Dec 022014
 
KRI Makassar

KRI Makassar

Surabaya 30/11/2014, (Pos Kota) – Kapal perang Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), KRI Makassar-590 yang sedang melaksanakan operasi keamanan laut sehari-hari berhasil menangkap sebuah kapal ikan raksasa KM Jurong Jaya 02 milik PT. Indojurong Fishing Industry. Kapal yang bertonase 507 GT tersebut diamankan bersama hasil tangkapan yaitu kurang lebih 160 ton ikan tuna dan cakalang.

Kapal tersebut ditangkap KRI Makassar-590 di Perairan Tual atau pada posisi 05 02 10 S – 133 51 00 T karena diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal. Dari hasil pemeriksaan, terbukti kapal tersebut melakukan penangkapan di luar daerah penangkapan yang yang diizinkan (Fishing Ground) serta ukuran mata jaring tidak sesuai ketentuan SIPI (Surat Ijin Penangkapan Ikan).

Selain itu, KM Jurong Jaya-02 juga ditangkap karena tidak mempunyai IMTA (Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) dan dua orang ABK asing tidak mempunyai Pasport dan Dahsuskim kadaluarsa serta beberapa orang ABK turun dari kapal tanpa keterangan.

KM Jurong Jaya 02 diawaki oleh 26 orang anak buah kapal (ABK), masing-masing 13 warga negara asing dan 13 orang warga negara Indonesia. Selanjutnya, KM Jurong Jaya 02 dikawal ke Lanal Tual untuk proses hukum selanjutnya.

Unsur-unsur satuan operasional Koarmatim akan bertindak tegas tanpa pandang bulu terhadap setiap kapal yang diduga melakukan tindak pidana di laut termasuk perikanan di perairan Indonesia atau kapal lainnya yang melanggar hukum di laut. Koarmatim telah mengambil langkah-langkah signifikan dalam menghadapi beroperasinya kapal-kapal ilegal di perairan Indonesia, termasuk penangkapan ikan ilegal, dan berbagai tindak pidana di laut lainnya.

Kadispenarmatim
Letkol Laut (KH) Abdul Kadir

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  43 Responses to “TNI Sergap Kapal 160 Ton Ikan Tuna Ilegal”

  1. Malam..

    • kerugian negara dari illegal fishing .. ilegal logging .. ilegal izin .. ilegal narkotika .. ilegal pajak .. ilegal pertambangan .. penyeludupan BBM & penyeludupan2 yg lain setiap tahun di perkirakan bisa mencapai angka yg sangat2 fantastis Rp.4.500 Trylyun… bandingkan dg APBN kita.

      Kita tinggal di Negara yg sangat kaya .. tp apa yg terjadi.

      Dalam setahun Andai uang yg Rp. 4500 trylyun untuk belanja Alusista berapa Destroyer,SU35,KS yg di dapat & bayangin TOT yg bisa kita dapat kl setiap tahun belanjanya segitu .. mungkin dlm 5-10 th kita akan bisa mandiri dg TOT yg bisa di dpt.

      Uang Ghoib jauh lebih penting dr Ghoib2 yg lain ..
      .

      • Apalagi istri ghaib ya bung jokopret…itu juga penting kan…??

      • tetap ada uang yg beredar…tapi dibawah tangan dalam bentuk uang TST(tahu sama tahu)….cuma g enaknya..selalu kita dikatain bangsa bodoh…ama bangsa maling2 ini…ini namanya rugi dua kali ..udah dimalingin dikatain bangsa bodoh lagi…ikan habis lagi…

        • betul bung…. 3-0…. untuk kemenangan bangsa maling karena pemerintahan yang tidak mampu menangani masalah ini….. 4500 trilyun !!!! kalaupun kita harus belanja ALUTSISTA untuk mencegah pencurian-kerugian ini hingga 2000 trilyun saya kira ok saja… toh masih untung 2500 trilyun.. apa lagi kalau ini dilakukan setiap tahun… Akan Jadi negara ADIDAYA negara kita….

    • Jangan lupa Pa TNI setelah di amankan ABK nya lalu TENGELAM kan kapal nya pa ,,,
      Kapal nya bwat sasaran penembak yhakont …

  2. musim hujn sepi

  3. Tenggelamkan

  4. lanjutkan hee2

  5. wow 160 ton ikan tuna? segera sita lalu bakar pak. kalau kapal maling ikan ukuran 500 GT dibakar bisa jadi sensasi di dunia persilatan ikan.

