkk..yang pasti biarkan orang awam seperti saya cukup taunya lontong laut kita cuma ada 2 :)

  27. para petinggi miiter pasti sudah mempertimbangkan matang2 tentang keputusan yg di umumkan,jangan khawatir,mereka yg sangat mengerti apa yg di butuhkan

  28. Spertinya kita harus perang agar misteri kita punya kilo terkuak.

    Hanya opini orang perbatasan

  29. Rahasia dalam militer memang harus dijaga :D tpi yg buat konsumsi publik jga skali2 yg cetar biar efek getar nya kerasa ampe tulang -_-

  30. Lebih baiknya negara FPDA masuk dan perang habis-habisan setelah dimenangkan rakyat dan prajurit TNI gantilah pemimpin-pemimpin yg lebay dan tidak dapat di intervensi asing,sungguh sangat nista bila alutsista yg datang tidak ada efek gentar buat tetangga sebelah, uang banyak dibelanjakan ada yg lari ke kantong-kantong masing-masing dan rakyat dikuras pajaknya malah pemimpinya enak-enakkan memilih alutsista yg tidak diingini rakyatnya..

    • ooppsss…..pagi2 gini banyak yang eling…
      sy timpuk kamu sama bakyak…..!
      plakkkk kena kepala botak loe..! rasainnn

  31. DUITE SIAPA BRAY?
    Changbogo STRONG

  32. Dapat dipastikan penambahan KS KILO tidak akan ada ditahun ini. Duitnya hanya bisa menambah 2 KS KILO dalam waktu per 5 tahun. kalau rencana tidak berubah, sampai tahun 2019 Indonesia hanya akan mempunyai 4 KS KILO dan sampai tahun 2024 indonesia hanya akan mempunyai 6 KS KILO dengan teknologi berjenjang. mirif pengadaan su-27/30/35

    selain itu, jika ToT U209cbg lancar, maka Indonesia juga akan segera mengembangbiakannya

  33. met pagi fans boys mltry, olah kanuragan qt akhir2 ni ga lepas dr pelototan mata atase militer ngra2 sahabat & ngra culas sekeliling, mrka bkan or bodoh, kan Suheng Diego dkk dah bilang bhw qt hrs cerdas menganalisa bnyak clue, bahkan beliau sendiri dtang berobat langsung ke klinik sumber waras dan beroleh kesembuhan. Presd ga gegabah ktakan klo qt siap tempur, ngra2 besar menaruh respek pd TNI, ada prjanjian rahasia dg rusia tntang pusat layanan perawatan yg dikelola tni al, ada penyiapan batterty hiu 18 bj, waah banyak deh …. pokoke soal jumlah kisaran 12-18, jenisnya? ga tau dah, sorry anak kampung oot jg.

  34. Klo ada Dana y mndngn beli baru,speti yg kita tau anggran Minim jd hrs sehemat mungkin heeeehèe
    Percya aja ma petinggi Tni bung .
    Kbtln one pnya tmn seorang marinir,dia per ah tugas diambalat,iseng one Tanya berapa jumlh ks kita,awalnya she dia bilang game tau tni Al pnya ks,ngayal bngtkhn,Trs stlah ane Tanya lagi dia jwab buat apa pngn tau jmlh ks kiya.sjak saat itu game pernah hubungn ane tlpn jg game aktf,senjata TNI emang pnuh dgn misteri khusnya tni Al

  35. Barusan baca di yahoo,diberitakan ada sebagian wilayah natuna yg diklaim/dimasukkan ke china
    Gimana tanggapan para sepuh

  36. Butuh pencerahan nih pagi2 begini..maklum abis sunah rosul tadi malam..moga – moga ada kabar terbaru …!!!

  37. tambahan sedikit informasi bung Jalo : TNI AL sekarang ini serius dalam membangun armada “Silent Warrior” nya. perbandingan deterent dan daya gebuknya adalah satu unit KS itu sama dengan delapan sampai sepuluh unit kapal permukaan. sudah pasti untuk pengadaan alutsista strategis macam KS ini tidak akan pernah diumbar gamblang ke publik. jangankan jumlah, wong rencana operasi dan pergerakannya aja enggak sembarangan dipublish.

    mengutip pernyataan seorang Laksamana “memangnya kita mau menelanjangi diri sendiri, dengan membeberkan semua informasi persenjataan canggih yang kita punya.”

    seperti halnya kapal permukaan, KS kita juga dibagi menjadi tiga jenis sesuai dengan bobot dan kemampuan teknisnya. yaitu ringan (biasa untuk latihan dan seremonial), sedang (sudah berseliweran dan akan ditambah) dan berat (lagi dipesan) (saya enggak mau nyebutin jenis KS dan Kelasnya, silakan di analisa sendiri)

    kalo menurut perencanaan yang telah dibuat oleh Matra Laut, sampai dengan MEF II berakhir diharapkan kita mempunyai sedikitnya 24 KS baik itu hasil pembelian maupun pembuatan sendiri dari dalam negeri, akan tetapi dalam perjalanannya dalam MEF I saja sepertinya setengah lebih dari perencanaan sudah terpenuhi.

    kalo pengadaan tahun 2007 sudah ada 4 yang berenang-renang disini, untuk pembelian KS dalam MEF I ini ada sejumlah …… unit :D yang sudah sign dan akan sign dibalut berita “Hibah KS Rusia”. selain publish resmi 3 unit Changbogo.

    tentunya tidak lupa juga proses ahli teknologi KS ini juga sedang berjalan. sehingga diharapkan dalam MEF III kita mampu untuk membuat sendiri KS rasa Indonesia banget.

    intinya adalah untuk didalam lautan kita “amaaaan” dan biarlah orang-orang yang menganut paham “musti pelototin itu barang baru percaya” biarkan saja dengan keyakinannya itu, toh nanti kedepannya disetiap pemberitaan mengenai KS kita pasti akan ditulis “Indonesia hanya punya 5 KS, Cakra 401, Nanggala 402 dan 3 Changbogo” :D

    “Jalesveva Jayamahe”
    “Wira Ananta Rudhiro”

    • tambahan informasi yang mencerahkan di menjelang siang sebelum jumatan bung :) salam

    • Informasi lagi ya : (saya jadi banyak keceplosan :D ) saat ini kita sebetulnya punya kapal tender untuk KS kita yang sering berseliweran. Ya. KRI Multatuli 561 (dibiaskan selama ini menjadi kapal markas oleh TNI AL)

      Pertama, kode lambung dengan awalan 5 sudah jamak digunakan TNI AL untuk menandai bahwa kapal yang dimaksud adalah jenis LST (landing ship tank) dan LPD (landing platform dock). Lebih detail lagi, untuk LST ditandai dengan penamaan nama-nama Teluk di Indonesia, sedangkan LPD ditandai dengan penamaaan nama-nama kota besar yang punya ciri khas maritim di Nusantara. Lalu KRI Multatuli dengan nomer lambung 561 tidak berada diantara kedua jenis kapal tersebut.

      kedua dari KRI Multatuli adalah riwayatnya yang agak ‘sulit’ ditelusuri secara jelas. Berbeda dengan informasi dan spesifikasi pada jenis kapal frigat dan korvet. bahkan spesifikasi lengkapnya di annual reference book seperti Jane’s Fighting Ship untuk sosok KRI Multatuli identitasnya begitu terbatas. Hanya yang jelas kapal ini dibuat oleh galangan Ishikawajima Harima, Tokyo – Jepang pada tahun 1961.

