Turki Pamerkan “Sapan” Railgun Elektromagnet

20
24


Salah satu perusahaan pengembang amunisi Turki, TUBITAK-SAGE memamerkan kemajuan dalam mengembangkan railgun elektromagnetik untuk pemerintah Turki pada akhir Oktober 2016 lalu.

Disebut sebagai “Sapan”, program penelitian dan pengembangan TUBITAK-SAGE bertujuan untuk memberikan industri senjata Turki dengan pondasi untuk mengembangkan aplikasi menggunakan teknologi tersebut.

Senjata railgun Elektro-Magnetik (EM) adalah senjata dengan kemampuan melontarkan proyektil jarak-jauh menggunakan listrik bukan dengan propelan peledak. Tujuannya mengembangkan teknologi ini adalah agar Angkatan Bersenjata Turki mampu menembakkan proyektil secara signifikan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi (hingga mencapai kecepatan 5,86 mach atau 7.242 km/jam).

Saat ini, hanya AS dan Inggris yang telah mengambil langkah substantif dalam pengembangan teknologi railgun EM, meskipun beberapa negara besar lainnya, seperti China, saat ini sedang bekerja untuk mengembangkan persenjataan analog.

20 COMMENTS

  1. indonesia juga sudah lama pernah ada…..karya anak sma sidoarjo….senjata electromagnet kecil semacam senapan serbu…..kalau gak salah design dan prototype sudah diserahkan ke pindad buat penelitian lanjutan atau produksi masal……entah kok sepi gak diproduksi masal

LEAVE A REPLY