May 052016
 

Jakarta – Pesawat tanpa awak LAPAN Surveillance UAV (LSU-02) memotret 300 kilometer wilayah pesisir Selatan Jawa, untuk pengumpulan data bagi pemetaan garis pantai dan memperbarui teritorial Indonesia.

Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto di Jakarta, 4/5/2016 mengatakan pemanfaatan LSU-02 untuk pemotretan garis pantai juga untuk mendukung upaya Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam memperbarui teritorial Indonesia.

UAV milik LAPAN ini menjadi alat pemotretan yang diandalkan untuk pemetaan garis pantai, mengingat kebutuhan yang sangat spesifik terhadap karakteristik garis pantai, yang tentunya tidak dapat ditangkap dengan mudah oleh satelit yang melintas.

LSU-02 melaksanakan misi pemotretan garis pantai selatan Pulau Jawa sepanjang 300 km, mulai dari Pantai Parangtritis, Yogyakarta (DIY) menuju Pantai Popoh, Trenggalek, Jawa Timur.

Pemotretan dilanjutkan di Pantai Pacitan, Jawa Timur. Dan pada Minggu (8/5/2016), pesawat tanpa awak LAPAN akan melanjutkan pemotretan tahap ketiga, di garis pantai sepanjang 100 km di Pantai Popoh, Trenggalek.

Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN dengan Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PPKLP) BIG. Program ini diharapkan bisa merealisasikan percepatan pemetaan garis pantai.

Salah satu misi besar kegiatan ini adalah untuk menentukan luas teritorial Negara Indonesia. Untuk LAPAN, kegiatan inimenjadi sarana dalam meningkatkan pengembangan riset penerbangan untuk semakin menciptakan keandalan teknologi LSU, yang berguna untuk berbagai aplikasi, ujar Jasyanto.

Sebelumnya LAPAN telah mengembangkan berbagai jenis LSU dan telah dimanfaatkan. LSU-01 bermanfaat untuk kegiatan tanggap darurat kebencanaan, seperti pemotretan wilayah banjir, tanah longsor, dan gunung berapi. Kini LSU-02 sebagai pesawat tanpa awak yang mempunyai misi utama pemotretan udara jarak jauh.

LAPAN juga mengembangkan LSU-03 yang telah meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2015 untuk kategori pesawat tanpa awak yang mampu terbang menempuh jarak jauh sejauh 340 km.

Sumber : Antara News

COPYRIGHT © ANTARA 2016

  61 Responses to “UAV LAPAN Petakan Wilayah Indonesia”

  1.  

    Karya anak bangsa

  2.  

    Nyimak..

  3.  

    Woi @TMB, you tmb kn.. Itu memang bukn drone militerlah… Baca betul2.. Songong klai kau..!

  4.  

    Go PT. LAPAN,,ga nyangka diam LAPAN lbih energi dalam pengembangan dirgantara

  5.  

    terus bangkit dari nol

  6.  

    memang drone sipil tp kemampuan anak bangsa megagumkan
    ingat negara tetangga (malingsial) otaknya kebanyakan makan pisang jadi bisa baca nggak bisa mencerna dikiranya drone sipil di kiranya drone militer wkww

  7.  

    ni drone wulung kah buatan tempatan indo,saya fahamkn ada banyak mode indo buat ni..

    •  

      @tmb ini bukan wulung series…ini drone dari lapan ( lembaga antariksa indonesia) yg buat…kalau wulung series yg buat BPPT ( balai pengkajian penerapan teknologi)

  8.  

    Lumayan teknologinya nanti buat dipasang di f16 refurbish, biar gak pake pilot lagi, yg mengendalikan cukup jagoan2 gamer

  9.  

    knpa ada rakan2 indo nak bawa2 nickname saya buat gaduh,saya taktau siapa dialah..

  10.  

    @tmb
    maaf bung mgkin di kiranya anda yang pakai nick palsu hehh

    •  

      tengok dia punya koment tak sama dengn saya.saya pernh belajar kat sekolh so tak mahukan koment tak bernilai bang.mmng bahasa mirip malaysia dia cakap tpi dia bukan saya.thanks

  11.  

    Ditunggu berita LSU 05 nya …

  12.  

    HUAHAHAHAHAHAAAAAAAAAAA
    jangan gitu pow, kasihan

  13.  