      ketiga, dari sisi rancangan desain, awalnya KRI Multatuli tidak dilengkapi hangar pada dek helikopter, sedangkan bila dilihat pada foto-foto terbaru KRI Multatuli, sudah nampak bangunan hangar yang desainnya cukup besar. Bila diperhatikan, pemasangan hangar itu juga menambah kelengkapan pada perangkat elektronika yang ditempatkan pada sisi atas hangar. dan dari rancangan awal diketahui KRI Multatuli adalah jenis kapal tender kapal selam dan kemudian dikonversi juga menjadi kapal markas (kapal komando)

      KRI Multatuli mempunyai berat dengan muatan penuh 6.741 ton, serta muatan kosong 3.220 ton. Dimensi kapal ini 111,35 x 16 x 6,98 meter, dan ditenagai 1 mesin diesel barmeister & wain – 1 shaft dengan 5500 bhp. Kecepatan maksimumnya 18,5 knot atau setara 34 km per jam. Kapal yang masuk dalam jajaran Satuan Komado Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) ini diawaki oleh 130 personel, dan di komandani oleh perwira berpangkat Letnan Kolonel.

      udah ah, den karuuuung… den karuuuuung… :D

      • cocok om

      • desain awal KRI Multatuli 561 memang kapal tender selam, namun dengan perkembangan zaman kapal ini difungsikan sebagai kapal komando / kapal markas.

        kalau anda perhatikan insignia KRI Multatuli disitu ada tulisan MA yang berarti Markas, namun bagi penganut teori konstipasi MA ini sering disebut Miscellaneous Auxiliary……..

        • @ Bung Ed : betul bung, yang “mengupgrade” jadi punya kemampuan tambahan jadi kapal markas kan TNI AL sendiri. untuk apa hayooo? :D

          • dahulu Indonesia pernah punya kapal tender selam yaitu KRI Ratulangi (RLI) dan KRI Thamrin (THR) yang merupakan satu paket pembelian dengan 12 kapal selam kelas Whiskey.

            sama seperti kapal selam kelas Whiskey kita yang hanya menyisakan KS Senopati yang sekarang menjadi monumen kapal selam di Surabaya, KRI RLI & KRI THR sampai sekarang nasibnya juga tidak diketahui.

            penomoran KRI RLI tercatat pernah menggunakan nomor lambung KRI Ratulangi (441), kemudian (4101), kemudian (440), kemudian (552), kemudian (901) dan terakhir kemudian (301)

            mengenai KRI Multatuli 561 memang diperuntukkan untuk kelas kapal Markas (MA),AFAIK, TNI AL baru mempunyai kapal sejenis ini.

      • …dugaan ane sih sdh ada yg baru makanya Bung PS berani babarin 561…hehehe ngarep.com

    • Bener bung PS, mengutip omongan teman saya, “kita itu tidak seperti tentara malon yg beli pisau dapur langsung dipamerin,”

      Yg changbogo kan rencananya 12, kalau sesuai program 24 KS dipotong 2 ks (cakra nanggala) jadi sisa 10.

      Mudah-mudahan yg cetar membahana, biar TNI kita senang, tetangga pun cemas. Hehehehehe

      • entah itu “antara ada dan tiada” ya bung :D setidaknya para petinggi tetangga susah tidur setidaknya jadi imsonia.. :D

        cuma canda
        maaf cucu lancang

    • memang sewajarnya yg serem” dan mematikan tidak di publish..apalagi menyangkut pertahanan negara..saya aja punya rahasia sendiri yg tidak 1 org pun tau..apa lg negara..tp kalo infoin clue-nya boleh lah..hehehehe…

    • benar Bung PS. Sampai tahun 2014 saat ini, Indonesia hanya punya 4 KS saja. 2 KS KILO dan 2 KS U209 Jerman.

      • @ Mbah Moel : ada tujuh Bung, bukan empat :D

        • ralat “hanya dua Bung” hehehe… :D

        • Ada 4 bung.. hahahahaa

          Disini banyak yang salah kira soal KS KILO made in Jerman. banyak yang beranggapan itu adalah KS 2xx Jerman yang mempunyai teknologi seperti KS KILO.

          Padahal yang benar itu adalah KS KILO yang diupgrade ke Jerman supaya bisa menyelam lebih dalam dan lebih lama beroperasi di dalam laut untuk menghindari penciuman pesawat anti KS.

          TNI AL tidak terlalu puas dengan kualitas KS KILO karena belum bisa dipakai menembakan rudal dari dalam laut ke daratan. masalah itu disebabkan karena Indonesia belum punya stasiun radar jarak jauh. latihan penembakan yakhont saja, rudal mesti dipandu secara estafet.

          KS KILO yang sekarang dimiliki akhirnya difokuskan teknologinya ( disekolahkan lagi ke jerman ) agar mampu menenggelamkan sebanyak mungkin kapal permukaan dan kapal selam musuh tanpa diketahui keberadaannya ( karena mampu menyelam lebih dalam dan lebih lama )

          itulah kenapa akhirnya Russia menawarkan 10 KS bekas-nya agar dibeli Indonesia supaya setelah dibeli, di “made in” jerman kan lagi. Indonesia menolak karena sudah ada ToT U209cbg. selain itu karena Indonesia masih tetap berupaya mendapatkan KS yang benar-benar mampu menembakan rudal dari dalam laut ke daratan. KS itulah yang sedang dikaji untuk pengadaan 2014-2019.

          hehehehehee

    • makasih atas pencerahannya bung Pocong.. ya meurutku yang masih awam lebih baik KS milik TNI ini dirahasiakan baik jumlah, kemampuan, type dan wilayah tugasnya biar daya deterencnya luar biasa… terbukti tetangga sebelah sudah sibuk menyiapkan penangkalnya bagi KS kita…
      biarlah yang kelihatan cuman KS cakra – nenggala 401 – 402 serta CBG yang akan datang…
      dengan menjaga kerahasiaan KS ini saja TNI sudah bisa mengukur kemampuan dan mempermainkan kekuatan kawasan…
      biarlah dia senyap, menakutkan dan mematikan bagaikan hantu laut bagi lawan untuk menjaga tanah air bumi mandala pertiwi..
      ” jalessu bhumyamca jayamahe”
      ” wira ananta rudhiro ”
      ” tabah sampai akhir “

    • masih ada aje yang nulis ginian, ngabisin page, mata jadi sepet, mules nih………huss huss…!!!!

      • sedih saya ngeliat Rakyat Indonesia masih ada “segelintir orang” yang kayak begini. kasian banget hidupnya tidak pernah bahagia dunia akhirat :D

  38. China mulai mengusik qta….hmm apa bnr mmng gitu?klo pn bnr china psti uda hitung untung/rugi bila Indonesia ikut konflik LCS

  39. Mudah-mudahan onani kilo jilid 2 ini gak berakhir anti klimak seperti sebelumnya …. walaupun probalitas untuk gagal itu adalah sekitar 99.99% ….. Hehehehe

  40. Nah ini dia pencerahan & kabar terbaru..persis apa yg saya perkirakan sebelumnya..memang harus menjadi rahasia …

  41. duh bapak2 ibu2 mohon maaf kalo komen saya diatas terlalu keras tapi mohon jangan hanya terpaku pada kata rendah /hina, komennya tidak selesai sampai disitu, ada kalimat ; kecuali rakyatnya mau belajar dari sejarah. Tapi terimakasih atas teguran teman2, ini akan jadi koreksi buat saya kedepannya agar menggunakan bahasa yg lebih santun dalam berkomentar, terimakasih dan sekali lagi mohon maaf.

