Mar 152017
 

Sistem rudal pertahanan udara SAM (permukaan-ke-udara) S-400 Triumf Rusia. (Β© TASS)

MOSKOW – Turki telah mengumumkan keinginannya untuk mendapatkan pinjaman dari Rusia untuk membeli persenjataan, termasuk sistem rudal pertahanan udara (SAM) S-400 (NATO: SA-21 Growler), menurut CEO Rostec (BUMN Rusia) Sergey Chemezov kepada saluran TV Rossiya-24 pada Selasa, sebagaimana dilansir oleh TASS Defense.

“Mereka telah menyuarakan keinginannya untuk mendapatkan pinjaman, tetapi sekarang masalah tersebut masih belum terpecahkan. Menteri keuangan kedua negara saat ini sedang mengadakan pembicaraan, segera setelah mereka menandatangani kesepakan ini dan mengambil keputusan tentang pengalokasian dana pinjaman, kita akan segera menandatangani kontrak pasokan persenjataan, termasuk diantaranya sistem S-400”, kata Sergey Chemezov.

Dilansir dari Defense World, bahwa CEO Rostec hingga saat ini tidak memberikan rincian tentang kapan keputusan ini akan diambil. Namun pada bulan Februari 2017, Chemezov mengatakan bahwa Turki telah menunjukkan minat pada sistem S-400 buatan Rusia dan sedang dalam pembicaraan dengan Moskow pada kemungkinan pasokan ke Turki.

Pada bulan November 2016 yang lalu, Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik juga telah melaporkan tentang adanya pembicaraan mengenai rencana akuisisi sister pertahanan rudal S-400 ini.

China adalah negara pertama yang membeli sistem rudal SAM (permukaan-ke-udara) S-400 buatan Rusia. Ini diumumkan pada musim semi 2015 bahwa kontrak yang relevan telah ditandatangani.

Menurut media, kesepakatan pada saat itu bernilai lebih-kurang US $ 3 miliar. Pada bulan Oktober 2016 yang lalu, Rusia dan India juga telah menandatangani perjanjian antar pemerintah pada rencana pengiriman sistem pertahanan rudal S-400, sebagaimana dilansir dari Defense World.

Artikel Terkait :

  33 Responses to “Turki Berharap Pinjaman dari Moskow untuk Membeli Sistem S-400 Rusia”

  1. Es teler…

  2. Indonesia dikasih pinjaman sama Rusia malah GK beli rudal s300/400..Mungkin tidak ada niat buat memperkuat arhanud…Yah seadanya saja

    • Dulu saya pernah tawarin ke menhan S-300 setelah itu menhan tertarik dan langsung AKAN beli tapi kenyataannya hanya omdo si kemenhan ..saya sebagai sales jadi stress kalau ketemu si kemenhan saya takut di PHP in lagi

      • Njir tuh si jimmy lagi nyales kok pake akun itu ya? Mungkin dia lelah karena di PHP in mulu

        • Yg diatas itu bkn ente ya bung @jimmy?..

          • Itu yg pake nama jimmy semuanya akun ane

          • jangan-jangan bung @Jimmy itu schizofrenia ya? πŸ˜† hahaha…

            sudah bung, jangan terlalu dipikirkan “akan” yang tak pernah berakhir…

          • Njir skizofrenia gangguan mental gara2 PHP hahaha

          • Knp bikin begituan bung @jimmy? Satu org tp mau komentar 3 org, dan komen nya beda2 lg, apa ga pusing? Ane mikir su35 aja udah puyeng bgt, lah ini bikin 3 akun tp 1 org, nambah2 kerjaan aja ente bung, klo nambah2 duit sie gpp…xixixi

          • Hahaha si jimmy sales rosoboron dapet komisi jika lagi promosi

    • liat dan berminat aja boleh, apalagi beli.. pasti dikasih bung πŸ˜€ hehehe

    • Ditawarin indonesia mustahil mau dgn nilai rudal s-300 yg mahal, karena indonesia memprioritaskan pesawat tempur yg karena efek gentarnya lebih besar kareba selain bertahan juga bs balik menyerang apa lagi jumlah pespur kita miris di banding wilayah yg mw di jaga….

  3. dh bankrap ni si arogant kayaknya…

    • itu strategi jitu bung, barang diuji dulu di dalam negeri πŸ˜€ hihihi, klo gak cocok ya di retur aja πŸ˜† hahaha

  4. Kalo bisa gratis kenapa harus beli? Kalo bisa murah kenapa harus mahal? Kalo bisa ngutang kenapa harus cash?

  5. TNI SEMAKIN JAUH KETINGGALAN, EFEK SINDROM “AKAN”

  6. China, india skr turki mau beli s400 jg, indonesia beli apaan?..nasams??. Sky dragon?…semua lewat, paling top s400 buatan russia…semua org jg udah pada tau kalleeeeee…krn mrk ada kemauan utk beli, klo indonesia kan ogah2an…bete!!,,

    • sabar bung, semua ada hikmahnya… seperti Su-35 yang bakal dikirim tahun 2021 (itupun klo ditandatangani tahun ini), mungkin S-400 sama seperti itu (itupun klo jadi), atau mungkin menunggu pergantian penentu kebijakan πŸ˜€ hehehe, semua sudah ditakdirkan bung, kita cuma bisa berminat, berencana dan berusaha mewujudkannya…

  7. kita cukup dgn ketapel saja toh perang dgn siapa coba

    yg perlu itu pesawat tempur multidimensi berteknologi metafisik untuk mengawasi ruang udara kita yg penuh dgn santet2 liar berseliweran.

  8. Turki kalo ada maunya dibela-belain sampai utang segala. Tp memang benar kedaulatan negara adalah segalanya. Akan tetapi harta yg paling berharga adalah keluarga.

  9. Kedaulatan adalah harga mati, tapi keknya partai bu mega gak nganut prinsip ini lah tengok sipadan ligitan ,gak ada yg matikan?

    • setiap pemimpin punya kebijakan sendiri-sendiri, keputusan baik dan buruk semua tercatat dalam sejarah, tidak terkecuali siapapun pemimpinnya… yang penting untuk kedepan semua itu bisa jadi pelajaran buat pimpinan yang ada sekarang dan yang akan datang

  10. begitulah politik,, dulu bermusuhan setelah pesawat ditembak,,
    setelah kudeta gagal,, mesra..

  11. Selain leasing sepeda motor, mobil, peralatan elektronika, sepertinya buka usaha leasing “alutsista” bakal laris manis nih πŸ˜† hehehe

  12. jangan berbaik hati dengan erdogan, Mr. putin.jika mereka menguasai sistem s400 maka ia tak akan segan segan menembak pesawat pesawat sekutu rusia di daratan benua arab!! turki tetaplah sahabat amerika si keji

  13. PDKT ya Turkey dan Rusia, makin mesra aja! Bikin gondok NATO dan AS setelah proxynya gagal total! Indonesia sulit untuk beli S400,S500 karena menunggu S600-S1000 produksi masal!he3. Tapi saya yakin Indonesia sudah punya S series tapi dirahasiakan sebagai senjata pamungkas bila terdesak!

  14. Jelas indonesia mikir berulang-ulang terus batal jika “minat” membeli s-400 yg harganya sama dgn 2 skuadron (32 unit) su-35 ……

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)