Jan 042017
 

Dok. Latihan Bersama Militer Indonesia – Australia (JOCIT)


Jakarta – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia menangguhkan kerja sama dengan Australia karena masalah teknis.

“Semua bentuk kerja sama telah ditangguhkan. Ada hal-hal teknis yang perlu dibahas. Sangat mungkin kerja sama akan kembali dilakukan jika semua masalah itu telah selesai,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto di Jakarta, Rabu, 4/1/2017.

Kendati demikian, ia enggan menyebutkan hal teknis apa yang membuat TNI menangguhkan kerja sama militer dengan Australia untuk sementara waktu.

“Kalau teknisnya saya tak bisa menyebutkan secara rinci,” ujarnya.

Terkait isu pelecehan terhadap lambang negara Pancasila saat Prajurit Kopassus melatih Bahasa Indonesia untuk pasukan khusus di Australia, Kapuspen TNI pun enggan berkomentar.

“Ya ada masalah dan ada beberapa hal yang masih harus kami kaji lagi agar hubungan kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak,” ucapnya.

Permintaan penghentian kerja sama itu sudah dilayangkan TNI kepada pihak militer Australia pada pertengahan Desember 2016. Mulai saat itu penghentian kerja sama sementara berlaku, baik latihan maupun tukar menukar perwira.

DPR Belum Terima Penjelasan

Komisi I DPR belum menerima penjelasan dari TNI terkait keputusan institusi itu menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australian Defence Force yang informasinya sudah beredar luas di masyarakat.

“Kami belum menerima penjelasan yang jelas mengenai penghentian sementara kerja sama TNI dengan Australia. Mudah-mudahan Panglima TNI bisa memberikan penjelasannya dalam waktu dekat ini,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafidz di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan setiap penghentian kerja sama pasti membawa dampak besar dan ketidaknyamanan bagi kedua negara. Karena itu dirinya menekankan apabila keputusan TNI itu benar, alasannya harus tepat.

“Kalau alasannya tepat, Komisi I DPR akan mendukung,” ujarnya.

Dia mengatakan selaku Pimpinan Komisi I DPR belum menerima informasi resmi terkait keputusan TNI itu kecuali pemberitaan dari media massa.

Politikus Partai Golkar itu meminta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan hal itu karena menyangkut sensitivitas hubungan dua negara.

“Informasi terkait ini masih simpang siur, saya belum dapat informasi resmi kecuali dari media massa. Panglima TNI perlu menjelaskan, karena ini menyangkut sensitivitas hubungan kedua negara,” katanya.

Anggota Komisi I DPR Supiadin mengaku setuju dengan keputusan Panglima TNI yang menghentikan kerja sama militer dengan Australia karena negara itu diduga melecehkan Pancasila.

Dia menilai keputusan Panglima TNI itu merupakan bentuk pembelaan terhadap harga diri dan martabat TNI serta martabat bangsa karena dalam kerja sama antarnegara harus memegang teguh prinsip-prinsip kesetaraan, saling menghormati dan saling menguntungkan.

“Kalau salah satu dari ketiga prinsip di atas dilanggar, TNI berhak menghentikan kerja sama yang sudah dibuat. Hal ini sekaligus sebagai pembelajaran bagi Australia agar tidak seenaknya melecehkan TNI,” tegasnya.

Politikus Partai Nasdem itu menilai penghentian sementara kerja sama itu tidak akan berpengaruh terhadap militer Indonesia dan tidak terlalu mempengaruhi hubungan bilateral karena kerja sama militer hanya sebagian kecil dari hubungan bilateral Indonesia-Australia.

Sebelumnya, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia. Selama ini kerja sama bidang pertahanan antarkedua negara dinilai tidak menguntungkan Indonesia.

“Iya betul menghentikan sementara, bukan memutuskan kerja sama,” kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Wuryanto di Jakarta, Rabu (4/1).

Wuryanto mengatakan TNI memutuskan penundaan kerja sama militer dengan Australian Defence Force (ADF) setelah melakukan evaluasi yaitu ada hal teknis yang dianggap tidak menguntungkan TNI.

Dia menjelaskan ada masalah teknis yang harus diperbaiki dan disempurnakan untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan semuanya masih dalam evaluasi perlu penyempurnaan, perlu peningkatan sehingga hal-hal teknis itu supaya diperbaiki.