    • siip om.. kita jg smua blajar malah muridnya tambah banyak, alangkah baiknya sblum komen baca dulu semua lontar2 yg dah ditulis para begawan disini, met belajar.

  42. Changbogo walopun desain tipe 209 tapi bisa ditingkatkan jadi tipe 214 kok, bukan cuma jeroan tapi juga hingga ke bodinya. Karena perbedaan diantaranya keduanya nggak jauh-jauh banget. Untuk kasel russia ketimbang kilo mungkin coba dipertimbangkan untuk langsung lompat ke kelas amur..
    Hanya opini pribadi saja ya..

  43. GA JELAS BIN PLIN PLAN, kapal selam kilo, ons, gram, ton mirip kfx/ifx, rudal c705, UTANG MAKIN NUMPUK.

    • Utang Makin numpuk? Ente tau nggak utang RI cuma berapa persen dari GDP? Ente Tau nggak cadangan Devisa RI berapa sekarang? Dan coba bandingin sm negara lain…Jgn asal ngomong ga jelas ..

  44. Good Job TNI !

  45. Bung, Amrik kirim P-8A Poseidon buat cari MAS, jangan sampe lontong kita yang lagi lalu lalang di intip dia.

    Kuala Lumpur – Membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370, militer Amerika Serikat (AS) juga mengirimkan pesawat pengintai P-8A Poseidon. Hal ini setelah AS mengerahkan kapal militer USS Kidd untuk menyisir Samudera Hindia.

    Menurut Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kuala Lumpur dalam pernyataannya, pesawat P-8A memiliki kecepatan maksimum 490 knot. Pesawat yang berfungsi khusus memantau perairan ini, mampu melakukan pemantauan setinggi 41 ribu kaki dengan jangkauan sejauh 2.222 kilometer selama 4 jam pencarian.

    “Untuk misi seperti pencarian MH370, pesawat P-8A akan terbang pada ketinggian 5 ribu – 10 kaki dalam kecepatan 350 knot, dengan waktu pencarian kira-kira selama 8-9 jam tergantung pada luas area pencarian,” demikian pernyataan Kedubes AS di Kuala Lumpur, seperti dilansir kantor berita Bernama, Jumat (14/3/2014).

    Dalam pernyataannya, AS juga menambahkan bahwa pesawat jenis P-8A ini merupakan pesawat pemantau paling canggih yang mampu melakukan penerbangan jarak jauh. Pesawat ini juga mampu melacak keberadaan kapal selam dan benda lainnya yang tidak ada di permukaan laut.

    “Pesawat dengan multi-misi, yang juga memiliki kemampuan intelijen, pengawasan dan pengintaian (ISR) yang mumpuni,” demikian disampaikan Kedubes AS.

    Kapal USS Kidd milik Angkatan Laut AS digeser lokasi pencariannya dari Selat Malaka ke wilayah Samudera Hindia. Hal ini setelah pejabat senior Pentagon AS yang enggan disebut namanya menuturkan adanya indikasi bahwa MAS MH370 jatuh di Samudera Hindia.

    Pejabat AS menyatakan, kapal USS Kidd tipe destroyer tersebut membutuhkan waktu 24 jam untuk mencapai posisi yang diduga menjadi lokasi jatuh pesawat di Samudera Hindia. Tidak disebut langsung lokasi pasti yang menjadi titik pencarian USS Kidd.

    Namun analisis mantan pilot British Airways, Alastairs Rosenschein menyebutkan bahwa pesawat berbalik arah dan terbang hingga jauh ke Samudera Hindia, antara Madagaskar dengan Australia. Hal ini, menurut Rosenschein didukung oleh teori pesawat kehilangan tekanan kabin dan membuat pingsan seluruh penumpang serta awaknya setelah hilang kontak.

    • klo punya lontong gampang ketahuan dan takut diintip sama pesawat lawan mending nggak usah dikeluarin, ya beli lontong yg dijamin nggak ketahuan sama poseidon……
      Hayooo siapa tau dari jenis apa itu????

      • Walaupu lolos dari deteksi P8 Poseidon tapi kalau menyelamnya kurang dari 100 meter masih bisa kedeteksi oleh Satelit militer mamarika

        • bung satrio , klo analis saya, kayaknya satelit militer amrik tidak setiap hari memoloti Indonesia, kecuali klo Indonesia sudah mjd target.
          Buktinya pesawat malaysia jatuh di LSC , baru banyak negara mengerahkan semua peralatan canggihnya untuk ikut mencari. Pdhl di kawasan LCS adl sumber konflik di asia pasifik, mestinya negara kayak amrik, china, jepang dg satelit militernya memlototi kawasan tsb tiap hari.

          • Kata siapa ?
            analisa saya Satelit militer mereka da tau duluan kemana itu pesawat.
            karena tidak ada tempat yang lolos dari satelit mereka
            Berapa banyak satelit militer dan sipil mereka yang mengorbit.?

            Ini konspirasi Pengalihan Isue agar Image amerika tidak makin terpuruk dikawasan setelah kasus terungkapnya penyadapan,
            Karena bentar lagi snowden akan membuka materi penyadapan terhadap china

          • yahhh …..hilang dan mengecil deh berita ukraine dan suriah.

          • @bung

            bagi usa semua target bung…..

            kalau anda sering liat fbi file ( cmiiw )
            khususnya dalam permasalahan di indonesia….

            itu sudah direncanakan dimasa datang,dan yang akan datang…
            u know i means…

            apa lagi teknologi mereka sudah menguasai antariksa mana mungkin dia tidak tahu……

            google aja milik swasta aja punya pemetaan apa lagi pemerintahnya..coba dipikir …

            kalau menurut saya sih citra sudah didapat cuma dalam pembuktian kan perlu di lakukan observasi ke tkp ( ibaratnya bener ga sih…? )

            jadi kalau masalah target khususnya indonesia saya yakin indonesia sudah masuk plan busuk mereka…..

            sekalipun “tindakan kotor” akan diambil demi menunaikan rencananya..

            mungkin ibaratnya anda ngapel ke angel eyes ya ketahuan juga..
            cuma kan ga penting paling makan jagung bakar di pesisir pantai :D

            cuma canda n pendapat
            maaf cucu lancang

          • dasar cucu nakal

          • satelit mata2 AS seperti KH-12 Improved Crystal memlototi tiap jalur daratan / wilayah di bumi sambil terbang melintas /mengorbit (satelit lapan-TUBsat 3x sehari melintasi wilayah RI), tapi tidak berhenti/ hover /geostasioner seperti Palapa, sehingga tidak dapat melakukan pengamatan real time seperti pesawat MPA atau triton/global hawk, (yang dibutuhkan sebagai pelengkap).

