Dec 122016
 


Salah satu perusahaan pengembang amunisi Turki, TUBITAK-SAGE memamerkan kemajuan dalam mengembangkan railgun elektromagnetik untuk pemerintah Turki pada akhir Oktober 2016 lalu.

Disebut sebagai “Sapan”, program penelitian dan pengembangan TUBITAK-SAGE bertujuan untuk memberikan industri senjata Turki dengan pondasi untuk mengembangkan aplikasi menggunakan teknologi tersebut.

Senjata railgun Elektro-Magnetik (EM) adalah senjata dengan kemampuan melontarkan proyektil jarak-jauh menggunakan listrik bukan dengan propelan peledak. Tujuannya mengembangkan teknologi ini adalah agar Angkatan Bersenjata Turki mampu menembakkan proyektil secara signifikan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi (hingga mencapai kecepatan 5,86 mach atau 7.242 km/jam).

Saat ini, hanya AS dan Inggris yang telah mengambil langkah substantif dalam pengembangan teknologi railgun EM, meskipun beberapa negara besar lainnya, seperti China, saat ini sedang bekerja untuk mengembangkan persenjataan analog.

  20 Responses to “Turki Pamerkan “Sapan” Railgun Elektromagnet”

    • Dulu saat MenRistek msh dijabat BJ Habibi PM Turki saat itu sangat bangga atas pencapaian teknologi Indonesia khususnya dam teknologi dirgantara saat menyaksikan demo terbang N250..saking bangganya sampai menyebut bahwa ini kebangkitan teknologi khususnya untuk negara2 Islam dalam dunia dirgantara..tp skrng kondisinya ternbalik harus kita akui pencapaian teknologi khususnya militer sangat pesat..

    • Rusia bina peluru conon electromagnet berdasarkan pelastik r&d sedang dijalankan

      https://youtu.be/_KpFaSLrYRw

  1. Setelah Amerika, lalu Inggris, dan China, Turki ternyata juga membuat Rail Gun

  2. Indonesia kapan memulai proyek penelitiannya?

  3. BESOK PAGI SAYA BUATKAN BUAT KALIAN

  4. cocok di pasang di rigit boat ni..

  5. Bokong…

  6. Tenang… nanti PT KAI juga bikin…rel gun..qiqiqi

  7. maka senjata sejenis yang diciptakan anak indonesia di lomba iptek yang dalambentuk senapan pelontar menggunakan medan magnet untuk melontarkan paku dari laras senapan.

  8. rail gun tuh,senjata di pelm transistor kan,yang nembak depactator di ujung piramida.

  9. nunggu pergantian presiden yg tidak banyak janji apalagi kebanyakan selfi

  10. aneh negaraku, katanya smua bersih tidak ada yg korupsi, sampai punglipun disikat, tapi kok aneh hutang semakin tinggi dan alutsista tiada yg dibeli.
    trus uangnya pada kemana?

  11. indonesia juga sudah lama pernah ada…..karya anak sma sidoarjo….senjata electromagnet kecil semacam senapan serbu…..kalau gak salah design dan prototype sudah diserahkan ke pindad buat penelitian lanjutan atau produksi masal……entah kok sepi gak diproduksi masal

 Leave a Reply