“Intinya kerja sama ini mestinya harus saling menguntungkan, saling memberikan manfaat, saling menghormati dan saling menghargai,” katanya.

Dia mengatakan penghentian kerja sama sementara itu meliputi berbagai aspek, di antaranya latihan bersama, pendidikan, tukar menukar perwira, hingga kunjungan antarpejabat.

Antara

Artikel Terkait :

  96 Responses to “TNI Tangguhkan Kerja Sama Militer dengan Australia”

  1. Nyip, Klo tetangga songong lebih baik dibrondong.

    • 5 tahun baru bisa dapat uno. Mantap.

    • Indon takde harga diri cuma di permainkan australi besok rujuk balik, pilot mabuk kecubong pesawat jatoh takde nembak…indon kopusus aja lari naik teksi di lebanon kae banci, pasukan katak tewas dgn nelayan fipine…wkwkw

      • Jamban semenanjung !!… 😆

      • Kah kah kah…lawak sangat kau lon,suka tipu seperti najib tipu semua Beruk malon kah kah kah…mane ada pasukan katak tewas di tangan nelayan philipina,yg ada polis malon di culik dan dibunuh abu sayyaf kah kah kah…sudah berpuluh2 nuri malon terhempas,lihat juga sudah berapa pesawat malon terhempas seperti mig29,sky hawk,beachcraft,hawk100 malon yg terhempas,bercermin lon kah kah kah…yg dikirim ke lubnan itu bukan kopassus lon,mengarang sahaje kau kah kah…yg ada di lubnan itu askar malon pingsan saat baris dan curi ransum askar negara lain kah kah…sungguh teruk malon ini,konon katanya negara besar tapi negara kecik singapore ribuan kale terobos udara malon,begitu jg beratus2 nelayan cina curi ikan di laut malon,pengganas dulu bebas culik nelayan di laut sabsh,habis tu warga australia pake saluar dalam bendera jalur gemilang malon saat Sukan F1 di malon,masa dinegara malon sendiri warga australia tak takut pake saluar dalam jalur gemilang,sungguh teruk malon nih tak ditakuti dan tak de maruah lagi kah kah kah

      • alamak, malaise ngomongin harga diri, diberbagai forum resmi mauapun tak resmi sangat membanggakan FPDA (Five Power Defence Arrangements) padahal kalau pas latihan, tentera diraja paling disuruh bawa-bawa mortir, pungutin selongsong, bersihin kendaraan tempur.. manusia rendah tidak akan pernah mampu berfikir strategi, karena yang diotak mereka hanya menjilat atau lari.

      • beruk malon stres ke mengoceh tak jelas ???

        askar malon apa prestasinya selain henjot pantad je ??kahkahkahkah

      • Beruk semenanjung lembik

      • Hahaha beruk malon takde apa apanya. Negara beruk itu tak dianggap oleh negara rantau. Biar sehaibat apa negara beruk itu tak sederajat dengan kebesaran negara indonesia. Negara malon bukan negara pejuang, cuman negara bencong yang selalu tumpang muka dari negara rantau. Malingsial biar negara seakan jaguh tetapi tak sederajat dengan kehaibatan dengan negara indonesia.

      • Indonesia adalah negara banyak tentara atau askar. Jadi kami tidak akan takut dengan australia apalagi negara malingsial yang hanya mengandalkan kekuatan FDA. jaman sudah berubah, perjanjian FDA pastinya diukur dengan untung ruginya melawan Indonesia yang banyak askar dan tentera yang militan ditambah kekuatan perlawanan penduduk indonesia terhadap askar asing. Malaysia takde kemampuan memiliki kekuatan seperti indonesia. We are always loving indonesia.

    • Kalau perlu, hentikan selamanya kerjasama dengan australia, lagi pula australia itu tidak begitu penting untuk indonesia,,,

    • DARI DULU NGAPAIN KERJASAMA DENGN USTALI.

      SUDAH SEJAK DULU USTALI ITU CUMA PENGIN TAHU KELEMAHAN INDONESIA SAJA.

      KITA GA ADA UNTUNGNYA KERJASAMA DENGAN MEREKA.

      BUKTINYA DI BELAKANG MENIKAM HINGGA TIMOR TIMUR LEPAS.