            You can think of a KH satellite as a gigantic orbiting digital camera with an incredibly huge lens on it. Optical image reconnaissance satellites use a charge coupled device (CCD) to gather images that make up a digital photograph for transmission back to Earth from an altitude of about 200 miles
            Since the satellites are in orbit, they cannot hover over a given area or provide real-time video of a single location.

            jika seluruh wilayah di permukaan bumi terpantau satelit mata2 secara real time, dengan sendirinya pesawat / UAV pengintai dan AWACS tidak dibutuhkan lagi.

            yang terpantau/terpotret adalah jalur ‘terang’ tepat dibawah satelit, jalur2 di sebelahnya akan terpantau pada ‘lap’ berikut, atau sudah dipotret pada ‘lap’ sebelumnya.

            yang pernah kerja menggunakan foto udara pasti tahu bahwa foto suatu wilayah adalah mosaik foto yang sering berbeda2 terang gelapnya, karena diambil pada waktu/hari yang berbeda2 dengan intensitas sinar matahari yang berbeda2 (kadang2 cerah, mendung, setengah cerah dst), google earth disusun dengan cara sama.

          • maaf bung satrio, klo menurut saya dgn kesibukan amerika yg memosisikan sbg polisi dunia memang seluruh dunia tidak lepas dari pengawasan amerika.
            Tapi klo khusus memlototi pergerakan kapal selam Indonesia, saya rasa belum sampai kesitu kecuali klo ada data inteljen bahwa Indonesia memang mempunyai banyak siluman laut dan membahayakan posisi sekutu amrik seperti ausie dan singapura, baru semua pergerakan siluman dasar laut Indonesia dipantau terus tiap harinya.
            Baru setiap ada latihan gabungan 3 matra atau latihan sendiri2, setiap pergerakan di pantau, atau klo ada mainan baru (punya Indonesia) baru di pantau khusus.
            Krn biaya khusus jauh lebih mahal, kecuali biaya paket he he he maksudnya memantau langsung 1 kawasan asia tenggara secara umum.

            Bung cucu : Soal dunia inteljen saya sudah paham dan soal dunia sadap menyadap itu memang Indonesia sudah menjadi target, krn Sebagian besar lalu lintas telekomunikasi dan Internet di Indonesia disalurkan melalui Singapura.
            Hal itu juga diperkuat dgn Ahli intelijen Australia, Australian National University Profesor Des Bola menggambarkan kemampuan intelijen sinyal Singapura sebagai “mungkin yang paling maju” di Asia Tenggara, setelah pertama kali dikembangkan dalam kerjasama dengan Australia.

            Menurut bocoran snowden, dokumen NSA ada yg namanya “Five Eyes” mitra – AS, Inggris, Australia, Kanada dan Selandia Baru – untuk melacak “siapapun, dimanapun, kapan saja ”
            DAN, Singapura, salah satu pusat telekomunikasi yang paling signifikan di dunia, adalah kunci “pihak ketiga” bekerja dengan “Five Eyes” mitra intelijen.
            Yang kami maksudkan adl pergerakan siluman bawah air Indonesia dipantau setiap hari oleh amrik. Saya rasa tidak, krn sangat sulit.
            Kecuali setelah kejadian armada amrik ketemu sama induk cakra he he he atau sama siluman lainnya sampai semua satelit amrik mlototi pergerakan KS indonesia he he he…

            Atau yg pernah diungkap sobat Babe (di warjag ini) soal clue bahwa penembakan yakhont yg pertama mleset dari target, jadi tenggelamnya target di tembak oleh KS siluman kita bukan cakra class, pdhl uji coba itu di sorot khusus oleh Satelit mata2 Amerika, Australia, Singapura, selandia baru. Hasilnya mereka kira itu tembakan dari yakhont. Baru setelah satu tahun uji coba kedua baru di akui sama TNI AL bahwa tembakan pertama gagal. Soal yg menenggelamkan tdk diberitakan khusus.

          • walahhhh gimana sih om ini….

            * INGAT ADA JARING KAPAL SELAM DAN JUGA
            JARINGAN CABEL DASAR LAUT YANG MEMANG KHUSUS DETEKSI KAPAL SELAM.
            JADI BUKAN DARI SATELIT SAJA…

            *YAKHOUNT PERTAMA GAGAL ADA ITU BERITA

            * JUGA PERWIRA TINGGI YANG MAU LIHAT KS HIBAH RUSIA DI CUEKIN THN LALU …JUGA ADA…

          • non angel, setelah test yakhont yg kedua berhasil, hal tersebut baru diberitakan klo test yg pertama gagal itu info dari rilis resmi puspen tni al data yg saya miliki. Coba non angel kasih data saya pada waktu test pertama tgl bulan tahun berapa dan berita gagalnya tanggal bulan tahun berapa???? maaf sy nggak punya data kecuali setelah test kedua yakhont…..
            Klo soal jaring kabel laut dari selat malaka yg dibuat singapura coba non angel jelaskan, karena pihak Indonesia sudah mengetahui apa maksud tersembunyi dari pemasangan tsb. Dan kru hiu kencana dan pasukan katak tni al sangat ahli masalah tsb.

          • bung danu, sebenarnya punya kita LAPAN-TUBSAT di kalah canggih dibanding punya barat. (padahal baru produk pertama lho)

            LAPAN-TUBSAT adalah sebuah satelit mikro yang dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Universitas Teknik Berlin (Technische Universität Berlin; TU Berlin), berumur lebih lama dibanding sejenis dan hasil pencitraan lebih bagus tapi sayang Satelit tersebut melewati wilayah Indonesia sebanyak dua kali per hari. Selama empat tahun, Lapan-Tubsat telah menghasilkan berbagai video pemantauan bencana misalnya gunung meletus, pemantauan kebakaran hutan, dan pemantauan perkembangan jembatan Suramadu.

            Bahkan, menurut Kepala Bidang Teknologi Ruas Bumi Dirgantara Lapan, Chusnul Tri Judianto, Lapan dapat mengambil gambar letusan Gunung Merapi pada 2010. Saat itu, satelit-satelit penginderaan jauh milik negara-negara maju, tidak dapat mengambil gambar gunung itu karena seluruh wilayah udara di Merapi tertutup awan akibat erupsi.

            lebih jelas lihat video di link lapan :
            http://lapanrb.org/home

          • @gatotkoco

            maaf telat balesnya om…lg sibuk sedikit ..

            lg males om nyarinya sdh lama nanti sy di bully..sdh bonyok nih..

            tapi di jkgr juga ada ..,dari kata2 ini juga semua juga tau.
            ————————————————————————————————-
            “”Mimik muka para petinggi TNI, khususnya Angkatan Laut tampak tegang menyaksikan eks KRI Teluk Berau yang dijadikan sasaran tembak rudal Yakhont oleh KRI Oswald Siahaan di laut Sulawesi 13 Oktober 2012. Maklum, ujicoba rudal yakhont tahun 2011 tidak cukup memuaskan sehingga perasaan cemas semakin besar di ujicoba kali kedua ini “”
            ———————————————————————————————-
            malahan operator dari rusia kabur gitu saja tampa meninggalkan berkas2 laporannya…..
            ————————————————————————————————-
            itu sama tuh kejadiannya dengan test brahmos pertama. di kerjain satelit gps nya sama USA, akhirnya ganti pakai satelit glonas..
            benar ngak yah om….?

