UAS Super Canggih dari Northrop Grumman

13
5

Northrop Grumman merilis video animasi terbaru tentang konsep Unmanned Aircraft System (UAS) mereka yang canggih. UAS yang bernama Tern ini, terbang dari kapal perang sebagai helikopter namun setelah mengudara akan berubah fungsi menjadi pesawat fix wing atau pesawat tempur yang bisa menembakkan rudal ke target dan juga terkoneksi dengan satelit militer. UAS Tern ini dikembangkan dalam proyek DARPA, Amerika Serikat.

Karena relatif kecil UAS ini nantinya bisa diterbangkan dari destroyer, frigat atau kapal perang yang lebih kecil.

Konsep UAS Tern  Northrop Grumman
Konsep UAS Tern Northrop Grumman

UAS/ UAV yang berbasis helikopter selama ini memiliki kendala dengan terbatasnya jarak terbang maksimum dan durasi terbang. Sementara UAs/UAV berbasis fix wing harus diterbangkan dari kapal induk atau landasan darat dengan runway yang panjang, meskipun mereka bisa terbang lebih jauh dan lama dibandingkan UAV helikopter.

Kini Northrop Grumman dan DARPA mengembangkan UAS yang menggabungkan helikopter dan pesawat terbang fix wing. Bagaimana mantap kan ?.

13 COMMENTS

    • benar skali bung… ini sebenarnya konsep jaman tahun 40an… biar gimanapun hebat & canggihnya US tetap saya mencopy & meniru dari konsep milik nazi… jadi wajar2 saja kalo suatu negara meniru & mencopy produk2 negara lain untuk kemajuan negaranya…

LEAVE A REPLY