    • dari manapun kapalnya kebijakan tetap sama “TENGGELAMKAN”……lumayan tuh ikannya dieksport aja ke Malingsial kasihan sdh pd nggak makan ikan…..hehehehe salam kenal bung @AD…

  6. Kutagih janjimu tenggelamkan!!!!!

  7. operasi ini harus dilakukan seterusnya jangan sampai kalau terekspos saja…selamat untuk armatim

  8. Udah….bilang….bilang aja….kali ini kapal negara mana??!! Hehehe…

    TNI AL setroooooongggg……

  9. Ambil kapal nya

  10. DiRUDAL…!!!! EKSPOSE DI MEDIA…!!!! Buat bukti penegakan hukum ga pandang bulu walaupun bulu khetex…!!! Hehehehe…!!!

    ….NKRI HARGA MATI….

  11. kapal nya di hibahkan aja buat nelayan indonesia,jauh lbh bermanfaat…klo kapal perang asing yg masuk tanpa izin br di tenggelamkan..lbh ganteng klo bgtu

    • siapa yang mau ngawaki? nelayan kita belum terlatih untuk operasikan/nahkodai kapal segede gaban…

      kalo nelayan kita yang ikut orang asing mungkin bisa meskipun tanpa sertifikat, tapi mau gak terima gaji lebih kecil daripada kalo ikut asing???

    • Kapalnya dijual aja, uangnya buat beli kapal nelayan yang kecil.

  12. Kalo nonton Wicked Tuna di Nat Geo, nelayan Amrik Utara nangkep tuna sirip biru berat 80 kg harganya bisa lebih dari Rp. 36jt/ekor utk kw 1 … terima di bandar setempat

  13. Kri Makasar kok kecil bingit…

    • dibandingkan dengan apa bung??? coba liat kapal tunda/tugboat di sebelahnya….

      kalo mau keliatan besar, coba di cetak di kertas ukuran A0, pasti guedhe 🙂

      • @MJ hahahaha,
        ane ngakak mendengarnya ,
        Jelas gede kl dicetak di print ,

        lebih gede lagi dibanding Ane ( tempo hari ane naik ini meski puter-puter doank di Suramadu tgl 08/10 )
        silakan di cek lagi di postingan bulan Okt , Landasan helipadnya aja bisa untuk main bola Plus pasang jaring basket en Net Volley ball

      • Maaf terpeleset bung maklum dah tengah malam. Mau komen kapal yang disampingnya itu, hehehe…

  14. Wah kira2 kalau dijual 160 ton berapa ?

  15. Wew ini kapal buat angkut pasukan/transportasi kok bs jd kapal patroli besok nunggu bmp – 3f ikut pengamanan laut biar stronk.
    Hehehe

    But it’s ok, good job tni.

  16. Jadiin rumpon wiss

  17. Busyet dipepet KRI-Makassar yg masuk kelas LPD saja udah gak isa apa2…nah ini bukti nya gak perlu kapal perang dng bersejata rudal bt nangkap pelaku kapal pencuri ikan cukup kapal patroli dng personil bersenjata lengkap saja sudah membuat pencuri takut

  18. KRI Makasar bukan Patroli, tapi habis ngantar bertahap (silent) 12 Unit BMP 3F ke Sorong buat Marinir ….Pulangnya kepergok kapal maling ikan dari negara Begundal Malingsial

  19. Wis…… DIRUDAL wae rausah kakean alasan

  20. Bakaaaaarrrrrr,,!!!!!!

  21. KRI MAKASSAR dipersenjatai pake apa aja yaaa

    • @Ayoeng

      Meriam CIWS kaliber 12 mm kalau ga salah , pas ane wawancara krunya
      jarak tembak 5-12 Km , 500-1000 butir per menit

      kenapa hanya meriam doank ,

      biasanya dalam beroperasi jauh ( She / dia ) tidak berjalan sendirian , biasanya ditemani kapal rudal cepat / KCR minimal

      Fungsi : menggerakkan pasukan secara cepat, dan tepat , disamping perlatan pendukungnya misal Tank
      CMIIW

  22. jadi benar dong kalo kekayaan indonesia bocor bocor bocor.. Sampai 4500t tiap tahun. Baru nyadarkan..ayo kpk tni .sikat tu para mafia ilegal.

  23. nunggu real nya za…”gak usah tangkep tangkepan,langsung tenggelamkan za”
    lirik orang no wahid …..

  24. kapal jurong jaya yang kemarin sandar di pelabuhan benoa ber minggu minggu klo ga salah ada tiga kapal sejenis… mmang abk nya kbanyakan orang asing….

  25. Bpk2 nelayan kita gimana ya klo melihat kapal pencuri ini, klo kapal ini diparkir di kampung nelayan kali langsung dibakar ya..? Moga sehat2 semua

  26. Hayooo berani bakar ga?

  27. Mgkn daripada di tenggelamkan lebih baik diberikan kpd nelayan yg membutuhkan utk dikelola bersama dn bisa bermanfaat utk mencari rejeki.

  28. Kapal ini jangan di bom karena rejim si pandir kekurangan kapal.. baiknya dilelang saja dan uangnya buat beli bom atau rudal… cerdik dikit kenapa…
    #bukanurusan saya ya

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)