    • Putus saja hubungan diplomatik dgn negara australia kolonialis level 2 tersebut. Selama ini negara tersebut selalu tidak menghargai dan menghormati persahabatan indonesia. Beberapa kejadian yang dilakukan australia bukanlah kesalahan teknis semata. Tetapi memang dikelola secara sistematis oleh pemerintah australia. Dengan mencampuri dalam negeri indonesia (papua, timor timur, aceh) dan memperhinakan dasar negara RI dalam mata pelajaran militernya merupakan bukti ada tujuan dan campur tangan pemerintah australia dalam kejadian tersebut. Indonesia perlu tegas dengan memutus hubungan dengan australia bisa memberi efek kesadaran negara itu akan pentingnya persahabatan dengan indonesia. Karena sebenarnyalah posisi negara tersebut hanyalah negara yang terisolasi dari hubungannya dengan negara lain. Dan indonesia lebih diuntungkan dari pemutusan hubungan dengan australia karena wilayah RI memanglah wilayah strategis yang tidak dimiliki negara kolonialis level 2 australia tersebut.

  2. akhirnya muncul juga ni artikel

  3. Hajarrr si australala…jgn mau bangsa ini dilecehkan trs.

  4. Komen ane kagak nongol nih,mampir kemana ya?

  5. Knapa harus kerja sama militer sama tetangga nusuk dari belakang, mnding sudahi saja kerja sama militernya.. Kerja sama sama negara di bagian NATO yg pnya kredibilitas yg bail operasi militernya.. Gausah sama aus trus.. Bosen sama negara tu sering bkin kecewa

  6. Perang kah?

  7. Aushitai, ……….. paehan !!!

  8. eeeetdah baru aja mau nanyain di lapak hoax berita ni bener apa kagak. mantap om

  9. putuskan hubungan diplomatik.
    titik….negara ausit bengsek teuteup aj biki panas hati saja

  10. Australia belum tahu kalau Pancasila sakti. Kuwalat kau 7 periode hahaha

  11. Indonesia mah nggk bakalan kapok, mau ditusuk berapa kali pun tetep aj baikan lagi ama negara tuh kyk anak sd yg mudah diboongin atau gampang ditepu carilah segera negara yg kira2 lebih mengerti indonesia

  12. Kenapa mereka berani melecehkan ??
    Krn kita terlalu toleran sama ausitt..
    Otot militer indonesia harus diperkuat…sebandingkan dg china dan india..

    • Knp mereka berani melecehkan ??? karena kita blm punya Rudal om , rudal yang besar dan banyak serta bisa jangkau antar Benua, sekali pencet rata itu kota kota mereka ,,, waduh yang biasa komen begini siapa ya g muncul lagi ,,,hehe

  13. dari dulu australia kaki tangannya amerika…
    kita jgan mau di bodohin sama mereka ga perlu latihan bareng .langsung perang aja …dari pada nanti mereka tusuk kiya dari belakang lebih baik kita sikat aja sekarang ….nkri harga mati…

  14. Tentunya bukan hal sepele kalau sampai TNI mengambil sikap demikian

  15. hal teknis yang
    membuat TNI menangguhkan kerja
    sama militer dengan Australia yaitu pangkalan militer darwin yg sebentar lg ratusan pilot asu F-22 yg akan bergabung dg 2500 marinir asu dg target papua barat dn blok masela

  16. Podaran wee lah.. !!…

  17. Kedepannya seharusnya tidak perlu lg ada kerjasama militer yg terlalu erat & significant dgn AUS &secara bertahap lebih baik dikurangi, faedahnya jg tidak terlalu bnyk. Malah jd sarana mengintip kekuatan dan cara2 operasi militer kita. msh bnyk negara lain yg bisa diajak kerjasama militer yg lebih erat dan lebih bermanfaat dr AUS. Cuma “opini awam”

  18. Sip panglima
    Tapi panglima kalo saat Australia saja menghina Pancasila bisa ditegasin, lalu apa tindakan tegas Kita saat ada kelompok2 didalam negeri sendiri yg tidak hanya menghina pancasila tapi mau merubah ideologi Pancasila Negara ini

  19. Australia ngotot minta pasukan khususnya di latih kopassus lagi kerana mereka tahu quality kopassus,kenapa australia tdk minta GGK Malon melatih pasukan khusus mereka kerana mereka sudah tahu bile GGK Malon itu tak de quality,quality GGK malon suka pingsan saat latihan kah kah kah

  20. korut di-bully sama korsel gitu gitu aja, sampai di perbatasan dipasangin pengeras suara ribuan watt gak ada respon.

