Aug 232015
 
 Eurocopter EC155


Eurocopter EC155

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji pembelian helikopter untuk yang digunakan sebagai alat transportasi dalam kondisi mendesak. Jika terealisasi, helikopter akan dioperasikan oleh TNI AU.

“Helikopter itu untuk evakuasi, terutama dari pulau Seribu. Kalau ada ombak besar, banyak nyawa meninggal di Pulau Seribu. Jadi kita butuh helikopter evakuasi ambulans seperti itu,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Jumat (21/8/2015).

Helikopter menurut Ahok bisa digunakan untuk banyak hal. Bukan tidak mungkin difungsikan untuk membantu distribusi air bersih ke Kepulauan Seribu.

Rencana pembelian helikopter ini sudah pernah dibahas dengan pihak TNI AU.

“Kita serahkan ke TNI AU. TNI AU yang tangani. Dia kan nggak punya helikopter, tapi itu bukan hibah, punya kita tapi dioperasikan dia,” terangnya.

Salah satu syarat utama helikopter itu yakni bisa terbang rendah untuk mengangkut orang sakit menuju Jakarta.

Helikopter dengan spesifikasi yang diinginkan tak dimiliki oleh TNI AU, karena itu ditawarkan pada Pemprov DKI untuk membelinya. Namun, semuanya masih dikaji baik dari segi anggaran, hukum maupun sisi kebutuhannya.

“Masih dikaji. Kita lagi hitung apakah kebutuhannya banyak atau sewa lebih baik. Kalau sewa anggarannya gimana ngitungnya? Kalau kalau sewa helikopter ditangkap nggak? Karena sewa helikopter nggak ada dalam e-catalogue, sewa berapa jam? Kalau ada di e-catalogue LKPP boleh,” terangnya.

Helikopter yang diinginkan, sambung Ahok sudah dimiliki pemerintah daerah di negara-negara maju, termasuk Singapura. Helikopter memang bisa diandalkan melakukan evakuasi bagi warga yang perlu penanganan darurat.

Karena itu Ahok sedang memperhitungkan segala aspek untuk pengadaan dan belum menargetkan kapan rencana ini terealisasi.

Detik.com

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  17 Responses to “Transportasi Warga Kepulauan Seribu Pakai Helikopter”

  1. Wuih heli keren

  2. Keren ni heli..
    Pertamax kah

    • Walah kok double..
      Ni.. Komentar bung diego saya agak bingung tampilan sekarang..
      Nyaman yg dulu.. Kira2 nanti realisasinya pake anggran DKI atau anggran pertahanan ya..

      Salam NKRI

  3. Nanti pakai chinok aja biar multi fungsi dan banyak muatan

  4. ide yg bagus harus itu tp termasuk basarnas
    positifnya ada
    negatifnya
    bisa jd tempat cari duit

  5. gojek chopter 😀
    ketika merapi meletus. 20rb orang berlomba serentak menjauh 25KM. Kalau ga kuat lari macem Kopassus, GOjek Kopter pilihan cerdas.

  6. rencana bagus nih buat penanganan emergency..bisa cepat.

  7. Mantap ni program Ahok seperti program2 lainnya, semoga cepat terwujud dan tidak dijegal orang2 ‘sakit hati’.

  8. tampilanx JkGR mbuat sakit kepala… reformasi dan revolusi mental… tapi makin pusing…
    kembali 45 dong…

  9. Lebih bagus lg beli super puma atau bell, buatan pt.di, memberdayakan produk lokal,biarpun lisensi

  10. Pemda membantu kelancaran Tugas TNI, SALUT banget, semoga semua gubernur berpikiran sama, kalau daerah yang mampu meyumbang 1 atau lebih kebutuhan TNI, (Heli, Kapal Patroli, Rudal ) kayaknya pemerataan Alutsita bisa tercapai,
    kalau TNI AU lebih familier dengan Helicopters EC 725 Super Cougar

  11. keren…bagsxlagi kalo bikinan pt di yg di beli

  12. din din

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)