Feb 232017
 

Seorang pejabat tinggi Angkatan Laut AS melaporkan bahwa sebuah kapal Houthi bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal perang Al Madinah milik Angkatan Laut Arab Saudi pada akhir Januari sebenarnya adalah drone boat yang diisi dengan bahan peledak, bukanlah serangan bom bunuh diri, seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Laksamana Madya Kevin Donegan, yang mengepalai Komando Pusat dan Komando Armada Kelima Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain, mengatakan Defense News, “Penilaian kami adalah bahwa itu merupakan boat tanpa awak yang dikendalikan dari jauh atau semacamnya”.

Donegan mengatakan bahwa ini adalah penggunaan pertama yang tercatat dari jenis senjata ini, dan menunjukkan adanya bantuan asing kepada Houthi, faksi oposisi bersenjata yang telah lama ada di wilayah Yaman.

Komandan khawatir, “Pertama bahwa itu [drone boat] ada di tangan sebuah kelompok seperti Houthi. Itu bukan hal yang mudah untuk dikembangkan. Ada banyak kelompok teroris yang telah mencoba untuk mengembangkan itu, itu bukan sesuatu yang bisa diciptakan oleh Houthi. Jelas ada yang mendukung dan datang dari orang lain, jadi itu masalahnya”.

Dia menambahkan, “Kedua adalah bagian boat peledak, Anda tidak perlu pembom bunuh diri untuk melakukan serangan seperti itu. Ada teroris tertentu yang melakukan hal-hal tersebut dan mereka mendapatkan martir untuk pergi dan melakukannya. Tapi sebagian yang lain tidak ingin martir bunuh diri dalam membuat serangan seperti itu dan itu cukup banyak seperti yang dilakukan Houthi. Jadi sekarang mereka tidak perlu lagi menggunakan bom bunuh diri”.

 

Donegan yakin bahwa Garda Revolusi Iran (IRGC) terlibat dalam serangan fregat tersebut, meskipun begitu ia tidak merasa bahwa Teheran mampu membangun senjata itu. Kamera yang berada di hangar kapal merekam kejadian serangan itu, menunjukkan sebuah perahu kecil menyeruduk bagian belakang kapal Al Madinah dan meledak.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  12 Responses to “US Navy: “Fregat Arab Saudi Dihantam Drone Boat, Bukan Bom Bunuh Diri””

  1. Kl drone boatnya dipasangin bom gimana hayo

  2. Onta Larab Dihantam drone boat kualitas KW 😀

  3. Lihat dong kapal perang arab saudi keren bgt kan…jadi klo bikin kapal perang itu jgn tanggung2 sekalian bikin yg besar dan canggih….

    • pernah denger latihan amrik millenium challenge 2002 ga bung
      disitulah terletak alasan kenapa amerika mengembangkan littoral combat ship dan kapal destroyer siluman zumwalt

  4. Emang sistem pertahanan kapalnya gimana ? Kok bisa diserang?

  5. boat bunuh diri wowwww

  6. siapa yang menabur angin pasti menuai padi….

  7. Sedang apes…

  8. Radar nya x ketiduran….hihihi

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)