  21. NKRI DARURAT RUDAL. Klu Ingin dihargai negara tetangga

  22. Pesimis tapi celah itu pasti ada pada suatu saat nanti…..

    Cuma yg bikin ane ga ngerti bung, kenapa negara2 Melasinia pada tunduk sama mantan bromocorah itu…… padahal ya mantan si bromocorah itu yg mendzolimi sodara mereka si Aborigin….

    Negara2 Melasinia memang aneh, tapi nyata bodohnya….. 😆

  23. yang penting itu pembangunan INFRASTRUKTUR,

    enggak usah beli pesawat tempur Sukhoi
    enggak usah beli Kapal Selam Changbogo
    enggak usah beli PKR10514
    enggak usah beli Tank Leopard 2

    yang penting pembangunan infrastruktur di segala bidang, jangan sampai mangkrak …

    damai itu indah …

    • Anda paham gak sih arti penting pertahanan dan alutsista bagi suatu negara?! Yg mutu dikit kalo comment! Lol sekolah brapa tahun sih?

      • Betul betul betul apbn untuk infrastruktur saja krn ada wujud hasilnya daripada untuk alutsista cuma tertarik doang gak ada wujud dan hasilnya krn cuma berminat xixixi…

  24. malon tak berani buat kan???? tanpa askar FPDA malon askar lembih gay suka henjot pantad tak de daye ape ape kat dunie ini kahkahkahkah

  25. Ajak by one aja tuh ausi..

  26. USUT DAN AWASI TERUS PAK TERUTAMA DARI KAUM SOSIALIS SAYAP KIRI YG MERAJALELA DI AUSTRALIA BIANGNYA PROPAGANDA GERAKAN LGBT DAN YG TERUS2AN NGUSUT GERAKAN 3O SEPTEMBER YA MEREKA ITU TERMASUK BANYAK YG DARI BANGSA SENDIRI,
    UNIVERSITAS MELBOURNE SALAH SATU SARANG DOKTRINNYA DAN HATI2 JUGA KAUM PROPAGANDIS NYA CHINA WU MAO DANG YG BERUSAHA MEMBELOKKAN SALAH SATU NEGARA EMPUNYA SELAT MALAKA KE BLOK CHINA

    • ORANG AUSTRALIA MEMANG KASAR2, DI INTERNET JUGA BEGITU MESKI TIDAK SEMUANYA MEREKA SUKA NGE-TROLL BECANDANYA KETERLALUAN BAHKAN TERKESAN MENGHINA
      INI JUGA PENDAPAT ORANG2 DI FORUM2 INTERNASIONAL.

  27. Mantap…ane dukung penuh, kl perlu dgn malon sekalian…?

  28. baca blog brengsek ini :

    awpasydneynews.blogspot.com

    sepertinya sekarang usaha papua merdeka makin merajalela, buktinya kemarin mengadakan unjuk rasa serentak di 14 kota di Jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua …

    mohon pentolan2 nya yang tukang demo menuntut referendum segera di amankan lalu dipenjara dengan tuduhan MAKAR pak …

  29. Bagus…stlah sementara..trruskan dng permanent…nah ntar yg latih tentara australala Dr malon..kan paling jaguh Se Asia…wkwk

  30. SEBENARNYA DIHILANGKAN AUSSIE DARI PETA INDONESIA..SOALNYA ITU MERUPAKAN KARAKTER..WALAUPUN PEMIMPIN MEREKA BERGANTI TERUS..TAPI DOKTRIN UTK MENGUASAI INDONESIA TETAP AKAN DIPERTAHANAKAN…LIHAT SAJA SEJAK JAMAN KEMERDEKAAN SAMPAI HARI INI BERITA MUNCUL..MEREKA AKAN MELAKUKAN TERUS SESUAI PERKEMBANGAN JAMAN…SAYA YAKIN..GAK ADA BERUNTUNGNYA JUGA MELAKUKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN MEREKA..TINGGALKAN!!…CARI TEMAN YANG LAEN LAGI!!..YANG MENGERTI KITA..MEREKA BUKAN TEMAN!!..MEREKA HANYA INGIN MENGUASAI!!..menurut ane ini…

  31. Indonesia darurat Rudal dengan hulu ledak type destroyer…… Supaya dihargai di mata dunia…………

  32. memang, yg baik pasti di jahatin..
    tp ga tau klu yg jahat di apain..

