Mar 172017
 

Dok : Rumah penduduk Rohingya yang dibakar ( Human Rights Watch / hrw.org)

Jenewa – Uni Eropa mendesak Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), 16/3/2017, untuk segera mengirim misi pencari fakta ke Myanmar guna menyelidiki dugaan penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan oleh militer terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Menurut laporan PBB bulan lalu, berdasarkan wawancara dengan orang-orang selamat yang berada di Bangladesh, para tentara dan polisi Myanmar telah melakukan pembunuhan dan pemerkosaan massal terhadap warga Rohingya dalam operasi, yang bisa meningkat menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan serta pembersihan etnis.

Uni Eropa telah merancang resolusi tentang desakan tersebut dan menyerahkannya kepada Dewan Hak-hak Asasi Manusia PBB.

Rancangan itu mempertegas seruan dalam susunan sebelumnya, yang tidak memuat tuntutan agar penyelidikan internasional atas dugaan kekejaman terhadap Muslim Rohingya dilakukan.

Forum dengan 47 anggota itu, yang saat ini sedang melaksanakan sidang selama empat pekan, akan melakukan pemungutan suara terhadap rancangan resolusi tersebut dari 23 hingga 24 Maret.

Jika disahkan, Dewan akan “segera mengirimkan misi internasional independen pencari fakta” ke Myanmar guna menyelidiki berbagai pelanggaran “untuk memastikan agar para pelaku bertanggung jawab secara penuh dan agar para korban mendapatkan keadilan”.

Sekitar 75.000 orang telah mengungsikan diri dari negara bagian Rakhine di Myanmar ke Bangladesh sejak militer Myanmar mulai melakukan operasi keamanan pada Oktober.

Operasi itu dilancarkan sebagai penanganan atas tindakan, yang disebut militer sebagai serangan, oleh para pemberontak Rohingya di pos-pos perbatasan. Sembilan personel pasukan keamanan Myanmar tewas dalam insiden tersebut.

Berdasarkan permintaan Inggris, Dewan Keamanan PBB akan diberi pemaparan secara tertutup pada Jumat menyangkut situasi di negara bagian Rakhine, kata sejumlah diplomat di New York.

Resolusi yang dirancang Uni Eropa berisi desakan kepada pemerintahan Aung San Suu Kyi untuk “bekerja sama secara penuh dengan misi pencari fakta, termasuk membuka akses terhadap hasil investigasi dalam negeri”.

Sejumlah pegiat mengatakan penyelidikan nasional itu tidak bisa dipercaya dan karena itu mereka menginginkan adanya penyelidikan oleh pihak internasional.

Antara

Artikel Terkait :

  63 Responses to “Uni Eropa Geram dengan Dugaan Penyiksaan Etnik Rohingya”

  1. Geram tok.? Ora bertindak.? yo kecut rek…rek

    • malah bola toh kang…kang….hadewww 🙁

      • itu tabloid budaknyaasing yg mau bikin rusuh NKRI ya
        keliatan bener sokong jirannya

      • Hati 2 itu cuma majalah Abal2… supaya Aceh keluar dari NKRI. malon menggunakan cara Licik yaitu seolah olah peduli terhadap ACEH tapi dgn Cara mengadu Domba…EMANGNYA MALON PUNYA RUDAL APA.. RUDAL MALON CUMA MEDIUM RANGE SEMUA…

        UNTUK ADMIN DAN MOMOD TOLONG SEGERA HAPUS KOMENTAR BUNG ANDRI CAHYADI KARENA BISA MENGADU DOMBA RAKYAT ACEH DGN NKRI

      • https://m.youtube.com/watch?v=GabQbaAIgkQ

        bagaimana dgn pernyataan nya di youtube??

      • anda blm tau rudal nya malon yg di pasang di su 30 Mkm, bahkan sebelum kita punya, mereka lebih dlu membelinya..

      • Ya memang malon beli duluan dari Indonesia ….tapi itu cuma medium range gk lebih dari 200Km.. emangnya malon berani tuh terbang ke myanmar..saya pesimis jika pilot malon bisa selamat sampai rumah…lawan pejuang sulu aja masih kena pohon pisang apalagi tuh myanmar yg di sokong sama chino

      • anda salah paham bung Jimmy,, baik nya baca artikelnya,, tdk ada yg mengadudombakan NKRI dgn rakyat aceh,,
        justru rakyat aceh yg mau di serang oleh bikshu myanmar…

        dan mentri malon yg mengancam biksu myanmar agar jgn coba2 serang aceh…

      • Tapi kata2 anda yg membuat saya gagal faham..(bahkan mentri pertahanan malaysia pun mengancam sang bikhsu jika berani serang ACEH, malayisa akan menghadang dgn tembakan rudal dari kapal nya,,) dari kata yg terbenak di pikiran saya itu hanya strategi MENHAN malon untuk mengambil hati orang Aceh.. sehingga Aceh lebih Pro ke malon…seolah2 Malon yg lebih peduli terhadap ACEH… 😀

