Dec 292016
 

Zumwalt (bawah) bersama USS Independence (LCS 2) dalam perjalanan akhir selama 3 bulan menuju San Diego, California.

Proyektil Serang Darat Jarak Jauh (LRLAP), awalnya dirancang untuk Sistem Tembak Canggih(AGS) USS Zumwalt (DDG 1000), telah menjadi sangat mahal dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sedang menjajaki pilihan yang ada, sumber mengatakan kepada IHS Jane.

Bagaimanapun, secara khusus oleh BAE Systems hanya menangani pembangunan AGS, yang berarti cuma sedikit, jikalau ada, yang bisa secara muluh mengisi kebutuhan proyektil 155 mm. Angkatan Laut sedang mempertimbangkan dua opsi potensial: Excalibur 155 mm dari Raytheon dan Multi-Service Standard Guided Projectile (MS-SGP) dari BAE Systems. Pilihan ketiga dengan mempercepat pengembangan Hyper Velocity Proyektil (HVP) yang pada awalnya dirancang sebagai railgun elektromagnetik.

BAE Systems dan Raytheon menolak memberikan komentar pada cerita ini.

Sumber di industri pertahanan mengatakan bahwa Angkatan Laut lebih condong kepada Excalibur karena merupakan satu-satunya dari tiga proyektil yang saat ini diproduksi. Namun mustahil menjadi pengganti yang sepadan apapun cara yang diambil Angkatan Laut untuk mengganti LRLAP (saat ini seharga US $ 800.000 hingga US $ 1.000.000 per proyektil, sementara Excalibur hanya sekitar US $ 68.000 per proyektil).

Angkatan Laut mengatakan belum ada keputusan yang diambil untuk menggantikan LRLAP. Saat ini US Navy hanya memiliki sekitar 90 proyektil LRLAP dalam persediaan untuk sistem tempur Zumwalt dan AGS. Namun, jika Angkatan Laut tidak berencana lebih lanjut membeli LRLAP dari Lockheed Martin, mereka bakal lebih sedikit dikenakan biaya pengujian sistem senjata sampai pejabat memutuskan mana proyektil akan ditembakkan dari AGS.

Bahkan jika USN memilih melakukan transisi pada Excalibur milik Angkatan Darat menjadi persenjataan Angkatan Laut, masih banyak yang harus dipertimbangkan: “Apakah Excalibur bisa ditembakkan dari AGS?”; “Apakah selongsong dan sistem unik AGS perlu dimodifikasi untuk menangani proyektil lain?”; dan “Akankah Angkatan Laut menyerahkan semua kemampuan pada pengadaan Excalibur atau proyektil lain untuk Zumwalt?”.

Sumber: IHS Jane

  7 Responses to “US Navy Pertimbangkan Ganti Proyektil LRLAP”

  1. Sippp lahhh….

  2. ngerii bentuk zumwalt nihh

  3. kapal zummwalt dan independent tampak hanya sebagi pilot project saja,
    lebih tepat “prototype in service”
    pasti abk nya babak belur dgn drilling scedule, testing, simulasi dan malfunction

  4. keren abizz,,,,,,,,

  5. mungkin banyak mengurangi rcs di radar sehingga nampak stealth, tapi kalo dilihat dari struktur nya, kedua kapal di atas sangat rapuh loh… jadi kalo bergesekan dengan kapal lain nya atau bergesekan dengan beton pelabuhan… tuh kapal pasti masuk perawatan berat….

  6. pakai proyektil tabung gas hijau aja

 Leave a Reply