            kabel optic bawah laut untuk deteksi kapal selam sudah dari thn 1950 an juga sdh ada..tapi sekarang lebih canggih lagi yahh om…,
            mungkin banyak yang belum tau yah om…syukur deh kalo indonesia sudah tau..(.senyum.com)
            oohh pasukan katak jagonya yah….wahh sdr faizal komandan kopaskha pondok dayung armabar anak buahnya pada jago2 yah…om..
            ————————————————————————————————
            om gatotkoco…tlg dibaca dan di pahami deh yang ini

            http://jakartagreater.com/dan-jepang-mengembangkan-kapal-tempur-pesisir/

            yang no 6……ini juga sangat canggih.

            terima kasih
            om gatotkoco

          • @ gatotkoco

          • Angel, itu sy sudah tau, itu berita di uji coba kedua th 2012, coba cari uji coba pertama, tni al th 2011 beritanya bgm? Penjelasan gagal pd uji coba pertama tjd setelah uji coba kedua baru ada rilis resmi dari puspen
            coba baca comment sy diatas

          • Non angel klo soal itu saya sudah tau dan mengerti soal itu coba disimak:
            coba baca rilis resmi puspen:

            1. TH. 2011

            “Pada hari ini TNI AL berhasil menembakkan rudal Yakhont dan dinyatakan eks kapal Teluk Bayur tenggelam,” ujar Kepala Pusat Penerangan Angkatan Laut Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada pers di atas KRI Surabaya-591 di Samudera Hindia, Rabu 20 April 2011.
            Tdk ada komentar resmi bahwa uji coba pertama pad saat itu gagal!!!
            Disini coba non angel pad th 2011 setelah uji coba pertama yakhont bisa nggak cari berita ttg kegagalan uji coba pertama????
            krn saya tidak mempunyai data sumber resmi dari TNI.

            2. TH. 2012

            Baru berita ujicoba yg kedua th 2012 tabir kegagalan uji coba pertama diungkap oleh puspen TNI AL:
            “Luar biasa, untuk PERTAMA KALINYA kalinya rudal Yakhont bisa ditembakkan dari jarak 182 km”, ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati.
            Mimik muka para petinggi TNI, khususnya Angkatan Laut tampak tegang menyaksikan eks KRI Teluk Berau yang dijadikan sasaran tembak rudal Yakhont oleh KRI Oswald Siahaan di laut Sulawesi 13 Oktober 2012. Maklum, ujicoba rudal yakhont tahun 2011 tidak cukup memuaskan sehingga perasaan cemas semakin besar di ujicoba kali kedua ini.

            3. Jadi yg di ungkap bung Babe warjag waktu itu, ada clue ttg siapa yg menenggelamkan KRI Teluk Bayur klo bukan yakhont, disitu ada clue bahwa ada KS siluman kita yg bisa menembakkan rudal jarak jauh krn ujicoba yakhont rgagal!!! Pdhl ujicoba itu semua mata satelit asing mengawasi semua pergerakan penembakan rudal tsb, dan semua media massa asing memberitakan tenggelamnya teluk bayur oleh yakhont!! Termasuk rusia sendiri. Nah disitu ada CLUE yg menenggelamkan pake rudal club – s ………..IMHO

          • ia ..om..ia…up to you deh om…
            tapi kalau si “kamerad” nakal yang tidak ninggalin berkas laporan perlu di timpuk sama terompah …. yah om……..jadi tekor 1,5 jt $ deh
            ngetess nih yeee….,sy bukan wartawan om….,
            xixixixi…
            ngantuk .com

          • Di tengah kontroversi soal penyadapan oleh dinas intelijen AS, National Security Agency (NSA), Negeri Paman Sam meluncurkan satelit mata-mata baru.
            Di roket peluncur tertera logo berupa gurita menggenggam bumi, lengkap dengan slogan berbunyi “tak ada yang berada di luar jangkauan kami”.

            Logo dan slogan tersebut kontan menarik perhatian, terutama karena intelijen Amerika Serikat sedang berada dalam sorotan internasional berkat serangkaian dokumen rahasia yang dibocorkan mantan kontraktor NSA, Edward Snowden.

            Namun, pihak Pemerintah AS punya alasan tersendiri atas pemilihan hewan dengan delapan tentakel yang identik dengan kontrol yang merambah ke mana-mana itu sebagai logo satelit mata-mata.

            “(Misi) NROL-39 dilambangkan oleh gurita, hewan yang serba bisa, mampu beradaptasi, dan sangat pintar. Secara simbolis, musuh-musuh Amerika Serikat bisa dijangkau di mana pun mereka bersembunyi,” ujar Karen Ferguson, Juru Bicara National Reconnaissance Office (NRO), sebagaimana dikutip oleh Forbes.

            NRO adalah badan Pemerintah AS yang bertanggung jawab atas satelit mata-mata negeri tersebut.

            Seperti juga misi dan satelit lainnya yang diluncurkan oleh NRO, tujuan peluncuran NROL-39 tidak diungkapkan ke publik. Roket yang sama juga mengangkut 12 nanosatelit untuk keperluan riset ilmiah. Akan halnya si satelit mata-mata, entah apa yang akan dilakukannya begitu mengorbit.

          • rusia dan china wajib menjatuhkan satelit ini..

            indonesia…..???? pasrah.com

  46. Wah..musti kudu ati- ati tuh bisa2 lontong rahasia jadi ketauan tuh sama AS..trs ntar buat bahan tuk menekan INDONESIA..knp punya lontong banyak katanya cuma dua..bisa ga greget lagi nih…!!

    • di rudal aja tuh P-8A poseidon beres hehe.. wah ntar jadi berabe urusannya kalo ditembak.. ya mudah mudahan teknologi P-8A poseidon atau yang lainnya belum canggih.. sambil kita bisa meningkatkan kemampuan KS kita yang ada dan biarlah KS yang jadi monkasel yang terlihat oleh P-8A poseidon. he.he…
      maaf cuman jawaban iseng lho ..he. he..

      • Tapi tenang az tuh lontong ga bakal ketauan dah di umpetin sama nyi roro kidul..sampe botax belumut ga bakal ketemu sama AS…Ha..ha..ha…teknologi vs ilmu gaib menangan siapa hayoo…???

        • Ati ati bung bomoh malaysia sudah tau jumlah KS kita. Hehehe

        • Kemarin saya lihat tayangan salah satu TV swasta “katanya” P-8A poseidon mampu melihat dalam radius 1000 km dan 1000m di dalam air. (kalau saya tidak salah dengar lho…). lha KS kita hanya mampu menyelam (kalau tidak salah lagi) sejauh 250-500 M itu artinya mudah dong melacaknya…. dan ini sangat berbahaya bagi KS-KS TNI AL kelak kalau Ausit sudah mengoperasikan P-8A poseidon ini…

  47. MEF satu mustahil jika ngandelin changbogo korea,bisa bisa ngak kekejer target 12 kasel….
    inget kebiasaan pejabat militer kita klo mau beli alutsista pasti barangnya dah nongkrong di bumi pertiwi,
    baru di beberin rencana beli A I U E O
    sambil ngamatin repon tetangga FDA yang rewel pasti ngeluh
    padahal barangmya dah wara wiri
    clue nya dah jelas dari dubes rusia om gazulin ketika menyikapi pongahmya ostalee ngembaliin pencari suaka serta ndoer nya lambe singoporn atas penamaan KRI usman harun

    bahas kapal selam emang ga ada mantinyaaaa
    haaa

    maaf jika koment y kurang layak :)

  48. semoga KS TNI AL selalu jadi perdebatan dari dalam dan luar negeri baik mulai dari type, dan jumlahnya.. dan yang paling penting semoga jumlahnya lebih dari yang diperlihatkan ke publik…
    semoga KS TNI AL tetap menjadi alutsista hantu laut selamnya demi NKRI…..