      • menghadang sang bikshu dgn rudal bung jimmy bukan menyerang,,, yg mau menyerang itu bikshu myanmar,, otomatis lewat laut malaysia klo mau dekat,,

      • lah itu kan manuver kampanye politik mereka bung kalau dilihat dari situasi dan kondisi politik negara jiran

        reformasi sudah hampir 20 tahun masak yg beginian gak mampu menafsirkan

      • malayisa akan menghadang dgn (tembakan) rudal dari kapal nya.. lha ini yang bikin saya gagal faham bung andri…kata tembakan itu lho saya kira nyerang… hehehe lain kali kalau nulis yg lengkap bung andri biar gk bikin orang gagal faham…contohnya ..malayisa akan menghadang sang biksu jika lewat laut Malaysia dgn menembakan rudal dari kapal nya

      • Hoalah…. mendingan minum Aqua+Sianida supaya pikiran bisa jernih dan tdk mudah percaya sama media asing, seng seng seng ginseng bla bla bla

        Tujuan menhan malon cuma untuk mengambil hati rakyat aceh. Semua perkara bisa dibuat-buat bung, ngaku pahlawan disaat kerusuhan, padahal juga jadi biang kerok dari kerusuhan tsb

      • Kenapa bingung sih…Mereka masuk wilayah RI sebelum masuk sudah dihajar TNI..Emang gak ada TNI Disana?..Gila apa…

    • ngapain? kita harus jeli siapa yg memanfaatkan agama untuk isu2 politik jika mau negeri ini maju aman dan sentosa atau tetaplah kita menjadi bangsa budak yg begitu mudahnya dikibuli elit2 politik

      keserakahan manusia tak mengenal batas

    • 30 persen lebih populasinya bukan orang melayu kenapa masih aja nganggep saudara

    • berita lebay dari malaysia percaya ama berita itu bodoh

    • Bung andri ini orang malon atau teloris?

  2. kita tunggu aksi polisi dunia..

  3. Konflik sudah lama terjadi, selama ini kemana aja lu para bules? Si pura2 Polisi dunia masih berfikir dan berhitung apa ya keuntungan yg bisa didapat klu terjun kesana!

  4. Itulah gunanya kapal induk. Tindakan yg sudah melampaui batas . . sampai membakar manusia. Kalo dah gini boleh di invasi. Keadilan dan kebenaran harus ditegakkan melewati batas negara.

  5. saya cuma nunggu reaksi negara ini jika warga Papua Nugini masuk ilegal ke wilayah Papua barat dan mengklaim kpda media internasional bahwa mereka penduduk asli dilanjutkan dgn mengadakan gerakan pemberontakan.

    The further society drifts from truth, the more it will hate those who speak it. – George Orwell

    • Papua Nugini cuma Negara Boneka Aushit…

      • aushit itu anak gang mana? sekolah dimana?
        bapak ibunya siapa? lahirnya di rumah sakit dimana?

        • Aushit anak gang sebelah.. sekolahnya Gk tau di mana.. bapak ibunya ..ASU sama British..lahirnya di rumah sakit gk tau hahaha

          • postur tubuhnya gimana? tingginya berapa? bentuk mukanya gimana ? gaya rambutnya gimana?

          • Postur tubuh agak besar..tingginya rata2 lebih dari 170cm..bentuk mukanya agak tampan.. gaya rambutnya rata2 blonde..

          • laki ato perempuan?

            belum tahu dia yg sipit2 juga banyak disana

          • Laki atau perempuan?laki dan perempuan…. jangankan di sana di sini aja juga banyak yg sipit

          • lah kalo sudah tau negara gak cuma isi satu jenis orang kenapa masih menilai sebuah negara seperti menilai kepribadian 1 orang tanpa mengindahkan spektrum sosial, politik dan ekonomi negara tersebut.

          • Kalian ini bahas apaan seh? Maaf ya ini penting amat makanya saya nanya.

          • Bahas kaum2 di Australi

        • Tapikan yg suka cari gara2 sama indonesia tuh orang Asli Aushit bukan yg sipit..

          • aborigin? emang iya banyak yg ke makan media2 sosialis disana

            dan dimanfaatkan oleh si sipit

  6. Hilangkan aja negara myanmar dr peta dunia, bumi hanguskan, bombardir dan kita porak porandakan saja…hancurkan hingga tak tersisa…itu baru hebat..hayoo siapa yg brani serang myanmar duluan, ane kasi jempol 2 dah….xixixixi

    • Hahaha myanmar pasti di backing sama Chino

      • Ya sih, tp jika semua negara inginkan kehancuran myanmar trmasuk russia?.. china bs omong apa? Paling ngomong, monggo papa bear jika inginkan gempur myanmar..xixxiii

    • termakan narasi media

      myanmar dan china masih ada konflik
      25 ribu suku hui muslim nasionalis kuo min tang dulu mengungsi ke perbatasan myanmar setelah china daratan jatuh ke tangan komunis dan tetap mengadakan pemberontakan di pernbatasan provinsi xin jiang dgn bantuan individu china diaspora dan taiwan
      penduduk rohingiya hanya digunakan sebagai pion untuk menyudutkan myanmar di ranah geopolitik internasional dari negara asal mereka yg artikel disini terkenal membeli 3 buah kapal selam china

  7. Mana para pembela islam? di rakhine umat islam sedang dibantai! klo mau jihad yg benar ya disana, ga usah nunggu para bule yg bertindak!