  33. Brarti bisa2 kita absen ikut ASSAM taon ini.wahhh…gawat.malon bisa jadi juara nanti.

  34. bakal ramai nih di medsos..
    pasti yg kena getahnya pak jokowi lagi,,kasian presiden..

    kalo memang faktornya penghinaan trhdp lambang negara,patut di salvo r-han tuhnegara songong!!!

  35. jangan ada lagi kerja sama militer dgn australia, apa sih untungnya buat kita? justru australia yg diuntungkan, mereka jadi tau kelemahan militer indonesia.
    masih banyak negara lain yg mau bekerja sama dgn indonesia.

  36. 4 anggota tni al gmana kabarnya yaa..
    Belum ketemu lagi ya..
    Kenapa ngak mohon bantuan tldm aja.

    • halah malon bodoh bantu bebaskan mangsa culik sulu pon tak mampu nak berkelakar pulak bantu selamatkan ornag lain,,entah entah rakyat malon sendiri tak kan selamat lagi macam kena sembelih tahun kemarin kahkahkahkah

  37. kita belum jelas kasusnya..
    sepertinya Aus akan minta maaf..
    karena Indonesia sangat dibutuhkan mereka..
    kalo kita tidak begitu butuh..

  38. Pancagila..
    Hehehehehe

    Patutlah indon marah giler..
    Kihkihkih..
    Autralia ni jahat amat ya..

    Hehehe

    • ciee ciieee yg lagi caper..
      udah sana balik ke pohon… xixixi

    • Malon ANJI*G..eh..Malon BERUK..eh Malon BERUK berkelakuan ANJI*G…Anji*g yg beraninya ketika didalam kelompoknya(fpda) si anji*g berani menggonggong&menggigit,tapi jika dia diluar kelompoknya dia tidak berani hanya mengibaskan ekornya saja.kalau sifat beruknya semua orang sudah tahu,kalau MALINGSIAL bersifat serakah&maling.MALINGSIAL TRULLY MALING ASIA

    • malon bodoh ni mestila bela asutralia kerna askar malon kan lembik lembik tak de daye ape ape lawan nelayan cina

      tanpa FPDA malon hanya beruk bodoh tak tau diri je kahkahkahkah

  39. Harus lebih keras lagi sama negara kangcurut ini. Tarik dubes , stop impor sapi, suruh pulang mahasiswa/wi dan wni, buka jalur imigran dari timteng sukur2 isis yg jd imigran. Kelar hidup lu ausit.

  40. SANGAT SETUJU BUNG,BIAR TAHU RASA MEREKA,DIJADIIN KAYA SURIAH SAJA SEKALIAN,

    SUDAH SANGAT SERING AUSTRALIA BERBUAT MENJIJIKAN.

  41. TINGGALKAN SAJA AUSTRALIA,
    SUDAH JELAS MEREKA MEMBENCI KITA.

    SUDAH TAK TERHITUNG AUSTRALIA BERBUAT BEGITU.

    TINGGALKAN SAJA…
    TINGGALKAN SAJA…
    TINGGALKAN SAJA…

  42. Kita harus mensikapi ini dengan kepala Dingin…. cukup buka aliran pengungsi ke Australia (klo perlu dibantu, diarahkan, dan bila berhasil masuk 0stralia dapat bonus tambahan)…. Jangan lupa ajak Liao Ning jalan-jalan sampai Selat Timor, ganti impor sapi ma Kerbau dari India (rasanya ternyata ga jauh beda…)… Silahkan dilanjutkan, sikap dengan kepala dingin untuk mensikapi tindakan 0strali ini……

  43. Hapus saja kerja sama dengan Australia ! Kita gk rugi kok, mereka kalau sangkut pautkan dengan Sapi, kita masih punya India yang ekspor kerbau 😀 Malondog itu biarin saja menggonggong! Sebab negara saja takde yang benar, di FPDA hanya peringkat terbawah diasean pasukan Khusus nya GGK hanya standart Sat Pol PP , Sat Pol PP saja tidak ada yang pingsang seperti askar melayu ! Jadi Di ASEAN malondog hanya negara sampah saja, yang merugikan dunia 😀

    • SETUJU…dosa Aushit banyak kepada bangsa ini….mulai perang kemerdekaan hingga sekarang…penyadapan, tax eksport kita hingga pelecehan simbol negara….untuk apa TNI kerja sama dgn negara yg jelas byk merugikan kita? what for? what the benefit? Nothing man !