  49. Nih pencerahan buat ente : JANGAN SUKA HOAX DAN MEMBOHONGI PUBLIK, DI FORUM YANG TERHORMAT INI !!!! WKWKWKWKWK…..

  50. Pembeli wajib memilih mana barang yang bagus dan tidak
    dan harusnya kita yang sabar menunggu , gitu aja kok repot

  51. wah bisa aja nih…bikin wacana ks hot lagi nih….

    biasa cuma liat2 aja :D

    ga tahu miniaturnya dilihat tapi aslinya udah ber renang renang….mari ber fatamorgana ks lagi….

    cuma canda
    maaf cucu lancang

  52. udah deh..walaupun cuma 2 ks nya, yg penting tetangga diem..
    yg penting aman. kalo perang bisa menang, udah itu z qo yg dicari.
    mau 1, mau 2, mau sepotong ga masalah.
    wasallam.

  53. KSAL : “Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam” ..???
    Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana menambah armada kapal selam untuk mendukung pertahanan laut. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Slamet Soebijanto mengatakan, penambahan kapal selam itu sangat dibutuhkan mengingat dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan.

    KSAL : Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam..???
    Kapal selam INS Chakra buatan Rusia | Foto : altileri.blogspot.com

    Sementara alat sistem utama pertahanan (alutsista) untuk mendukung operasi laut masih jauh dari batas ideal minimum pertahanan. Untuk mendukung pertahanan laut, minimal Indonesia harus memiliki 12 kapal selam.

    “Jumlah ini sesuai dengan poin yang ada di wilayah laut Indonesia,” kata Slamet di Jakarta, Jumat 6 Desember 2013.

    Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam. Dua kapal selam jenis U-209/1400 dari Jerman. Dua jenis kapal selam jenis Scorten buatan Prancis dan tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan.

    “Kita akan menambah kekurangan kapal selam buatan Rusia jenis Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M). Keduanya dilengkapi senjata seperti seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, anti peluru kendali dan rudal Yakhont,” ujarnya.

    Slamet menilai, kapal selam buatan negeri beruang merah ini cocok untuk beroperasi di wilayah perairan dalam Indonesia. “Kedalaman laut kita itu 150 meter lebih. Ini cocok buat kapal selam yang akan kita beli dari Rusia,” ujarnya.

    Ia mengakui pembelian kembali kapal selam dari Rusia membuka memori lama sejarah kekuatan kapal selam Indonesia. Di mana pada era 80-an kekuatan kapal selam di dominasi buatan Rusia. “Sekarang kita punya kekuatan kombinasi dengan kekuatan kapal buatan Jerman, Korea Selatan, Prancis dan Rusia,” kata Slamet.

    Kapal selam ini kedepan menjadi andalan pertahanan terutama di seluruh wilayah perbatasan. “Kapal selam ini sangat efektif untuk pertempuran, terutama yang akan kita beli dari Rusia. Daya hancurnya satu banding 10 dengan kapal yang beroperasi di permukaan laut,” katanya.

    Untuk merealisasikan pembelian ini TNI AL sedang menyiapkan tim untuk mengecek dan menguji coba kapal selam yang ditawarkan Rusia. (VivaNews)

  54. nah kan batal… dulu kl belum jelas kenapa udh koar2 di media Pak Menhan. tp emang ane udh feeling kl 70% batal, krn

    1. Kl dibandingkan ama F-16 hibah yg ada sumber dana, pake dana beli baru, sedang kilo menhan ngga pernah jelas bilang dari mana pengadaannya.
    2. Kita ngga ada rencana peningkatan pendukung operasional KS yang sangat penting, bahkan cuman nyewa Singapura, Kapal untuk penyelamatan KS. kl memang pemerintah serius membangun armada KS, Kapal ini sangat penting krn KS adalah alutsista strategis dan kl terjadi kecelakaan pada KS efeknya akan jauh lebih fatal untuk kru dari pada kapal permukaan, bayangun aja kl rusak di ratusan km dalam air gimana tu nasib krunya.

    Cuman kl pemikiran ane sendiri (belum tentu benar), hal pembelian KS ada hubungannya sm projek CBG kita, denger2 CBG kita udh bisa meluncurkan rudal anti kapal Harpoon, cm rudalnya ngga dikasi ama US, akhirnya Menhan mainin kartu S-Club lewat pengadaan Kilo, akhirnya si Menlu US datang n kasih ijin & akhirnya batal lah si Kilo. Mungkin lo ya…

  55. Memang kilo enggak di ambil yg di ambil lada versi amur…top markotop…

  56. Ini pesan dari Mantan Panglima TNI Anjurkan Jangan Beli Kapal Selam Bekas!!!
    tgl 9 desember 2013

    “Sebaiknya kalau mau beli, jangan yang bekas. Karena potensi besaran biaya pemeliharaan dan perawatannya akan menjadi lebih mahal,” kata Endriartono kepada Antara di Banjarnegara, Jawa Tengah,………………

    “Biaya itu setiap tahunnya akan meningkat sesuai dengan umur alatnya. Itu harus juga diperhitungkan,” ujar Endriartono.

    “Kalau sampai jatuhnya angka perawatan ini bisa setara dengan biaya untuk membuat atau membeli yang baru, kan pasti lebih baik yang baru,” katanya menambahkan.

    http://www.suarapembaruan.com/home/mantan-panglima-tni-anjurkan-jangan-beli-kapal-selam-bekas/46209

    Klo mantan panglima TNI aja sudah memberikan imbauan begitu masak mantan anak buahnya ngotot mau beli kilo bekas, khan lebih baik ambil yg BARU, jadi sikap KSAL sudah tegas bahwa Indonesia tidak jadi mengambil/batal akusisi kilo bekas, mending ambil yg baru.

  57. kl dengar berita pembatalan beli kilo sedih. yang penting ada dana pembelian. ditabung juga gpp. siapa tau dapat teknologi lebih modern dan tetangga sudah tidak sanggup lagi menyaingi. kata presiden: kita sudah siap jika berperang berarti alatnya sudah mumpuni dan punya senjata rahasia menghadapi tetangga. yakin ahli indonesia pintar, 3 cbg kemudian cbg dg club s mgkn terwujud. kayak yakhon terinstall. semakin lama bangsaku akan bangkit menuju kemandiriannya. usul ke pemerintah beli s300 tancapkan ke natuna, batam, aceh, papua,kalimantan, sulawesi, ntt. payung udara harus ada.

  58. Maaf ikutn nimburung
    Ane pernah iseng lht Google eart ..intinya isenglah pas cba lht pulau sebelah selatan nusa kambngn,di pulau crismas ane lht kya sosok kapal perang ada tempat helypadnya,yg one pngn Tanya APA bener as udah bkin pngkaln di crimes ,maaf pertanyaan orang swam+ndeso heeeee

  59. Sesuai dgn filosofi etnis tertentu yg menaruh keris di belakang. Semoga.

  60. @pocong syereem; Saya termasuk orang yg tdk percaya kalau kita sdh memiliki KS Kilo atau yg sekelasnya; andai kita sdh punya beberapa buah, menurut saya tdklah salah bahkan sebaiknya sebagiannya ditampilkan ke publik.