  8. Ayo persenjatai muslim Rohingya dengan 100.000 pucuk senapan serbu SS2 dan 400 RB pucuk senapan SMG MP5…Dan 200 tank ..

    • ngurusi produksi pesanan dalam negeri aj belum terpenuhi

      kirim aja yg brisik2 dan anti pancasila sambil lapor lebih dulu ke pihak myanmar biar diganyang pake frigatenya
      biar ngambangnya di laut sana daripada terulang lagi ngambang di kali nya

      • siapa yg asal ngomong. jangan anti pancasila

        setiap individu yg menolak perbedaan baik itu keyakinan,kesukuan dll yg akan menjadi bibit pemecah kesatuan seperti yg dituangkan di pilar2 pancasila dan bhinneka tunggal ika bisa dianggap anti pancasila

        • berarti yang memayungi umat katolik saat akanmenikah di katedral kemarin nggak masuk anti Pancasila dong….
          Yang menggunakan dalil agama lain sejak di kampungnya sampe kejakarta demi kemenangan masuk anti Pancasila nggak bung??

  9. Negara yang senang teriak HAM mana???? Bull s*it….

  10. Pemimpin myanmar penerima Nobel Perdamaian tetapi gak becus membuat perdamaian di negaranya. Sungguh memalukan.

    • paling memalukan ketika tidak tahu kronologi kenapa dia bisa menerima nobel tersebut
      emang bisa leluasa ngatur pemerintahan stelah diktator junta militer berkuasa puluhan tahun

      sama kayak Gus Dur dulu disini

      zaman sekarang presiden sudah tidak bisa dianggap punya kekuasaan mutlak seperti raja

    • laah namanya juga akal-akalan manusia yang nggak sempurna…

  11. itu foto 2010

  12. Brita mengenai menhan malas mau ngerudal biksu nyamar jika nyerang aceh gak usah trlalu di tnggepin.. apa yaa bnr???? Trang aj menhan malas brani koar” yaa karna gak mungkin si biksu nyamar mau nyerang aceh mungkin beda kalo yg ngancem si tuan britsh n the gank. Emang aceh di negara mana? Di neg NKRI, rakyat NKRI jg bukanlh mental tempe. Mau mnta amplas ap biar makin cling kepala si biksu brani nyerang ke NKRI,yg ada malh neg nyamar yg di bumi hanguskan. Bukan kita sbagai bagian dri NKRI mau sombong, sekelas 5 besar militer trkuat dunia jg gak kn mau ngambil resiko mau nyerang frontal neg NKRI. Yg perlu di waspada sekarng mreka brusaha menyerang dgn cara yg halus misal dri ekonomi, kebudayaan, brusaha membenturkn prbedaan” yg ada , sok bijak dengan kitab HAM mreka.dll. bicara soal perng yg akan mungkin trjdi skitar kita yaa itu di lcs. Tinggal tnggu wktu nya saja slh dikit bisa pada rudal rudalan nuklir krna yg terlibat adalh neg” besar,punya miltr kuat, dan punya kepentingan yg besar jg. Cina aja yg masih ragu memulai. Kalo emang bnran brani udah jlas cina ngotot nge klaim tp msih jg usa,jpng,austrlia dll ngelenggang patroli. knapa gak di usir atau di rudal skalian?? Trnyta cina saat ini msh pikir” tkut jg. mau nunggu gmanapun kuatnya cina yaa pasti tetap akan mampu di imbangi usa dan sekutunya. Jd klo udah ngeklaim gak usah nnti,
    skrang sama saja mulai perng nya mumpung kpl trbsr japan dan usa lg patroli latihan brsama. Ayo cina,serang!!! Dukung cina!!! Kita nobar rame” . Hhhhhhaa hhhhhiii

    • Sudahlah bung biar fkta berbicara….jgn kan yg ancar invansi bagian deu RI yg maling ikan pun ta bumi hangusskan bhkan sbagian ditembaki asli peluru tajam…negara mana yg bisa gitu yg ada cmn planga plongo aja smbil jgain phon pisang…. kita liat aja beranikah mereka mencuil sdikt sejengkal pun kita ta kan diam yg ada mereka akan kena batunya…

      Namun waspada perlu jgn sampe kcolongan .. jgn percaya teman yg mengaku teman..teman pun bisa menikung dri blkng…jdi waspadalah..waspadalah…coleh bung napi..xixixi

  13. Saya juga geram banget, invasi saja oleh negara2 uni eropa kalo benar berani, …… !!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)