    @indonesia.tolong awak tak gaduhkan masa kat sini.jika awak dri malaysia lbih baik cakap awak masok kat lokang ok,jika awak bukn malaysia buat apa awak cakap malaysia.get out…

    •  

      TMB ini anak baik kawan… klo nggak baik, bung Diego siap saya call 24 jam buat banned IP addressnya.. biar ganti HP klo mau mampir lagi..

    •  

      Buat tmb tak usah di ambil pusing…kat indonesia ini memang begitulah orangnya kalau tak sesuai selera dia pasti main tuduh saja…saya juga di tuduh bukan orang indonesia karna saya tak sefaham…

  14.  

    Dia sirik.., Alhmdllh sya bangga sama Lapan, ayo kembangkan terus komandan..

  15.  

    Uuuuuu aaaa uuu aaaa uu. Uuuuaaaa uuaa uuuuu.

    Yg mau tau artinya coba translate ke google, kalo gak bisa coba tanyakan sama malon yg bergoyang. Wkwk

  16.  

    Cuekin aja ni makhluk aneh… tar cape brenti jg dianya…
    Waspada provokolor… kalo kita kepancing, yang senang dia…
    Sudah ada yang ngaku di artikel “Sejauh Mana Tot Kapal Selam Chang Bogo Class”

  17.  

    Knp y indonesia sm malaysia g ada hbs2 nya saling caci,,hebat bener dulu pengadu dombanya,hingga terkesan menyimpan dendam yg tak berkesudahan,ini yg mereka inginkan agar nkri sm malaysia berperang,dan keuntungan nya sngt mutlak,jika bener2 terjadi,smoga sj smua bisa berpikir dewasa,krn kebencian bkn lah sbuah pilihan,

  18.  

    Hei kamu.. siapapun dirimu siap2 aja IP address mu diBanned sama bung Diego… pakai kata2 yang sopan dan menghargai, jangan adu domba! Paham Kamu?!

  19.  

    Yahh…. masa skorsing dicabut (banned dicabut), mulai ribut lagi. #tepokJidat

    Ngobrol baik baik kok gak bisa ya

  20.  

    awak cakap kotor sangat.awak ni malaysia kah.get out tolong awak ni bolh sopan sikit kah.ni bukn blog malaysia faham tak awak ni..

  21.  

    Hahaha udah faham banget yah bung. Tapi jujur saya juga menghormati warga malaysia dan harusnya juga sebaliknya.

  22.  

    maaf bung Diego,,,, tolong di banned orang2 yg suka bikin rusuh forum,,,, jangan bedakan yg Indonesia atau Malaysia,,,, kalau boleh jujur,,,, saya kecewa dgn forum ini karena membiarkan koment2 yg mencaci, meng-olok,,,, saya mohon kembalikan formil ini spt yg dulu,,,, yg berisi koment2 atau argumen smart,,,, meski banyak hoax-nya ,,,, saya sangat rindu,,,,, maaf bung Diego,,,, saya ingin kenyamanan dan kedamaian di formil ini,,,,,
    Salam “One Love For JKGR”

    •  

      Salam bung. Yah namanya juga internet sifatnya global, mau dari mana kek asal terkoneksi mau ngetik apa aja juga bebas, tergantung otak manusianya yg ngetik.

  23.  

    bung @Diego yang suka buat gaduh tonjok saja…sepertinya pakcik@TMB orangnya baik kok..selama pengamatan saya beliau menghormati ini forum,,maju terus LAPAN..penting teknologi intinya dulu di kuasai masalah model futuristik ga menyusul..sepertinya engineer muda LAPAN tahu model yg gahar..dan MALE segera di percepat prototype nya..

  24.  

    Saya sejak tahun 2012 jadi silent reader JKGR.. jaman Melektech, Narayana, Boleros, Bakul Wajan, Bakul Panci.. pada kemana tuh mereka? yang jelas sejak forum ini dimasukin para ABG sok tua yang suka adu domba dan bikin rusuh tapi nggak intelek jadi agak males saya untuk komen maupun baca komen2nya… mungkin mereka para senior yang saya sebutin sebelumnya pun merasakan hal yang sama, jadi malas baca komen apalagi mau komen…

    saya usul bung Diego, apabila ada yang komen, dan memenuhi unsur atau mengandung unsur yang saya sebutkan di bawah, harap IP addressnya langsung dibanned..
    1. SARA
    2. Adu Domba dan Fitnah
    3. Kata-kata kasar dan tidak berpendidikan
    4. Menghina Simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia
    5. Menyebut bangsa Indonesia dengan Indon karena konotasinya negatif
    6. Melanggar etika sebagai Tamu, dalam hal ini pemilik rumah adalah Forumer yang ber-etika tinggi dan menjunjung tinggi asas Diskusi Cerdas, tuan rumah yang sudah memiliki Gravatar tetap dan terkonfirmasi berhak mengadukan setiap pelanggar dan Bung Diego wajib menindaklanjuti

    Terima kasih.