    • Lancang sekali kamu.! Ga hormat sama sesepuh, inget loh kata bung Satrio Kilo dan Bremen bakalan ikut parade 5 okt nanti. Jadi kamu harus percya klo udah pnya Kilo…

      #hahaha.

      • bung jajaka tingkir, itu kenapa byk yg demen nongkrongin warjag he he he……
        dan makin rame, muncul nama2 baru, baik yg pro dan kontra he he he
        coba baca list jurnal keamanan nasional dari majalah tapal batas, itu saja semua blog dan forum banyak yg memberitakan , disitu ada destroyer dan kilo he he he he, pdhl di warjag udah lama beritakan ha ha ha, krn semua berangkat dari mimpi semoga bisa kesampaian, amin

      • Maaf bung, saya samaskali tdk merasa lancang; dan saya tdk merasa perlu menghormati siapapun di forum ini; saya hanya merasa perlu utk menghormati/menghargai pendapat siapapun. bahkan bahasa yg saya gunakan diatas sangat “normal” sekali.

    • kapal selam termasuk alutsista strategis bung, tidak bisa diumbar sembarangan didepan publik. kalo untuk melihat penampakannya ya kita musti sabar sampai pihak TNI AL mau memamerkannya terang-terangan kedepan publik dan biasanya kalo udah nongol begitu pasti ada yang lebih “dahsyat” lagi yang disembunyikan :D

  61. Ironis, dulu mau beli F-16 baru, dana sudah disediakan, malah beli bekas dengan biaya yg lebih besar. Sekarang, mau beli Kilo bekas malah kuatir, pingin beli yg baru tapi dananya nggak cukup.
    Coba kita lihat, perbandingan Kilo bekas dengan Kilo baru :

    Kilo bekas:
    o katakanlah harga 20 perak, tetapi sebelum fully operational harus diperbaiki dulu selama 1-2 tahun dengan biaya katakanlah 60 perak, sehingga total jadi 80 perak.
    o Biaya perawatan besar karena bekas, banyak nongkrongnya di dok (tidak terjadual).
    o setelah 10 tahun digunakan, harus di-scrap jadi besi tua.

    Kilo baru:
    o katakanlah harga 100 perak, lama pembangunan 2-3 tahun langsung fully operational .
    o Biaya perawatan lebih kecil karena baru, terjadual masuknya di dok.
    o setelah 10 tahun digunakan, masih bisa digunakan selama 15-20 tahun lagi.

    Di atas adalah analisis warung kopi, silakan yg lebih ahli membuat yg lain.

    Saya dukung keputusan pembatalan beli bekas, tinggal kita berani nggak beli baru. Produksi sendiri kapal selam adalah proyek ToT yg bagus, tetapi realistiklah, karena merupakan poyek jangka panjang (10 tahun). Untuk mengatasinya, perlu beli kapal selam baru menggenapi sampai 6 ks (dari 12 yg dibutuhkan). Seperti pernah saya tulis, alutsista kita kalau diperas habis2an, kuncinya cuma 2 : Kapal selam dan Su-35.

    Omong2, gimana kabarnya Su-35 yg sudah dipilih oleh TNI AU?

    • Saya setuju dgn pendapat di atas. Lebih baik kita tdk membeli kapal selam bekas selain mahal biaya perawatnnya krn sdh tua pastilah banyak yg hrs diganti juga merupakan produk lama yg sdh tdk gahar lagi. Lbh baik beli baru, lebih canggih, lebih murah biaya perawatannya, masa pakainya lbh lama, daya detterennya lbh tinggi dan pasti kita dpt totnya

      Saya juga sgt mendukung TNI merahasiakan alustsista strategis kita. Krn kalau diobral, musuh pasti sdh memperlajarinya dan menyiapkan daya penangkalnya jd sdh tdk punya daya detterent lg dan bukan strategis lg spt layaknya hobart dan poseidon krn sdh diobral oleh aussie maka kita memperlajarinya dan berusaha mencari alutsista yg mampu utk menaklukannya.

      Jadi biarkan hal2 yg strategis tdk diketahui oleh orang lain krn itu adalah kekuatan kita

    • Masalahnya gak hanya baru vs bekas

      tetapi juga antara ready in stock vs inden

      kebutuhan kilo mendesak atau tidak?

      Percuma baru kalau dalam waktu dekat terjadi perang selagi kita ngarep kiriman kilo

      Percuma bekas kalau perangnya ternyata masih lama atau kita tidak terlibat

      Andaikan saja sudah deal beli baru, jika pada pemilu mendatang kabinet baru menolak kilo akibat suapan / tekanan asing. Kabinet 2014-2019 bisa membatalkan pesanan kilo meskipun sudah DP

      Kalau harapan saya kemarin, bekas it’s ok tetapi layak pakai setidaknya 2 biji untuk pelatihan kilo dan s-club sebagai efek deterrent. Datang sebelum pemilu lebih baik sehingga tidak ada intervensi kabinet baru nanti.

      Berhubung yang bekas sudah bujang lapuk, ya apa mau dikata… harus beli baru…

  62. saya setuju dengan @bung Donnie.
    kalau pelihara ikan dikolam yg besar+dalam agak susah mengetahui ikan itu sudah berkembang biak atw tidaknya tp yg pasti bs melihat riak2 air dipermukaan sudah cukup tenang,.hehehe maaf ini hanya celotehan peternak ikan

  63. ya sudah gpp kilo gak jadi. semoga akan datang pilihan yg lebih baik. jujur, saya lebih berharap sekelas typhoon yg akan datang. semoga..!!

  64. nunggu dana yg cukup untuk pakfa aja om. kita khan masih tentram damai belum ada pemicu war. kata presiden kita siap perang. aq ingat dl presiden bilang cadangan minyak bumi kita cukup untuk 30th. biar gak hbs maka kita beli dari luar jd kata orang jika berperang kita kalah dlm 3 hari itu sebenarnya itu taktik atau gak tau? aq percaya presiden ajalah rahasia negara dia yg pegang. indonesia pasti jaya !!!!

  65. Sedih masyarakat terhadap pemerintah sekarang, tidak ada yang bisa dibanggakan kecuali peringkat korupsinya teratas di dunia. Tolong pengadaan KS Rusia ini adalah salah satu yg bisa menunjang tekat kita bersama dimana NKRI harga mati.

  66. # belok dikit ke crimea,

    “Kebijakan kami di Ukraina jelas, bahwa ada kudeta dan kami tidak sepaham dengan Barat. Jadi jangan terlalu mencampuri urusan Rusia, sama seperti kami tidak mencampuri urusan kalian saat menginvasi negara lain,” tegas Putin, dilansir Inter-fax, Kamis (13/03/2014) di Kremlin.

    “Pesan kami juga jelas kepada kalian, jauhkan moncong senjata kalian dari halaman kami. Sejujurnya, kalau terpaksa, kami bisa ratakan Eropa jika kondisi tidak terkendali,” lanjut Putin dengan nada geram.
    ———————————-
    Contoh Reman begini nih ….
    I LIKE IT.
    :D

    • Hidup Mr. Putin… Long life Mr. Putin! Go to hell ASU cs!