  44. semasih belum kuat kekuatan alussita udara dan laut,harusnya menjaga diplomasilah,bukankah sudah diputuskan hubungan untuk sementara waktu itu latihan dan kerjasamanya.

    kata menhan level cecurut jgn sampai menggangu lah(level letnan,nah ngomong menhan ya kalo tidak percaya silakan search media)

    kalo bisa melihat ini sebagai cambukan saja,emang dalam skill kualitas pasukan aussie masih dibawah,tp kualitas senjata dan alussita sudah termasuk class a1

    tantangan indoesia khususnya ke proksi lebih dekat drpd perang antar negara,musuhan sama diselatan harus bertemen dengan utara,dan sebaliknya.

    sedangkan buku putih aussie saja bagian pertahanan adalah menjaga invasi dan pertahanan garis laut dengan utara(paling dekat indonesia dan china,kalo amrik berkonflik dimasa depan indonesia sebagai bemper aussie membendung,sekarang masalah indonesia mau jd bemper??)pembaharuan alussita udara dan laut merupakan tantangan indonesia khususnya disini kurang kuat dr sisi kualitas.

    opini pribadi saja,kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu

  45. Harga Diri NKRI segalanya.. tutup ALKI N Ruang udara NKRI…

  46. Tapi kadang saya bingung dgn perwira2 tinggi TNI kog mereka seenaknya mengizinkan ilmu militer kita kpd mereka yg sangat potensial menjadi musuh bangsa kita, apakah mereka dapat bayaran dri negara sprti usa n aus?? Gak kapok2 di lecehkan di ulangi lagi lantas apa arti nkri harga mati bagi para perwira tinggi TNI?? Jadi teringat bekas militer mbah orde baru yg menjilat usa n bapak besar yg jg di didik usa jdi penguasa nkri..saran utk jenderal2 jangan lah mau dijadikan babu attau suruhan bangsa barat yg sdh di depan mata menodongkan senjata….setialah utk nkri bukan utk keserakahan kekuasaan…smg presiden jokowi tegas stop krjasama dg aus

  47. Panglima TNI Beberkan Potensi Ancaman yang Mengintai Indonesia
    Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta semua pihak mewaspadai potensi ancaman yang muncul di wilayah perbatasan Indonesia. Menurut analisa Gatot, ada dua wilayah perbatasan yang memiliki potensi ancaman. Keduanya yakni, wilayah Laut China Selatan dan perbatasan Australia di sekitar Pulau Masela.

    Gatot mengatakan, Pulau Masela merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang jaraknya hanya 475 Km dari Darwin, Australia. Di blok tersebut, terdapat kekayaan minyak yang luar biasa.
    Sementara itu, di Darwin, pihak Australia meningkatkan kekuatan marinirnya dengan mendatangkan personel marinir dari Amerika. “Saat ini ada 1.500 marinir Amerika yang akan ditingkatkan menjadi 2.500. Australia sedang bangun kapal pendarat, ini patut diwaspadai,”
    Potensi ancaman lain, kata Gatot, berasal dari wilayah Laut Cina Selatan. China saat ini tengah memberlakukan zona pertahanan udara di wilayah itu. Kebijakan itu disebut oleh Gatot dapat menimbulkan konflik negara-negara sekitar.

    Tak hanya memberlakukan zona pertahanan udara, China juga memberlakukan zona ekonomi eksklusif di wilayah perairan di sekitar Natuna. “Beberapa waktu lalu ada nelayan China sedang cari ikan dikawal Kapal Penjaga Pantai. Secara tersirat, China menganggap perairan itu bagian dari wilayahnya,” kata Gatot.

    Selain dari wilayah perbatasan, potensi ancaman juga muncul dari kerja sama pertahanan Five Power Defence Arrangements (PFDA) yang digagas oleh negara-negara persemakmuran Inggris yaitu Ingris, Australia, Singapura, Malaysia, dan New Zealand.

    Menurutnya, jumlah kekuatan gabungan PFDA sangatlah besar. Menurut Gatot, kerja sama pertahanan itu patut diwaspadai karena tiga negara PFDA berada sangat dekat dengan Indonesia.

    “Makanyq kerja sama militer itu kita sangat berhati-hati. Jangan sampai nanti saat dikasih masuk, mereka seenaknya di sini,” tegas Gatot.