Mar 092017
 

Konflik antara pemerintah pusat Ukraina dan separatis yang didukung oleh Rusia di wilayah timur Ukraina, Donetsk dan Luhansk telah efektif menempatkan industri pertahanan Ukraina sebagai pijakan perang. (Sumber Forecast International Weapons Group)

Kendaraan lapis baja pengangkut personel BTR-3 8×8 angkatan bersenjata Ukraina

Meskipun kendaraan BTR-3 awalnya ditujukan sebagai produk ekspor, urgensi untuk menyediakan sebagian besar peralatan untuk pasukan Angkatan Darat dan Garda Nasional Ukraina serta batalion relawan dengan kendaraan lapis baja modern telah menjadi faktor utama.

Militer Ukraina sebagian besar telah memprioritaskan pengadaan APC BTR-4, serta retrofit dan modernisasi stok kendaraan yang lebih tua dibandigkan pengadaan seri kendaraan BTR-3.

Namun, pernyataan dan dokumentasi dari kontraktor Ukraina yang relevan serta badan-badan pertahanan menyarankan bahwa militer Ukraina juga berencana untuk mempercepat pengadaan seri BTR-3 baru.

Pada tahun-tahun sebelum krisis politik Ukraina dan inisiasi konflik bersenjata di tahun 2014, seri BTR-3 telah muncul sebagai produk yang menjanjikan dan sukses besar di pasar ekspor internasional, khususnya di wilayah Asia.

BTR-4 sepenuhnya dirancang dan diproduksi di Ukraina, kendaraan ini ada dalam pelayanan dengan Indonesia, Irak, Nigeria dan Ukraina. Btr-3 adalah kendaraan lapis baja pengangkut personel 8×8 yang diproduksi di Ukraina dalam versi yang berbeda.

BTR-3 saat ini digunakan oleh angkatan bersenjata Azerbaijan, Chad, Ekuador, Kazakhstan, Myanmar, Nigeria, Thailand, Uni Emirat Arab dan Ukraina.

Selain itu, kontraktor pertahanan Ukraina terus mempromosikan dagangan mereka untuk pelanggan asing dengan harapan berbunga di masa depan dan permintaan untuk produk pertahanan Ukraina saat kembali ke kondisi damai.

Namun demikian, tuntutan perang di dalam negeri sekarang ini melebihi kebutuhan produksi industri pertahanan ekspor yang sebenarnya sangat menguntungkan Ukraina.

BTR-3 adalah kendaraan lapis baja 8×8 pengangkut personel yang dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Morozov Ukraina. Perkembangan BTR-3 dimulai pada awal tahun 2000-an sebagai perusahaan swasta.

Kendaraan lapis baja pengangkut personel BTR-4 8×8 angkatan bersenjata Ukraina

BTR-4 adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja 8×8 yang juga dirancang di Ukraina oleh Biro Rancang Bangun Mesin Kharkiv Morozov sebagai perusahaan swasta. Prototipe ini diresmikan dalam pameran Aviasvit 2006 yang diadakan di Ukraina pada bulan Juni 2006.

Dalam konfigurasi dasar, BTR-4 dipersenjatai dengan RCWS Grom 30 mm, peluncur granat otomatis, senapan mesin 7,62 mm dan 4 (empat) peluncur rudal anti-tank.

BTR-4 memberikan perlindungan balistik standar terhadap tembakan senjata kecil dan serpihan granat, tetapi dapat dilengkapi dengan pelindung lapis baja tambahan untuk melindungi dari tembakan meriam 30 mm.

Army Recognition

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  26 Responses to “Ukraina Terus Promosikan BTR-3 dan BTR-4”

  1. tdk lolos uji marinir

    • Lebih sangar versi lama BTR3 dari bada BTR4 yg lagi di minati indonesia dan “akan” di beli “ketengan” plus TOT, bikin bete’…..

  2. Ukraina butuh dana buat perang panjang nih ๐Ÿ˜€ hihihi

  3. Jangan diborong..Bagusan pandur

  4. pelontar granat lebih efisien ketimbang meriam kaliber besar ketika dalam perang di lapangan, kecuali jika penyerangan nya utk menghancurkan banteng pertahanan lawan maka lebih maksimal dgn meriam.

  5. andai saja tidak dgn hierarki kekorupsian mereka yg menurunkan kualitas

  6. Pertamax kah?

  7. Pertamax kah?

  8. Berita tdk lulus uji BTR-4 ini buat saya sedikit membingungkan…
    Bisa jd di setop pesanannya..
    Dan bisa jadi ditambah pesanannya..
    Hehehe…hanya mereka yg tau

    • Semua masih “akan” bung @Blackdevil ๐Ÿ˜› “akan” ditambah, boleh… “akan” di stop, boleh…

  9. Gk lolos uji coba marinir mending beli pandur 2 aja

  10. lebih baik punya Malaysia…

  11. Masih ragu barang ini

  12. BTR-3 ny lebih enak dilihat ketimbang BTR-4 nya. ๐Ÿ˜€

  13. masih mending Anoa amphibious….sdh teruji….malah TNI-AD yg gemar beli produk PINDAD…lah Marinir gimana??? BTR banyak asap pas nyemplung ke laut, mudah ketahuan lawan….beda dengan Anoa….senyap dan tidak berasap….

  14. Btr4..?? Untuk marinir…pandur2 untuk AD…oc ok..

  15. TNI tau mana yg baik digunakan dan sesuai kantong jg TOT tuk PINDAD.

  16. komennya keren keren pada kerja di mana sih ? Pindad, wartawan janes Defence weekly atau Army Technology, Kemhan, Rheinmetall..soalnya pada paham banget tentang alutsista…heheh

  17. komennya keren keren pada kerja di mana sih ? wartawan janes Defence weekly atau Army Technology, Kemhan, Rheinmetall..soalnya pada paham banget tentang alutsista…heheh

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)