    • Berita putin tersebut sumbernya cuma satu dan kurang kredibel.
      di media lain gak ada tulisan yang menyatakan Meratakan eropa

      Jadi ingat berita dubes Rusia membantu indonesia bila diserang fpda

    • sudah deh perang dunia 3 saja deh …USA& EROPA VS RUSIA & CHINA…..
      manusia sudah kebanyakan…NIH..
      xixixi ..( lg jahat.com)

  67. Kalau pertimbangannya hanya efect deterent saja untuk memilih yang baru atau bekas saya rasa udah kebiasaan buruk para petinggi militer saja. untuk apa diadakan survei kunjungan segala. dari awal aja dirembukkan dulu sebelum berkunjung. kalo memang ngk ada duitnya ya pake kredit lah. bilang ja ngk punya duit, masyarakt kita juga maklum ko. kalo saya yg jadi pemimpin ngk akan saya kasih masuk barang bekas. biar aja kredit yang penting baru.

  68. Bisa jadi masalah safety. Kalau ‘layangan’ ada masalah atw tertembak tinggal eject nah kalauuu lontong… biasanya bablas semuwanya

  69. Kenapa waktu di armatim cuma 2 KS RI yang di perlihatkan,ya karena cuma dua itu yang dipunya. Gak ada 3 atau 5 KS yang lain. Kalaupun toh ada ya udah pasti di tunjukin, lha wong kita lho sebenernya suka pamer. Apalagi kalau kita punya KS Kilo,KS Scorpen,KS 214. ya pasti di publish to…. meskipun itu juga berdampak pada negara kawasan. toh juga nantinya klo negara kawasan,pengen tahu “keberadaan KS'”,ya kita nyelam sedalam-dalamnya biar gak ada yang tahu. KS kita kan canggih.

  70. Kalau diteliti pernyataan petinggi militer kita mengapa ngebet memilih Kilo versi terbaru, adalah kemampuannya mengusung rudal anti kapal Klub-S. Rudal ini lebih superior dari Sub-Harpoon yg (akan) diusung oleh AL Singpor, Malaysia dan Ossie, dengan jarak jangkauannya lebih jauh. Selain itu, ada versi Klub-S yg mempunyai fitur terminal supersonic velocity yg tdk dipunyai Sub-Harpoon.

    Selain itu Kilo versi terbaru mempunyai reputasi kesenyapan yang rendah, katanya setara dengan ks nuklir kelas USS Los Angeles, yaitu 105 dB (tidak jelas diukur pada spektrum/ frequency berapa, biasanya 1Hz relative ke 1 Pa pada jarak 1m). Kalau benar sudah bagus sekali, bisa menghadang musuh di ALKI.

    Karena itu jangan ragu, belilah (baru) Kilo!

    Jangan dilupakan juga Su-35!

  71. sampapi saat ini kita cuma bisa “berharap”, “semoga”, “mudah2an”, tp kayanya gk da yg dengar tuh !

  72. Angkatan Laut Singapura mengumumkan telah memesan dua kapal selam Tipe 218SG dari perusahaan ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) Jerman. Dua kapal selam itu kemungkinan baru akan dikirimkan pada akhir dekade ini dan dari rincian yang diungkapkan, Tipe 218 SG tampaknya adalah varian dari Tipe 216 yang TKMS sempat usulkan pembangunannya pada 2012 lalu (hanya desain konseptual-belum ada kapal yang dibangun).

    Tipe 218 SG memiliki displacement (bobot benaman) sebesar 3.000 ton di permukaan, dilengkapi sistem Propulsi Udara Independen (AIP) dan berbagai perangkat elektronik. Kapal selam otomatis ini hanya memerlukan awak kurang dari 40 orang dan masih mampu mengakomodasi selusin atau lebih personil tambahan. Sistem AIP-nya akan membuat kapal selam ini bertahan di air selama 25-30 hari dengan total lama pelayaran selama 80 hari. Tipe 218 SG dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm dengan 18 torpedo atau rudal anti-kapal. Harga kapal selam ini berada di kisaran AS$600 juta (sekitar 7,3 triliun rupiah) masing-masing dan dipastikan belum akan tiba di Singapura hingga tahun 2020.

    Singapura telah memiliki armada kapal selam. Pada tahun 2011 lalu, Singapura menerima kapal selam pertama dari dua kapal selam refurbish kelas Vaastergotland dari Swedia, dan kapal kedua tiba pada tahun 2012. Pembangunan kembali kedua kapal selam bekas untuk Singapura ini benar-benar telah mengubahnya menjadi kapal selam canggih, selain itu ukurannya juga diperpanjang hingga sepertiganya. Di Singapura, kedua kapal selam ini dinamai kembali sebagai kelas Archer.

    Kapal selam Archer memiliki displacement 1.400 ton dengan panjang 60,5 meter (setelah diperpanjang dari 48,5 meter), membawa 28 awak dan dipersenjatai dengan enam tabung torpedo 533 mm dan tiga tabung torpedo 400 mm. Torpedo 400 mm ditujukan untuk melumpuhkan kapal selam lain sedangkan torpedo yang lebih besar ditujukan untuk kapal permukaan. Tabung-tabung tersebut juga bisa membawa ranjau.

    Dua kapal selam Swedia itu dijual ke Singapura pada tahun 2005, upgrade dan pembangunan kembalinya telah menghabiskan waktu enam tahun. Selain ukuran yang diperpanjang, kapal selam ini sekarang memiliki AC dan perlengkapan-perlengkapan modern lainnya yang berguna untuk pengoperasian di perairan tropis. Dilengkapi juga dengan sistem elektronik baru dan sistem AIP. Kecepatannya pada permukaan adalah 15 kilometer per jam sedangkan kecepatan saat menyelam adalah 28 kilometer per jam.

    Swedia membangun empat kapal selam kelas Vaastergotland pada 1980-an, yang kemudian digantikan oleh kapal selam kelas Gotland pada 1990-an. Gotland adalah kapal selam pertama yang dirancang Swedia dari awal untuk menggunakan AIP. Gotland dapat terus menyelam hingga 19 hari dan termasuk sebagai salah satu kapal selam silent di dunia. Keempat kapal selam Gotland otomatis dan hanya perlu diawaki oleh 25 orang. Displacement 1.494 ton, panjang 61,3 meter dan memiliki empat tabung torpedo 533 mm dengan 12 torpedo dan dua tabung torpedo 400 mm dengan dua torpedo. Dilihat dari kinerjanya, pembangunan kembali kapal selam Vaastergotlands (kelas Archer) tampaknya didasarkan pada kapal selam kelas Gotland. Dua kapal selam Vaastergotland yang hingga kini masih melayani Angkatan Laut Swedia juga mendapatkan upgrade yang sama, ini dilakukan sebelum Swedia menjual 2 kapal Vaastergotland yang lain ke Singapura (total 4).

    Di Singapura, dua kapal selam kelas Archer dan dua Tipe 218 SG akan menggantikan empat kapal selam kelas Challenger. Pada tahun 1995, Singapura membeli empat kapal selam kelas Challenger dari Swedia (kapal selam bekas dari kelas Sjöbjörnen), yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1968. Kelas Challenger tidak hanya di-upgrade untuk kondisi tropis, tetapi juga upgrade pada sistem senjata dan sensor. Kapal selam ini tampil mengesankan saat latihan bersama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan Australia. Sebagai bukti kecanggihannya walaupun usianya sudah tua.

  73. kapal selam baru kilo class & amur class untuk tni ? ,… capeeee deech !

  74. aku maunya klo baru tniku kuat,negara juga kuat maka bersatulah kita utk mendukung..

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>