    •  

      Siap. Ditindaklanjuti, biar dialog menjadi tertib dan teratur. Terima Kasih Bung.

    •  

      Bung TMB kenapa di Malaysia tidak dibuat Forum yang serupa.. misalnya KualaLumpurGreater… hehehehe…
      percayalah kata Malon itu meaningless.. alias tanpa arti, dibandingkan Kata Indon.. Kata Malon itu spontan muncul di jaman sengketa Blok Ambalat tahun 2005-2010 silam.. yang mana kata Malon itu nggak akan muncul tanpa didahului kata Indon dari warga Malaysia… namun begitu kami sadar Indon memiliki sebuah konotasi negatif maka muncul kata-kata lain yang sporadis… ya yang kamu sebutin di atas…
      Intinya adalah JKGR adalah Forum Militer for the sake of keutuhan dan kemerdekaan NKRI bung TMB.. di luar itu.. it is not our responsible.. nanti bisa-bisa orang USA juga protes disebut ASU…
      tapi tenang saja selama anda sopan kami pun segan…

  25.  

    Tolong diperbanyak, jgn cuma pantau garis pantai selatan jawa, selatan bali hingga flores, dari merauke hingga jayapura, dari jayapura hingga biak, dari biak hingga sorong, dan dr sorong ke manado, manado ke tarakan kalimantan. Jd smua wilayah indonesia tercover dgn uav lapan. Jgn lupa tiap2 pulau trluar pasang sistem rudal pertahanan udara s300 rusia, stiap 10 km dari ujung pantai sabang hingga pantai merauke, dari merauke hingga pantai sorong dan dari sorong hingga kembali lg ke sabang, total 200-300 unit s-300 rusia cukuplah…salam.

  26.  

    Ralat….pantai popoh tulungagung bro, kalo prigi itu trenggalek hehehehehe…

  27.  

    Rindu wawasan kebangsaan Bung @satrio, Rindu informasi kemajuan inhan bung @Jalo, teknologi militer bung@melektech, informasi undercover bung@yayan dan bung bung para bakul yang memegang alutsista, bakar kemenyan semoga mau muncul kembali utk berbagi ilmu dan informasi. xixixi. ngarep.com

  28.  

    Kalau Bung Diego sibuk, ijinkan saya membantu Banned orang2 merusuh. Kalau saya mah tiap hari update JKGR dan selalu baca semua komen…

    Kalo dipercaya sih…hehe

  29.  

    xixixi……

    bung satpam mulai galak…..
    gak disuruh sekalian makan beraknya bung….??!!

    xixixi………

  30.  

    Jadi intinya yang namu sopan dan tuan rumah juga pasti segan lah,,

  31.  

    Lapan sudah punya LSu 05, daya jelajah 240-800 km, ketinggian 1km, dan mampu terbang smp 8 jam, knp bkan itu yg d pakai.

  32.  

    sudah,.. awak tak payah ambik pusing dengan dia orang, lagi baik awak tetap fokus dengan perbincangan yang dah di mulakan.
    kita orangpun da penat dah kasih tahu jangan provocate kalo tak di ganggu. tapi, macem mana la.. dia orang da macam itu. besok dia ganti pulak ID baru. tak habis-habis. tak payah la awak masuk ke dalam hati,
    ye laa.. saya pahamkan awak memang cuma nak cari informasi saja. takkan mungkin awak dari bahagian perisikan malaysia.. ha..2x relax bro. tak apa, dia orang lama-lama pastilah boleh terima awak. buth waktu buat percaya dengan malaysian macam awak. jd, mahfum kan saje lah.

  33.  

    Produk mantap’ tinggal buat versi seram’ kemampuan siluman, jamming, konec satelit, radar jarak jauh, dapat gotong rudal jarak menengah dan jauh.. .yaah sementara itu dulullah masukannya bung.

  34.  

    sudah siap dipasarkan nih , pertama di asean ya

  35.  

    hm…..bergaduh lagi,….
    ampun…dech…

 Leave a Reply